Tips Sukses Menjadi Entrepreneur yang Tangguh, Tahan Banting dan Bermental Baja

Diposting pada
Menjadi entrepreneur yang tangguh tidaklah semudah yang dibayangkan. Entrepreneur harus memiliki mental yang tahan banting alias bermental baja supaya usaha yang ditekuninya bisa berkembang dan bertahan dalam kerasnya persaingan bisnis yang sangatlah ketat.
Jika entrepreneur bermental lemah, otomatis bisnis tidak akan bertahan lama karena si pendiri tidak memiliki keberanian untuk menghadapi segala risiko dan kondisi yang ada.
Untuk itu, di bawah ini merupakan 10 tips sukses menjadi entrepreneur  bermental baja yang sebaiknya dicoba oleh para pengusaha.
Menjadi 2BEntrepreneur 2Byang 2BTangguh 200x135 Tips Sukses Menjadi Entrepreneur yang Tangguh, Tahan Banting dan Bermental Baja

Menjadi Entrepreneur yang Tangguh

1. Belajar memimpin diri sendiri

Pertama, Anda harus bisa memimpin diri sendiri sebelum akhirnya terjun dalam bisnis yang harus mengkoordinir banyak orang. Anda harus bisa memahami diri Anda dan pandai menempatkan diri pada segala situasi.

2. Harus detail oriented

Anda harus memiliki kepribadian yang teliti dan cermat. Sifat ini sangat diperlukan ketika Anda akan mengambil sebuah keputusan dan memeriksa setiap perkembangan dari usaha yang Anda bangun. Jika anda tidak detail maka pasti akan ada hal-hal yang luput dari perhatian.
 

3. Memilki tujuan yang jelas

Anda harus memiliki tujuan dan target pencapaian yang jelas supaya jika suatu saat Anda sedang terpuruk dan hilang kendali, Anda masih punya pegangan dan arah. Hal ini juga penting supaya Anda termotivasi dan terus bersemangat dalam menjalankan usaha.

Baca juga  Manfaat Penting Internet dalam Memajukan Bisnis/Usaha Anda

4. Mampu memanfaatkan peluang

Peluang menjadi modal penting untuk membangun sebuah usaha. Tanpa peluang, usaha akan berjalan di tempat dan tidak berkembang. Anda harus bisa memanfaatkan peluang yang ada seperti mencari celah untuk sisi pemasaran dan relasi guna memperkuat bisnis yang Anda bangun.

5. Berani

Berani dalam artian siap keluar dari zona nyaman demi mengembangkan usaha. Berani bekerja dari bawah, berani menghabiskan modal besar, berani bangkrut, dan berani menghadapi segala risiko yang pasti akan dihadapi selama menjalani usaha. Selain itu, Anda harus berani mengambil keputusan demi keberlangsungan usaha yang sedang Anda dirintis.

6. Bekerja tuntas

Jangan pernah membiarkan pekerjaan yang belum tuntas tanpa berusaha menyelesaikannya terlebih dahulu. Usahakan setiap pekerjaan atau tugas harian harus diselesaikan hari itu juga. Jika Anda terbiasa menunda pekerjaan maka semakin lama usaha yang Anda lakukan tidak akan menghasilkan sesuatu atau tidak ada progres.

7. Gunakan passion

Usahakan usaha yang Anda rintis sesuai dengan keahlian yang Anda miliki. Jika suatu saat bisnis Anda tidak berjalan, Anda masih bisa memperbaiki sistem atau cara pemasaran karena sesuatu yang Anda kerjakan masih dalam ranah hal yang Anda sukai.

Baca juga  Dengan Kekurangan Inilah, Aku Menjadi Anak Autis Berprestasi

8. Memiliki banyak sudut pandang

Hal ini penting karena saat merintis usaha pasti akan ada orang-orang yang memiliki pandangan atau penilaian buruk terhadap usaha yang Anda lakukan. Jangan terburu-buruh sedih atau down. Cobalah lihat penilaian orang lain menggunakan banyak sudut pandang. Sebenarnya, penilaian orang lain itu bisa Anda jadikan bahan untuk evaluasi usaha dan diri supaya usaha Anda bisa lebih baik lagi.

9. Bisa mengontrol diri

Anda harus bisa mengontrol diri, tidak boleh meledakkan emosi sembarangan, harus bisa menekan ego, dan belajar menerima segala hal yang terjadi dalam perjalanan usaha Anda. Anda adalah penggerak dari usaha yang sedang dirintis. Jika Anda tidak mampu mengontrol diri, maka usaha yang dilakukan akan berantakan.

10. Good listener

Jadilah pribadi yang mau menerima segala saran dan kritikan dari orang lain. Jangan karena Anda adalah pendiri bisnis lalu Anda menganggap diri Anda yang paling benar dan tahu segalanya.

Menjadi entrepreneur harus siap belajar dan berani menghadapi segala tantangan. Jangan menyerah, manfaatkan peluang yang ada, dan tetap bersemangat!

The following two tabs change content below.
%name Tips Sukses Menjadi Entrepreneur yang Tangguh, Tahan Banting dan Bermental Baja
Saya bekerja di sebuah perusahaan marine servoce di Batam Indonesia. Kegiatan sehari-hari selain rutinitas di perusahaan juga di bidang internet marketing, blogging, writing dan traveling. Web adalah tempat saya berbagi.
Baca juga  Tantangan menjadi Manager Muda (Junior Manager)