Membuat Usaha Dari Sebuah Hobi

Diposting pada

Usaha Dari Hobi Yang Menghasilkan

  • [col]
    • Menjadikan hobi sebagai sumber penghasilan tambahan jaman sekarang sudah banyak terbukti, beberapa usaha yang digeluti dari beberapa pengusaha sukses berangkat dari hanya sebuah hobi. Kemudian hasilnya tidak main-main, bahkan melebihi penghasilan seorang karyawan perusahaan. Tingginya resiko PHK yang menyebabkan hilangnya pekerjaan di perusahaan menjadi salah satu alasan ter-kuat untuk memikirkan kembali hobi sebagai sumber alternatif penghasilan. Mungkin pada awalnya keduanya bisa berjalan bersama, usaha dari hobi baru sebatas penghasilan tambahan.
    • Namun bagaimana jika kemudian penghasilan dari aktivitas hobi tersebut menghasilkan lebih banyak dari gaji pekerjaan utama sebagai karyawan perusahaan? Hal itu banyak kita temui disekitar kita, bagaimana sebuah hobi ternyata menjadi sumber penghasilan yang luar biasa. Salah satu contoh mudah adalah seseorang yang memiliki hobi elektronika, keahlian-nya bisa disalurkan dengan membuka freelance perbaikan elektronika, ini baru awalnya. Memperbaiki barang-barang elektronika sepulang bekerja di sebuah perusahaan sebagai tambahan pendapatan dan menambah tebal kantong.
Usaha%2BDari%2BHobi Membuat Usaha Dari Sebuah Hobi
[post_ads]

  • [col]
    • Ada banyak lagi hobi-hobi yang tidak kita sadari menghasilkan Rupiah yang luar biasa, hobi pengumpul barang antik, hobi filateli, hobi memelihara burung, hobi mancing, hobi otomotif, hobi nge-blog, dan masih banyak hobi-hobi lain yang bisa dikembangkan dengan memulai menekuninya. Memang kadang sebuah hobi menjadi terlihat tidak masuk akal bagi sebagian orang yang menilai, tapi disisi lain hobi memiliki kekuatan terbesar untuk lebih dimaksimalkan, karena alasan keasyikan, kesenangan, kepuasan. Bagaimana tidak menyenangkan, mengasyikan dan memuaskan karena hal itu merupakan sesuatu yang ada dihati, seperti sesuatu yang sudah menyatu dalam diri.
    • Salah satu tekanan sebuah pekerjaan bisa jadi karena ketidakcocokan dengan hati, kita ambil contoh kita memiliki hobi elektronika, tapi ternyata kita menjadi karyawan sebuah perusahaan garment bahkan bagian produksi. Apa yang terjadi? Ya mungkin pekerjaan tetap berjalan karena beberapa faktor alasan, tapi bagaimana jika kita mendapatkan tawaran menjadi karyawan di sebuah perusahaan elektronika? Tentunya akan menjadi pertimbangan cantik untuk pindah pekerjaan.Tidak dapat dipungkiri bahwa ada hubungan antara kualitas pekerjaan dengan kesenangan terhadap pekerjaan tersebut, kita akan merasa lebih asyik dan produktif dalam melakukan pekerjaan yang sehati dan kita senangi.

Karena hobi adalah kesenangan yang tak terhingga, jadi ketika hobi dibawa ke area usaha maka akan menjadikan lebih percaya diri karena disinilah mulai kita bermain insting yang lebih kuat. Kadang bahkan tidak peduli dengan urusan untung rugi yang penting ada kepuasan, bukankah itu mengasyikan. Selanjutnya tinggal kita me-manage soal kekurangan tersebut.

Bekerja menjadi menyenangkan

Produktifitas dan kualitas suatu pekerjaan salah satunya adalah karena “cara” kita mengerjakan, jelas berbeda melakukan suatu pekerjaan dengan senang atau dengan keterpaksaan. Padahal perasaan senang adalah kunci dari sebuah pekerjaan termasuk faktor utama yang menentukan baik dan buruknya sebuah usaha.

