Mengapa Mendaki Gunung Itu Bisa Bikin Ketagihan? Ini Alasannya

Diposting pada
Meskipun mendaki gunung menjadi salah satu kegiatan yang melelahkan, nyatanya mendaki gunung juga merupakan salah satu kegiatan yang membuat ketagihan.
Seseorang yang sudah pernah mendaki gunung pasti selalu ingin mendaki lagi dan lagi. Padahal tidak sedikit kita dengar, beberapa teman pendaki yang berakhir tragis karena rutinitas ini.
Lantas, apa sih sebenarnya alasan mereka, tidak pernah kapok, dan tetap rela berlelah ria melakukan hal ini. Penasaran kan? Jika kamu ingin tahu alasan mereka, temukan jawabannya di bawah ini.
Mengapa%2BMendaki%2BGunung%2BItu%2BBisa%2BBikin%2BKetagihan%2BIni%2BAlasannya Mengapa Mendaki Gunung Itu Bisa Bikin Ketagihan? Ini Alasannya

6 Alasan Kenapa Mendaki Gunung Itu Menyenangkan

1. Daya Tarik Pemandangan yang Memuaskan Saat Mendaki

Perjalanan para pendaki gunung yang akan ditemani oleh pemandangan yang luar biasa dan berbeda dari biasanya menjadi salah satu alasan, mengapa banyak orang yang mengisi liburannya dengan mendaki.
Tak hanya diperjalanan, ketika para pendaki tersebut sudah mencapai puncak, pemandangan yang luar biasa indah dari ketinggian juga akan menjadi bayaran atas rasa lelah selama perjalanan, yang tentunya bayaran itu sepadan dengan tenaga yang telah dikeluarkan.

2. Salah Satu Sarana Pembelajaran untuk Mencintai Hal-Hal Hidup

Gunung yang akrab dengan keanekaragaman spesies baik itu hewan atau tumbuhan juga bisa menjadi salah satu sarana untuk merenungkan bahwasanya hal-hal yang hidup tersebut patut untuk dicintai.
Tak hanya itu, gunung bahkan bisa menjadi aset suatu wilayah karena keanekaragamannya itu.

3. Mendaki Gunung Juga Bermanfaat untuk Kesehatan

Mendaki gunung tentunya harus menggerakkan fisik lebih banyak lagi yang bisa membantu badan supaya tetap sehat. Di samping itu, dengan bantuan suasana gunung yang asri dan udara yang bersih serta sejuk akan mendatangkan rasa tenang dan damai tersendiri sehingga mendaki gunung juga berfaedah untuk kesehatan pikiran.
[post_ads]

4. Belajar Menjadi Manusia yang Sebenar-Benarnya

Loh kok bisa? Iya, karena ketika pendaki sudah mencapai puncak, pasti mereka akan melihat pemandangan yang ada disekelilingnya yang tampak kecil dan seolah manusia itu bagaikan butiran debu diantara keagungan ciptaan Tuhan Yang Maha Kuasa.
Dengan menikmati pemandangan yang seperti itu, tentunya para pendaki juga akan menyadari bahwa sikap rendah hati itu penting.
Tak hanya itu, panorama yang disuguhkan oleh gunung juga akan menimbulkan rasa syukur karena pendaki telah diberi kesempatan untuk menikmati ciptaan Tuhan yang tidak semua orang bisa menikmatinya.

5. Belajar Cinta, Solidaritas dan Kasih Melalui Mendaki Gunung

Selama perjalanan mendaki, ada banyak hal yang bisa dijumpai, entah itu kejadian ataupun orang lain yang sama-sama tengah mendaki. Jika kita mendaki secara berkelompok, dengan teman atau saudara atau siapapun itu, tentu akan mengajarkan rasa solidaritas pada diri kita serta kerjasama dalam tim.
Ketika mendaki juga kita akan diajarkan supaya tidak merusak lingkungan, sehingga secara tidak langsung dengan mendaki gunung juga akan membuat kita belajar mengenai arti penting cinta, solidaritas dan kasih baik itu kepada lingkungan maupun kepada sesama.

6. Mendaki Gunung akan Membantu untuk Menyelami Diri Sendiri

Tidak mengherankan jika dengan mendaki gunung akan membantu kita agar lebih kenal dengan kita yang sebenarnya. Mengapa? Hal ini tidak lain karena suasana gunung yang tentunya sunyi yang akan membuat kita merasakan ada sesuatu yang lain yang tidak akan kita rasakan di semua tempat.
Kesunyian ini sangat membantu untuk self talk sehingga dengan kegiatan mendaki ini juga akan membantu kita untuk menyelami diri sendiri sehingga kita juga bisa lebih mengenal diri sendiri.
Setidaknya 6 alasan di atas yang membuat banyak orang tertarik untuk menghabiskan waktu libur dengan mendaki. Apa kamu juga tertarik

Baca juga  Keindahan Alam Wisata Belitung
The following two tabs change content below.
%name Mengapa Mendaki Gunung Itu Bisa Bikin Ketagihan? Ini Alasannya
Saya bekerja di sebuah perusahaan marine servoce di Batam Indonesia. Kegiatan sehari-hari selain rutinitas di perusahaan juga di bidang internet marketing, blogging, writing dan traveling. Web adalah tempat saya berbagi.
Baca juga  11 Tempat Bermain Anak di Bandung yang Cocok Dikunjungi Bersama Keluarga