Pantai Krakal, Antara Keindahan Alam yang Luar Biasa di Gunung Kidul dan Gurihnya Rempeyek Umbul

Diposting pada

Pantai Krakal namanya mungkin sudah tidak asing lagi bagi wisatawan. Karena sejak lama Pantai Krakal dikenal sebagai kawasan pantai di pesisir Gunung Kidul yang memiliki keindahan luar biasa.

pantai krakal kabupaten gunungkidul daerah istimewa yogyakarta indonesia Pantai Krakal, Antara Keindahan Alam yang Luar Biasa di Gunung Kidul dan Gurihnya Rempeyek Umbul
Image by: instagram/malamell

Hamparan pasir putih yang luasnya mencapai 40.000 meter, ombak jenih dengan alunan yang damai dan bebatuan karang yang membentang sepanjang bibir pantai adalah sajian utama dengan keindahan yang begitu cantik.

Selain menikmati keindahan, masih ada banyak kegiatan lain yang bisa dilakukan oleh wisatawan. Seperti bermain surfing, mencicipi seafood, dan mencoba gurihnya rempeyek Umbal. Fasilitas yang lengkap, membuatnya kian menarik

Simaklah keseruan apa saja yang bisa anda dapatkan saat liburan di Pantai Krakal berikut ini.

Alamat Pantai Krakal:

Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjung Sari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Perjalanan Menuju ke Lokasi Pantai Krakal:

Dari arah manapun silahkan menuju perempatan Jalan Wonosari ringroad timur Jogja. Hal ini tidak berlaku apabila anda berangkat dari Solo, nantinya di pertigaan sebelah selatan Candi Prambanan anda bisa memotong jalan dengan cara belok menuju arah selatan. Perjalanan ini dilanjutkan menuju kota Wonosari yang jaraknya kira-kira 32 kilometer.

Begitu sampai di kota Wonosari, tepatnya sesudah melewati alun-alun, silahkan belok kanan lewat Desa Kemandang menuju ke Pantai Krakal. Anda tidak perlu khawatir akan kebingungan, karena disini sudah tersedia banyak sekali penunjuk jalan.

Kondisi jalannya sudah cukup bagus, namun jalur ini terdapat banyak sekali tikungan dan anda akan melalui perbukitan batu gamping yang ada di Gunung Kidul.

Dari kota Wonosari menuju lokasi Pantai Krakal jaraknya sekitar 23 kilometer. Sebelum tiba di Pantai Krakal, anda harus melewati loket masuk Pantai Gunungkidul terlebih dahulu. Sesudah melewati loket ini, anda akan melihat sebuah pertigaan, silahkan belok kiri untuk tiba di Pantai Krakal. Sedangkan arah kanan menuju Pantai Baron.

Agar mempermudah perjalanan anda, silahkan lihat peta Pantai Krakal Wonosari di Google Maps.

Harga Tiket Masuk Pantai Krakal:

HTM Pantai Krakal sebesar Rp. 10.000. Tiket ini sudah termasuk tiket ke Pantai Baron, Pantai Kukup, dan Pantai Sudak. Hal tersebut dikarenakan letak pantainya yang masih satu kawasan.

Review singkat Pantai Krakal:

Pantai Krakal adalah pantai terpanjang dan terluas dari sekian banyak objek wisata pantai di Gunung Kidul. Rasanya anda wajib sekali untuk mampir ke pantai ini, khususnya bagi pemburu keindahan pantai yang keren dan eksotis.

Pantai Krakal menjadi surganya keindahan pantai yang mampu membuat hati semua orang merasa tenang dan damai. Setiap sudut pantainya, memiliki keindahan tersendiri yang sayang rasanya jika dilewatkan.

Sepanjang perjalanan menuju ke lokasi Pantai Krakal, anda akan melihat jajaran bukit kapur lengkap dengan bongkahan-bongkahan bebatuan karang di kiri dan kanan jalan. Bongkahan batu karang tersebut membuat pemandangan sekitar semakin indah, dan daerah ini dinamakan Karst.

Sejak dahulu, Pantai Krakal memang sudah dikenal dikalangan wisatawan sebagai pantai di pesisir Gunung Kidul yang mempunyai keindahan luar biasa. Sehingga menjadi hal yang lumrah, apabila setiap harinya kawasan ini selalu saja dikunjungi wisatawan, khususnya saat akhir pekan dan hari libur.

Baca juga  10 Tempat Wisata Terbaik dan Terfavorit di Kota Solo

Keindahan yang Ditawarkan Oleh Pantai Krakal

Foto pantai krakal Pantai Krakal, Antara Keindahan Alam yang Luar Biasa di Gunung Kidul dan Gurihnya Rempeyek Umbul
Image by: instagram/riskapurwoko

Pantai Krakal memiliki pasir putih yang terhambar luas di tepian pantai, hempasan ombak yang tenang dan jernih di tengah lautan, serta tatanan bebatuan karang menghiasi wilayang sekeliling pantai. Kombinasi ini berhasil melukiskan sebuah panorama alam yang eksotis dan keren.

