Tips Mencegah atau Menghindari Kerugian Usaha

Diposting pada
Kata rugi seolah menjadi ‘hantu’ tersendiri bagi kalangan pengusaha. Bagaimana tidak, ketika para pengusaha mengalami kerugian, maka bukanlah suatu hal yang mustahil itu akan menjadi awal kehancuran dari suatu usaha yang telah dijalankannya.
Keinginan untuk selalu mendapatkan keuntungan dari sebuah usaha adalah lumrah. Namun, kerugian merupakan resiko yang harus siap dihadapi oleh para pengusaha karena kerugian itu sendiri merupakan pengiring sebuah perjalanan usaha.
Sebagai pengiring setiap usaha, kerugian dapat dialami oleh siapa saja baik pengusaha yang masih pemula maupun pengusaha yang sudah lama menggelutinya.
Tetapi, kerugian yang selama ini selalu dipandang negatif sebenarnya juga bisa memberikan pelajaran supaya bisa menjadi lebih baik lagi dalam melakukan pengelolaan keuangan serta memperkaya pengalaman kita dalam hal menjalankan sebuah usaha.
Semua itu tergantung bagaimana kita menyikapinya. Jika kita menganggap kerugian itu adalah sebuah beban dan kegagalan tanpa mau belajar kembali mengenai apa dan bagaimana kerugian itu terjadi, maka kita tidak akan bisa berkembang.
Namun demikian, meskipun ancaman kerugian selalu menyertai sebuah usaha, bukan berarti kerugian itu tidak dapat dicegah ataupun dihindari. Berikut ini adalah kiat-kiat yang dapat dilakukan untuk membantu mencegah maupun menghindari kerugian dari suatu usaha:
Tips%2BMencegah%2Batau%2BMenghindari%2BKerugian%2BUsaha Tips Mencegah atau Menghindari Kerugian Usaha
[post_ads]

1. Buatlah Perencanaan Usaha yang Matang

Perencanaan dapat memberikan kemudahan bagi pengusaha untuk menentukan pilihan terbaik dari beberapa alternatif yang ada. Sebuah usaha yang telah direncanakan dengan baik dapat membantu pengusaha agar tidak keliru dalam mengambil keputusan.
Termasuk dalam perencanaan ini adalah memikirkan tentang usaha apa yang akan dijalankan, bagaimana strategi pengelolaan serta resiko yang mungkin akan dihadapi jika mengalami kegagalan.

2. Pilih Lokasi Usaha yang Tepat

Sebagai komponen penting dalam sebuah usaha, pemilihan lokasi untuk usaha tidak dapat dianggap sepele. Ada beberapa hal yang hendaknya diperhatikan dalam melakukan pemilihan lokasi, misalnya jumlah pesaing yang ada di suatu lokasi dan faktor jarak dengan calon pembeli.

Pemilihan lokasi usaha ini dapat dilakukan setelah melakukan riset pasar. Selain bisa menunjukkan produk apa yang tengah dibutuhkan oleh calon konsumen, hasil riset pasar ini juga dapat memberikan gambaran harga yang akan diberlakukan pada produk yang disesuaikan dengan kemampuan calon konsumen.

3. Analisis Perkembangan Usaha

Melakukan review untuk usaha yang telah dilakukan juga menjadi point penting untuk menghindari kerugian. Review ini dapat memberikan gambaran sejauh mana usaha telah berjalan.

4. Manajemen Keuangan dengan Baik

Perjalanan keuangan usaha dapat diketahui melalui manajemen keuangan yang baik. Karena itu, catatan mengenai keuangan hendaknya dilakukan secara mendetail  sehingga potensi kerugian dapat terdeteksi lebih awal

5. Hindari Pemborosan

Menghindari pemborosan sangat penting untuk dilakukan karena pemborosan itu sendiri dapat membuat kondisi keuangan melemah. 

6. Menyiapkan Anggaran Tak Terduga

Dalam beberapa hal, selalu ada kejadian yang tak terduga yang bahkan mungkin berpotensi untuk menimbulkan kerugian. Oleh karena itu, menyisihkan sebagian keuntungan dari usaha sebagai dana cadangan untuk antisipasi jika sewaktu-waktu dibutuhkan perlu dilakukan.
Nah, demikian enam cara yang dapat dilakukan untuk mencegah atau menghindari kerugian. Semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca juga  Manfaat Penting Internet dalam Memajukan Bisnis/Usaha Anda
The following two tabs change content below.
%name Tips Mencegah atau Menghindari Kerugian Usaha
Saya bekerja di sebuah perusahaan marine servoce di Batam Indonesia. Kegiatan sehari-hari selain rutinitas di perusahaan juga di bidang internet marketing, blogging, writing dan traveling. Web adalah tempat saya berbagi.
Baca juga  Memilih tenang di zona nyaman atau menantang zona tidak nyaman?