Kedung Pengilon, Sebuah Air Terjun Eksotis yang Tersembunyi di Kabupaten Bantul Jogja

Diposting pada

Kedung Pengilon adalah air terjun cantik yang terletak di Kabupaten Bantul dan saat ini sedang ramai diperbincangkan oleh banyak orang di sosial media. Spot foto yang ada disini tidak kalah menarik dari objek wisata di Jogja lainnya.

kedung pengilon bantul daerah istimewa yogyakarta Kedung Pengilon, Sebuah Air Terjun Eksotis yang Tersembunyi di Kabupaten Bantul Jogja
Image source by: instagram/kedungpengilon

Di Kedung Pengilon anda bisa menyaksikan air terjun setinggi 10 meter lengkap dengan kolam alami berdiameter 15 meter. Air yang ada di kolam ini sangatlah jernih dan berwarna biru kehijau-hijauan.Tak lupa, suasana khas pedesaan yang tenang, nyaman dan asri adalah sajian utamanya.

Daripada semakin penasaran, berikut ini adalah alamat, rute perjalanan, harga tiket masuk dan review keindahan Kedung Pengilon.

Alamat lengkap Air Terjun Kedung Pengilon:

Dusun Petung, Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kecamatan Kasihan Kabupaten Bantul, Jogja.

Rute Perjalanan Menuju ke Lokasi Air Terjun Pengilon:

Dari pusat Kota Jogja silahkan menuju ke Jalan Bantul sampai tiba di Pabrik Gula Madukismo. Pabrik ini terletak dekatnya Jalan Ringroad Selatan Yogyakarta, di sebelah barat Jalan Bantul.

Dari Pabrik Gula Madukismo silahkan ikut jalan ke arah barat sampai tiba di simpang empat besar. Arah ke kiri menuju kawasan Kasongan, lurus menuju ke Desa Krebet Pajangan dan arah kanan menuju ke Desa Bangunjiwo.

Silahkan ambil arah kanan yang menuju ke Desa Bangunjiwo, jalan terus sampai menemukan Tugu Genthong. Dari sini jalan lurus sampai tiba di tugu lebih kecil yang bernama Tugu Desa Petung. Jika sudah sampai, tanyakan lokasi Kedung Pengilon kepada penduduk sekitar.

Harga Tiket Wisata Kedung Pengilon Bantul:

Tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun ketika anda berniat untuk liburan di Kedung Pengilon. Anda cukup membayar biaya parkir saja, yaitu Rp. 5.000 untuk mobil dan Rp. 2.000 untuk sepeda motor.

Review Serunya Liburan di Kedung Pengilon Jogja:

Foto kedung pengilon yang sangat eksotis 630x380 Kedung Pengilon, Sebuah Air Terjun Eksotis yang Tersembunyi di Kabupaten Bantul Jogja
Image by: instagram/yuliypa

Jika wisata di Gunung Kidul memiliki daya tarik berupa deretan pantai yang eksotis nan cantik, maka Kabupaten Bantul juga tidak mau kalah dalam menghadirkan tempat wisata menarik di Jogja. Kawasan ini merupakan surganya wisata alam yang menawarkan spot foto kece dengan keindahan luar biasa.

Siapa sih yang tidak kenal Jurang Tembelan, Hutan Pinus Pengger Dlingo, dan Kebun Buah Mangunan?. Semua wisatawan pasti mengenal spot foto yang instagramable dan sempat trending di media sosial ini.

Berkat foto-foto yang bertebaran di media sosial, Kabupaten Bantul semakin diminati oleh wisatawan. Kali ini kita akan mengeksplorasi Kedung Pengilon yang juga banyak diperbincangkan oleh pengguna aktif sosmed.

Baca juga  14 Tempat Wisata Anak di Jogja Terbaru 2017 yang Paling Seru Untuk Dikunjungi

Kedung Pengilon merupakan sebuah air terjun cantik yang berada di tengah-tengah perbukitan. Ia memiliki warna air biru kehijauan dan juga kolam alami di bagian bawahnya. Kolam ini biasa digunakan oleh wisatawan untuk berenang.

