Destinasi Wisata Mistis di Banyuwangi, Khusus Buat Anda yang Bernyali

Diposting pada

Destinasi Wisata Mistis di Banyuwangi

Destinasi%2BWisata%2BMistis%2Bdi%2BBanyuwangi Destinasi Wisata Mistis di Banyuwangi, Khusus Buat Anda yang Bernyali
Tentu kalian sudah tidak asing lagi mendengar nama kota yang berada di paling timur pulau Jawa ini. Ya, kota Banyuwangi. Kota ini sudah terkenal dengan tempat wisatanya yang menarik hati wisatawan lokal dan mancanegara untuk berkunjung dan menghabiskan waktu liburannya.
Berbagai tempat wisata alam menjadi andalan objek wisata di Kota Banyuwangi, dari pantai hingga pegunungan, semuanya menyajikan kesan yang istimewa bagi pengunjungnya.
Namun, belum banyak yang mengetahui bahwa Banyuwangi juga memiliki destinasi wisata mistis yang di selimuti kisah misteri, dan tentunya tempat-tempat tesebut saat sayang dilewatkan khususnya bagi Anda yang ngaku bernyali tinggi.
Apa saja tempat-tempat tersebut? berikut ulasan lengkapnya.

1. Pantai Boom

Pantai%2BBoom Destinasi Wisata Mistis di Banyuwangi, Khusus Buat Anda yang Bernyali
Destinasi Wisata Mistis di Banyuwangi Pantai Boom
Saat mendengar nama destinasi wisata ini pasti tidaklah terdengar mistis. Namun, jangan salah, karena ternyata pantai ini menyimpan cerita misteri yang membuat merinding.
Pantai yang terletak di kampung Mandar ini awalnya adalah pelabuhan utama di kota Banyuwangi. Sekarang pun masih beroperasi meskipun pelabuhan ini sudah tidak seramai dulu lagi.
Cerita mistis di pantai ini bermula dari sebuah tragedi yang terjadi dan menewaskan karateka sejumlah 26 orang yang berasal dari perguruan karate INKAI (Institut Karate-Do Indonesia). Kejadian ini terjadi pada saat karateka yang sedang berlatih tiba-tiba terseret gelombang besar ke tengah lautan dan menewaskan mereka semua termasuk pelatihnya.
Nah sejak itulah dari cerita warga sekitar, seringkali terjadi hal-hal yang sulit di terima akal sehat.

2. Keraton Macan Putih

Keraton%2BMacan%2BPutih Destinasi Wisata Mistis di Banyuwangi, Khusus Buat Anda yang Bernyali
Destinasi Wisata Mistis di Banyuwangi Keraton Macan Putih
Keraton Macan Putih merupakan situs bersejarah yang ada di Kota Banyuwangi. Objek wisata ini berada di kecamatan Kabat. Keraton Macan Putih merupakan bagian dari Kerajaan Blambangan dan merupakan bekas Ibukotanya di tahun 1655-1691.
Meskipun tempat wisata ini merupakan situs bersejarah namun pemerintah belum terlalu memperhatikan objek wisata ini dan belum dijadikan situs cagar budaya.
Keraton Macan Putih merupakan tempat yang dianggap sakral karena dahulu di tempat inilah Prabu Tawang Alun muksa, yaitu hilang dan kembali kepada Yang Maha Kuasa.
Ahli supranatural yang pernah berkunjung ke sini mengungkapkan bahwa terdapat seekor macan putih yang bertugas menjaga tempat ini. Sehingga tak heran jika sering terjadi hal-hal ghaib terjadi di sini.

3. Rowo Bayu

Rowo%2BBayu Destinasi Wisata Mistis di Banyuwangi, Khusus Buat Anda yang Bernyali
Destinasi Wisata Mistis di Banyuwangi Rowo Bayu
Rowo Bayu memiliki cerita mistis yang berkaitan erat dengan awal mula kabupaten Banyuwangi. Di tempat ini dahulu merupakan lokasi kejadian peperangan antara Belanda dan Kerajaan Blambangan. Rakyat dan prajurit kerajaan bersatu untuk melawan Belanda.
Banyak korban jiwa yang berjatuhan saat perang berlangsung dan menyebabkan tempat ini menjadi mistis. Orang-orang percaya bahwa di rawa ini ada penunggunya yaitu seorang perempuan bernama Nyai Resek.

4. Watu Dodol

Objek wisata ini merupakan bekas bunker Jepang yang dahulu dijadikan tempat untuk mengawasi kapal musuh yang berada di sekitar Banyuwangi. Keadaan di dalam tempat ini sangat gelap. Ujung bunker ini konon dapat menembus ke Alas Purwo.
Beberapa lokasi di tempat ini dipercaya berhubungan dengan alam gaib, antara lain Patung Gandrung yang dapat bergerak di malam hari.
Selain itu juga ada sumur tua yang dipercaya warga memiliki khasiat karena merupakan tempat lahirnya Sunan Giri. Ada juga batu yang tidak bisa dipindahkan dari dulu yang berada di tengah tengah jalan Watu Dodol. Dan yang paling mengerikan adalah dulu ada dukun digantung hidup-hidup.

5. Alas Purwo

Alas%2BPurwo Destinasi Wisata Mistis di Banyuwangi, Khusus Buat Anda yang Bernyali
Destinasi Wisata Mistis di Banyuwangi Alas Purwo
Alas Purwo merupakan hutan yang juga sebagai taman nasional yang indah. Namun, dibalik keindahan dan kelestarian alamnya, terdapat banyak cerita mistis didalamnya. Tempat ini terkenal angker karena warga mempercayai bahwa di tempat inilah para jin se nusantara berkumpul.
Di tambah lagi, konon katanya dulu waktu jamannya Pak. Harto masih jadi presiden, saat terjadinya kasus petrus (pembunuhan misterius) tempat ini di jadikan pembuangan mayat para korban. Dan selain itu, goa yang berada di kawasan ini sering dipakai untuk bertapa.
Hiii, serem kan. Tapi tentunya tempat wisata tersebut sangat menantang adrenalin untuk dikunjungi, khususnya buat Anda yang ngaku bernyali. So, saat berkunjung ke kota Banyuwangi jangan lupa mampir ke destinasi wisata di atas. Nikmati sensasi berwisata sambil merasakan hawa mistis yang ada di tempat tersebut.

The following two tabs change content below.
%name Destinasi Wisata Mistis di Banyuwangi, Khusus Buat Anda yang Bernyali
Saya bekerja di sebuah perusahaan marine servoce di Batam Indonesia. Kegiatan sehari-hari selain rutinitas di perusahaan juga di bidang internet marketing, blogging, writing dan traveling. Web adalah tempat saya berbagi.