Larangan yang Wajib Dipatuhi Saat Mendaki Gunung, Apa Saja?

Diposting pada
Larangan yang Wajib Dipatuhi Saat Mendaki Gunung ~ Takhayul ataupun mitos biasanya ada di suatu tempat, termasuk gunung. Antara gunung dengan takhayul atau mitos ini memang erat kaitannya.
Meskipun agak tidak masuk akal, namun jika Anda mencoba-coba untuk ‘bermain’ dengan takhayul atau mitos itu akan berimbas pada tidak lancarnya perjalanan Anda nantinya.
Bagi penggemar mendaki dan yang sudah sering mendaki mungkin sudah banyak yang mengerti akan hal ini, bahkan tak jarang yang belum pernah mendaki pun juga mengerti.
Larangan%2Byang%2BWajib%2BDipatuhi%2BSaat%2BMendaki%2BGunung Larangan yang Wajib Dipatuhi Saat Mendaki Gunung, Apa Saja?

Larangan yang Wajib Dipatuhi Saat Mendaki Gunung

Entah percaya atau tidak, namun bagi yang melanggar pantangan di bawah ini biasanya akan mengalami keanehan atau lebih tepatnya kesialan.
Apa sajakah pantangan dan larangan yang dimaksud itu? Silahkan simak uraian di bawah ini:

1. Melamun

Larangan yang pertama ini sebenarnya tidak hanya mendaki saja, tetapi ketika Anda melakukan aktivitas apapun sebaiknya jauhi melamun supaya Anda bisa tetap konsentrasi dan waspada.
Apalagi di gunung yang biasanya jalur pendakiannya banyak yang kurang ‘ramah’ yang berpotensi menyebabkan Anda terluka jika Anda lengah.
Tak hanya itu, melamun juga sering dikaitkan dengan kosongnya pikiran yang menyebabkan hal-hal ghaib mudah masuk yang bisa mengganggu perjalanan.

2. Menstruasi

Wah, kalau larangan yang kedua ini khusus untuk pendaki perempuan karena yang namanya menstruasi memang yang mengalami adalah yang perempuan kan? Lalu mengapa ini dilarang?
Bukankah ini kesempatan yang bagus apalagi bagi perempuan muslimah karena libur untuk sholat?
Logikanya sih, ketika seorang perempuan tengah menstruasi biasanya akan dibarengi dengan kondisi tubuh yang kurang fit, seperti nyeri entah itu punggung ataupun perut.

Jika kondisi ini dipaksakan, tentunya ini malah membahayakan bahkan bisa menghambat perjalanan. Namun, jika memperhatikan mitos, perempuan yang tengah menstruasi ini dikhawatirkan nantinya akan menodai tempat-tempat yang dianggap sakral dan suci.

3. Mesra dengan Pasangan

Mendaki dengan pasangan juga bisa menjadi salah satu momen yang mengesankan, apalagi hanya berdua. Tetapi, cara mendaki seperti ini juga bisa berbahaya. Apa pasal?
Anda harus melewati berbagai cobaan berat, misalnya udara dingin yang membuat Anda perlu menghangatkan diri, dan karena Anda hanya berdua dengan si dia, tentunya ini sangat memberikan peluang bagi ‘pihak ketiga’ untuk masuk di tengah-tengah Anda berdua.

4. Larangan Membawa Batu Tanpa Ijin

Selain berfoto ria, membawa benda yang diambil langsung dari lokasi yang didatangi juga bisa menjadi cara untuk mengabadikan momen yang istimewa. Namun, ini tidak berlaku bagi Anda yang membawa batu dari gunung, apalagi tanpa ijin.
Dikhawatirkan nantinya ada makhluk yang nggak rela batu gunung tersebut Anda bawa turun, sehingga si ‘dia’ akan berusaha merebut kembali apa yang telah Anda bawa untuk diletakkan di tempatnya semula. Aneh? Iya memang, namun tidak sedikit orang yang sudah mengalaminya.

5. Berkata Kotor

Kata-kata yang kotor sudah banyak contohnya, bahkan mungkin Anda memiliki teman yang menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun diterapkan secara wajar pada teman yang akrab, sebaiknya Anda tidak melakukan hal ini ketika Anda mendaki.
Loh kenapa? Untuk berjaga-jaga takutnya ada makhluk lain yang tidak terima dengan perkataan kotor yang Anda lontarkan sehingga makhluk lain tersebut marah dan ingin ‘menjawil’ Anda, tidak menyenangkan bukan?

6. Kencing Sembarangan

Larangan yang keenam ini juga tidak baik untuk Anda langgar. Kita tidak pernah tau bahaya apa yang mengintai kita kalau kita kencing sembarangan, ya meskipun seharusnya ini kita lakukan dimanapun kita berada, apalagi jika kita melakukannya tanpa permisi.
Nah, jika Anda sudah tidak tahan dengan hasrat untuk pipis ini, solusinya adalah dengan permisi terlebih dahulu? Pada siapa? Pada makhluk yang mungkin ada di sekitar Anda.
Jika Anda termasuk orang yang percaya pada makhluk lain yang ada bersama Anda, tentunya Anda sudah mengerti mengapa larangan ini patut diperhatikan.

Oke, itulah 6 Larangan yang Wajib Dipatuhi Saat Mendaki Gunung yang memang sebaiknya Anda perhatikan dan Anda patuhi supaya Anda bisa selamat baik dalam perjalanan naik ataupun turun dari gunung. Demikian artikel ini, semoga bermanfaat bagi Anda.

Baca juga  Rekomendasi Tempat Makan Enak di kota Batam
The following two tabs change content below.
%name Larangan yang Wajib Dipatuhi Saat Mendaki Gunung, Apa Saja?
Saya bekerja di sebuah perusahaan marine servoce di Batam Indonesia. Kegiatan sehari-hari selain rutinitas di perusahaan juga di bidang internet marketing, blogging, writing dan traveling. Web adalah tempat saya berbagi.
Baca juga  6 Tempat Wisata Terfavorit di Kota Batu dan Sekitarnya