Asal Nama Bukit Pengilon

Kedung Pengilon terdiri dari 2 kata yaitu Kedung yang berarti kolam dan pengilon yang berarti cermin. Sehingga bisa diartikan sebagai kolam cermin. Nama tersebut dikarenakan air yang ada di Kedung Pengilon sangat jernih, saking jernihnya air tersebut bisa dipakai untuk berkaca.

Perjalanan menuju lokasi Kedung Pengilon

Jembatan Kedung Pengilon salah satu spot foto menarik 630x380 Kedung Pengilon, Sebuah Air Terjun Eksotis yang Tersembunyi di Kabupaten Bantul Jogja

Karena lokasinya yang berada di area perbukitan, tentunya kita tidak bisa membawa mobil ataupun sepeda motor hingga ke lokasi. Setelah melalui masjid Dusun Petung, anda akan melihat jalan yang tidak bisa dilalui oleh kendaraan. Sehingga harus menitipkan di halaman rumah warga, jaraknya sekitar 200 meter.

Anda akan melalui jalan setapak yang sudah dibuat oleh warga sekitar untuk mempermudah wisatawan tiba di lokasi. Sepanjang perjalanan anda akan dimanjakan oleh panorama eksotis berupa deretan pepohonan hijau dan juga semak belukar yang terlihat rindang.

Ketenangan dan Keindahan di Kedung Pengilon Jogja

Begitu tiba dilokasi Kedung Pengilon, anda akan disambut oleh sebuah air terjun cantik yang terlihat asri dan masih alami. Lokasinya yang jauh dari perkotaan, membuat suasana yang ada disana sangatlah sunyi, tenang dan damai. Cocok sekali dijadikan tempat untuk bersantai, suasana khas pedesaan terasa begitu kental.

Air terjun yang ada di Kedung Pengilon memiliki ketinggian mencapai 10 meter, dan kolam airnya berdiameter 15 meter. Sehingga sudah kebayang kan betapa lebarnya kolam air yang ada disini?. Airnya yang bersih dan menyegarkan, sayang sekali jika anda lewatkan begitu saja.

kolam alami di kedung pengilon yang cocok untuk mandi 630x380 Kedung Pengilon, Sebuah Air Terjun Eksotis yang Tersembunyi di Kabupaten Bantul Jogja
image by: instagram/setya.hadi

Kedung Pengilon memiliki air yang berwarna biru kehijau-hijauan,
Kolam yang ada di di Kedung Pengilon memiliki kedalaman mencapai 8 meter. Sehingga bagi anda yang tidak bisa berenang, sangat disarankan agar anda tidak bermain-main air sampai ke tengah karena sudah ada yang menjadi korban tenggelam.

Oleh sebab itu, anda yang tidak bisa berenang cukup dengan berendam di pinggi Kedung Pengilon saja. Anda juga bisa menyewa ban ke pihak pengelola sekitar untuk mengapung di atas air, harga sewa ban cukup terjangkau yaitu Rp. 3.000 saja.

Baca juga  Pantai Krakal, Antara Keindahan Alam yang Luar Biasa di Gunung Kidul dan Gurihnya Rempeyek Umbul

Memacu Adrenalin di Kedung Pengilon

Loncat dari ketinggian ke dalam kedung pengilon 2 630x380 Kedung Pengilon, Sebuah Air Terjun Eksotis yang Tersembunyi di Kabupaten Bantul Jogja
Image by: instagram/yebe_pe

Bagi anda yang suka tantangan dan hobi memacu adrenalin, maka wajib hukumnya untuk mencoba aktivitas yang menjadi favorit wisatawan, yaitu loncat dari ketinggian menuju kolam Kedung Pengilon. Anak-anak muda banyak yang mencoba wahana seru ini, tetap saja anda harus hati-hati saat melakukannya.

