Pantai Kayu Arum, Pantai Berpasir Putih di Gunung Kidul yang Eksotis dan Belum Dijamah Banyak orang

Diposting pada

Pantai Kayu Arum adalah salah satu destinasi wisata di Gunung Kidul yang sangat menarik untuk dikunjungi saat liburan tiba. Pasalnya, pantai ini menawarkan nuansa berbeda kepada wisatawan, yang hidup di tengah-tengah keramaian dan kesibukan kehidupan perkotaan.

Pantai Kayu Arum akan menyajikan udara sejuk nan menyegarkan, keindahan panorama alam khas pantai yang masih asri, dan ketenangan yang mampu membius pikiran semua wisatawan.Pokoknya, cocok sekali untuk refreshing dan lari sejenak dari rutinitas sehari-hari yang berat.

Salah satu pantai Wonosari yang masih sepi ini, memiliki ciri khas berupa semilir angin laut yang kencang, deburan ombak ganas, dan hamparan luas pasir putih bersih nan lembut.

Bagaimana, apakah anda tertarik? Berikut ini informasi terkait alamat, lokasi, peta, rute, dan sedikit riview keindahan Pantai Kayu Arum Wonosari.

Pantai Kayu Arum 630x380 Pantai Kayu Arum, Pantai Berpasir Putih di Gunung Kidul yang Eksotis dan Belum Dijamah Banyak orang
Pantai Kayu Arum

Pantai Kayu Arum

Alamat Pantai Kayu Arum

Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute perjalanan menuju lokasi Pantai Kayu Arum

Dari pusat Kota Yogyakarta, Pantai Kayu Arum berjarak sekitar 65 kilometer dan bisa ditempuh sekitar 2 jam perjalanan. Akses jalannya tergolong sangat mudah, baik dilalui roda 2 ataupun roda 4. Kendati demikian, kendaraan wisatawan hanya bisa sampai di Baron Techno Park. Setelah itu, parkir di halaman rumah warga dengan biaya Rp. 5.000.

Rute ke Pantai Kayu Arum dimulai dari Kota Jogja menuju ke Jalan Wonosari. Kemudiancari pertigaan dan ambillah sisi kanan yang menuju Kecamatan Playen, atau yang lebih populer dengan sebutan Desa Wisata Sri Gethuk. Dari sini lurus terus menuju Kecamatan Saptosari.

Baca juga  3 Rute Favorit Buat yang Ingin Mendaki Gunung Lawu

Nah, begitu anda menemui sebuah pertigaan sebelum Pantai Baron, silahkan ambil arah kanan. Perjalanan dilanjutkan dengan lurus terus menuju ke Pantai Parangcuk. Setelah itu, cari gedung Baron techno Park ( yakni PLTS dan Pembangkit Listrik Tenaga Gelombang ).

Review Keindahan Pantai Kayu Arum Yogyakarta

Sekarang ini banyak wisatawan yang mengunjungi Kabupaten Gunung Kidul ketika liburan ke Jogja. Hal ini tentu bukan tanpa alasan, karena Gunung Kidul mulai bermunculan objek wisata baru yang masih belum terjamah oleh wisatawan. Inilah daya tarik utama dari Gunung Kidul yang saat ini sedang diburu oleh wisatawan.

Salah satunya adalah Pantai Kayu Arum, yang belakangan ini mulai ramai diperbincangkan oleh wisatawan. Letak Pantai Kayu Arum berjarak sekitar 7 kilometer dari Pantai Baron, sehingga anda bisa mampir kesini jika berkunjung ke Pantai Baron.

Jalan menuju ke Pantai Kayu Arum bisa dikatakan cukup menantang dan sulit, sehingga anda harus berhati-hati. Karena kendaraan anda hanya bisa sampai di Baron Techno Park, maka anda harus berjalan kaki untuk bisa tiba di lokasi Pantai Kayu Arum. Perjalanan ini akan memakan waktu sekitar 15 menit saja.

Wisatawan akan melalui jalan setapak yang yang berada di tengah-tengah ladang petani. Jalan ini ditumbuhi banyak semak belukar dan rerumputan liar. Ditambah lagi, hamparan sawah milik warga di sekelilingnya yang tumbuh subur. Membuat pemandangan alam semakin terasa sejuk nan memanjakan mata.

Hotel di Wonosari, Yogyakarta, Indonesia

Baca juga  Mitos Angker dan Keasyikan Waduk Botok atau Waduk Delok

Hamparan pasir putih bersih

Begitu tiba di lokasi Pantai Kayu Arum, anda akan langsung disambut oleh angin laut yang cukup kencang. Angin laut ini tidak ada henti-hentinya menerpa tubuh anda. Nikmatilah udara khas pantai ini, yang jarang sekali bisa anda rasakan.

Karena Pantai Kayu Arum Gunung Kidul jauh dari perkotaan, sehingga tidak heran apabila suasananya sangatlah tenang. Ditambah lagi belum banyak wisatawan yang datang berkunjung, membuat pantai ini semakin sempurna untuk bersantai. Rasa-rasanya anda sedang liburan di Pantai Pribadi, yang sangat mengasyikkan.

Pemandangan sempurna khas Pantai Kayu Arum benar-benar menyempurnakan liburan anda. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih bersih yang sangat luas, tekstur pantainya yang lembut, membuatnya nyaman dipijak oleh wisatawan untuk menyusuri pantai.

Jika anda tertarik, mencoba olahraga bola pantai bukanlah ide yang buruk. Pasti akan sangat seru, bermain bola bersama teman sembari menikmati keindahan Pantai Kayu Arum Wonosari.

Ombak yang ada disini terbilang sangatlah ganas, setiap kali deburan ombaknya menabrak karang, terlihat begitu menarik. Oleh karena itu, anda tidak disarankan untuk bermain air di salah satu objek wisata pantai di Gunung Kidul ini.

Jika anda datang sewaktu air laut pasang, maka anda berkesempatan untuk melihat ikan-ikan kecil yang ada di bibir pantai. Ikan-ikan tersebut berwarna-warni, dan asyik saling kejar-kejaran kesana kemari.

Perlu anda ketahui, jika Pantai Kayu Arum adalah salah satu pantai unik, karena lokasinya yang langsung berbatasan dengan persawahan milik warga sekitar. Sawah tersebut tumbuh dengan suburnya, sehingga membuat keindahannya semakin eksotis.

Baca juga  Rekomendasi Tempat Makan Enak dan Terfavorit di Surabaya

Menikmati Pantai Dari Atas Bukit

Jika anda masih belum puas mengeksplorasi keindahan alam yang ada di Pantai Kayu Arum, silahkan menuju sebuah bukit yang terletak di sebelah timur pantai. Untuk bisa tiba di puncak bukit ini, anda harus mengeluarkan sedikit tenaga. Namun semua itu akan terbayar lunas, dengan keindahan yang akan anda lihat.

Seluruh penjuru Pantai Kayu Arum bisa terlihat dengan jelas, dan semakin eksotis. Semilir angin sepoi-sepoi akan menemani waktu anda saat tiba di bukit ini.

Tidak cukup sampai disitu saja, agar liburan anda semakin seru dan komplit, silahkan coba fasilitas camping yang sudah tersedia. Anda bisa mendirikan tenda diatas pasir pantainya yang halus dan bersih. Bermalam bersama teman di pinggiran Pantai Kayu Arum, sembari menikmati semilir angin laut yang sepoi-sepoi, tentu saja sangatlah menarik.

Karena tergolong sebagai wisata baru di Jogja, sehingga belum banyak fasilitas yang tersedia. Maka dari itu, jangan lupa membawa bekal makanan dan minuman secukupnya, mengingat disana belum tersedia warung. Jangan membuang sampah sembarangan di kawasan pantai, supaya kebersihan dan kealamiannya terus terjaga dengan baik.

Dari pembahasan diatas kita bisa menarik kesimpulan, jika Pantai Kayu Arum adalah tempat terbaik untuk refreshing dan bersantai. Pantai ini belum banyak dikunjungi oleh wisatawan, memiliki ombak ganas, hamparan pasir putih luas, dan angin pantai yang kencang. Camping adalah kegiatan yang wajib anda coba.