Blue Lagoon Sleman, Wisata Air di Jogja Dengan 3 Mata Air yang Tidak Akan Kering Walau Musim Kemarau

Diposting pada

Pemandian Tirto Budi adalah Blue Lagoon Sleman yang dari waktu ke waktu mulai digemari oleh wisatawan. Sejak pertengahan tahun 2014 silam, salah satu objek wisata di Jogja ini begitu ramai dikunjungi oleh wisatawan, khususnya kaula muda.

Blue Lagoon Sleman ini menawarkan 3 buah kolam alami yang mata airnya tidak akan pernah kering meskipun musim kemarau. Masing-masing kolam memiliki ciri khasnya masing-masing, dengan kedalaman antara 1-3 meter.

Disini anda bisa merasakan pijatan alami dari air yang keluar dari tebing-tebing pinggir sungai, atau merasakan gelinya gigitan ikan-ikan kecil.
Fasilitas yang komplit seperti homestay, mushola, toilet, dan gazebo menjadikan objek wisata ini semakin menarik saja.

Bagaimana, apakah anda penasaran? Simak ulasan singkat berikut ini terkait alamat, rute, lokasi, dan keindahan Blue Lagoon Sleman.

Blue Lagoon Sleman foto by Vic Easter Blue Lagoon Sleman, Wisata Air di Jogja Dengan 3 Mata Air yang Tidak Akan Kering Walau Musim Kemarau
Blue Lagoon Sleman foto by Vic Easter

Blue Lagoon Sleman

Alamat Blue Lagoon Jogja

Jalan Kaliurang KM 13, Desa Dalem, Widodomartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta, Indonesia.

Rute Blue Lagoon Sleman:

  • Jalan menuju Blue Lagoon Sleman dari pusat kota Jogja berjarak 15 kilometer, yang bisa ditempuh selama 40 menit perjalanan.
  • Dari kota Yogyakarta silahkan menuju Jalan Kaliurang km 13, sesampainya di pertigaan lamu merah slahkan belok ke timur atau arah kanan, dan ikuti terus jalan utama hingga tiba di Pasar Jangkang. Dari Pasar Jangkang ini anda akan menemukan pertigaan lagi, silahkan ambilarah selatan atau belok kanan, 50 meter selanjutnya akan ada plang petunjuk masuk ke Blue Lagoon sekitar 300 meter. Anda tinggal mengIkuti papan petunjuk tadi, dengan melewati jalan kampung.

Harga tiket masuk blue lagoon Jogja

Jika anda sedang mencari alternatif wisata murah di Jogja yang antimainstream, Blue Lagoon ngemplak sleman ini nampaknya cocok untuk dipilih. Harga tiket masuk hanya Rp.5.000 per orang, dan dikenai biaya parkir kendaraan Rp. 5.000 untuk mobil, dan Rp. 2.000 untuk sepeda motor.

Jam Buka

Tempat wisata di Jogja ini buka dari jam 7 pagi sampai dengan Maghrib. Jadi anda bisa lebih puas, mengeksplorasi keseruan yang ada di sana.

Sejarah Blue Lagoon Sleman

Pada awalnya, kawasan ini hanyalah sebatas aliran sungai biasa yang tidak memiliki nama. Namun semenjak ada peristiwa mengenaskan yang terjadi, ia berubah menjadi pemandian Tirta Budi.

Tirta berarti sumber air atau air, sedang Budi merupakan nama orang. Konon, sekitar 20 tahun lalu seseorang yang bernama Budi tenggelam dan meninggal di pemandian ini. Ketika ia berenang, tiba-tiba saja penyakit ayannya kambuh dan warga terlambat untuk menolong, pada akhirnya Budi meninggal.

Namun, saat ini Pemandian Tirta Budi lebih dikenal dengan sebutan Blue Lagoon. Nama ini merupakan ide dari seorang mahasiswa KKN yang ada di daerah ini, ia berniat mengembangkan kembali pemandian yang sudah lama tida terawat.

Ia mengajak teman-temannya untuk mandi di Pemandian Tirta Budi, kemudian meminta tolong agar mereka berfoto dan mengunggahnya ke sosial media. Sejak itulah, Blue Lagoon versi Sleman ini dikenal dikalangan wisatawan. Khususnya kaula-kaula muda.

Review keseruan dan keindahan di Blue Lagoon Tirta Budi Sleman Yogyakarta

Pernahkah anda berencana pergi liburan ke Blue Lagoon yanga ada di Iceland? Jika sampai saat ini mimpi tersebut belum juga terwujud, maka silahkan mampir saja ke Jogja. Di kota pelajar ini anda bisa mencoba serunya liburan menikmati keindahan Blue Lagoon versi Sleman. Memangnya apa sih yang menarik?.

