Pantai Pok Tunggal, Surga Tersembunyi di Gunung Kidul Dengan Hamparan Pasir Putih dan Pohon Duras yang Unik

Diposting pada

Pantai Pok Tunggal adalah satu dari sekian banyak objek wisata pantai di Gunung Kidul yang eksotis nan memanjakan mata. Panorama alam yang ditawarkan oleh pantai ini benar-benar mengagumkan, dengan icon utamanya sebatang Pohon Duras.

Pantai Pok Tunggal Jogja 1 Pantai Pok Tunggal, Surga Tersembunyi di Gunung Kidul Dengan Hamparan Pasir Putih dan Pohon Duras yang Unik
Image by: instagram/yuni_mariana

Eksotisme pantai yang tergambar di Pantai Pok Tunggal adalah hamparan pasir putih bersih dengan tebing-tebing karang yang menjulang tinggi disekelilingnya dan alunan ombak yang damai di tengah-tengah lautan.

Disini anda juga bisa menyaksikan keindahan sunset di ufuk barat, dan mendirikan tenda untuk menghabiskan malam di kawasan pantai. Ditemani api unggun, semilir angin pantai dan makanan hangat adalah sajian utama anda saat malam hari.

Simak apa saja keseruan yang ada di Pantai Pok Tunggal berikut ini.

Alamat Pantai Pok Tunggal:

Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute perjalanan menuju ke lokasi Pantai Pok Tunggal:

Lokasi Pantai Pok Tunggal dari kota Jogja berjarak sekitar 70 kilometer, anda bisa menempuhnya selama 2 jam perjalanan memakai kendaraan pribadi.

Akses jalan menuju ke lokasi memang sudah beraspal, hanya saja setengah kilometer sebelum bibir pantai masih berupa jalan berbatu. Maka dari itu sebaiknya anda berhati-hati. Ada 3 rute yang bisa anda ikuti, yaitu:

Rute Dengan Kendaraan Pribadi

Pusat kota Jogja > Piyungan > Patuk, Sambipitu > Arah Hutan Bunder > Gading > Logandeng > Siyono > Bundaran Tugu BPD > Jalan Kyai Legi > Jalan Lingkar Selatan > Jalan KRT Djojodiningrat > Jalan Girisubo > Wonosari > Jalan Saptosari > Tepus > Pok Tunggal.

Bisa juga dengan mengikuti jalur pusat kota Jogja > Imogiri, Panggang > Saptosari > Tepus menuju ke arah Pantai Baron. Nantinya di pertigaan sebelum Pantai Baron, silahkan ambil kiri menuju arah Pantai Indrayanti. Dari pertigaan Pantai Indrayanti, silahkan ambil kiri dan ikuti saja jalan aspal sampai tiba di Pos Retribusi.

Rute Dari Solo dan Klaten

Klaten > Prambanan > ambil arah kiri di pertigaan Jalan Solo Prambanan menuju ke Jalan Wonosari > Patuk > Sambipitu > Hutan Bunder > Wanagama > Gading > Logandeng > Siyono > Bundaran Tugu BPD > Jalan Kyai Legi > Jalan Lingkar Selatan > Jalan KRT Djojodiningrat > Jalan Girisubo > Wonosari > Jalan Saptosari > Tepus > Pok Tunggal.

Beberapa meter dari pos ini, anda akan melihat papan petunjuk ke lokasi Pantai Pok Tunggal. Ikuti saja petunjuknya sampai anda tiba di jalan batu atau jalan cor kecil. Dari sini Pantai Pok Tunggal sudah bisa terlihat. Masih bingung?, silahkan lihat peta di Google Maps

Rute Perjalanan Menggunakan Kendaraan Umum

Anda harus mulai dari Terminal Giwangan Yogyakarta. Silahkan naik bus menuju ke Terminal Wonosari, biaya bus cukup murah yaitu Rp. 6.000 saja.

Setibanya di Terminal Wonosari anda bis menyewa ojek sampai di lokasi Pantai Pok Tunggal. Harganya mulai dari Rp. 20.000.

