Pantai Nglambor, Tempat Paling Seru Untuk Snorkeling di Pesisir Gunung Kidul

Diposting pada
pantai nglambor gunungkidul daerah istimewa yogyakarta 630x380 Pantai Nglambor, Tempat Paling Seru Untuk Snorkeling di Pesisir Gunung Kidul
Image source by: instagram.com/miranti

Pantai nglambor adalah salah satu wisata pantai di Gunung Kidul yang sangat menarik dan unik. Keunikan terletak dari kondisi perairannya yang tergolong tenang dan jinak, tidak seperti pantai-pantai lainnya. Meskipun ukurannya sempit dan pasir pantai sedikit kasar, namun masih ada daya tarik lain yang menjadi mampu membuat wisatawan untung membanjiri objek wisata ini.

Daya tarik yang dimaksud adalah berenang dan snorkeling. Disini anda bisa mengeksplorasi keindahan alam bawah lautnya yang menawan dan eksotis. Aquarium alam ini memiliki berbagai macam terumbu karang, ikan-ikan kecil dan aneka biota laut lainnya.

Simak ulasan menarik seputar Pantai Nglambor Jogja berikut ini, meliputi alamat, rute perjalanan, harga tiket masuk, dan serunya liburan di Pantai Nglambor.

Alamat Pantai Nglambor

Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Perjalanan Menuju ke Lokasi Pantai Nglambor

Bagi anda yang datang dari Solo, Wonogiri, Pacitan, Klaten dan kota lainnya maka bisa memulai perjalanan dari pusat kota Jogja. Pantai Nglambor bisa ditempuh selama 2-3 jam perjalanan.

Berikut ini adalah rutenya:

Jogja – Piyungan – Bukit Patuk – Sambipitu – Rest Area Bunder – Gading – Siyono – Kota Wonosari – Jalan Baron – Mulo – Purwodadi (Tepus) – Jalan Raya Pantai Siung.

Begitu melewati pos retribusi Pantai Siung, anda akan melihat ada pertigaan. Silahkan ambil arah kanan dan menuju jalan ke makam. Pantai Nglambor erletak di ujung jalan, dan jalannya cukup sempit sehingga bus pariwisata tak dapat masuk.

Harga Tiket Masuk Pantai Nglambor

HTM Pantai Nglambor menjadi 1 dengan retribusi Pantai Siung. Harganya cukup terjangka yaitu hanya Rp. 5.000. Masih ada biaya lain yang harus anda bayarkan yaitu Rp. 2.000 untuk parkir motor dan Rp, 5.000 untuk mobil.

Area parkir dan lokasi Pantai Nglambor masih berjarak beberapa meter. Medan jalannya terlalu berbahaya dengan kodisi menukik curam, sehingga tidak disarankan apabila anda ingin membawa kendaraan pribadi hingga ke bibir pantai.

Jika tidak mau jalan kaki, anda bisa menyewa ojek dengan biaya Rp. 5.000 saja.

Serunya liburan di Pantai Nglambor Jogja

gambar pantai nglambor jogja 630x380 Pantai Nglambor, Tempat Paling Seru Untuk Snorkeling di Pesisir Gunung Kidul

Wisata pantai di Gunung Kidul adalah alternatif lain yang bisa anda pilih ketika mengunjungi Jogja. Dengan mengunjungi wisata bahari yang ada di pesisir Gunung Kidul, anda bisa melepaskan penat dan beban pikiran yang membuat tubuh anda terasa capek.

Pantai di kawasan Gunung Kidul terkenal dengan amukan ombaknya yang ganas dan berbahaya, sehingga pantai-pantai tersebut tidak direkomendasikan untuk berenang. Kendati demikian, keindahan yang begitu asri nan mempesona menjadi alasan utama bagi wisatawan untuk menyambangi pantai-pantai ini.

Mungkin anda sudah pernah mendengar bagaimana indahnya Pantai Indrayanti dan luasnya Pantai Sepanjang yang cukup menawan. Nah, kali ini kita akan seru-seruan berenang dan menikmati alam bawah laut yang eksotis di Pantai Nglambor Gunung Kidul.

Jika mayoritas pantai di Gunung Kidul memiliki ombak yang ganas, namun tidak dengan Pantai Nglambor ini. Kondisi perairannya membentuk cekungan layaknya sebuah laguna dengan ombak yang tenang dan tidak berbahaya.

Baca juga  3 Rute Favorit Buat yang Ingin Mendaki Gunung Lawu

Ombak di pantai ini bisa tenang dan jinak berkat adanya dua bukit karang raksasa yang ada di tengah laut. Bukit karang tersebut berbentuk layaknya seekor kura-kura, dan berfungsi untuk menahan ataupun memecah ganasnya ombak dari Samudera Hindia.

Dua bukit karang raksasa tersebut bernama Watu Kalong dan Watu Kuntul

Ombak yang tenang membuat terumbu karang dan biota laut tumbuh dengan subur. Air di Pantai Nglambor cukup jernih, sehingga wisatawan bisa melihat dasar laut dari permukaan. Kombinasi inilah yang membuat Pantai Nglambor cocok dijadikan spot snorkeling.

