Curug Sawer Cililin, Kombinasi Sempurna Antara Rindangnya Hutan Pinus dan Air Terjun yang Cocok Untuk Menghilangkan Stress

Diposting pada

Curug Sawer Cililin adalah salah satu air terjun indah yang ada di Kabupaten Bandung Barat. Curug ini memang terlihat hanya biasa saja, karena tidak berukuran besar ataupun memiliki ketinggian yang istimewa. Meskipun demikian, ia memiliki daya tarik tersendiri yang mampu menarik hati wisatawan.

salah satu gambar curug sawer cililin yang cantik 1 Curug Sawer Cililin, Kombinasi Sempurna Antara Rindangnya Hutan Pinus dan Air Terjun yang Cocok Untuk Menghilangkan Stress
Image source: instagram/bennykpratama30

Daya tarik utamanya adalah sebuah hutan pinus alami yang masih asri dan indah. Sepanjang perjalanan menuju ke lokasi Curug Sawer, anda akan melihat jajaran pohon pinus yang tumbuh menjulang tinggi di kiri dan kanan jalan.

Selain panorama alam indah, anda juga akan dimanjakan oleh udara khas pegunungan yang sejuk dan menyegarkan. Sehingga anda dijamin akan betah untuk berlama-lama di Curug Sawer. Banyak sekali spot foto cantik yang sayang untuk dilewatkan.

Penasaran?, simaklah ulasan berikut ini terkait Curug Sawer Cililin berupa alamat, jam buka, harga tiket masuk, rute perjalanan dan sedikit review keindahannya.

Alamat Curug Sawer Cililin:

Cililin Gabus Girang, Desa Karangtanjung, Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat 40562.

Jam Buka Curug Sawer Cililin:

Objek wisata Curug Sawer Cililin buka mulai jam 08.00 – 17.00.

Rute Perjalanan Menuju ke Curug Sawer Cililin Bandung Barat:

Lokasi Curug Sawer tidak begitu jauh dari pusat Kota Bandung, kita bisa menempuhnya dengan berkendara selama 1 jam setengah saja.

Berikut ini adalah pilihan rute yang bisa anda gunakan:

Tol Padalarang > Batujajar > Cililin.

Cimareme – Batujajar – Cihampelas – Cililin. Sebelum tiba di alun-alun Cililin silahkan masuk ke arah jalan Radio, atau menuju ke SMAN 1 Cililin.

Soerang – Cipatik – Cililin – Curug Sawer Cililin Bandung.

Harga Tiket Masuk ke Curug Sawer Cililin Bandung:

HTM ke Curug Sawer Cililin hanya Rp. 7.500 saja, sehingga tidak akan membuat kantong jebol.

Selain tiket masuk, anda juga akan dikenai biaya parkir. Yaitu Rp. 2.500 untuk sepeda motor dan Rp. 5.000 untuk mobil.

Baca juga  Leuwi Jurig, Surga Tersembunyi di Kota Garut yang Mirip Dengan Grand Canyon Amerika

Mitos Curug Sawer Bandung:

Sama dengan tempat wisata di Bandung lainnya, Curug Sawer juga memiliki mitor tersendiri yang berkembang di masyarakat. Konon, Curug Sawer Cililin Bandung bisa membuat hubungan sepasang kekasih lebih erat.

Cerita ini mengundang banyak wisatawan dan tidak sedikit pula yang mengikat janji sehidup semati di lokasi ini. Ada juga mitos lain yang menyebutkan apabila Curug Sawer akan membuat orang segera menikah dan airnya membuatnya awet muda.

Review Keindahan Curug Sawer Cililin:

Curug Sawer adalah air terjun cantik yang terletak di Kabupaten Bandung Barat. Curug ini tidak hanya menawarkan air terjun indah saja, namun juga menyajikan panorama alam sekitar berupa hutan pinus yang terlihat rindang dan memanjakan mata.

