Cara Bijak Mengatasi Kakak Adik yang Sering Bertengkar

Diposting pada
Memiliki anak-anak yang sering bertengkar di rumah rasanya memang cukup memusingkan. Ya, anak-anak memang sering sekali bertengkar meskipun penyebabnya adalah hal yang sepele. Tetapi, sebagai orang tua, lagi-lagi kita dituntut untuk tidak panik ataupun uring-uringan ketika si ‘kakak dan adik’ tengah bertengkar seperti ini. Bagaimana cara  mengatasi kakak adik yang sering bertengkar.
Tetaplah tenang karena sikap yang tenang akan memudahkan kita untuk memilih cara melerai mereka dengan tepat, karena kalau kita salah mengambil langkah, ini bisa berdampak buruk pada kepribadian anak.
Cara%2BMengatasi%2BKakak%2BAdik%2Byang%2BSering%2BBertengkar Cara Bijak Mengatasi Kakak Adik yang Sering Bertengkar

Lalu, seperti apa sih cara bijakt mengatasi kakak adik yang sering bertengkar tersebut?

Cara Mengatasi Kakak Adik yang Sering Bertengkar

a. Jangan Bersikap Sebagai Penonton

Sebagai orang tua, sebaiknya Anda tidak menunjukkan sikap bahwa Anda hendak menonton pertengkaran mereka. Mengapa? Karena biasanya pertengkaran yang terjadi diantara kakak dan adik ini dipicu untuk memperoleh perhatian dari Anda.

Cara terbaiknya adalah tinggalkan mereka sejenak, namun tetap perhatikan mereka dari kejauhan, sehingga kakak dan adik bisa menyelesaikan permasalahan yang terjadi diantara mereka berdua tanpa adanya pembelaan dari Anda kepada salah satunya.

Memang cara yang pertama ini tampak sulit kedengarannya, tetapi selama anak-anak Anda tidak melakukan hal-hal yang berbahaya untuk fisiknya, biarkan agar mereka mencari jalan keluar dari permasalahannya secara mandiri.

Baca juga  Kenapa saya menulis di Blog?

b. Segera Melerai Anak jika Pertengkaran Mereka Melibatkan Fisik

Jika anak-anak Anda hanya bertengkar dengan cara adu mulut, Anda bisa mendengarkan perdebatan mereka seraya mengawasinya. Namun jika pertengkaran mereka sudah melibatkan fisik seperti memukul, menjambak ataupun kekerasan yang lainnya, Anda harus segera melerai mereka dan menenangkan mereka.

Nah, setelah mereka tenang itulah saat Anda untuk melakukan dialog pada mereka.

    c. Jangan Mengintervensi Anak-Anak

    Anda juga hendaknya menghindari intervensi kepada anak-anak, karena tindakan tersebut justru akan membuat anak tidak bisa mengambil hikmah dari pertengkarannya dan tidak belajar berusaha mencari jalan keluar dari konflik yang tengah dihadapinya.

    Biarkan anak-anak Anda mengungkapkan dan memperdebatkan pendapatnya masing-masing terlebih dahulu.

      d. Berikan Solusi pada Anak di Waktu yang Tepat

      Selama anak-anak Anda bertengkar, sebaiknya Anda perhatikan dulu pertengkaran mereka. Nah, jika Anda merasa Anda sudah bisa menarik kesimpulan dari konflik yang sedang terjadi, Anda bisa membantu mereka dengan memberikan solusi penyelesaiannya.

      Namun, Anda juga bisa menjadi meoderator diantara mereka berdua sekaligus mengajarkan cara bernegosiasi yang benar kepada anak. Caranya adalah dengan mendudukkan mereka di samping kiri – kanan Anda, lalu ajak mereka untuk berpikir akar dari permasalahan tersebut apa kemudian arahkan mereka untuk menuju jalan keluar secara perlahan-lahan.

        Baca juga  Tips Sukses Menekuni Bisnis Fashion, bagi Lulusan SMK Tata Busana

        e. Jika Bisa, Alihkan Perhatian Mereka

        Nah, cara mengatasi pertengkaran kakak dan adik selanjutnya adalah buat agar perhatian mereka teralih dari konflik yang sedang mereka hadapi.

        Misalnya, meminta bantu mereka untuk mengerjakan suatu hal. Biasanya cara ini juga ampuh untuk menghentikan perdebatan mereka.

          f. Ajarkan Anak untuk Berempati

          Tidak jarang kan saat anak-anak bertengkar mereka akan berkata ‘adik benci sama kakak’ atau sebaliknya. Nah, jika anak Anda mengatakan yang demikian, itu saatnya Anda mengajarkan anak untuk memahami perasaan mereka yang sebenarnya.

          Anda bisa menerangkan bahwa perasaan benci dan perasaan marah sebenarnya adalah dua hal yang berbeda. Ini juga merupakan salah satu cara menunjukkan rasa empati Anda kepada anak-anak Anda, sehingga dengan demikian mereka akan belajar memahami perasaan mereka yang sesungguhnya.

            Itu dia cara-cara yang bisa Anda tempuh untuk dan cara mengatasi kakak adik yang sering bertengkar. Semoga bermanfaat.

            The following two tabs change content below.
            %name Cara Bijak Mengatasi Kakak Adik yang Sering Bertengkar
            Saya bekerja di sebuah perusahaan marine servoce di Batam Indonesia. Kegiatan sehari-hari selain rutinitas di perusahaan juga di bidang internet marketing, blogging, writing dan traveling. Web adalah tempat saya berbagi.
            Baca juga  Desain Toko Online yang baik bisa mendatangkan lebih banyak pembeli