Blue Lagoon dahulunya hanyalah sebuah mata air yang dimanfaatkan oleh warga Desa Ngemplak

Perlu anda ketahui, Blue Lagoon dahulunya hanyalah sebuah mata air yang dimanfaatkan oleh warga Desa Ngemplak dan sekitarnya untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari. Sudah berpuluh-puluh tahun lamanya, mata air alami ini menghidupi warga sekitar. Berkat sumber mata air ini, warga Desa Ngemplak tidak pernah kekurangan air.

Baca juga  7 Restoran Sunda Terfavorit dan Paling Recomended di Bandung

Namun seiring berjalannya waktu, mata air tersebut berubah menjadi objek wisata yang sangat diminati oleh wisatawan dari berbagai daerah. Biasanya wisatawan datang berkunjung saat libur akhir pekan, dan musim libur panjang. Jumlah pengunjung yang datang tidak hanya ratusan saja, namun bahkan mencapai ribuan.

Blue Lagoon semakin diminati oleh wisatawan

Karena menyadari Blue Lagoon semakin diminati oleh wisatawan. Maka fasilitas demi fasilitas terus ditingkatkan oleh pihak pengelola, demi kemajuan potensi wisata yang sangat berharga ini.

Wisatawan yang biasanya berkunjung adalah kalangan muda-mudi, yang hobi hunting foto dan ingin merefresh kembali otak yang sudah jenuh dengan rutinitas di bangku sekolah. Tidak jarang pula, para orangtua yang mengajak anak-anak mereka liburan ke sini.

Blue Lagoon sendiri adalah mata air alami yang berasal dari permukaan tanah. Begitu melihat ke dalam, anda bisa menyaksikan gelembung-gelembung air kecil yang tidak pernah berhenti keluar. Di Blue Lagoon Sleman ini terdapat 3 buah mata air, yang terdiri dari Sendang Lanang ( putra/pria ), Sendang Belik Kluwih, dan Sendang Wadon ( putri/wanita ).

Semua mata air tersebut merupakan bagian dari aliran Sungai tepus. Blue Lagoon ini terasa begitu spesial, karena ia tidak pernah kering meskipun tengah musim kemarau. Dengan demikian, persediaan air selalu ada dan tidak terpengaruhi oleh musim. Sangat keren bukan?.

Mulai pertengahan tahun 2014 silam, objek wisata di Jogja ini mulai populer dikalangan wisatawan. Sosial media sangatlah berperan besar terhadap kepopuleran Pemandian Tirto Budi. Semakin banyak wisatawan yang hunting foto dan membagikannya ke sosmed, maka semakin banyak pula orang-orang yang penasaran dan ingin datang berkunjung.

Sebelum tiba di lokasi Blue Lagoon atau Pemandian Tirto Budi, anda harus berjalan kaki menyusuri jalan setapak yang tidak terlalu jauh. Sepanjang perjalanan, anda tidak akan capek karena disuguhi oleh panorama alam khas pedesaan yang asri nan eksotis.

Hamparan persawahan warga yang terlihat menghijau, alirang sungai Tepus yang mengeluarkan gemercik air, rumah-rumah warga yang berjajar rapi, dan pepohonan hijau nan rindang. Suasana ini semakin disempurnakan dengan ketenangan yang ada, sehingga cocok sekali untuk liburan sekaligus refreshing.

Sendang Wadon

Begitu tiba di lokasi Blue Lagoon, anda akan melihat 3 mata air alami. Di bagian sebelah kiri, terdapat Sendang Wadon. Sendang Wadon berupa kolam kecil dengan mata air dan aliran kecil. Dulunya, Sendang Wadon adalah tempat terapi ikan. Sekarang ikan-ikan yang ada disini hanya tersisa sedikit saja, karena ulah para pencari ikan yang menggunakan setrum. Hal ini tentunya sangatlah disayangkan sekali, padahal jarang-jarang ada sumber mata air alami yang ada ikan-ikannya.

Sementara itu, di sebelah kanan atau selatan terdapat Sendang Lanang. Disini terdapat pancuran alami di bagian tebing sungai, dan bisa dijadikan pijat alami. Agar lebih menarik lagi, pihak pengelola mengecat bebatuan kali di sepanjang sungai, dengan warna-warna cerah.