Harga tiket masuk ke Pantai Pok Tunggal:

HTM ke Pantai Pok Tunggal hanya sebesar Rp. 10.000, tarif ini tentunya sangat terjangkau dan pas dikantong.

Sedangkan untuk biaya parkirnya adalah Rp. 3.000 per moto, Rp. 15.000 per minibus, dan Rp. 5.000 per mobil.

Baca juga  Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark, Taman Bermain Air di Jogja yang Cocok Untuk Liburan Keluarga

Review Pantai Pok Tunggal:

Keindahan Pantai Pok Tunggal Pantai Pok Tunggal, Surga Tersembunyi di Gunung Kidul Dengan Hamparan Pasir Putih dan Pohon Duras yang Unik
Image by: instagram/viart96

Pantai Pok Tunggal adalah salah satu wisata pantai di Gunung Kidul yang memiliki pemandangan alam super eksotis. Keindahan yang ada disini mampu memberi kesan tersendiri bagi liburan wisatawan.

Semua yang datang berkunjung, pasti akan takjub dengan keindahan yang ada, berupa hamparan pasir putih bersih dan cantiknya gulungan yang sedang menari-nari di tengah lautan.

Pantai Pok Tunggal terletak diantara Pantai Siung dan Pantai Indrayanti. Jika anda kebetulan sedang liburan ke Pantai Indrayanti, maka tidak ada salahnya untuk mampir sekalian karena jaraknya sangat dekat. Hanya membutuhkan waktu perjalanan selama 15 menit saja.

Perlu anda ketahui, apabila untuk bisa tiba di salah satu surga tersembunyi Gunung Kidul ini anda harus menaklukkan medan jalan yang cukup sulit terlebih dahulu. ½ kilometer sebelum lokasi jalannya masih sempit berupa tanah berbatu, perjalanan ini tentunya cukup menguras tenaga.

Namun anda tidak perlu khawatir, karena semua usaha anda akan terbayar lunas dengan suguhan panorama eksotis nan memanjakan mata yang ada di Pantai Pok Tunggal.

Keindahan yang Tersajid di Pantai Pok Tunggal Jogja

Hamparan pasir putih pantai yang digunakan untuk santai Pantai Pok Tunggal, Surga Tersembunyi di Gunung Kidul Dengan Hamparan Pasir Putih dan Pohon Duras yang Unik
Image by: instagram/diditroger

Pantai Pok Tunggal menawarkan hamparan pasir putih bersih yang cukup luas, jajaran perbukitan karst yang tumbuh di sekelilingnya, gulungan ombak pantai yang terlihat cantik, dan ikon utamanya berupa pohon Duras.

Kombinasi ini melukiskan sebuah pemandangan yang sangat eksotis dan memanjakan mata. Tak heran, apabila Pantai Pok Tunggal menjadi salah satu pantai terindah di Gunung Kidul. Spot foto yang ada di pantai ini juga sangat kece, tak heran apabila banyak wisatawan yang tidak mau melewatkan momen indah ini dari jepretan kamera.

Asal Nama Pantai Pok Tunggal

Menurut cerita yang beredar di masyarakat, pengambilan nama nama “ Pok Tunggal “ ini memiliki beberapa versi berbeda.
Versi pertama menyebutkan apabila nama “ Pok Tunggal “ diambil dari nama Kelompok Tunggal. Yaitu sebuah kelompok yang merintis sekaligus mengelola pantai ini hingga menjadi objek wisata.

Versi kedua menuturkan apabila nama “ Pok Tunggal “ diambil dari kata “ Tuk Tunggal “. Yang berarti satu satunya sumber mata air. Sumber mata air yang dimaksud berada di barat pantai dan dibawah pohon Ambal.

Sedangkan menurut versi yang ketiga, nama “ Pok Tunggal “ diambil dari pohon yang tumbuh di pinggir pantai, yaitu Pohon Duras. Pohon Duras yang ada di sini hanya terdapat satu saja, sehingga pantai tersebut dinamakan Pok Tunggal.

