Ingin Sukses Bekerja ke Luar Negeri? Persiapkan Beberapa Hal Ini

Diposting pada

Bekerja di Luar Negeri ~ Di zaman globalisasi ini, semakin banyak orang berminat bekerja di luar negri. Tawaran gaji dan tunjangan hidup yang cukup menjanjikan mendorong banyak orang termotivasi untuk meraih karir cemerlang di luar negri.

Bekerja di Luar Negeri 200x135 Ingin Sukses Bekerja ke Luar Negeri? Persiapkan Beberapa Hal Ini
Bekerja di Luar Negeri

Hal yang Perlu Dipersiapkan Ketika Hendak Bekerja di Luar Negeri

Saat hendak bekerja di luar negri , pastikan Anda telah mempersiapkan diri dengan baik. Nah terkait hal tersebut, berikut ini beberapa hal yang perlu Anda persiapkan ketika hendak bekerja di luar negri:

1. Cari Informasi Mulai Dari Sekarang Sebanyak Mungkin

Mencari informasi sebanyak mungkin sangat penting dilakukan dalam proses persiapan Anda saat hendak bekerja di luar negri. Negara mana yang dituju sebagai lokasi tempat kerja, jenis pekerjaan yang Anda kuasai, biaya hidup yang harus Anda persiapkan hingga kebiasaaan-kebiasaan masyarakat setempat merupakan hal-hal penting yang harus Anda gali saat hendak bekerja di luar negeri.

2. Melengkapi Dokumen-Dokumen yang Diperlukan

Persiapkan segala dokumen yang diperlukan sebagai persyaratan bekerja di luar negri. Misalnya: kelengkapan dokumen imigrasi untuk tenaga kerja legal, paspor sebagai pendukung identitas Anda selama bekerja di luar negeri.

Pastikan Anda benar-benar memahami tentang berbagai regulasi tentang cara membuat paspor, jangka waktu berlakunya paspor hingga bagaimana cara perpanjangan paspor saat masa berlaku habis.

3. Persiapkan Rencana Akomodasi

Proses persiapan akomodasi termasuk salah satu hal penting yang perlu Anda lakukan ketika hendak bekerja di luar negeri. Misalnya: Mempersiapkan tempat tingga dengan berbagai pertimbangan terkait jarak, biaya, kemudahan akses transportasi dan kondisi lingkungan tempat tinggal.

Baca juga  Tips Jitu Agar Bisa Bangkit dari Kegagalan Bisnis

4. Jaga Kondisi Kesehatan Anda

Kesehatan merupakan salah satu modal penting agar sukses bekerja baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Pastikan kondisi Anda sehat dan prima karena kesehatan termasuk salah satu persyaratan utama dalam dunia kerja global.

Biasanya kita akan melakukan medical check up untuk mengetahui kondisi kesehatan terkini. Ini penting agar kita tak perlu repot saat bekerja di luar negri. Hampir setiap negara memberlakukan syarat sertifikat kesehatan. Oleh karena itu, melakukan cek kesehatan di tanah air ialah langkah penting yang harus Anda lakukan.

5. Cek Lembaga Perantara yang Memfasilitasi Anda Berangkat ke Luar Negeri

Penting bagi Anda untuk melakukan cek legalitas lembaga perantara yang memfasilitasi keberangkatan Anda ke luar negri. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakan lembaga perantara / penyalur tersebut bonafit / berkualitas ataukah tidak. Perlu hati-hati dan selektif dalam memilih jasa penyalur tenaga kerja.

6. Mantapkan Niat dan Motivasi dalam Diri

Bekerja di negri orang tentunya memiliki tantangan tersendiri bagi Anda. Kebiasaan yang berbeda, ritme dan budaya kerja yang berbeda, kompetisi yang tinggi di lingkungan kerja hingga kondisi iklim yang berbeda dari negeri sendiri merupakan tantangan-tantangan yang akan Anda hadapi saat bekerja di luar negeri. Mantapkan niat dan tingkatkan motivasi Anda sehingga mampu menghadapi tantangan –tantangan tersebut.

Baca juga  Tips Memilih Dokter Anak Terbaik yang Cocok dengan Buah Hati Anda

7. Mengikuti Kursus Bahasa Negara yang Anda Tuju

Menguasai bahasa negara yang Anda tuju adalah hal penting agar karir Anda dalam pekerjaan Anda meraih kesuksesan. Selain itu, bahasa adalah modal utama agar mudah berinteraksi dengan orang-orang di negara yang Anda tuju. Minimal Anda harus menguasai Bahasa Inggris karena merupakan Bahasa Internasional.

8. Terus Tingkatkan Ketrampilan dan Kompetensi Anda

Setiap negara memiliki standar kompetensi yang berbeda satu dengan lainnya. Pada umumnya, standar komptensi luar negri lebih tinggi jika dibandingkan dengan Indonesia, terlebih lagi negara-negara di Kawasan Eropa. Terus tingkatkan ketrampilan dan kompetensi Anda agar mampu bersaing dan meraih karir cemerlang di negara yang Anda tuju.

9. Perkuat Mental Anda

Mental yang matang dan kuat termasuk modal penting dalam menghadapi berbagai tantangan berat bekerja di luar negri. Pastikan Anda tidak cepat menyerah dan putus asa jika menemukan ujian berat dalam pekerjaan Anda. Betahanlah dan terus tunjukkan kemampuan yang Anda miliki.

Itu dia diatas informasi tentang hal–hal yang perlu dipersiapkan ketika hendak bekerja di luar negri. Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Anda.

The following two tabs change content below.
%name Ingin Sukses Bekerja ke Luar Negeri? Persiapkan Beberapa Hal Ini
Saya bekerja di sebuah perusahaan marine service di Batam Indonesia. Kegiatan sehari-hari selain rutinitas di perusahaan juga di bidang internet marketing, blogging, writing dan traveling. Web adalah tempat saya berbagi. Jalan-jalan merupakan hobby, berpindah-pindah kota menjadi rutinitas yang saya lakukan karena tugas pekerjaan. Yang mendukung saya untuk selalu menikmati seiapkota yang saya kunjungi. Indonesia yang luar biasa.
Baca juga  Cara Menghasilkan Uang dengan Memanfaatkan Internet