Ombak di Pantai Krakal Pantai Krakal, Antara Keindahan Alam yang Luar Biasa di Gunung Kidul dan Gurihnya Rempeyek Umbul
Image by: instagram/fintya_puspa

Pasir Pantai Krakal yang membentang luas di bibir pantai seluas 40.000 meter tersebut, memiliki tekstur yang lembut dan berwarna putih bersih. Banyak wisatawan yang memanfaatkan daerah pasir ini untuk duduk-duduk duduk santai diatas gulungan tikar sembari menikmati suguhan panorama alam yang ada. Hembusan angin pantai yang sejuk nan menyegarkan, akan senantiasa setia menemani liburan anda di sini.

Dari tepian pantai, anda akan melihat ombak yang jernih sedang menari-nari di tengah lautan. Ombaknya tidak besar ataupun ganas, relatif tenang dan damai. Sangat cocok untuk menemani santai.

Pancaran sinar matahari yang menyinari cakrawala pantai, membuat panoramanya kian eksotis saja. Jangan lupa untuk foto-foto di Pantai Krakal, karena banyak sekali fpot foto yang indah dan instagramable.

Bebatuan Karang di Pantai Krakal Menjadi Rumah Bagi Ikan-ikan Kecil

Bebatuan karang di Pantai Krakal Pantai Krakal, Antara Keindahan Alam yang Luar Biasa di Gunung Kidul dan Gurihnya Rempeyek Umbul
Image by: instagram/anik_setyawati

Setelah puas duduk santai di pasir pantainya, mari kita jalan-jalan menuju deretan batu karang yang membentang sepanjang bibir pantai. Batu karang ini merupakan rumah bagi sekawanan ikan kecil warna-warni.

Batu karang yang bertebaran di bibir pantai tersebut dihuni oleh ikan kepe-kepe ( butterflyfish ) dengan garis biru muda dan biru tua, ikan damselfish kuning yang di punggungnya memiliki aksen biru sebagai warna khasnya, dan sekelompok ikan kecil yang berwarna biru terang.

Tidak lupa, bintang laut juga banyak yang menghuni bebatuan karang ini. Anda bisa berburu biota laut tersebut memakai jaring kecil, yang tersedia di sekitar Pantai Krakal. Pastinya akan sangat seru, jika liburan diisi dengan kegiatan berburu ikan cantik ini.

Aktifitas Menarik di Pantai Krakal

Karang karang Pantai Krakal Pantai Krakal, Antara Keindahan Alam yang Luar Biasa di Gunung Kidul dan Gurihnya Rempeyek Umbul
Image by: instagram/andi_sucahyo

Jika beruntung, maka anda bisa melihat atraksi wisata yang digelar diatas panggung terbuka. Atraksi wisata di Pantai Krakal ini tidak setiap hari dilakukan, namun hanya waktu-waktu tertentu saja.

Tidak hanya duduk santai dan berburu ikan di tepian laut saja, namun masih ada beberapa aktivitas lain yang bisa kita lakukan. Kita bisa memanfaatkan hamparan pasir pantainya yang luas untuk bermain sepakbola ataupun layang-layang. Pasti akan sangat seru bisa bermain bola pantai.

Kemudian anda juga dapat bermain ombak laut yang ada di sepanjang bibir pantai, dan ombak ini nyambung terus sampai ke samudra Australia. Ajaklah teman atau keluarga untuk bermain ombak di tepian pantai, rasanya tidak afdol apabila pergi ke pantai tanpa basah-basahan. Kayak ada yang kurang, bener tidak?.

Baca juga  Menikmati Pesona Keindahan Pantai Aie Manih dan Batu Malin Kundang yang Melegenda

Melihat View Pantai Krakal Dari Sudut Pandang

View berbeda Pantai Krakal Jogja Pantai Krakal, Antara Keindahan Alam yang Luar Biasa di Gunung Kidul dan Gurihnya Rempeyek Umbul
Image by: instagram/diasmansyur23

Pantai Krakal memiliki dua batu karang hitam yang menjadi pembatas dengan pantai lain di sebelahnya. Kedua batu karang ini, menjulang tinggi dan permukaannya sangat subur. Sehingga tidak heran apabila permukaannya ditumbuhi aneka tumbuhan pantai.

Di antara kedua batu karang ini, terdapat sebuah gazebo yang sudah disediakan oleh pihak pengelola. Dari gazebo ini anda bisa menyaksikan keindahan Pantai Krakal dari sudut pandang berbeda. View yang ditawarkannya cukup eksotis, silahkan mencoba naik kesini karena dijamin tidak akan rugi.