Jika senang sudah mendasari kita memulai usaha, maka tidak peduli badan lelah, letih, lesu, meriang, kita geber terus tanpa peduli. Karena pasti akan muncul semangat yang luar biasa dan rasa penasaran akan sebuah pertanyaan pada diri, sanggupkah?

Kunci dari memulai usaha adalah senang, cinta dan kesungguhan yang berubah menjadi semangat dan kontrol yang baik untuk hasil terbaik dan penuh rasa ikhlas.

Beberapa langkah menjadikan hobi sebagai sumber penghasilan

Dalam melakukan usaha dari sebuah hobi pasti dimulai dengan langkah pertama, sebagai langkah dasar, yaitu:

  • [vtab]
    • 1. Menyediakan Waktu Lebih
      • Menyediakan waktu lebih banyak bukan berarti memaksakan diri menghasilkan produk lebih banyak, saya ambil contoh sebagai blogger, apakah perlu melakukan update posting bertubi-tubi dalam satu waktu? Jelas tidak harus memiliki aturan dan memahami aturan. Atau jika memulai usaha barang kerajinan, apakah harus menghasilkan lebih banyak produk dari biasanya? Tentunya tidak. Menyediakan waktu lebih banyak artinya, meningkatkan produk sewajarnya dengan tetap menjaga kualitas produk, kualitas artikel bagi seorang blogger. Meluangkan waktu untuk berfikir tentang terobosan baru yang hebat yang bahkan belum pernah dilakukan oleh orang lain.Paling tidak menambah waktu untuk konsentrasi awal memulai usaha dari hobi dengan ide-ide yang lebih kreatif, mengeluarkan semua unek unek (baca: bakat) yang terpendam dan menyalurkan dengan percaya diri, karena jangan lupa ini usaha anda sendiri dan lebih meyakinkan adalah ini hobi anda sendiri.
    • 2. Update Pengetahuan
      • Meningkatkan pemahaman terhadap usaha yang akan berjalan, meningkatkan hubungan dengan orang-orang yang dinilai ber-kompeten sama dengan bidang hobi usaha yang digeluti dan jalin komunikasi untuk informasi. Menambah wawasan dari banyak sumber, internet, buku-buku, teman-teman se-hobi dan tentunya perlu juga mengikuti kursus maupun seminar yang lebih memantapkan kepercayaan diri terhadap bidang yang akan dan telah dimulai.
    • 3. Belajar dari Orang Lebih Ahli
      • Sudah disebut di pin atas, namun ini lebih mendetail, bahwa jalinan komunikasi dengan orang-orang yang menggeluti bidang yang sama adalah penting, terutama mereka yang lebih senior. Jelas pada akhirnya yang menilai pertama hasil produksi kita adalah orang-orang yang berkompeten, yang sama-sama menggeluti bidang usaha kita, bagaimana mereka membandingkan dengan produk lain sebagai acuan. Untuk itu kita perlu mendengar ide, masukkan dan kata-kata mereka (senior dalam bidang yang sama).
    • 4. Melakukan penawaran produk secara langsung
      • Jangan malu-malu dan jangan setengah-setengah, jika kita menjual korden cantik maka pampanglah di dinding Facebook dan di medsos lain, dan katakan dengan keras “ Aku menjual iniiiiii”, intinya buat orang lain tahu bahwa kita menjual korden. Penawaran langsung atau promosi secara langsung juga diperlukan, dari teman ke teman dari tetangga ke tetangga, dari pasar kaget satu ke pasar kaget yang lain. Dan begitu semua orang harus tahu apa yang kita miliki dan yang mungkin mereka butuhkan.

Itulah kuncinya, bahwa sesuatu yang telah kita pilih maka kita harus mencintai, melakukan pekerjaan sebagai hobi akan lebih menyenangkan dan akan lebih membuat kita tersenyum tanpa ada tekanan. Dan penghasilan akan terus mengalir. Mari memulai usaha dari hobi. Alhamdulillah.

The following two tabs change content below.
%name Membuat Usaha Dari Sebuah Hobi
Saya bekerja di sebuah perusahaan marine servoce di Batam Indonesia. Kegiatan sehari-hari selain rutinitas di perusahaan juga di bidang internet marketing, blogging, writing dan traveling. Web adalah tempat saya berbagi.