Uniknya Pohon Duras di Pantai Pok Tunggal

Karena Pohon Duras menjadi icon dari Pantai Pok Tunggal dan termasuk tumbuhan langka, sehingga tidak heran apabila masyarakat sekitar menjaga dengan sebaik-baiknya Pohon Duras tersebut.

Siapa saja dilarang untuk memanjat, apalagi sampai merusak pohon unik ini.

Pohon Duras juga menjadi salah satu spot foto favorit bagi pengunjung. Disini anda bisa narsis dengan background pohon duras dan pantainya yang eksotis. Melewatkan begitu saja, tentu sangatlah disayangkan.

Kondisi Pantai Pok Tunggal sangatlah diperhatikan oleh masyarakat sekitar, mereka berusaha sebaik mungkin membebaskan lokasi pantai dari yang namanya sampah.

Usaha ini diwujudkan dalam peraturan tegas, yaitu memberi denda bagi siapa saja yang membuang sampah sembarangan. Dendanya sebesar Rp. 10.000.

Baca juga  Air Terjun Luweng Sampang, Surga Tersembunyi di Gunung Kidul yang Masih Asri dan Mirip Dengan Grand Canyon Amerika

Perbukitan Karst Menambah Kecantikan Pantai Pok Tunggal
Tepus

Indahnya Pantai Pok Tunggal dari tebing karst Pantai Pok Tunggal, Surga Tersembunyi di Gunung Kidul Dengan Hamparan Pasir Putih dan Pohon Duras yang Unik
Image by: instagram/afannrdho76

Kecantikan dan keindahan Pantai Pok Tunggal tidak hanya datang dari pohon duras ataupun hamparan pasir putihnya yang luas saja, namun perbukitan karst yang ada di sekelilingnya membuat Pantai Pok Tunggal semakin eksotis dan menarik.

Inilah pesona sesungguhnya yang ditawarkan oleh Pok Tunggal, yaitu barisan tebing karang setinggi 50 meter yang tegak lurus membentuk sebuah dinding. Tebing karang ini dipenuhi oleh tumbuhan hijau yang lebat, sehingga terlihat semakin menarik dan asri.

Tebing kars tersebut sebenarnya cukup berpotensi jika dikembangkan menjadi arena olahraga panjat tebing.

Bebatuan karang yang terlihat cantik di Pok Tunggal Pantai Pok Tunggal, Surga Tersembunyi di Gunung Kidul Dengan Hamparan Pasir Putih dan Pohon Duras yang Unik
Image by: instagram/apriyanto_photo

Perbukitan kars ini mengelilingi Pantai Pok Tunggal dari sebelah timur hingga sebelah barat, tak heran jika ia seolah-olah menjadi benteng kokoh penjaga pantai.

Jika kita melihat bukit karst tersebut dari sebelah barat, maka akan terlihat seolah-olah buaya yang moncongnya menghadap laut selatan. Wisatawan bisa menaiki kedua bukit karst tersebut, dan menemui hal-hal yang berbeda.

Jika anda naik ke bukit karst yang ada di sebelah barat pantai, maka anda akan melihat panorama Pantai Pok Tunggal yang terlihat lebih indah. Sedangkan bukit karst yang ada di sebelah timur, memiliki primata liar yang sedang asyik bermain kesana-kemari.

Keunikan dan Aktifitas Seru yang Ada di Pantai Pok Tunggal

Deretan payung santai berjajar rapi di tepian pantai Pantai Pok Tunggal, Surga Tersembunyi di Gunung Kidul Dengan Hamparan Pasir Putih dan Pohon Duras yang Unik
Image by: instagram/laelimitha

Disini anda bisa menikmati liburan yang sangat menyenangkan. Mulai dari berenang di batas bibir pantai sepuasnya, ataupun duduk santai sembari menikmati pemandangan alamnya yang eksotis nan memanjakan mata. Anda tidak perlu khawatir ketika berenang, karena pasirnya cukup landai.

Menariknya lagi, di Pantai Pok Tunggal juga ada sebuah mata air tawar. Mata air tersebut kemungkinan besar dari aliran bawah tanah yang menjadi khas daerah karst. Sumber air ini memenuhi kebutuhan kamar mandi umum dan warung-warung sekitar, bahkan digunakan oleh masyarakat setempat.

