Penyebab Anak Zaman Sekarang Tumbuh Tak Sesuai Usianya

Diposting pada

Di era millenial ini, sering kali kita jumpai seorang anak yang tumbuh tak sesuai usianya terlihat lebih dewasa dari umur seharusnya baik secara fisik maupun tingkah laku. Seorang anak berumur 6 tahun misalnya, ia sudah berdandan ala orang dewasa, memakai lipstick tebal serta riasan wajah selayaknya perempuan dewasa.

Tingkah dan lakunya pun tidak menyiratkan seorang anak seumurannya, seringkali mereka berbicara ala orang dewasa, membahas topik yang umumnya dibicarakan oleh orang dewasa. Pokoknya benar-benar jauh dari sewajarnya anak di usia tersebut.

Lantas, sebenarnya apa sih yang melatar belakangi atau menyebabkan itu semua hingga, si anak tumbuh menjadi tak sesuai usianya. Nah, untuk mengetahui jelasnya, berikut kami telah rangkum pembahasan lengkapnya.

Tumbuh Tak Sesuai Usianya Penyebab Anak Zaman Sekarang Tumbuh Tak Sesuai Usianya
Tumbuh Tak Sesuai Usianya

Alasan Kenapa Anak Zaman Sekarang Tumbuh Tak Sesuai Usianya

1. Tontonan

Tontonan kids zaman now berbeda dengan tontonan kids zaman dulu. Merunut 10 tahun kebelakang, layar kaca masih banyak dihiasi dengan beragam program yang memang khusus untuk anak-anak. Ada acara musik khusus anak-anak ketika bangun pagi, yang mana acara tersebut benar-benar murni berisikan lagu anak-anak, presenter dan tema yang diusung pun ceria khas anak-anak.

Baca juga  Tips Jitu Menghindarkan Anak dari Tabiat Suka Memukul

Banyak pula kartun yang menghiasi hari libur sekolah, namun entah kemana semua program khusus anak-anak tersebut, semakin ke sini semakin menghilang. Dan acara televisi justru lebih banyak didominasi acara gossip dan sinetron percintaan yang harusnya tak layak ditonton anak-anak.

2. Pola asuh orang tua

Kesibukan orang tua yang menjadi-jadi membuat si anak mendapat pola asuh yang kurang baik. Seringkali anak dibiarkan main gadget tanpa pengawasan orang tua, akibatnya anak dengan bebas mengakses gambar terlarang atau situs-situs terlarang, meninggalkan efek yang beragam. Lebih banyak efek negatif dibanding efek positifnya, anak tumbuh menjadi lebih dewasa dari umurnya.

Selain itu, konon asupan makanan juga mengubah anak menjadi tak sesuai dari umurnya. Pola makanan cepat saji diyakini sangat tak baik untuk anak bila terus-menerus dikonsumsi. Makanan cepat saji (junk food) memiliki kandungan nutrisi lebih sedikit dari makanan masakan rumahan.

Baca juga  Tips Mencegah Depresi Pada Anak Secara Efektif

3. Pergaulan

Pergaulan atau lingkungan anak saat ini sudah mulai mengkhawatirkan. Di sekolah misalnya, mayoritas anak bertingkah layaknya orang dewasa, entah dari pola kata-kata, sikap dan lain sebagainya. Mau tidak mau, anak yang sebelumnya tidak seperti itu, akan terpengaruh/terstimulus oleh pola yang ada. Tanpa sadar si anak akan terseret dalam arus ketidaksuaian usia. Tak hanya lingkungan sebaya semacam sekolah, lingkungan tempat tinggal si anak juga membawa andil besar.

Apalagi bila mayoritas di sekelilig anak adalah orang-orang dewasa yang sudah pasti berbicara dan bertingkah ala orang dewasa. Anak adalah peniru yang baik, maka mereka akan meniru apa yang paling dekat dengan mereka yakni orang-orang di sekelilingnya. Di sini orang tua harus menjalankan perannya, memantau serta mengarahkan anak sesuai usia seharusnya.

Baca juga  Anak Anda Kecanduan Main Game? Berikut Tips Mengatasinya

4. Mainan yang tak sesuai

Ini merupakan hal yang penting, mainan adalah media bagi anak untuk berekspresi. Bila sejak kecil saja mainan sudah tak sesuai, maka sudah pasti tumbuh kembang anak akan tak sesuai pula. Masalah terbesar bagi para orang tua saat ini adalah membiarkan anaknya bermain gadget melebihi batas seharusnya, bahkan ada yang khusus membelikan gadget sebagai mainan anak.

Tentu hal tersebut bukanlah sesuau yang baik, sebab dengan hanya bermain game dalam gadget, yang terlatih hanyalah visual sang anak. Berbeda bila mainan anak mampu mengasah motorik dan sensorik anak, kelebihan lain bila anak mendapat mainan yang sesuai adalah, kepekaan mereka lebih terasah. Jadi selain pandai secara IQ, dalam hal EQ juga terasah.

Nah, itu dia sedikit penjelasan mengapa kebanyakan anak zaman sekarang tumbuh tak sesuai usianya. Semoga informasi diatas bisa menambah wawasan kita.

Loading...
loading...
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan marine service di Batam Indonesia. Kegiatan sehari-hari selain rutinitas di perusahaan juga di bidang internet marketing, blogging, writing dan traveling. Web adalah tempat saya berbagi. Jalan-jalan merupakan hobby, berpindah-pindah kota menjadi rutinitas yang saya lakukan karena tugas pekerjaan. Yang mendukung saya untuk selalu menikmati seiapkota yang saya kunjungi. Indonesia yang luar biasa.