Tips Jitu Agar Anak Lebih Menyukai Buku Daripada Gadget

Diposting pada

Agar Anak Lebih Menyukai Buku Daripada Gadget ~ Sekarang ini, gadget seolah telah menjadi bagian penting dari hidup kita. Hampir semua aktivitas kita selalu menggunakan gadget. Dan bisa dibilang, setiap orang pasti menggunakan benda ini. Bahkan, anak-anak usia dini pun tak mau kalah.

Tak dipungkiri kebanyakan orang tua seakan mendukung pemakaian gadged pada buah hatinya. Biasanya saat sang anak rewel, cukup berikan game yang ada di gadget dan masalah selesai. Akan tetapi sadarkah Bunda, kalau hal tersebut dapat memicu anak untuk lebih menyukai gadget daripada buku?

Nah, parahnya tak sedikit anak sudah sangat ketergantungan dengan gadged, selama seharian penuh benda ini tak lepas dari tangannya.
Lantas, bagaiman mengatasi masalah tersebut? Bagaimana supaya anak lebih menyukai buku dibanding gadgednya?

Agar Anak Lebih Menyukai Buku daripada Gadget Tips Jitu Agar Anak Lebih Menyukai Buku Daripada Gadget
Agar Anak Lebih Menyukai Buku daripada Gadget

Tips Agar Anak Lebih Menyukai Buku daripada Gadget

Nah, ada beberapa cara yang bisa orang tua lakukan agar sang buah hati lebih memilih buku dibanding gadgednya. Dan berikut diantaranya

1. Biasakan anak untuk membaca buku sejak dini

Membiasakan anak untuk membaca buku sejak usia dini merupakan salah satu tips agar anak lebih menyukai buku daripada gadget. Usia dini merupakan usia dimana seorang anak memiliki rasa ingin tahu yang sangat besar. Maka, penuhilah rasa ingin tahu anak anda lewat buku-buku yang beragam. Dari buku-buku tersebut, anak akan terbiasa menjadikan buku sebagai sumber informasi.

Baca juga  Apa yang harus saya lakukan setelah lulus sekolah?

2. Dampingi anak saat membaca

Untuk anak usia dibawah 5 tahun, dampingan orang tua tentu sangat diperlukan. Mendampingi anak saat membaca secara tidak langsung menunjukkan bahwa orang tua juga gemar membaca, sehingga anak yang pada umumnya menjadikan orang tua sebagai panutan, akan tersugesti untuk gemar membaca pula.

Selain itu, kegiatan membaca juga akan lebih menyenangkan jika dilakukan bersama, hal ini dapat menghindarkan dari rasa bosan. Terutama jika bahan bacaannya berupa cerita fiksi atau dongeng. Bunda dapat menggunakan alat peraga seperti boneka tangan agar kegiatan membaca lebih menarik dan menyenangkan.

3. Jangan membiasakan anak untuk bermain gadget

Kebanyakan orang tua jaman sekarang selalu mengandalkan gadget ketika sang anak mulai rewel. Terlebih untuk orang tua yang super sibuk, gadget bisa jadi solusi praktis agar si anak tidak mengganggu pekerjaannya. Akan tetapi, jika kebiasaan tersebut dilakukan dalam jangka panjang, anak mungkin akan mengalami kecanduan gadget.

Anak yang mengalami kecanduan gadget seringkali mengalami penurunan minat baca. Oleh sebab itu, kebiasaan bagi orang tua yang selalu mengandalkan gadget dalam mengurus anaknya perlu dirubah. Jangan membiasakan anak untuk bermain gadget, alihkan ke kegiatan lain yang lebih positif.

4. Berikan waktu luang untuk melakukan kegiatan sesuai dengan buku

Membaca saja tentu tidak cukup. Memberikan waktu luang untuk melakukan kegiatan berdasarkan cerita atau isi dalam buku tentu akan lebih menyenangkan. Hal ini hampir sama seperti menghubungkan isi buku dengan kehidupan nyata. Dengan begitu, anak akan mulai paham dengan pelajaran hidup meskipun masih dalam lingkup yang sederhana.

Baca juga  Kiat Berbisnis Toko Online, Dari Tahap Perencanaan Hingga Bisa Sukses

Selain itu, ketika anak merasa bahwa kegiatan ini menarik dan menyenangkan, secara tidak langsung anak akan tersugesti untuk mencari buku lain dan melakukan kegiatan sesuai dengan buku lain tersebut. Sehingga, minat baca anak terhadap buku akan bertambah.

5. Gunakan buku yang menarik seperti buku bergambar atau buku 3 dimensi

Pada dasarnya, otak manusia itu lebih menyukai sesuatu yang bergambar dan penuh warna. Sehingga buku bergambar atau 3 dimensi tentu akan lebih menarik bagi anak-anak. Dengan adanya kalimat-kalimat yang disertai dengan gambar dan warna, akan memudahkan anak dalam menerima dan mengingat pesan dalam buku tersebut.

Nah, itu dia 5 tips agar anak lebih menyukai buku daripada gadget yang perlu diterapkan oleh Ayah/Bunda kepada buah hatinya. Semoga bermanfaat dan jangan ragu untuk mencoba tips diatas.

The following two tabs change content below.
%name Tips Jitu Agar Anak Lebih Menyukai Buku Daripada Gadget
Saya bekerja di sebuah perusahaan marine service di Batam Indonesia. Kegiatan sehari-hari selain rutinitas di perusahaan juga di bidang internet marketing, blogging, writing dan traveling. Web adalah tempat saya berbagi. Jalan-jalan merupakan hobby, berpindah-pindah kota menjadi rutinitas yang saya lakukan karena tugas pekerjaan. Yang mendukung saya untuk selalu menikmati seiapkota yang saya kunjungi. Indonesia yang luar biasa.
Baca juga  Anak Tantrum Bikin Cemas? Ketahui Cara Bijak Menghadapinya Berikut Ini