Curug Panganten, Antara Keindahan Alam yang Cantik dan Populernya Cerita Mitos

Diposting pada

Curug Panganten adalah air terjun tersembunyi yang terletak di Kabupaten Bandung Barat dan populer berkat cerita legendanya yang cukup menarik. Akhir-akhir ini di media sosial banyak yang mengupload foto keindahan Curug Panganten ini.

curug panganten cimahi bandung Curug Panganten, Antara Keindahan Alam yang Cantik dan Populernya Cerita Mitos
Image by: instagram/sukma_nugin

Benar saja, Curug Panganten bisa dikatakan surga tersembunyi yang harus anda eksplorasi. Lokasinya berada di kawasan perbukitan dan jauh dari keramaian. Panorama alam hijau dan udara sejuk tentu menjadi menu utama anda saat berkunjung ke lokasi.

Apalagi air terjunnya juga sangatlah cantik, benar-benar kombinasi yang cocok dijadikan plesir wisata alam. Suasana tenang, damai dengan panorama asri nan cantik akan membius siapa saja untuk malas pulang.

Berikut ini adalah informasi terkait alamat, rute perjalanan, harga tiket masuk, mitos dan keindahan Curug Panganten Cisarua Bandung.

Alamat Curug Panganten:

Jalan Raya Cihanjuang Km 5,6. Desa Padaasih, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Rute Menuju ke Lokasi Curug Panganten Cisarua:

Dari pusat Kota Bandung > Jalan Setiabudi > Jalan Kolonel Masturi > Parangpong . jalan raya Cihanjuang > Jalan Katumiri.

Harga Tiket Masuk ke Curug Panganten Bandung:

HTM ke Curug Panganten sangatlah murah yaitu hanya Rp. 5.000 saja. Kamu akan dikenai biaya tambahan sebesar Rp. 6.000/ orang apabila melewati pintu masuk Wisata Alam Katumiri.

Harga di atas masih belum termasuk biaya parkir kendaraan. Namun tetap saja harga tiket masuk tersebut sangatlah terjangkau. Anda akan dibayar dengan cantiknya keindahan alam Bandung.

Cerita Legenda Curug Panganten:

Curug Panganten adalah pilihan wisata alam di Bandung yang menarik Curug Panganten, Antara Keindahan Alam yang Cantik dan Populernya Cerita Mitos
Image by: instagram/meliamel1234

Tidak jauh berbeda dengan wisata di Jawa Barat lainnya, curug ini juga memiliki cerita mitos tersendiri. Setidaknya ada 3 versi cerita yang terkait dengan Curug Panganten, cerita tersebut adalah sebagai berikut:

Cerita yang pertama menyebutkan apabila curug ini dinamakan Curug Panganten karena ia mempunyai dua buah aliran air terjun yang berpasangan seperti sepasang pengantin. Air terjun yang satunya hanya mempunyai debit air kecil sehingga ia tidak begitu terlihat, apalagi saat musim kemarau air terjun ini seakan-akan tidak ada.

Baca juga  Rekomendasi Tempat Makan Enak di kota Batam

Cerita kedua menyebutkan apabila pengambilan nama air terjun ini karena berhubungan dengan kejadian tragis yang menimpa sepasang pengantin. Konon katanya dahulu kala ada sepasang pengantin baru yang terjatuh kemudian hanyut terbawa arus sungai yang berasal dari air terjun ini.

Cerita yang ketiga juga berbeda, ia menyebutkan apabila sepasang suami istri tersebut tidak hanyut dan terjatuh di air terjun, melainkan bunuh diri.

Sampai saat ini masih belum bisa dipastikan kapan peristiwa itu terjadi dan siapa yang bunuh diri atau hanyut di air terjun ini. Namun, masyarakat sekitar menyebutkan apabila air terjun ini dulu namanya adalah Curug Manglayang, dan setelah kejadian tersebut namanya diganti menjadi Curug Panganten.

Hal tersebut dilakukan untuk memperingati kematian sepasang pengantin di ditempat ini.
Berkat cerita mitos tersebut, menjadikan banyak orang merasa penasaran dengan air terjun Panganten ini.

Keindahan Air Terjun Panganten Cisarua:

Eksotisme yang ada di air terjun curug penganten kabupaten bandung barat jawa barat Curug Panganten, Antara Keindahan Alam yang Cantik dan Populernya Cerita Mitos
Image by:instagram/diniandriani869

Curug Panganten merupakan sebuah air terjun yang terletak di sebelah barat kota Bandung. Air Terjun Panganten berada pada ketinggian 1050 meter diatas permukaan laut. Ketinggian Curug Panganten mencapai 50 meter, yang terlihat begitu cantik.

