Cara Menjadi Penulis di Jawa Pos Paling Jitu

Diposting pada

Cara menjadi Penulis di Jawa Pos – Menulis bukan hanya untuk menuangkan ekspresi akan perasaan yang sedang dialami saja. Namun, juga merupakan salah satu hobi yang dapat menjadi sebuah pekerjaan sampingan bahkan pekerjaan tetap cukup menjanjikan.

Melalui menulis kita dapat menghasilkan  uang dari tulisan yang kita terbitkan entah itu dalam bentuk buku, jurnal, maupun diterbitkan di koran dan dalam bentuk lainnya. Syaratnya, catatan tulisan kita memiliki kualitas untuk diterbitkan bukan sekedar catatan-catatan biasa.

    Cara%2BMenjadi%2BPenulis%2Bdi%2BJawa%2BPos Cara Menjadi Penulis di Jawa Pos Paling Jitu
    Salah satu cara agar tulisan kita dapat menghasilkan uang adalah dengan mengirim tulisan kita ke koran-koran seperti  koran Jawa Pos. Agar tulisan kita dapat dimuat di koran jawa pos maka perlu anda cermati beberapa cara menjadi penulis di jawa pos berikut ini:

    1. Patuhi Aturan Tulisan Jawa Pos

    Untuk koran jawa pos, panjang tulisan anda haruslah tidak lebih dari 1000 kata yaitu sekitar 700 sampai 850 kata. Setelah tulisan anda sudah siap , kirim melalui email Anda ke editor@jawapos.co.id  dengan menyertakan CV singkat, nomor  rekening Anda  dan nomor telepon juga nomor NPWP pada badan email Anda.

    Honor yang Anda dapatkan sesuai dengan jenis tulisan yang Anda kirim. Aturan lebih detailnya bisa cek di website nya.

    2. Cari Ide/Tema Terbaru

    Setiap koran pasti memberitakan hal-hal yang belum lama terjadi. Hal tersebut juga berlaku untuk tulisan yang akan Anda kirim. Jadi, carilah ide/tema tulisan yang up to date dimana sedang panas-panasnya diperbincangkan oleh masyarakat.

    Baca juga  Gejala Depresi pada Anak dan Cara Tepat Mengatasinya
    Masalah-masalah teraktual, isu-isu yang sedang viral, semua itu dapat anda jadikan sebuah tulisan.

    3. Pahami Gaya Bahasa Jawa Pos

    Pahami bahasa jurnalistik yang ada di koran Jawa Pos.  Hal itu dapat mendukung agar tulisan Anda dilirik oleh pihak Jawa Pos. Penggunaan bahasa jurnalistik yang ringan namun berisi, menarik dan tidak terlalu berbelit-belit tetapi mengena di logika pembaca.

    Cantumkan juga beberapa fakta-fakta menarik atau bukti yang dapat menegaskan pendapat Anda.  Seperti yang kita ketahui, koran tidak hanya dibaca untuk mereka yang berpendidikan namun berbagai macam kalangan.
    Jadi, bahasa sederhana memudahkan pembaca memahami apa yang ingin Anda sampaikan.  Bahkan, tukang ojek saja tidak perlu mengerutkan kening untuk memahami tulisan Anda.

    4. Membaca Untuk Menulis

    Memang penting kaitannya antara membaca dengan menulis. Dengan memperbanyak bacaan, tentu juga  memperbanyak wawasan, cakrawala, pengetahuan Anda mengenai banyak hal yang nanti dapat Anda jadikan gagasan. Bukan hanya membaca buku, namun juga membaca lingkungan yang ada.

    Baca juga  Melatih Mental Seorang Pengusaha Sukses
    Nah itulah mengenai cara menjadi penulis di jawa pos. Jika tulisan Anda diterbitkan, maka akan ada pemberitahuan ke email Anda dan otomatis juga mendapatkan honor.
    Jika dalam kurun waktu  beberapa minggu tulisan Anda tidak diterbitkan, maka bersabarlah dan tetap mencoba.  Perbaikilah dan menjadi penulis yang berkualitas.

    The following two tabs change content below.
    %name Cara Menjadi Penulis di Jawa Pos Paling Jitu
    Saya bekerja di sebuah perusahaan marine servoce di Batam Indonesia. Kegiatan sehari-hari selain rutinitas di perusahaan juga di bidang internet marketing, blogging, writing dan traveling. Web adalah tempat saya berbagi.
    Baca juga  Mengapa pengajuan Google Adsense saya untuk domain sendiri di setujui?