Gunung Tangkuban Perahu Jawa Barat – Pesona Keindahan Alam Pegunungan Yang Menghijau Alami

Diposting pada
Bandung merupakan salah satu kota di Indonesia yang terkenal memiliki keanekaragaman objek wisata. Mulai dari wisata bahari, wisata pegunungan, wisata religi, wisata sejarah dan lain sebagainya ada di kota ini.
Gunung%2BTangkuban%2BPerahu%2BJawa%2BBarat%2B%25E2%2580%2593%2BPesona%2BKeindahan%2BAlam%2BPegunungan%2BYang%2BMenghijau%2BAlami Gunung Tangkuban Perahu Jawa Barat – Pesona Keindahan Alam Pegunungan Yang Menghijau Alami
Untuk objek wisata pegunungan, salah satu yang terfavorit di kota ini adalah wisata alam Gunung Tangkuban Parahu. Pemandangan khas pegunungan yang asri dan legenda fenomenal di dalamnya menjadi magnet tersendiri bagi para wisatawan untuk menyaksikan langsung pesona Gunung Tangkuban Parahu ini.
Gunung%2BTangkuban%2BPerahu%2BJawa%2BBarat%2B%25E2%2580%2593%2BPesona%2BKeindahan%2BAlam%2BPegunungan%2BYang%2BMenghijau%2BAlami Gunung Tangkuban Perahu Jawa Barat – Pesona Keindahan Alam Pegunungan Yang Menghijau Alami
Gunung Tangkuban Perahu Jawa Barat

Gunung Tangkuban Perahu Jawa Barat

Mengenal Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu terletak di Lembang Provinsi Jawa Barat. Ketinggian gunung tersebut mencapai 2.084ᴍ atau sekitar 6.37 kaki. Gunung Tangkuban Perahu berjarak 20km dari arah utara kota Bandung.
Bentuk Gunung Tagkuban Perahu yaitu Stratovulcano dengan pusat erupsi berpindah pindah dari timur ke barat. Jenis Batuan yang dikeluarkan berupa lava, sulfur dan mineral. Mineral yang dikeluarkan adalah sulfur belerang yang memiliki uap belerang yang sangat pekat pada saat gunung tersebut tidak aktif.
Suhu harian rata-rata di Gunung Tangkuban Perahu Mencapai 17ºc pada siang hari dan pada malam hari mencapai 2ºc.

Menikmati Indahnya Hutan yang Mengelilingi Gunung Tangkuban Perahu

Apabila memasuki kawasan Gunung Tangkuban Perahu kita akan disuguhkan dengan pemandangan hutan yang rimbun selama perjalanan. Keberadaan hutan di kawasan objek wisata ini memberikan sensai kesejukan tersediri.
Di kawasan Gunung Tangkuban Perahu memiliki 4 kawasan, antara lain:
  • Hutan Dipterokarp bukit
  • Hutan Dipterokarp Atas
  • Hutan Montane
  • Hutan Ericaceous atau Hutan Gunung.

Selain pesona keasrian hutan dan aneka satwa di dalamnya, di kawasan tersebut, ada suatu pohon unik yang mungkin sulit anda temui di tempat lain, yaitu pohon Manarasa. Pohon ini memiliki daun berwana merah, dan rasanya seperti daun jambu.
Konon menurut masyarakat sekitar daun tersebut di percaya dapat menjadikan orang yang mengkonsumsinya menjadi awet muda. Jika ingin membuktikan kebenarannya, silahkan anda mencobanya sendiri.