Setelah itu, cobalah berjalan-jalan mengarungi lepas pantainya. Deretan batu karang berbaris memanjang dan menyembul ke permukaan, seolah-olah membentuk jalan setapak di lautan. Karena batu karang disini cukup tajam, sehingga anda wajib mengenakan alas kaki. Spot foto yang ada di sini juga keren, jangan sampai anda melewatkannya dari jepretan kamera.

Selain menjadi tempat jalan-jalan bagi wisatawan, batu karang ini juga menjadi tempat strategis untuk nelayan saat memancing. Para nelayan akan mencari spot terbaik, untuk melemparkan joran pancing mereka.

Disisi lainnya, anda juga bisa melihat beberapa nelayan yang tengah asyik menyelam mencari umbal di laut dangkal. Umbal merupakan sejenis hewan laut kecil, dan hidupnya menempel pada batu. Penduduk setempat memanfaatkan umbal ini untuk diolah menjadi sajian rempeyek yang gurih.

Jajanan khas ini akan terasa istimewa ketika dinikmati dipinggiran pantai sambil memandang Pantai Krakal yang eksotis.

Ganasnya Ombak Reef Break yang Tersimpan di Pantai Krakal

Dibalik kecantikan dan ombak Pantai Krakal yang tenang, ternyata disini juga tersedia ombak ganas yang sangat cocok untuk berselancar.

Jika anda hobi surfing, maka silahkan berjalan menuju jajaran batu karang lepas pantai, dan nantikanlah ombak jenis reef break yang sangat menantang dan ganas itu.

Karena dasar lautnya didominasi bebatuan karang, maka para surfer disarankan agar ekstra hati-hati. Jika jatuh ke batuan karangnya, tentu sangat sakit. Peselancar pemula tidak disarankan untuk mencoba-coba ombak reef break ini.

Untuk berjumpa dengan ombak yang ganas tersebut, silahkan berkunjung ke Krakal pada bulan Maret hingga September. Karena masih belum tersedia penyewaan surfboard, sehingga anda harus membawa papan surfing sendiri dari rumah.

Berburu Seafood di Pantai Krakal

Seafood yang lezat Pantai Krakal, Antara Keindahan Alam yang Luar Biasa di Gunung Kidul dan Gurihnya Rempeyek Umbul
mage by: instagram/warung_pojok_inovatif

Ketika perut mulai terasa lapar setelah mencoba semua keseruan di Pantai Krakal, silahkan mengunjungi jajaran warung makan yang bertebaran di sana. Menu makanan utamanya adalah ikan laut, dan aneka menu makanan lain juga tersedia.

Jangan lupa untuk mencicipi rempeyek Umbul yang ditangkap oleh nelayan, rasanya dijamin akan menggoyang lidah anda. Harga makanan yang ada di sekitar pantai cukup terjangkau, sehingga tidak usah khawatir akan mengeluarkan banyak uang.

Fasilitas seperti toilet juga sudah tersedia, disana terdapat kamar mandi atau toilet umum bagi wisatawan. Tarifnya hanya sekitar Rp. 2.000 – Rp. 3.000 saja.

Sunset di Pantai Krakal Pantai Krakal, Antara Keindahan Alam yang Luar Biasa di Gunung Kidul dan Gurihnya Rempeyek Umbul
Image by: instagram/agoez_gogond

Bagi anda yang masih belum puas menikmati keindahan dan kenyamanan di Pantai Krakal, maka anda bisa menyewa fasilitas hotel melati. Hotel ini juga menyediakan rumah makan yang secara khusus menjual aneka hidangan laut atau seafood.

Baca juga  24 Tempat Wisata Di Nusa Tenggara Barat Paling Eksotis Dan Wajib Dikunjungi

Hotel ini sangat nyaman, dan bisa menjadi tempat anda istirahat setelah seharian penuh bermain-main di pantai.

Jika anda tidak kebagian penginapan di Pantai Krakal Gunung Kidul karena sudah penuh, silahkan menuju Pantai Sadranan ataupun ke Pantai Indrayanti yang jauh lebih banyak. Disana anda bisa menemukan penginapan dengan pelayanan terbaik.

Namun apabila anda tidak ingin menginap dan pengen mencicipi seafood, anda juga tidak perlu khawatir. Karena sepanjang perjalanan menuju lokasi pantai, warung-warung yang berjajar di pinggir jalan menawarkan berbagai kuliner seafood.

Rasa seafood khas Jogja yang ditawarkannya sangatlah lezat, apalagi ikannya masih segar dan ditangkap langsung oleh nelayan di laut.
Bagaimana, kapan anda berkunjung ke Pantai Krakal Jogja?.

Keindahannya yang eksotis, aktifitas seru, dan kenyamanannya mampu memberi kesan tersendiri bagi siapa saja yang berkunjung.Jangan lupa juga untuk mampir ke Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark.