Mengintip Nuansa Pesona Alam Eksotik di Taman Narmada Lombok

Diposting pada
Memiliki waktu luang memang menjadi momen yang tepat untuk menciptakan quality time bersama keluarga. Namun rasanya akan membosankan jika destinasi wisata yang didatangi adalah yang itu-itu saja.
Nuansa%2BPesona%2BAlam%2BEksotik%2Bdi%2BTaman%2BNarmada%2BLombok Mengintip Nuansa Pesona Alam Eksotik di Taman Narmada Lombok
Nah, bagi Anda yang saat ini tengah merencanakan wisata bersama keluarga namun kebingungan untuk menentukan tempatnya, kali ini kami akan bagikan review tentang detinasi Taman Narmada, salah satu spot wisata di Lombok yang cocok untuk Anda jadikan tempat merefresh pikiran anda sekaligus menciptakan quality time bersama keluarga.
Nuansa%2BPesona%2BAlam%2BEksotik%2Bdi%2BTaman%2BNarmada%2BLombok Mengintip Nuansa Pesona Alam Eksotik di Taman Narmada Lombok
Nuansa Pesona Alam Eksotik di Taman Narmada Lombok 

Nuansa Pesona Alam Eksotik di Taman Narmada Lombok 

Tentang Taman Narmada

Taman Narmada ini dibangun pada tahun 1727 dan dahulunya difungsikan sebagai tempat upacara dan tempat peristirahatan.
Taman Narmada juga pernah mengalami kerusakan yang cukup parah sehingga Direktorat Perlindungan dan Pembinaan Peninggalan Sejarah dan Purbakala Nusa Tenggara Barat melakukan rekonstruksi Taman Narmada selama kurang lebih 8 hingga 9 tahun.

Berbagai Hal Menarik yang Bisa Dinikmati di Taman Narmada

Hasil dari rekonstruksi tersebut sudah bisa dirasakan oleh banyak wisatawan pada masa kini. Taman Narmada ini telah dikonsep dengan nuansa alam dan penataannya dilakukan sedemikian rupa sehingga menyerupai gunung dengan luasnya yang mencapai 2 hektar.
Karena menyerupai gunung, setiap wisatawan yang berkunjung ke Taman Narmada dan ingin mencapai bagian atasnya dimana Pura Kalasa terdapat, pengunjung haru berjalan melewati anak tangga yang lumayan panjang.
Nah, jika enggan untuk naik, pengunjung bisa memuaskan diri dengan hanya berada di bagian bawah Taman Narmada yang terdiri dari 3 kolam yang bersumber langsung dari mata air alam, dan seolah melambangkan Danau Segara Anak.
Tak hanya kolam dan Pura Kalasan, Taman Narmada juga memiliki berbagai fasilitas rekreasi yang lain seperti watersport, outbond, panggung hiburan serta warung yang menyajikan kuliner khas dari daerah Lombok.
Tak hanya itu, pengunjung juga bisa mencuci wajah di sumber mata air yang dijaga oleh Pedande. Apa khasiatnya? Menurut kepercayaan masyarakat serempat, mata air ini akan membuat seseorang menjadi awet muda sehingga tidak heran banyak orang yang mencuci wajahnya di sumber mata air ini dan bahkan meminumnya.
Jika Anda berminat untuk mengunjungi Taman Narmada ini, sebaiknya Anda memperhatikan waktu yang tepat karena Taman Narmada adalah tempat yang disucikan sehingga wanita yang sedang mengalami haid tidak diijinkan untuk masuk.

Sejarah Taman Narmada

Taman Narmada ini dibangun oleh Raja Bali yang juga berkuasa di Lombok yakni Raja Anak Agung Gede Ngurah Karang Asem. Sehingga tidak heran jika Anda melihat taman ini Anda akan berpikiran bahwa konsep yang digunakan hampir sama dengan taman yang ada di Karangasem, Bali.
Nama Narmada yang disematkan pada taman ini diambil dari nama anak sungai yang dianggap suci di daerah India, yakni Narmadandi. Fungsi awal Taman Narmada adalah sebagai tempat upacara dan tempat untuk peristirahatan.
Pada masa itu memang dilaksanakan Pujawali yang merupakan upacara adat Pakelan dan pelaksanaannya adalah di Gunung Rinjani. Tetapi karena raja yang tengah berkuasa mengalami kesulitan sehingga tidak bisa mendaki Gunung Rinjani, akhirnya dibangunlah Taman Narmada yang dibuat menyerupai Gunung Rinjani serta Danau Segara Anak dan sang raja melakukan upacara Pujawali ini di Taman ini.
Hingga saat inipun, masayarakat yang beragama Hindu masih melaksanakn upacara Pujawali ini di Taman Narmada tepatnya di Pura Kalasa setiap purnama kelima di tahun Saka atau di sekitar bulan Oktober hingga November.

Akses Menuju ke Taman Narmada

Taman Narmada ini terletak di Desa Lembuak di Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat. Lokasinya yang sangat strategis dan mudah untuk ditemukan tentu sangat menguntungkan bagi wisatawan yang ingin mengunjunginya.
Karena lokasinya yang mudah untuk dijangkau, Taman Narmada bisa diakses dari berbagai penjuru, entah itu menggunakan angkutan umum ataupun kendaraan pribadi. Nah, bagaiman ? Tentunya Anda tertarik kan untuk mengunjunginya?