Nama-nama kawah yang berada di Gunung Tangkuban Parahu

Gunung Tangkuban Perahu diketahui memiliki bentuk gunung yang unik seperti perahu. Pada gunung ini tedapat 3 buah jenis kawah yang mengagumkan untuk dinikmati keindahannya. Yang mana beberapa di antaranya adalah:
1. Kawah Domas
Kawah tangkuban parahu pertama yaitu kawah domas. Letak kawah domas dibawah kawah ratu. Dikawah ini pengunjung diperbolehkan menyaksikan keindahan kawah secara dekat. Selain itu wisatawan juga dapat menikmati telur rebus yang direbus didalam kawah domas. Tertarik untuk mencoba?
2. Kawah Upas
Kawah upas terletak dibagian sampaing kawah ratu. Bentuknya mendatar dan dangkal. Untuk menuju kesana pengunjung harus melewati jalan pasir. Medan yang harus dilalui juga agak sulit. Jadi sebaiknya menyewa guide untuk menikmati keindahan kawah upas.
3. Kawah Ratu
Kawah ratu merupakan kawah utama dari Gunung Tangkuban Parahu. Kawah ratu akan langsung terlihat dari kejauhan. Melihat dalamnya kawah serta dinding kawah bersama dengan asap yang masih keluar mungkin akan terasa menakutkan. Namun jangan khawatir. Karena pihak pengelola memasang pagar di tepi kawah agar pengunjung tidak jatuh.

Aneka kuliner di objek wisata Gunung Tangkuban Parahu

Menikmati keindahan panorama Gunung Tangkuban Parahu yang sangat eksotis sembari mencicipi kuliner khas Lembang, merupakan kegiatan yang wajib anda lakukan di sini. Karena di tempat ini, sangat terkenal akan citarasa kulinernya yang bisa membuat ketagihan.
Nah, berikut beberapa menu yang kami rekomendasikan untuk anda coba jika berkunjung ke objek wisata ini;
– Ketan bakar khas Lembang
Ketan bakar ini berbeda dengan ketan bakar padaa umumnya. Ketan yang dibakar di beri campuran rempah khusus dicampur dengan santan lalu dibungkus menggunkan daun pisang selanjutnya dibakar.
Aromanya sangat nikmat dan menggugah selera. Pastinya anda tidak akan tahan untuk tidak mencicipinya.
– Oncom Raos khas Bandung
Oncom Raos adalah kuliner khas Bandung yang terbuat dari olahan kacang-kacangan yang sudah di fermentasi terlebih dahulu. Setelah itu diracik dengan bumbu-bumbu khas sunda yang menambah kelezatannya.

Harga tiket masuk menuju objek wisata Gunung tangkuban Parahu.

Objek wisata Gunung Tangkuban Parahu memiliki jam operasional yaitu pukul 07.00-17.00 dan khusus Kawah Domas pukul 07.00-14.00. Untuk list harga tiket masuknya bisa anda lihat di bawah ini:
Wisatawan domestik
  • Tiket masuk Rp. 13.000
  • Parkir motor Rp. 5.000
  • Parkir mobil Rp. 10.000
  • Parkir Bus Rp. 20.000
Baca juga  5 Destinasi Wisata di Bali Bagian Timur yang Wajib Anda Kunjungi

Wisatawan mancanegara

  • Tiket masuk Rp. 50.000
  • Parkir  motor Rp. 7.000
  • Parkir mobil Rp. 15.000
  • Parkir bus Rp. 25.000

Mengunjungi Gunung Tangkuban Parahu tentunya tak lengkap dan sangat sayang, jika anda tidak mengabadikan moment-moment indah tersebut.
Jadi jangan lupa bawa kamera terbaik anda guna mengabadikan setiap sudut indah di Gunung yang melegenda ini.

Baca juga  Rekomendasi Tempat Makan Enak di kota Batam
The following two tabs change content below.
%name Gunung Tangkuban Perahu Jawa Barat – Pesona Keindahan Alam Pegunungan Yang Menghijau Alami
Saya bekerja di sebuah perusahaan marine servoce di Batam Indonesia. Kegiatan sehari-hari selain rutinitas di perusahaan juga di bidang internet marketing, blogging, writing dan traveling. Web adalah tempat saya berbagi.
Baca juga  Indahnya Panorama Raja Ampat Papua