Melatih Mental Menjadi Pemimpin Tangguh

Diposting pada
Melatih Mental Menjadi Pemimpin – Menjadi pemimpin? Tentu mimpi bagi banyak orang. Posisi tertinggi dan sebagai pemegang kendali dalam sebuah kelompok ataupun organisasi, menjadi incaran bagi mereka yang mempunyai jiwa kepemimpinan.
Melatih%2BMental%2BMenjadi%2BPemimpin Melatih Mental Menjadi Pemimpin Tangguh

Menjadi seorang Pemimpin yang dibutuhkan bukan hanya persoalan kewibaan ataupun pangkat semata. Melainkan harus mempunyai mental yang kuat dan tangguh pastinya. Ketika menjadi seorang Pemimpin sejati harus memperhatikan adalah anggota.

Anggota merupakan komponen penting. Seharusnya bisa menjaga kebersamaan supaya menjadi kekuatan membangun tujuan dan harapan dengan kompak.
Seorang Pemimpin harus mempertimbangkan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi. Namun, juga harus memiliki keputusan yang tegas jika itu menyangkut kebijaksanaan dan kemaslahatan bersama.
Kepemimpinan merupakan sebuah proses yang menjadikan kita berjiwa dewasa dalam menyikapi berbagai hal. Kepemimpinan juga bisa dikatakan sebagai kualitas diri, jadi bukan hanya sebatas  jabatan formal saja.

Dasar dari sebuah kepemimpinan adalah suatu kemampuan dalam berhubungan dengan orang lain dan kemampuan mengatur serta mengendalikan diri sendiri.

Macam-Macam Melatih Mental Menjadi Pemimpin Tangguh

Pentingnya dasar kepemimpinan adalah tanggung jawan orang tua untuk mengajarkan kepada buah hati mereka tentang nilai-nilai kepemimpinan sedini mungkin. Melatih mental menjadi seorang pemimpin yang baik.
Ada beberapa hal yang harus diajarkan dalam melatih mental seorang pemimpin, di antaranya sebagai berikut:

1. Optimisme

Seorang pemimpin haruslah memiliki rasa optimis atau percaya diri yang tinggi. Pemimpin harus mampu melihat ke depan terhadap rencana-rencana yang akan diambilnya dengan menyakini rencana tersebut akan berhasil.

2. Berani Menghadapi Resiko

Melatih anak-anak untuk berani menghadapi resiko, dengan sebuah mengambil keputusan. Mendidik anak agar berani menghadapi resiko bisa dilakukan dengan cara dalam lingkungan keluarga maka libatkan anak untuk menyampaikan pendapatnya, mengajari untuk berani mencoba hal baru dan jangan memarahi jika terjadi kegagalan.

3. Ulet 

Ulet adalah sebuah sikap gigih, tekun, kreatif, rajin, penuh semangat, pantang menyerah dan berpendirian kuat. Coba ajarkan anak agar ulet dalam segala sesuatu, karena keuletan adalah modal utama seseorang untuk menjadi sukses.

Seorang pemimpin yang sejati haruslah ulet dan selalu memiliki ide-ide baru sehingga mampu mencari berbagai persoalan yang sedang dihadapi. Contohnya memberi tanggung jawab untuk mengerjakan sendiri tugas-tugas di dalam rumah. 

4. Menepati Janji

Menepati janji adalah salah satu hal yang penting bila sudah menjadi seorang pemimpin. Jika menjadi pemimpin, tentunya akan menjajikan berbagai hal. Maka diperlukan konsistensi akan menentukan kualitas memimpin. Usahakan untuk menepati janji pada siapapun yang pernah dijanjikan.

5. Tidak Egois dan Berjiwa Besar

Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang berjiwa besar, medahulukan kepentingan bersama dibandingan dengan kepentingan pribadinya. Hal itu perlu dilatih sejak dini, sebagaimana mengatur ego sendiri untuk tidak mementingkan kepentingan pribadi.

Kepedulian terhadap orang lain di sekitar menentukan sejauh mana kebesaran jiwa untuk menjadi seorang pemimpin.

Banyak cara untuk mengembangkan dan melatih mental seorang pemimpin. Misalnya mengikuti organisasi kampus ataupun di lingkungan sekitar.

Dengan mengikuti organisasi, kita bisa mengasah kemampuan berkomunikasi, berdiskusi, dan berinteraksi dengan orang lain.

The following two tabs change content below.
%name Melatih Mental Menjadi Pemimpin Tangguh
Saya bekerja di sebuah perusahaan marine servoce di Batam Indonesia. Kegiatan sehari-hari selain rutinitas di perusahaan juga di bidang internet marketing, blogging, writing dan traveling. Web adalah tempat saya berbagi.