Tips Jitu Agar Bisa Bangkit dari Kegagalan Bisnis

Diposting pada
Tak selamanya bisnis akan berjalan lancar tanpa halangan. Ada kalanya hal-hal tak terduga terjadi dan menyebabkan kegagalan pada bisnis yang sudah Anda rintis dengan susah payah. Dan saat kegagalan itu terjadi,  biasanya ada  2 kemungkinan yang dilakukan.
Kemungkinan pertama adalah menghadapinya dengan tetap semangat dan selalu optimis serta menganggap kegagalan adalah sebuah pelajaran. Dan kemungkinan yang kedua adalah menyerah dan menganggap jika bisnis tersebut telah gagal.
Dari 2 kemungkinan tersebut tentunya pilihan ada di tangan Anda. Apakah Anda ingin menjadi orang yang optimis ataukah menyerah dan terpuruk oleh keadaan.
Dan tentuny pilihan yang bijak adalah dengan tetap optimis dan berusaha bangkit lagi. Karena faktanya, hampir semua pengusaha sukses selalu mengawali bisnisnya dengan berbagai macam kegagalan serta jatuh bangun mengahadapi masalah/rintangan yang menghadang.
Tips 2BJitu 2BAgar 2BBisa 2BBangkit 2Bdari 2BKegagalan 2BBisnis 200x135 Tips Jitu Agar Bisa Bangkit dari Kegagalan Bisnis

Tips Bangkit dari Kegagalan Bisnis

Nah, jika Anda memilih untuk tidak menyerah dan berusaha bangkit dari kegagalan yang mendera, maka berikut ini beberapa tips yang sebaiknya dilakukan.

1. Ikhlas

Kunci pertama untuk mampu bangkit dari kegagalan bisnis adalah ikhlas. Relakanlah semua hal yang terjadi pada bisnis Anda dan terimalah kenyataan tersebut. Berusahalah berdamai dengan diri sendiri dan jangan terus-terusan terbelenggu dalam rasa bersalah.
Jika Anda sudah mampu mengikhlaskan kegagalan bisnis tersebut, kemudian semua pemikiran rasional Anda akan kembali. Anda akan mampu menjadikan kegagalan bisnis sebagai suatu pelajaran berharga.
Anda akan mampu berfikir jernih tentang penyebab kegagalan, letak kesalahan, dan bagaimana caranya untuk menghindari kesalahan tersebut di kemudian hari.

2. Kegagalan Bukan Akhir Segalanya

Kegagalan bisnis memang kadang bisa menghancurkan semangat hidup seseorang. Mereka merasa bahwa dunianya telah berakhir karena bisnisnya gagal. Padahal mindset seperti itu justru akan menyebabkan Anda semakin terpuruk.
Bukalah pikiran Anda lebar-lebar dan cobalah untuk belajar dari pebisnis sukses. Rata-rata mereka juga mengalami kegagalan bisnis, namun tidak lama-lama terpuruk dalam keadaan. Mereka mampu bangkit dan justru menjadikan kegagalan sebagai suatu rangsangan untuk menciptakan ide baru.

Jadikan kegagalan sebagai suatu dorongan untuk meningkatkan kreativitas Anda.

3. Bayar Lunas Hutang dengan Uang Tunai

Kegagalan bisnis kadang disertai dengan hutang yang menumpuk. Anda pasti susah melunasi hutang tersebut karena bisnis telah gagal dan tidak ada pemasukan apapun. Namun, jangan mudah menyerah terlebih dulu.

Bayarlah hutang Anda dengan uang tunai. Darimana Anda mendapatkannya? Caranya adalah dengan memanfaatkan semua aset yang Anda miliki, baik berbentuk fisik, kemampuan, dan jaringan untuk mendapatkan uang tunai.

Anda pasti memiliki kemampuan dalam bidang tertentu. Gunakanlah kemampuan tersebut untuk bekerja atau membuka jasa konsultasi. Jika sebelumnya Anda jadi bos bagi usaha sendiri, saat ini mau tidak mau Anda jangan gengsi untuk bekerja. Semua itu demi melunasi hutang Anda.
Selama bisnis, Anda pasti juga telah menjalin hubungan baik dengan banyak pihak, misalnya dengan para supplier. Manfaatkan kesempatan ini untuk menghasilkan uang. Caranya adalah dengan mencoba menjadi perantara antara supplier dengan konsumen.

4. Manfaatkan daya Ungkit

Selama menjalani bisnis, pasti Anda telah kenyang dengan berbagai pengalaman. Kemampuan Anda di bidang produksi, penjualan, hingga penawaran pasti sudah mumpuni.
Saat Anda tengah mengalami kegagalan bisnis, maka manfaatkanlah pengalaman-pengalaman tersebut untuk bangkit kembali. Walaupun aset fisik Anda habis karena bisnis gagal, namun sebenarnya Anda masih memiliki aset lain berupa pengalaman dan jaringan.

Manfaatkanlah aset tersebut untuk membangun kembali bisnis Anda.

5. Komitmen Keluarga

Saat Anda terpuruk, pastinya yang masih bersama Anda hanyalah keluarga. Namun, kadang kala justru ada keluarga yang malah menjatuhkan saat kita sedang terpuruk dalam kegagalan bisnis.
Saat Anda sudah memutuskan untuk optimis membangun bisnis kembali, usahakan untuk memberikan pengertian kepada anggota keluarga Anda. Bicaralah pada mereka bahwa Anda tengah berjuang bangkit dari kegagalan dan sangat membutuhkan support dari keluarga. Ajak pula mereka untuk sama-sama bekerja membenahi kondisi perekonomian yang terpuruk saat ini.
Itulah 5 tips yang dapat Anda terapkan saat ini untuk bisa bangkit kembali dari kegagalan bisnis. Memang, menjalani jauh lebih sulit daripada teorinya. Namun jika Anda tetap optimis maka kegagalan hanya akan menjadi sebuah pengalaman yang menguatkan.

The following two tabs change content below.
%name Tips Jitu Agar Bisa Bangkit dari Kegagalan Bisnis
Saya bekerja di sebuah perusahaan marine servoce di Batam Indonesia. Kegiatan sehari-hari selain rutinitas di perusahaan juga di bidang internet marketing, blogging, writing dan traveling. Web adalah tempat saya berbagi.