Dan Blue Lagoon yang menjadi kolam utama terletak di sisi tengah. Kolam ini merupakan tempat favorit para wisatawan untuk bermain air sekaligus mencoba segar dan sejuknya mata air alami di sini.

Baca juga  Inilah 20 Tempat Wisata Terbaik di Manado yang Kami Rekomendasikan Untuk Anda

Mata air alami dan wisata sungai di kawasan pedesaan

Mungkin ada banyak sekali pilihan tempat wisata air di Jogja, namun Blue Lagoon hadir dengan nuansa baru yang anti mainstream. Objek wisata ini mengusung konsep pemandangan alam berupa mata air alami dan wisata sungai di kawasan pedesaan.

Nah, bagi anda yang mungkin saja sudah terlalu bosan dengan suasana perkotaan yang begitu-begitu saja. Maka Blue Lagoon hadir sebagai solusinya, nuansa khas pedesaan yang tenang, asri, dan sejuk menjadi daya tarik utama yang tidak bisa terlupakan oleh pengunjung.

Kolam alami yang ada di Blue Lagoon Sleman memang tidak begitu luas, namun sudah cukup seru untuk dijadikan tempat bermain air. Pasalnya, kolam alami yang ada disini menawarkan air yang jernih kebiru-biruan. Pemandangan yang tersaji layaknya Blue Lagoon di Iceland. Panorama tersebut semakin eksotis saja, disaat sinar matahari memantulkan cahayanya di atas permukaan air

Anda bisa mengajak teman, atau keluarga untuk bermain air di kolam sepuasnya. Entah itu hanya sekdar berendam saja, ataupun berseluncur dari bendungan kecil yang ada di ujung sungai. Untuk berseluncur ini, anda harus menyewa ban atau pelampung.

Berendam di kolam alami Blue Lagoon tentunya sangat seru dan mengasyikkan. Airnya terasa sejuk dan menyegarkan. Begitu mencelupkan tubuh ke dalam air, kesegaran airnya akan langsung menjalar ke seluruh anggota tubuh. Membuat efek relaksasi begitu terasa.

Terapi Ikan

Lebih asyiknya lagi, ketika berendam di airnya, ikan-ikan kecil akan menggigit kulit kaki. Gigitan tersebut tentu saja tidak menyakitkan, melainkan membuat geli.

Setiap kolam yang ada disini, biasanya berkedalaman 1 sampai 3 meter saja. Sehingga, anda bisa menyesuaikan sendiri dengan selera. Jika anda pandai berenang, mencoba kolam dengan kedalaman lebih dari 1 meter nampaknya bukanlah masalah.

Agar acara bermain air anda menjadi lebih seru, silahkan sewa perlengkapan berenang yang disediakan oleh pihak pengelola. Dengan senang hati, mereka akan melayani anda dengan banderol harga yang sangat terjangkau.

Ketika musim kemarau tiba, anda tidak perlu khawatir jika air yang ada di Blue Lagoon akan mengering. Meskipun udara sedang panas-panasnya, namun anda tetap nyaman untuk bermain air di kawasan ini karena di sekelilingnya tumbuh jajaran pohon bambu. Pohon bambu ini berguna untuk menjaga keteduhan dan kesejukan wisatawan saat bermain air di Blue Lagoon.

Mata airnya akan memijat tubuh anda dengan sangat nyaman

Selain berendam dan berenang di kolam airnya, wisatawan juga bisa mencoba pijatan alami. Caranya sangat mudah, silahkan duduk di tepi tebing sungai maka pancuran-pancuran dari mata airnya akan memijat tubuh anda dengan sangat nyaman. Rasanya mirip sekali dengan pijatan dari Air Terjun Sri Gethuk.

Wisatawan yang datang berkunjung harus mematuhi peraturan yang ada, yaitu tidak boleh menggunakan sampoo dan sabun saat mandi di kolam airnya. Hal ini dikarenakan busa dari sabun dan sampoo bisa saja mencemari aliran airnya. Dengan peraturan ini, kolam air Blue Lagoon versi Sleman ini tetap terjaga kealamiannya.

Saking menarikya, beberapa artis ibukota bahkan pernah berkunjung ke Blue Lagoon.Diantaranya adalah Caesar, Erros Sheila On 7 dan Boy William. Tidak hanya itu saja, ibu Titik Soeharto bahkan juga pernah menyambangi destinasi wisata ini.

