Tips Mencegah Depresi Pada Anak Secara Efektif

Diposting pada

Mencegah Depresi Pada Anak ~ Banyak orang yang beranggapan bahwa masa kecil adalah masa di mana seseorang terbebas dari masalah dan selalu bahagia. Namun fakta membuktikan bahwa tidak selamanya dunia anak selalu dipenuhi dengan keceriaan dan kebahagiaan. Karena tak sedikit, kisah kelam tentang anak yang mengalami depresi.

Sebenarnya, banyak faktor yang menyebabkan seorang anak mengalami depresi. Salah satu faktor tersebut adalah keturunan. Walaupun depresi pada anak bisa disebabkan karena keturunan, tetapi hal itu bisa diatasi jika orangtua mengerti cara-caranya.

Mencegah Depresi Pada Anak 200x135 Tips Mencegah Depresi Pada Anak Secara Efektif
Mencegah Depresi Pada Anak

Tips Mencegah Depresi Pada Anak

Nah, berikut adalah beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mencegah depresi yang terjadi pada anak.

1. Kenali Resikonya

Tips pertama untuk mencegah depresi pada anak adalah orangtua harus mengerti faktor resiko yang terjadi pada anak yang mengalami depresi. Beberapa faktor resiko depresi pada seorang anak adalah trauma akibat suatu kejadian tertentu, faktor keturunan yang dibawa oleh orangtuanya, atau adanya masalah di lingkungan sang anak.

2. Melindungi Anak dari Ancaman Depresi

Tips yang kedua adalah dengan melindungi anak dari ancaman depresi, caranya adalah, dengan menciptakan kehidupan anak yang stabil maksudnya dengan mengatur jadwal anak dengan sebaik mungkin.

Baca juga  Tips Memilih Dokter Anak Terbaik yang Cocok dengan Buah Hati Anda

Cara yang kedua adalah dengan menjalin hubungan baik dengan sang anak, karena hal ini sangatlah berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak. Selain cara di atas, bisa juga dengan memberikan semangat pada anak dan selalu memberikan dukungan pada apapun yang ingin anak lakukan, selama itu berdampak positif.

3. Dengarkan Cerita Anak

Tips yang ketiga adalah sebaiknya sebagai orangtua, anda harus sering-sering meluangkan waktu untuk mendengarkan cerita anak, entah itu cerita pada saat ia bermain, pada saat ia belajar di sekolah atau cerita lainnya. Dengan mendengarkan cerita pada anak, maka anak anda akan merasa diperhatikan dan disayangi.

Tips bagi para orangtua, jangan pernah menghakimi anak secara langsung jika ia melakukan kesalahan, atau anak jujur dengan kesalahan yang mereka perbuat. Karena hal seperti itu hanya akan membuat mereka semakin terpuruk.

4. Memberikan Pujian

Tips keempat adalah sebaiknya orangtua lebih sering memuji anak, daripada harus selalu menyalahkan mereka. Karena dengan pujian maka mereka akan merasa lebih dihargai dan diterima di tengah-tengah keluarga dan lingkungannya.

5. Istirahat yang Cukup

Tips yang kelima untuk mencegah depresi pada anak adalah dengan membiarkannya tidur yang cukup. Ketika anak melakukan aktivitas di luar rumah, pastinya mereka akan kelelahan, maka dari itu agar anak kembali dapat bersemangat maka biasakan istirahat yang cukup pada anak. Dengan istirahat, maka tingkat stress pada anak akan berkurang.

Baca juga  Menjadi Pribadi Muda Sukses Spektakuler

6. Relaksasi

Tips yang keenam adalah sebaiknya orangtua selalu membantu anak untuk melakukan relaksasi seperti menarik napas dalam-dalam, setelah itu dihembuskan. Selain itu orangtua juga bisa mengajak anak untuk rekreasi ke suatu tempat agar anak terhindar dari stress yang melanda. Dan selalu ajarkan pada anak untuk terus berpikir positif di setiap waktu.

7. Mengurangi Kegiatan Luar Sekolah

Tips yang ketujuh adalah dengan mengurangi kegiatan-kegiatan yang dilakukan diluar jam sekolah, seperti ekstrakulikuler. Dengan begitu maka anak akan bisa fokus pada pekerjaan sekolahnya ketika di rumah dan bisa berkumpul bersama keluarga lebih lama.

Itulah diatas, beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mencegah depresi pada anak. Semoga informasi di atas bisa berguna, khususnya bagi anda para orang tua.

The following two tabs change content below.
%name Tips Mencegah Depresi Pada Anak Secara Efektif
Saya bekerja di sebuah perusahaan marine service di Batam Indonesia. Kegiatan sehari-hari selain rutinitas di perusahaan juga di bidang internet marketing, blogging, writing dan traveling. Web adalah tempat saya berbagi. Jalan-jalan merupakan hobby, berpindah-pindah kota menjadi rutinitas yang saya lakukan karena tugas pekerjaan. Yang mendukung saya untuk selalu menikmati seiapkota yang saya kunjungi. Indonesia yang luar biasa.
Baca juga  Ide Peluang Usaha yang Menguntungkan Untuk Dijalankan di Perkotaan