Gunung Rinjani Lombok, Wisata Alam yang Menjanjikan Panorama Penuh Pesona

Diposting pada

Gunung Rinjani Lombok

Gunung%2BRinjani Gunung Rinjani Lombok, Wisata Alam yang Menjanjikan Panorama Penuh Pesona
Selain objek wisata pantainya yang sudah terkenal indah, di Lombok juga ada salah satu objek wisata alam yang sangat terkenal seantero Nusantara, yaitu Gunung rinjani.
Objek wisata ini tidak hanya dicintai oleh para pendaki gunung, namun juga oleh wisatawan lokal bahkan mancanegara. Keindahan Gunung ini sudah sangat terkenal sehingga selalu ramai dikunjungi.
Di Gunung Rinjani terdapat beberapa spot wisata yang sangat indah, asri, dan cukup lengkap dari hutan hujan tropis, air terjun, hingga danau dipuncak gunung.
Sehingga sangat wajar jika bukan hanya pendaki Gunung dan pecinta alam yang tergila-gila dengan tempat ini, namun juga wisatawan yang tidak memiliki background pecinta alam sama sekali.
Gunung%2BRinjani%2BLombok Gunung Rinjani Lombok, Wisata Alam yang Menjanjikan Panorama Penuh Pesona
Gunung Rinjani Lombok

Mitos dari Gunung Rinjani

Tempat wisata yang eksotis ini menyimpan kisah misteri atau lebih tepatnya mitos tentang asal usulnya. Jadi, konon katanya di puncak Gunung ini merupakan kerajaan dan tempat tinggal Dewi Anjani yang merupakan ratu jin di Gunung Rinjani. Ratu anjani ini merupakan putri dari raja di sebuah kerajaan kecil yang ada di daerah Lombok.
Cerita ini sangat dipercaya oleh penduduk lokal sehingga terdapat kepercayaan bahwa salah satu danau yang ada di Gunung Rinjani ini memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit.
Bahkan dulu, sering di datangi oleh orang yang ingin mencari ilmu khusus atau kesaktian. Mereka menggunakan tempat ini sebagai lokasi favorit untuk bersemedi.

Keindahan Alam Gunung Rinjani

Gunung Rinjani memiliki berbagai keindahan alam, seperti hutan hujan tropis, hutan cemara di puncak gunung, gua, kawah, mata air panas, danau, air terjun, kaldera, lubang letusan, dan aliran lava baru.
Selain itu masih ada lagi spot eksotis yang bisa Anda dapatkan saat berada di puncak Gunung ini. Yaitu pesona sunrise yang benar-benar memukau dan menjanjikan sejuta pesona.
Dari berbagai keindahan alam di objek wisata ini, ada beberapa tempat favorit yang selalu dikunjungi oleh wisatawan saat datang ke sini, yaitu Senaru, Segare Anak, Sembalun, dan Tetebatu. Dan yang paling diminati adalah Segare Anak.
Segare Anak sendiri adalah sebuah danau alami yang terbentuk kaena letusan dari Gunung Rinjani pada jaman dahulu. Arti nama Segere anak adalah anak laut.
Dinamai demikian karena danau ini airnya berwarna biru seperti air laut. Di danau Segare Anak ini juga ditinggali oleh berbagai macam ikan air tawar seperti ikan mas, ikan mujair, dan ikan harper.
Danau ini terletak cukup tinggi, yaitu 2,8 km dari permukaan laut. Masyarakat percaya bahwa air danau ini memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit.
Selain Segare anak, di Gunung Rinjani juga terdapat sebuah Gunung kecil yang diberi nama ner mountain atau Gunung baru.
Namun, tidak banyak yang berani dan berhasil mendaki Gunung baru ini karena jalan menuju Gunung kecil tersebut masih sangat terjal dan yang paling berbahaya karena Gunung kecil itu terus menerus mengeluarkan gas yang berbahaya jika dihirup terlalu banyak.

Rute dan Transportasi Menuju Gunung Rinjani

Jika ingin berlibur ke Gunung Rinjani, Anda bisa melalui jalur laut, darat, ataupun udara disesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Jalur paling mudah untuk menuju ke Gunung Rinjani adalah melalui jalur udara dengan naik pesawat menuju Lombok.
Kemudian dilanjutkan melalui perjalanan darat menuju ke Gunung RInjani. Dan jika Anda memilih jalur darat dan laut, Anda bisa menaiki kapal ferri menuju pulau Lombok dan dianjurkan dengan menggunakan kendaraan pribadi atau sewaan ke tempat wisata Gunung Rinjani.

Persiapan Ke Gunung Rinjani

Perlu diketahui bahwa Gunung Rinjani merupakan Gunung tertinggi di pulau Lombok dan merupakan Gunung tertinggi ketiga di Indonesia. Dengan ketinggian 3.726 m dari permukaan laut membuat pendaki harus melakukan perjalanan sejauh 4 kilometer keatas dengan medan yang cukup terjal dan sulit.
Oleh karena itu, untuk mendaki Gunung ini tidak hanya kemauan, namun juga diperlukan tekad yang kuat, keberanian, kemampuan dasar mendaki gunung, serta kekuatan fisik yang mumpuni.
Dan yang paling penting adalah jangan lupa membawa bekal yang cukup agar dapat sampai ke puncak Gunung Rinjani yang sangat eksotis ini.

Baca juga  Tempat wisata dekat Malioboro terbaik yang wajib dikunjungi
The following two tabs change content below.
%name Gunung Rinjani Lombok, Wisata Alam yang Menjanjikan Panorama Penuh Pesona
Saya bekerja di sebuah perusahaan marine servoce di Batam Indonesia. Kegiatan sehari-hari selain rutinitas di perusahaan juga di bidang internet marketing, blogging, writing dan traveling. Web adalah tempat saya berbagi.
Baca juga  Sragen itu kota yang damai di masa kecil saya