Jika musim penghujan tiba, sayangnya air di kolam alami tersebut yang mulanya jernih eksotis berubah menjadi keruh. Kondisi ini dikarenakan air dari aliran Sungai Tepus mencampuri Blue Lagoon. Sehingga ia terlihat kurang menarik.

Baca juga  Gunung Tangkuban Perahu Jawa Barat – Pesona Keindahan Alam Pegunungan Yang Menghijau Alami

Waktu terbaik untuk mengunjungi objek wisata Blue Lagoon

Waktu terbaik untuk mengunjungi objek wisata Blue Lagoon Yogyakarta adalah ketika musim kemarau, disaat cuaca cerah. Saat cuaca cerah, kejernihan airnya terlihat begitu sempurna.

Supaya lebih puas bermain air dan berenang di kolam Blue Lagoon, silahkan datang di weekdays dan masih pagi. Pasalnya ketika akhir pekan, maka pengunjungnya sudah membludak. Datang berkunjung pagi-pagi bukanlah ide buruk, karena belum banyak yang datang berkunjung.

Sehingga, anda bisa berenang sepuasnya tanpa ada yang mengganggu.Seakan-akan anda sedang berenang di kolam pribadi di tengah-tengah kawasan pedesaan.

Selain remaja dan orang dewasa, anak-anak juga banyak yang mencoba kesegaran air di kolam alami Blue Lagoon. Jika anda berencana membawa anak-anak, maka selalu awasi setiap aktivitas mereka, untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan.

Berendam di Blue Lagoon memang terasa menenangkan pikiran, dengan ditemani suara burung, jangkrik, dan gemercik air yang saling bersautan satu sama lain.

Atraksi dengan melompat dari tebing kali

Biasanya, banyak sekali anak-anak muda yang tengah asyik melakukan atraksi dengan melompat dari tebing kali. Mereka menjeburkan diri dengan gayanya masing-masing. Pemandangan ini akan mengingatkan kita pada masa kecil dahulu yang juga sering melakukannya bersama teman-teman.
Jika anda berani, maka tidak ada salahnya ikut serta atraksi bersama kaula-kaula muda.

Setelah puas berendam dan bermain air, anda bisa membilas diri di WC atau toilet yang sudah disediakan. Jadi anda tidak perlu bingung, akan ganti baju dimana.

Berkunjung ke Blue Lagoon, rasanya kurang lengkap jika tidak mengabadikan momen seru. Disini terdapat spot foto yang lumayan kece, dengan background tebing sungai. Tidak banyak spot foto yang tersedia, karena pada dasarnya Blue Lagoon adalah kawasan wisata air di Jogja.

Kuliner di Blue Lagon

Setelah puas bermain air di kolam alaminya, dan anda masih ingin liburan disini. Silahkan mampir ke gazebo-gazebo yang ada di sekitar kolam, sembari mencicipi makanan atau camilan. Nuansa khas pedesaan tentunya akan membuat anda betah untuk berlama-lama disini.

Sembari bersantai, anda juga bisa foto-foto kembali dengan background alam pedesaan yang cantik dan asri.

Kawasan ini juga populer sebagai Desa Wisata Blue Lagoon, yang sering menjadi pilihan wisata di Jogja. Tidak hanya bermain air saja, akan tetapi anda juga dapat refresh otak dan tubuh dengan mampir di homestay khas pedesaan yang tenang dan asri.

Masih belum puas menikmati itu semua? Blue Lagoon Yogyakarta juga menawarkan kegiatan outbound yang seru bersama keluarga dan teman-teman.

Desa Wisata Blue Lagoon juga memberi kesempatan bagi wisatawan untuk lebih dekat dengan kehidupan masyarakat sekitar. Lagi-lagi, bagi anda yang sudah bosan dengan nuansa kota, silahkan live in di sini serta berbaur bersama warga. Jangan lupa juga untuk mencicipi lezatnya es dung-dung, dan sego wiwit. Belajar membatik juga bukan ide buruk.

Tersedia juga Mushola untuk kaum muslim yang ingin beribadah. Tempat penitipan barang juga tersedia, untuk liburan anda yang lebih aman dan nyaman.

Kesimpulan

Kesimpulannya, Blue Lagoon Sleman adalah pilihan terbaik untuk menghabiskan waktu di akhir pekan yang anti mainstream. Disini anda bisa berenang dan berendam di kolam-kolam alami yang airnya jernih kebiru-biruan. Airnya terasa sejuk nan menyegarkan, bahkan ada juga ikan-ikan kecil yang akan menggigit kulit kaki.

Fasilitasnya yang komplit, membuat liburan kali ini akan terasa lebih spesial.