Dasar laut Pantai Nglambor bagaikan akuarium semesta yang menawarkan sejuta pesona. Disini anda bisa menyaksikan aneka ikan warna-warni yang saling kejar-kejaran kesana kemari, rumput laut, jajaran terumbu karang cantik, dan aneka biota laut.

Panorama bawah lautnya benar-benar menggoda untuk dieksplorasi lebih jauh lagi. Tidak mungkin apabila anda tak ingin snorkeling di Pantai Nglambor. Alam bawah lautnya begitu memanjakan mata dan membuat liburan anda di Jogja menjadi lebih berwarna.

Pantai Nglambor diapit oleh Pantai Jogan dan Pantai Siung, dulunya kawasan pantai ini sangatlah sepi. Tidak ada wisatawan yang mampir ke lokasi Pantai Nglambor.

Alasannya adalah karena akses jalan yang sulit dan pantainya tidak begitu luas. Sehingga wisatawan merasa kurang tertarik dan enggan untuk datang berkunjung.

Seiring dengan perjalanan waktu, Pantai Nglambor mulai dikenal dikalangan wisatawan. Berbagai kealamian dan keunikannya membuat wisatawan tertarik dengan pantai di Jogja yang satu ini.

Panorama Alam Yang Sangat Indah nan Eksotis

Pantai Nglambor juga mempunyai panorama alam yang sangat indah nan eksotis, inilah menjadi daya tarik lain bagi wisatawan.

Meskipun Pantai Nglambor sudah ramai dikunjungi oleh wisatawan, namun kondisinya masih tetap bersih dan alami. Pemandangan cantik yang ada di pantai ini dijaga dengan sebaik mungkin oleh masyarakat setempat.

Bahkan, kawasan Pantai Nglambor juga dijadikan kawasan budidaya beberapa jenis ikan dan juga lokasi konservasi terumbu karang maupun biota laut lainnya. Sehingga, wisatawan diharapkan ikut menjaga semua yang ada dan tidak merusaknya.

Garis pantainya tidaklah luas, sehingga kurang cocok digunakan untuk berjemur dan bermain voli pantai. Tekstur pasirnya sedikit lebih kasar karena terbentuk dari pecahan karang dan cangkang biota laut.

Meskipun tidak bisa berjemur, anda tidak perlu sedih dulu. Karena Pantai Nglambor akan memuaskan hasrat anda untuk seru-seruan bermain air. Mulai dari sekedar mandi, berenang ataupun snorkeling. Semua aktivitas yang anda lakukan di perairan Pantai Nglambor, dijamin aman karena ombaknya tenang dan jinak.

Berkunjung ke Pantai Nglambor rasanya tidak lengkap apabila melewatkan snorkeling. Karena memang snorkeling adalah wahana utama dan menjadi favorit wisatawan di Pantai Nglambor. Tidak perlu repot-repot membawa peralatan snorkeling dari ruma, karena disini anda bisa menyewa di 2 tempat yaitu Pokdarwis Nglambor Lestari dan Bintang Nglambor Snorkeling.

biaya snorkeling di pantai nglambor 630x380 Pantai Nglambor, Tempat Paling Seru Untuk Snorkeling di Pesisir Gunung Kidul

Harga Sewa Alat Snorkel

Harga sewa alat snorkel cukup murah yaitu Rp. 35.000 – Rp. 50.000. Ada juga paket snorkeling BNS seharga Rp 50.000. Harga ini sudah termasuk fasilitas yang komplit.

Baca juga  23 Wisata Air Terjun di Jogja yang Paling Indah dan Instagramable

Fasilitas tersebut terdiri dari tempat penitipan barang, ruang ganti, mushola, welcome drink, foto underwater, guide, pelampung, sepatu karet, snorkel dan masker.

Cukup bermodalkan snorkel, anda sudah bisa menyaksikan indahnya alam bawah laut Pantai Nglambor. Snorkeling dimulai dengan berenang ke tengah laut yang airnya mulai dalam. Kedalaman ini rasanya cukup ideal untuk snorkeling.

Rasakan sendiri bagaimana serunya menyelami kehidupan bawah laut. Anda akan melihat ikan-ikan kecil berwarna-warni yang hilir mudik disekitar terumbu karang, lengkap dengan bota laut lainnya.

Ikan-ikan kecil tersebut berasal dari jenis Jambrong, Sergeant Major dan sebagainya

Snorkeling di Pantai Nglambor

Saat snorkeling wisatawan diharapkan hati-hati agar tangan dan kaki tidak bertumpu di terumbu karang karena dapat merusaknya. Alunan ombak memberikan sensasi tersendiri saat kita sibuk menari-nari dengan biota laut yang ada.