Penamaan Curug Sawer Cililin terbilang cukup unik, yaitu karena kata “Sawer” adalah satu adat pernikahan adat Sunda. Pada masyarakat sekitar, acara Saweran yaitu suatu rangkaian upacara adat untuk pemberian nasihat dan berbagi rezeki pengantin yang baru saja selesai melangsungkan akad nikah.

Menurut petugas yang ada di loket pembelian tiket, dikawasan ini sebenarnya terdapat 7 buah curug. Hanya karena aksesnya yang sangat sulit, sehingga hanya ada satu curug saja yang bisa dieksplorasi yaitu Curug Sawer.

Tidak seperti Curug Malela yang berukuran besar, Curug Sawer Cililin berukuran tidak begitu besar dan relatif kecil. Ketinggian air terjunnya mencapai 10 meter.

Curug Sawer terletak pada ketinggian 1.700 mdpl, sehingga udaranya sangatlah sejuk dan menyegarkan khas pegunungan. Menghirup udaranya akan membuat paru-paru lebih sehat dan merefresh kembali otak kita.

Hutan Pinus yang Rindang Memenuhi Jalan Menuju Lokasi Curug Sawer

Dari loket pembelian tiket, lokasi Curug Sawer berjarak sekitar 2.5 kilometer. Anda bisa mengaksesnya dengan jalan kaki, ataupun naik sepeda motor. Jika anda memilih naik sepeda motor, maka anda harus parkir di tanjakan pertama, kemudian jalan kaki menuju lokasi selama 5 menit.

Baca juga  Air Terjun Luweng Sampang, Surga Tersembunyi di Gunung Kidul yang Masih Asri dan Mirip Dengan Grand Canyon Amerika

Sepanjang perjalanan, anda akan ditemani oleh deretan pohon pinus yang berjajar rapi di sebelah kanan dan kiri. Jajaram pohon pinus ini melukiskan panorama alam yang memanjakan mata.

Sehingga anda tidak perlu khawatir akan kelelahan dan merasa bosan saat jalan kaki ke lokasi. Apalagi jalannya sudah sangat bagus.

Rute jalan menuju lokasi Curug Sawer ini juga banyak dimanfaatkan oleh wisatawan untuk jogging. Jogging di sini terasa menyenangkan dan cocok sekali. Treknya mudah dan udaranya sejuk menyegarkan.

Panorama alam sekitar yang mengagumkan dan indah mampu membuat wisatawan merasa betah untuk berlama-lama di Curug Sawer. Hutan pinus alami yang ada disini juga cocok sekali dijadikan spot foto selfie.

Selain itu, keindahan Curug Sawer Cililin juga hadir karena flora dan faunanya yang cukup beragam. Disini anda akan mennemukan pohon-pohon tinggi yang tumbuh tinggi menjulang dan rindang. Tidak jarang pula anda akan bertemu burung, monyet liar dan lain sebagainya.

Fasilitas di Curug Sawer

Fasilitas yang ada di Curug Sawer memang belum selengkap objek wisata di Bandung lain, namun juga sudah cukup memadai. Fasilitas yang ada diantaranya adalah tunggang kuda, toilet, tempat parkir, tempat ibadah, Camping Ground dan warung penjual aneka minuman dan makanan.

Tunggang kuda hanya bisa anda nikmati setiap hari minggu saja, harganya cukup terjangkau yaitu Rp. 5.000. Sedangkan untuk Camping Ground, wisatawan diharuskan menyewa tanah sebesar Rp. 200.000 dan masih membayar biaya kemah Rp. 10.000 saja.

Jangan lupa untuk mengabadikan setiap momen anda di Curug Saweran Cililin ini. Banyak spot foto kece yang sayang jika dilewatkan. Setelah puas mengeksplorasi Curug Saweran, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh berupa wajik Cililin.

Baca juga  Curug Panganten, Antara Keindahan Alam yang Cantik dan Populernya Cerita Mitos