Air terjun ini berada dikawasan lembah hijau nan rindang, sehingga tak heran apabila suhu udaranya terasa begitu sejuk. Menariknya lagi, pemandangan alam yang ada disekitar juga sangat memanjakan mata.

Aliran sungai yang ada di sekitar curug ini cukup tenang, dan dihiasi oleh tumbuhan hijau disekitarnya. Menjadikan kita ingin lebih lama lagi berada di curug asri ini.

pemandangan alam sekitar Curug Panganten yang syarat akan legenda dan mitos Curug Panganten, Antara Keindahan Alam yang Cantik dan Populernya Cerita Mitos
Image by: instagram/arvi_rizky

Sehingga bisa dipastikan apabila wisatawan yang datang berkunjung akan betah untuk berlama-lama di curug ini. Entah itu memanjakan mata melihat hijaunya panorama alam sekitar yang eksotis, ataupun menghirup udara segar nan bersih ala pegunungan.

Cantiknya Air Terjun Kembar di Curug Panganten

Panorama alam hijau yang terlihat menarik di Curug Panganten Bandung Curug Panganten, Antara Keindahan Alam yang Cantik dan Populernya Cerita Mitos
Image by: instagram/urank_bandung

Di objek wisata ini anda akan melihat dua buah aliran air terjun yang berdampingan satu sama lain. Air terjun utama mempunyai ukuran besar dengan aliran air cukup deras, sedangkan yang satunya berada di sebelah dan mempunyai ukuran lebih kecil.

Baca juga  Mitos angker dan keasyikan waduk Botok atau waduk Delok

Bagi anda yang ingin menyaksikan bagaimana keindahan yang tergambar di air terjun Panganten. Maka ada dua pilihan, yaitu mengunjunginya saat musim hujan atau kemarau. Masing-masing pilihan ada kelebihan dan kekurangannya.

Jika anda memilih berkunjung ke objek wisata Curug Panganten saat musim penghujan, maka kedua aliran air terjun ini cukup deras dan indah. Hanya saja airnya berwarna coklat.

Sedangkan saat musim kemarau, aliran air yang ada di air terjun telihat cukup jernih namun debitnya kecil. Sehingga bentuk air terjun kurang terlihat dengan jelas, namun yang pasti Curug Panganten ini benar-benar cocok untuk dijadikan destinasi liburan.

Sebaiknya anda mengunjungi curug ini ketika musim hujan saja, karena pemandangan yang ditawarkan akan jauh lebih baik. Jangan lupa untuk membawa kamera, karena setiap sudut curug cocok sekali dijadikan spot foto.

Fasilitas Masih Belum Lengkap

Berbeda dengan Curug Cimahi atau Curug Pelangi, fasilitas yang ditawarkan oleh Curug Panganten masih sangat minim karena belum dikelola secara maksimal. Fasilitas yang ada terkesan rusak dan tidak terawat.

Tidak ada fasilitas seperti saung, toilet dan sebagainya. Jadi apabila anda ingin ke toilet maka harus ke Wisata Alam Katumiri. Wisatawan tentunya berharap supaya fasilitas bisa ditingkatkan lebih baik lagi, agar wisatawan lebih nyaman.

Karena lokasinya yang jauh dari keramaian dan masih asri, Curug Panganten sangatlah cocok dijadikan tempat bersantai.

Mengasingkan diri dengan bersantai di air terjun sambil menikmati sejuknya udara dan pemandangan eksotis, adalah pilihan tepat.

Mengunnjunginya saat akhir pekan tiba juga menjadi hal yang menarik. Ajaklah teman untuk menyatu dengan alam sambil mengagumi keindahan yang sangat eksotis ini.

Tidak ada kebisingan dan polusi udara, anda akan dimanjakan oleh ketenangan dan segarnya udara khas pegunungan. Benar-benar liburan yang akan membuat tubuh menjadi lebih fresh.

Baca juga  Objek Wisata Di Batang Jawa Tengah yang Lagi Naik Daun

Bagaimana, kapan anda akan liburan ke Curug Panganten Cisarua Bandung?.

Jika anda liburan di Bandung bersama keluarga, maka silahkan ajak buah hati untuk seru-seruan di tempat bermain anak di Bandung yang cocok dikunjungi bersama keluarga.