Tips Sukses Menjalankan Bisnis EO atau Event Organizer

Diposting pada

Bisnis EO atau Event Organizer merupakan salah satu jenis peluang usaha yang mempunyai prospek cukup cerah. Terlebih di daerah perkotaan. Banyak peluang bagi bisnis EO untuk mendapatkan banyak pelanggan.

Karena seperti yang kita tahu, diperkotaan banyak sekali kegiatan yang membutuhkan jasa para EO. Baik itu untuk acara keluarga maupun perusahaan.

Nah, jika Anda ingin menggeluti bisnis EO, berikut ini beberapa tips dalam menjalankan bisnis EO yang sebaiknya Anda lakukan. Apa sajakah itu?

Tips 2BSukses 2BMenjalankan 2BBisnis 2BEO 2Batau 2BEvent 2BOrganizer 200x135 Tips Sukses Menjalankan Bisnis EO atau Event Organizer

Tips Sukses Menjalankan Bisnis EO

1. Tentukan Arah Pasar Anda

Jika saja Anda adalah pemula dalam menangani bisnis Event Organizer ini, maka penting untuk terlebih dahulu menentukan arah binis Anda. Menjadi spesialis atau bersifat umum.

Karena Anda adalah adalah pemula, maka disarankan dulu untuk mengurusi hal yang basic dulu, seperti konser musik, pameran otomotif, expo, wedding ceremony, atau seminar dan berbagai kegiatan perusahaan/organisasi yang tidak terlalu besar dulu.

Jika perusahaan Anda ini bisa bertahan dan berkembang maka usaha event organizer Anda bisa mengembangkan ke pasar yang lebih luas.

2. Selalu Tampil dengan Ide-Ide yang inovatif

Bisnis EO adalah bisnis komunikasi dan bisnis hiburan, sehingga kepuasan dan ketertarikan menjadi sangat penting untuk diperhatikan. Ketika tidak ada ide cemerlang dan kreatifitas, siap-siap gigit jari. Untuk itu, beranilah mengambil ide kreatif yang inovatif tapi bisa diterima masyarakat. Sebisa mungkin, hindari penawaran ide yang monoton. Usahakan tampil dengan banyak ide/tema acara yang menarik dan berbeda.

Baca juga  Cara Mendidik Anak untuk Konsentrasi atau Fokus

3. Miliki Database

Dalam mengelola bisnis EO, database mempunyai peranan yang amat penting. Baik itu database sponsor, media, lembaga pemerintah, mitra strategis, dan database klien itu sendiri.

Database akan sangat Anda perlukan saat mendapatkan proyek yang harus disiapkan dalam hitungan hari. Hal ini bisa saja terjadi dalam dunia EO. Karena kesibukan klien, mereka sering kali memberikan order secara mendadak, dan mau tidak mau EO harus bisa memberikan jasa yang terbaik dalam tenggat waktu yang cukup ketat.

4. Tim Kerja yang Solid

Tim yang solid  sangat menentukan maju tidaknya bisnis EO yang sedang Anda jalankan. Untuk itu pilih dan rekrut orang-orang terbaik di bidangnya yang bisa di ajak kerjasama dan mampu bekerja maksimal dengan tim.

5. Kemampuan Pemasaran

Kemampuan untuk ‘menjual’ sangat penting dimiliki.  Seperti yang kita tahu, bisnis di bidang ini sangat banyak pesaingnya.

Baca juga  Tips Sukses Menekuni Bisnis Fashion, bagi Lulusan SMK Tata Busana

Untuk itu, demi mendapatkan pelanggan atau sponsor yang potensial maka Anda harus jago dalam membuat penawaran dan memiliki kemampuan pemasaran yang bagus.

6. Berfikir yang Profesional

Hal lain yang menjadi kendala pelaku EO adalah bagaimana mereka harus jeli melihat hal hal yang sangat detil bagi sebuah acara. Mulai dari teknis acara sampai perlengkapan yang sering kali jenisnya macam-macam.

Seorang EO juga perlu mengatur run down acara yang berkaitan teknis acara dan semua hal yang diperlukan selama event berlangsung. Melalui run down, akan diketahui skenario acara dan segala perlengkapan yang dibutuhkan.

7. Buat Planing ke Depan

Untuk menjaga profesionalitas, sebaiknya Anda sudah punya jadwal kegiatan dalam sebulan atau 3 bulan ke depan. Dengan begitu jauh-jauh hari Anda sudah bisa mempersiapkan segala sesuatunya dengan maksimal. Jadi saat hari H berlangsung, acara bisa berjalan dengan sukses.

Itulah sedikit gambaran terkait kiat sukses berbisnis EO atau Event Organizer agar bisa sukses dan terus bersaing.

The following two tabs change content below.
%name Tips Sukses Menjalankan Bisnis EO atau Event Organizer
Saya bekerja di sebuah perusahaan marine servoce di Batam Indonesia. Kegiatan sehari-hari selain rutinitas di perusahaan juga di bidang internet marketing, blogging, writing dan traveling. Web adalah tempat saya berbagi.
Baca juga  Nikmati Kunci Hidup Bahagia dengan Bersyukur