Meskipun aktivitas snorkeling sangat seru, namun tetap ingat aturannya. Jangan sampai berenang melewati batas aman. Ikuti instruksi guide agar aktivitas snorkeling dan berenang tetap aman.

snorkeling di pantai nglambor 630x380 Pantai Nglambor, Tempat Paling Seru Untuk Snorkeling di Pesisir Gunung Kidul

Jika anda mencoba snorkeling, akan terasa tidak lengkap apabila anda melewatkannya dari jepretan kamera. Abadikan momen ini selagi anda masih berada di kedalaman laut bersama sekawanan ikan dan terumbu karang.

Paket BNS sudah termasuk foto underwater di Pantai Nglambor, sehingga anda tidak usah membawa kamera sendiri dari rumah. Begitu selesai foto-foto di bawah air, nanti setibanya dirumah tinggal mengunggahnya di sosial media.

Pantai Nglambor lokasinya diapit oleh tebing-tebing dan bukit karang. Anda bisa memanfaatkan bukit-bukit karang untuk trekking sesudah puas bermain snorkeling. Dari atas bukit, pulau karang berbentuk dua kura-kura terlihat semakin jelas.

foto pantai nglambor jogja 630x380 Pantai Nglambor, Tempat Paling Seru Untuk Snorkeling di Pesisir Gunung Kidul

Dari bukit karang, panoramanya terlihat menghijau. Sambil bersantai, nikmatilah angin sepoi-sepoi khas pantai yang begitu memanjakan. Menghilangkan semua stress yang ada di dalam pikiran sekaligus merefresh otak di akhir pekan.

Deretan pantai lain yang ada di sekitar Pantai Nglambor

Selain itu, anda juga bisa melihat kawasan pantai yang cantik dari ujung ke ujung. View yang ditawarkannya sangat indah dan eksotis. Deretan pantai lain yang ada di sekitar Pantai Nglambor juga terlihat samar-samar.

sunset cantik di Pantai Nglambor 630x380 Pantai Nglambor, Tempat Paling Seru Untuk Snorkeling di Pesisir Gunung Kidul

Tidak jauh berbeda dengan pantai-pantai lainnya. Saat sore hari tiba, anda berkesempatan untuk melihat indahnya sunset di ufuk barat. Jika anda pemburu sunset, nampaknya wajib banget untuk menunggu hingga sore hari.

Sebenarnya aktivitas yang bisa anda lakukan tidak cukup sampai disitu saja, masih ada aktivitas lain yang tidak kalah seru dan menarik. Aktifitas tersebut adalah Susur Pantai.

Kita akan memulai suru pantai ini dari lokasi Pantai Nglambor kemudian melanjutkan perjalanan ke arah timur atau barat menyusuri garis pantainya.

Jika pilihan pertama anda ke arah timur, maka anda akan mendaki bukit-bukit di yang ada di sebelah timur. Setelah itu melanjutkan perjalanan menuju ke Pantai Wediombo, Pantai Siung, Pantai Lumbung, dan pantai-pantai lain.

Sementara itu, apabila anda memilih perjalanan ke arah barat, maka anda akan menemui Pantai Ngetun, Pantai Jogan, Pantai Pok Tunggal, Pantai Indrayanti, Pantai Timang, dan sebagainya.

Baca juga  Keindahan Alam Wisata Belitung

Pastikan anda sudah siap menerima semua kejutan menarik yang akan tersaji di sepanjang perjalanan. Panorama indah dengan rute menantang adalah sajian utamanya.

Menyempatkan diri untuk berkemah di salah satu pantai adalah kegiatan yang wajib anda lakukan agar liburan lebih berkesan. Apalagi berkemah bersama teman-teman, pasti akan sangat seru.

Tips Yang Harus Diperhatikan ke Pantai Nglambor

Jika anda tertarik akan berkunjung ke Pantai Nglambor, maka ada beberapa tips yang harus diperhatikan. Simak baik-baik dibawah ini.

  • Saat berkunjung ke Pantai Nglambor pastikan membawa pakaian ganti karena aktivitas utamanya adalah snorkeling dan berenang.
  • Hubungi terlebih dahulu pihak pengelola apabila anda akan snorkeling di Pantai Nglambor. Karena tidak semua waktu cocok untuk snorkeling, visibilitas dan kejernihan air ditentukan pasang surut ombak.

Oleh sebab itu anda memerlukan informasi ini agar tidak
kecewa.

Kontak yang bisa anda hubungi

087839639249 / 082134692388 (call/sms)

32A9ED87 (BBM)

082134692388 (whatsapp)

Jika berencana untuk berkunjung saat musim liburan atau akhir pekan, sebaiknya reservasi terlebih dahulu agar tidak kehabisan alat. Alternatif lainnya anda bisa membawa peralatan snorkeling sendiri dari rumah.

Jika anda sudah puas mengeksplorasi Pantai Nglambor, dan masih ingin mengunjungi wisata pantai di Jogja. Silahkan mampir ke Pantai Siung, Pantai Jogan, dan Pantai Timang.