Fasilitas di Pantai Pok Tunggal

Seiring berjalannya waktu dan semakin meningkatnya jumlah wisatawan yang datang berkunjung, maka pihak pengelola terus saja berbenah diri. Fasilitas penunjang pariwisata terus ditingkatkan, demi kenyamanan dan kepuasan wisatawan.

Hal tersebut bisa kita lihat dari jajaran warung makan yang jumlahnya kian banyak di Pantai Pok Tunggal. Tidak hanya itu saja, kita juga bisa menemui tempat istirahat sekaligus bersantai yang didesain unik mirip gazebo.

Biaya menyewa gazebo ini cukup terjangkau yaitu Rp. 20.000 saja. Gazebo iniada yang berada di bukit karst, sehingga kita bisa santai sembari menyaksikan panorama alam indah yang ditawarkan oleh Pantai Pok Tunggal. Kapasitas gazebo tersebut antara 2 – 3 orang.

Fasilitas lain yang tersedia adalah:

– Parkir kendaraan : Rp. 5.000 – Rp. 15.000
– Toilet umum: Rp. 2.000 – Rp. 3.000
– Tenda dome: Rp. 60.000
– Payung pantai : Rp. 20.000
– Warung makan : Rp. 7.000 – Rp. 20.000
– Area camping : Rp. 5.000 – Rp. 10.000

Cantiknya Sunset di Ufuk Barat Pok Tunggal

Untuk menyempurnakan keseruan anda saat liburan di Pantai Pok Tunggal, maka silahkan menunggu hingga sore hari tiba. Menyaksikan sang surya yang tenggelam di balik cakrawala rasanya sayang sekali untuk dilewatkan.

Baca juga  Pantai Krakal, Antara Keindahan Alam yang Luar Biasa di Gunung Kidul dan Gurihnya Rempeyek Umbul

Sunset yang ada di Pantai Pok Tunggal tidak kalah dengan pantai-pantai lainnnya, banyak wisatawan yang menunggu dengan sabar untuk bisa melihat lembayung senja ini.

Selain berburu sunset, biasanya wisatawan mancanegara juga berkemah di pantai ini. Pasti akan terasa menyenangkan, menghabiskan malam ditemani cahaya api unggun dengan semilir angin pantai yang tenang, rasanya patut dicoba.

Bagi wisatawan yang kebetulan tidak membawa tenda sendiri dari rumah, maka mereka dapat menyewa tenda dome yang sudah disediakan oleh penduduk setempat.

Penginapan yang ada di Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal menawarkan fasilitas penginapan dan tenda bagi para pengunjung. Anda tidak perlu khawatir untuk persoalan minuman dan makanan, karena masyarakat setempat sudah menawarkan fasilitas yang komplit.

Sehingga wisatawan bisa menikmati Pantai Pok Tunggal tanpa khawatir kebutuhannya tidak terpenuhi. Harga makanan dan minumanna sesuai dengan harganya, ada yang murah dan ada juga yang cukup mahal.

Namun jika anda memutuskan akan pulang malam, maka anda wajib hati-hati. Jalannya yang berbatu dan sempit masih belum dilengkapi penerangan memadai, sehingga cukup menantang. Sebaiknya anda bermalam saja disini.

Akan ada banyak wisatawan yang menghabiskan malam liburan mereka di pantai ini. Bercengkrama bersama teman atau keluarga di pinggir pantai sambil ditemani api unggun, makanan hangat dan semilir angin laut tentu terasa sangat menyenangkan.

Bagaimana, apakah anda tertarik untuk segera mengunjungi Pantai Pok Tunggal?. Jadikan objek wisata ini pilihan anda di hari libur nanti. Atau mengunjunginya saat akhir pekan juga bukan ide yang buruk.

Bersantai dan menyatulah dengan alam di Pantai Pok Tunggal, Gunung Kidul, Jogja. Silahkan singgah dulu ke Pantai Krakal.