Waduk Delok, waduk Botok atau waduk Gondang

Diposting pada

Waduk Delok, waduk Botok atau waduk Gondang?. Sepertinya berebut nama untuk waduk yang berada di perbatasan Kabupaten Sragen dan Kabupaten Karanganyar ini.

Jika di sebut Waduk Delok, secara geografis wilayah pemerintahan jelas salah. Karena waduk tersebut masuk Kelurahan Mojodoyong Kecamatan Kedawung Kabupaten Sragen. Sedangkan Delok sendiri masuk wilayah Kelurahan Botok Kecamatan Kerjo Kabupaten Karanganyar. Namun sejak dulu memang sebutan Waduk Delok lebih di kenal dan akrab serta pantas di dengarkan.

Sekitar 10 Kilometer dari pusat Kota Sragen menuju arah selatan, kurang lebih satu kilometer dari Kota Batu Jamus kearah utara. Waduk yang di bangun pada masa penjajahan ini berada. Sebelah barat adalah dusun Gondang, sebelah utaranya dusun Manisrenggo, sebelah timur dusun Delok dan sebelah selatan adalah dusun Wungurejo.

Waduk Delok, waduk Botok atau waduk Gondang

%name Waduk Delok, waduk Botok atau waduk GondangBeberapa tahun ini banyak perubahan yang terjadi pada wajah waduk ini, tidak seperti pada masa kecil saya yang seingat saya tidak begitu menarik seperti sekarang.

Yang dulu belum menjadi pilihan untuk tempat refreshing sekarang sudah pantas untuk di jadikan alternatif wisata gratis untuk muda mudi, tua muda di daerah sekitar Sragen dan sekitarnya.

Baca juga  Sragen itu kota yang damai di masa kecil saya

Itu terlihat dari ramainya anak anak muda nongkrong di tepian waduk tiap hari, lebih lebih pada hari hari libur.

Mungkin hal yang wajar dan sudah biasa bagi orang orang yang terbiasa di sekitar waduk. Namun tidak untuk orang orang perantau yang jarang di rumah seperti saya.

Setiap kepulangan ke kampung dapat di pastikan saya selalu membandingkan keadaan pada jaman saya dengan jaman sekarang.

Wajah waduk sudah terlihat rapi dengan penambahan beton dam pembatas waduk yang sekaligus bisa di gunakan untuk duduk duduk di tepi waduk.

Dari sisi utara bisa di lihat corak pada punggung bendungan waduk yang di tata sebegitu rapi, dengan garis garis yang menurut saya tidak lagi monoton.

waduk Waduk Delok, waduk Botok atau waduk GondangPada tiap tahunnya di musim kemarau dilakukan pengerukan tanah waduk. Mungkin dengan harapan untuk menambah kapasitas volume penampungan air.

Menurut saya itu bagus menyadari keadaan waduk pada masa lalu hampir habis menjadi sawah garapan karena tanah endapan sudah begitu tinggi dan hampir tidak ada lagi ruang untuk penampungan airnya.

Wisata Mancing di Waduk Delok

Ada juga acara rutin yang di lakukan di waduk Delok ini, yaitu acara panen dengan perlombaan mancing untuk umum. Dengar khabar bahwa untuk waduk ini di haramkan mancing di saat belum musimnya.

Baca juga  7 Jalan Berliku Paling Menakjubkan Di Dunia

Acara mancing untuk umum itu menjadi acara yang luar biasa. Karena di ikuti dari  ratusan peserta dan berbagai daerah seputaran kota Sragen dan Karanganyar bahkan sampai Kabupaten dan kota disekitarnya.

Harapan saya semoga waduk Delok, waduk Botok ataupun waduk Gondang ini semakin hari semakin tertata dan terus terjaga dan bisa menjadi ikon wisata baru di daerah Kabupaten Sragen, Karanganyar dan sekitarnya.

Kelihatannya nyaman sekali duduk santai di sana sambil facebookan.

The following two tabs change content below.
%name Waduk Delok, waduk Botok atau waduk Gondang
Saya bekerja di sebuah perusahaan marine servoce di Batam Indonesia. Kegiatan sehari-hari selain rutinitas di perusahaan juga di bidang internet marketing, blogging, writing dan traveling. Web adalah tempat saya berbagi.