Solusi Ampuh dalam Mengatasi Anak yang Takut Gelap

Diposting pada

Mengatasi Anak yang Takut Gelap ~ Pastinya sudah sering kan melihat atau mendapati anak kecil yang ketakutan saat berada dalam kegelapan? Alasannya karena ia takut jika tiba-tiba ada monster, hantu, atau hal menyeramkan lainnya yang menyebabkan mereka diliputi rasa khawatir dan cenderung tidak aman. Jika hal ini dibiarkan saja dan tak diatasi, sangat mungkin hal ini berdampak buruk bagi perkembangannya saat dewasa kelak.

Nah, jika Anda mempunyai anak dengan kondisi demikian, tentunya tidak boleh dibiarkan. Anda bisa mengatasinya dengan menerapkan beberapa tips berikut ini. Apa sajakah itu?

%name Solusi Ampuh dalam Mengatasi Anak yang Takut Gelap
Mengatasi Anak yang Takut Gelap

Solusi Cerdas untuk Mengatasi Anak yang Takut Gelap

1. Kenali penyebab anak anda takut akan gelap

Sebagai orangtua, anda harus mengetahui penyebab anak anda takut akan gelap. Tanyakan pada anak anda, apa yang menjadi penyebab ia takut akan kegelapan. Cobalah untuk memahaminya dari sudut pandang sang anak. Setelah itu, berikan pemahaman yang sederhana tapi masuk akal.

Misalnya, anak anda mengatakan bahwa ia takut gelap karena ia takut akan ada hantu, maka berikan pemahaman seperti bahwa hantu itu ada, tapi kita tidak bisa melihatnya. Manusia lebih kuat dari hantu, jadi hantu tidak akan berani mengganggu manusia, dan sebagainya.

Baca juga  Cara Mendidik Anak untuk Konsentrasi atau Fokus

2. Biasakan anak untuk tidur dalam gelap

Cara ini dapat dilakukan secara bertahap. Yang pertama, orangtua menemani tidur anak. Saat anak tidur bersama orangtua, meskipun dalam kondisi gelap, anak cenderung tidak merasakan takut karena mereka merasa aman. Ketika anak sudah terbiasa tidur dengan pencahayaan redup atau bahkan gelap, maka rasa takut akan gelap pun akan berkurang, karena mereka sudah terbiasa dengan keadaan tersebut.

Yang kedua, gunakan sedikit pencahayaan seperti lilin, lampu tidur, dan sejenisnya. Jika cara pertama belum berhasil, maka cara ini perlu dicoba. Menggunakan lampu tidur juga akan membantu mengurangi rasa takut anak terhadap gelap.

3. Hindari bercerita tentang hal-hal yang menyeramkan

Biasanya rasa takut anak muncul setelah mereka mendengarkan cerita yang menyeramkan baik dari teman sebayanya atau bahkan dari orangtua nya sendiri. Cerita seram atau yang berbau horror identik dengan suasana malam hari yang gelap. Sehingga anak akan mendaat pemahaman secara tidak langsung bahwa malam hari dan kegelapan itu adalah sesuatu yang menyeramkan.

Baca juga  Tips Memilih Dokter Anak Terbaik yang Cocok dengan Buah Hati Anda

Jika sudah seperti ini, sebaiknya orangtua menghindari cerita tentang hal-hal yang menyeramkan. Agar rasa takut anak pada gelap tidak kian bertambah.

4. Buat kegiatan dengan suasana gelap yang menarik dan menyenangkan

Menciptakan suasana gelap yang menarik dan menyenangkan adalah solusi ampuh untuk mengatasi anak yang takut gelap. Seperti melakukan kemah di halaman rumah, atau membuat api unggun. Ayah dan Bunda bisa juga mengajak buah hati untuk menjadi pengamat langit. Kemudian, berikan sedikit cerita tentang bintang-bintang atau bulan. Bisa juga cerita menggunakan peraga bayang-bayang. Anak-anak pasti akan menyukainya.

5. Hindari kebiasaan menakut-nakuti anak

Nah, hal ini biasanya terjadi pada orangua yang iseng dan hobi menggoda anaknya. Sebenarnya tak masalah jika maksudnya hanya untuk bercanda. Tapi, jika keterusan bisa berakibat buruk juga bagi buah hati. Karenanya, bagi anda yang hobi menakut-nakuti anak, harap dikurangi ya

Baca juga  Cara Jitu Mengajarkan Kejujuran pada Anak

6. Bangun rasa percaya diri pada anak

Menyambung dari poin sebelumnya, daripada menakut-nakuti anak dengan hal-hal yang menyeramkan, lebih baik jika anda mampu membangun rasa percaya diri pada anak anda. Setelah mengenali penyebab anak anda takut dengan gelap, anda bisa memberikan motivasi agar anak anda lebih berani dalam menghadapi keadaan gelap.

7. Dampingi anak saat menonton TV

Nah, ini juga penting untuk di lakukan. Idealnya Anda sebagai orang tua selalu menyempatkan untuk menemani sang buah hati saat menonton TV. Hal ini bertujuan agar orangtua dapat memberikan pemahaman ketika tayangan televisi menampilkan sesuatu yang menyeramkan, yang berhubungan dengan gelap. Orangtua dapat menjelaskan bahwa apa yang ada di televisi hanyalah rekaan. Gelap bukanlah hal yang menakutkan, seperti tayangan tersebut.

Itu dia 7 solusi ampuh untuk mengatasi anak yang takut gelap. Jika buah hati Ayah dan Bunda mengalaminya, jangan ragu-ragu untuk menerapkan solusi diatas ya. Semoga bermanfaat