Nikmatilah kolam air alami ini sesuka hati, airnya yang jernih dan adem biarkan membuat tubuh anda segar kembali. Cocok banget deh dijadikan tempat untuk merelaksasikan dan memanjakan tubuh sebentar dari beban-beban pekerjaan.

Karena jauh dari perkotaan, suasana yang ada di Kedung Pengilon Jogja tentu sangatlah tenang, nyaman dan damai. Tidak ada suara bising apapun yang bisa mengganggu anda, yang ada hanyalah ketenangan saja.
Kedung Pengilon yang berada di tengah-tengah kawasan perbukitan, sehingga jangan heran apabila ada banyak pepohonan dan tumbuhan hijau yang mengelilinginya. Panorama alam sekitar membuat siapa saja yang melihatnya merasa adem.

kedung pengilon Bantul 630x380 Kedung Pengilon, Sebuah Air Terjun Eksotis yang Tersembunyi di Kabupaten Bantul Jogja
Image by: instagram/rengga1923

Bagi anda pecinta alam, pokoknya akan rugi apabila liburan di Jogja sampai melewatkan objek wisata yang satu ini. Tersedia tempat duduk dan gardu yang bisa anda manfaatkan untuk bersantai.

Mengajak keluarga ataupun teman-teman untuk piknik di alam bebas yang masih asri tentu sangat menyenangkan.

Sisi Lain di Kedung Pengilon

Gardu yang ada di sekitar Kedung Pengilon Jogja 1 630x380 Kedung Pengilon, Sebuah Air Terjun Eksotis yang Tersembunyi di Kabupaten Bantul Jogja
Image by: instagram/kedung_pengilon

Karena disana anda akan mandi dan berenang, tentunya anda harus membawa pakaian sendiri dari rumah. Jangan lupa juga untuk membawa kamera, karena panorama alam dan setiap sudut Kedung Pengilon sangatlah indah.

Hunting foto adalah aktivitas kedua yang banyak dilakukan wisatawan, setelah puas memanjakan diri biasanya mereka foto-foto selfie bersama teman-teman. Kaula muda semakin banyak yang berdatangan ke Kedung Pengilon hanya untuk hunting foto saja.

Jika sudah puas bermain air dan foto-foto, jangan terburu-buru untuk pulang terlebih dahulu. Karena anda masih bisa mengunjungi beberapa sendang kecil dan dangkal yang ukurannya kurang dari 1 meter.

Air yang ada di sendang tersebut bersumber dari rembesan air dinding batu dan mata air. Kondisi airnya tidak tercemar oleh warga sekitar sehingga sangatlah bersih, warga setempat menjaga sendang-sendang ini dengan baik.

Warga sekitar yang tinggal dekat dengan sendang, mereka masih memanfaatkannya untuk mencukupi kebutuhan air di rumah. Saat musim kemarau tiba, sendang-sendang ini akan berkurang atau bahkan kering.
Begitu juga dengan Air Terjun Kedung Pengilon, volume airnya akan berkurang dan tersisa hanya sedikit saja. Sehingga tidak begitu menarik dan anda sebaiknya mengunjunginya saat musim penghujan saja namun cuacanya cerah.

Baca juga  Leuwi Jurig, Surga Tersembunyi di Kota Garut yang Mirip Dengan Grand Canyon Amerika

Saat musim penghujan, debit air akan cenderung lebih besar. Sehingga kualitas airnya akan jauh lebih bersih, dan panorama air terjunnya juga bisa maksimal karena aliran air yang deras. Pastinya anda mau mengeksplorasi Kedung Pengilon dengan maksimal bukan?.

Minimnya Fasilitas di Kedung Pengilon

Karena tergolong masih baru, fasilitas pendukung yang tersedia masih belum lengkap. Sehingga mau tidak mau anda harus mempersiapkan semua kebutuhan dari rumah. Meskipun begitu, jangan turunkan niat untuk datang kesini.

Lokasinya yang masih alami, akan memberi anda ketenangan dan suguhan keindahan alam eksotis.