Tips Memilih Dokter Anak Terbaik yang Cocok dengan Buah Hati Anda

Diposting pada

Memilih Dokter Anak ~ Pada zaman sekarang telah berhamburan orang – orang yang menekuni profesi dokter anak. Namun, mencari dokter yang cocok untuk buah hati anda bukanlah perkara yang mudah. Sebab, tentunya butuh banyak hal yang harus dijadikan pertimbangan.

Biasanya, dokter anak mengobati pada saat anak masih dalam kandungan hingga usianya mencapai 17 tahun. Oleh karena itu, penting untuk selektif dalam memilih dokter anak karena dokter anak akan menangani permasalahan kesehatan buah hati mulai kecil hingga remajanya kelak.

Memilih Dokter Anak 200x135 Tips Memilih Dokter Anak Terbaik yang Cocok dengan Buah Hati Anda
Memilih Dokter Anak

Memilih Dokter Anak Terbaik

Nah, terkait tentang memilih dokter anak yang tepat untuk buah hati, berikut beberapa cara yang sebaiknya anda terapkan.

1. Pastikan si Kecil Nyaman

Saat pertama kali bertemu dengan dokter, coba untuk memperhatikan respon sang anak kepada dokter yang menanganinya tersebut, begitupun sebaliknya.

Anda juga dapat memperhatikan cara dokter tersebut menangani si kecil. Semakin nyaman keduanya, maka semakin layak dokter tersebut untuk dijadikan kandidat dokter anak anda.

Baca juga  Memilih tenang di zona nyaman atau menantang zona tidak nyaman?

2. Kondisi Tempat Praktik

Cobalah untuk memperhatikan kenyamanan pada ruang tunggu dan ruang praktiknya. Hendaknya ruang tunggu juga aman untuk para buah hati anda.

Selain itu, selalu perhatikan waktu yang dibutuhkan oleh dokter untuk menangani pasien lainnya.

3. Bantuan dan Peralatan

Selain kemampuan dan kepribadian yang mumpuni, peralatan praktik yang lengkap juga dapat menjadi bahan pertimbangan anda dalam menyeleksi dokter anak.

Anda juga harus sudah memastikan bahwa para perawat dan staff disana sudah mumpuni dan sesuai dengan kebutuhan. Adapun ambulans dan juga alat – alat gawat darurat juga menjadi pertimbangan yang penting jika sewaktu – waktu dibutuhkan.

4. Melakukan Wawancara Singkat dan Idealnya Satu Pemikiran dengan Anda

Pastikan anda dapat menemukan dokter anak yang sepemikiran dengan anda agar saat dokter tersebut memberikan anjuran, anda dapat menerima dan melaksanakannya dengan baik. Selain itu, melakukan wawancara singkat dengan dokter anak anda juga merupakan momen yang penting dalam melakukan seleksi dalam memilih dokter anak.

Baca juga  Cara Mendidik Anak untuk Konsentrasi atau Fokus

Cobalah untuk melakukan diskusi singkat tentang isu – isu anak seperti masalah ASI, vaksin, ataupun imunisasi dan juga perihal obat – obat yang dianjurkan. Dengan melakukan wawancara singkat ini, anda bisa menilai apakah dokter tersebut sudah cocok dengan anak anda. Jangan lupa untuk menanyakan kesediaan waktu yang dimiliki dokter tersebut apakah mau diajak berkonsultasi melalui telepon dan pesan singkat.

5. Pertimbangkan Lokasi dan Jadwal Praktiknya

Saat memilih dokter anak, hendaknya untuk memperhatikan lokasi dan jadwal praktik dokter tersebut agar tetap berada dalam jangkauan anda. Terlebih lagi, jika anda merupakan orang tua yang sibuk bekerja.

Selain itu, cobalah untuk menanyakan jadwal praktik dokter tersebut agar dapat dicocokan dengan jadwal kerja anda. Jangan lupa untuk menanyakan apakah ada relasi dokter lain yang dapat menggantikan apabila dokter utama berhalangan.

Baca juga  Gejala Depresi pada Anak dan Cara Tepat Mengatasinya

6. Pertimbangkan Biaya atau Tarifnya

Selain hal – hal diatas, masalah biaya merupakan unsur yang vital saat memilih dokter anak. cobalah untuk mencatat dan membandingkan biaya setiap dokter yang berbeda.

Cobalah untuk memilih dokter dengan biaya yang sudah mencakup rawat inap ataupun hanya sekadar vaksin yang sesuai dengan asuransi dan budget yang sudah anda persiapkan untuk dana kesehatan anak. adapun biaya untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis dan administrasi rumah sakit sudah harus dimasukkan kedalam anggaran.

Itulah beberapa tips dan trik jitu dalam memilih dokter anak terbaik yang tepat sang buah hati anda. Silahkan dicoba dan semoga segera menemukan dokter anak yang tepat.