Pesona Alam Lembah Harau SumBar yang Mempesona

Diposting pada
Pesona%2BAlam%2BLembah%2BArau%2BSumBar%2Byang%2BMempesona Pesona Alam Lembah Harau SumBar yang Mempesona

Lembah Harau Sumbar yang mempesona merupakan sebuah ngarai (lembah yang memiliki sisi tebing) yang berada di provinsi Sumatera Barat. Bagi anda yang ingin berwisata alam dengan pemandangan lembah berbukit dan juga ingin menikmati kesegaran air terjun, anda dapat berkunjung ke tempat ini.

Karena lembah ini memiliki tujuh air terjun (sarasah) yang sangat mempesona. Bisa dibilang lembah ini merupakan salah satu lembah yang terindah di Indonesia. Namun memang wisata alam Lembah Arau belum terkenal seperti Raja Ampat dan Bali.
Pesona%2BAlam%2BLembah%2BArau%2BSumBar%2Byang%2BMempesona Pesona Alam Lembah Harau SumBar yang Mempesona
 Lembah Harau SumBar

Lembah Harau SumBar yang Mempesona

Lokasi dan Akses Menuju Lembah Harau

Lembah Harau berlokasi di kota Payakumbuh di kabupaten Limapuluh Koto, provinsi Sumatera Barat. Jarak tempat wisata Lembah Arau dari Kota Padang yakni sekitar 138 km dari dan jika dari kota Bukittinggi sekitar 47 km atau sekitar 18 km dari jarak tempuh Kota Payakumbuh dan juga hanya 2 km dari pusat pemerintahan Kabupaten Lima Puluh Kota.
Lokasinya masih dapat dijangkau dengan mudah. Transportasi umum pun siap mengantarkan Anda yang datang melalui Bukittinggi.

Destinasi Wisata Alam Lembah Harau

Lembah Harau merupakan lembah yang diapit dua bukit cadas terjal dengan ketinggian mencapai 150 meter. Lembah Harau dikelilingi batu pasir yang terjal dan juga berwarna-warni, dengan ketinggian 100 sampai 500 meter.
Jika Anda berjalan menuju Lembah Harau maka perjalanan Anda akan amat menyenangkan karena udaranya yang masih segar, Anda juga bisa melihat keindahan alam sekitarnya yang rupawan.
Tebing-tebing granit yang menjulang tinggi akan memanjakan penglihatan anda dengan bentuknya yang unik. Tebing-tebing tersebut mempunyai ketinggian sekitar 80 m sampai 300 m.
Lembah Harau terbentuk dari akibat adanya patahan turun atau block yang turun dan membentuk lembah yang cukup luas serta datar. Kawasan objek wisata Lembah Harau sendiri terdiri dari 3 (tiga) kawasan, yakni

Baca juga  Mengintip Nuansa Pesona Alam Eksotik di Taman Narmada Lombok
  1. Kawasan Aka Barayu,
  2. Kawasan Sarasah Bunta, dan
  3. Kawasan Rimbo Piobang.
Pada  Kawasan Aka Barayun dan Kawasan Sarasah Bunta terdapat keindahan air terjun yang memiliki kolam renang, bukit batu terjal yang dapat dijadikan tempat panjat tebing dan juga memiliki lokasi yang bias yang dapat memantulkan suara. Pada kawasan Rimbo digunakan untuk Taman Safari.
Lembah Harau sendiri terbagi dalam 2 daerah wisata, yakni wilayah wisata Sarasah Bunta dan Aka Barayun( Akar Berayun-red). Di kawasan Sarasah Bunta terdapat 5 buah air terjun, dan di kawasan Aka Barayun hanya ada 1 air terjun. Air Terjun di Lembah Arau masih sangat jernih dan juga dingin, serta terdapat ikan-ikan kecil.
Air terjun di kawasan Aka Barayun sudah berupa kolam sehingga berenang akan jadi lebih nyaman. Sedangkan air terjun di kawasan Sarasah Bunta penampungan air terjunnya masih alami dan sejuk.

Fasilitas.

Pada kawasan Obyek wisata Lembah Arau terdapat 3 (tiga) kawasan, yakni

  1. Resort Aka Barayu,
  2. Resort Sarasah Bunta, dan
  3. Resort Rimbo Piobang .
Pada resort Aka Barayun yang mempunyai keindahan air terjun yang mempunyai kolam renang memberikan nuansa alam yang asri dan juga berpotensi untuk pengembangan olah raga panjat tebing.
Di Kawasan ini juga terdapat fasilitas penginapan berupa homestay yang dapat dimanfaatkan para wisatawan yang ingin menginap lengkap dengan fasilitasnya. Pada resort Sarasah Bunta yang terletak disebelah timur Aka Barayun, terdapat 4 dengan telaga dan juga pemandangan yang indah.

Tiket Masuk

Tiket masuk kawasan wisata Lembah Harau untuk anak-anak hanya Rp. 3.000,-per orang dan untuk dewasa Rp.5.000,- per orang.

Baca juga  Pesona Keindahan Wisata Alam Bahari, Ombak Bono Riau

Lokasi Lembah Harau

The following two tabs change content below.
%name Pesona Alam Lembah Harau SumBar yang Mempesona
Saya bekerja di sebuah perusahaan marine servoce di Batam Indonesia. Kegiatan sehari-hari selain rutinitas di perusahaan juga di bidang internet marketing, blogging, writing dan traveling. Web adalah tempat saya berbagi.