Berwisata Seru dan Mengasyikan di Pulau Kakaban Berau

Diposting pada
Berwisata di Pulau Kakaban Berau ~ Pulau Kakaban merupakan merupakan salah satu pulau wisata yang ada di kepulauan derawan. Salah satu keunikan yang mampu menarik wisatawan untuk berkunjung di pulau kakaban adalah danau kakaban.
Danau ini menjadi tempat bertemunya air hujan dan rembesan air laut yang muncul dari pori-pori tanah, sehingga menciptakan habitat endemik yang berbeda dari kawasan danau lain yang ada di dunia.
Berwisata%2Bdi%2BPulau%2BKakaban%2BBerau Berwisata Seru dan Mengasyikan di Pulau Kakaban Berau
Nama pulau kakaban diambil dari bahasa suku bajo yang memiliki arti memeluk dimana bentuk dari pulau kakaban sendiri yang menyerupai angka sembilan dengan danau yang ada di dalamnya, maka dipilihlah nama kakaban sebagai nama pulau ini.
Pulau kakaban memiliki luas, 774 hektar, sedangkan luas danau kakabannya kurang lebih 5 km persegi, serta dikelilingi oleh dinding karang setinggi 50 meter.
Berwisata%2Bdi%2BPulau%2BKakaban%2BBerau Berwisata Seru dan Mengasyikan di Pulau Kakaban Berau
Berwisata di Pulau Kakaban Berau

Berwisata di Pulau Kakaban Berau

Pesona Pulau Kakaban Berau

Berwisata ke pulau kakaban, maka tidak lengkap jika tidak berkunjung ke danau kakaban, karena danau inilah yang menjadi pusat wisata di pulau ini. Namun, untuk menuju ke danau kakaban, anda harus rela sedikit berjuang, sebab akses menuju lokasi danau ini memang tidak mulus dan rata.
Wisatawan perlu melakukan sedikit pendakian, mengingat danau kakaban dikelilingi oleh tebing yang tinggi. Namun jangan khawatir, segala usaha keras anda dalam mendaki akan sangat setimpal manakala anda sudah berada di danau kakaban.
Dengan perpaduan air laut, air tanah dan air hujan, membuat danau kakaban begitu istimewa dan benar-benar membuat siapapun terpukau. Selain itu, danau kakaban juga menjadi habitat alami bagi ubur-ubur  serta menjadi salah satu danau ubur-ubur terbesar di dunia.
Ada banyak spesies ubur-ubur yang mendiami danau kakaban, diantaranya adalah spesies Cassiopea ornata, Tripedalia cystophora, Aurelia aurita, dan Martigias papua.

Berenang Dengan Ubur-Ubur

Salah satu spesies ubur-ubur yang paling menarik adalah jenis Cassiopea ornata yang merupakan jenis ubur-ubur yang berenang dengan cara terbalik, sehingga terlihat unik, lucu sekaligus menyenangkan untuk dinikmati sembari berenang di dekatnya.
Wisatawan juga tidak perlu cemas untuk berenang dengan ubur-ubur di danau kakaban, karena meskipun jumlahnya mencapai ribuan, namun jenis ubur-ubur yang ada di danau ini tidak mempunyai sengat, sehingga aman bagi penyelam yang ingin menikmati berenang bersama ubur-ubur.
Bagian unik dari danau kakaban adalah adanya Lobang Ikan atau orang lokal sana menyebutnya sebagai Kehe Daeng, yakni sebuah area yang ada di samping danau kakaban, yang mana pada saat air laut surut, gua sempit yang sebelumnya terendam oleh air akan muncul ke permukaan.
Didalam goa inilah akan terlihat terumbu karang beraneka warna yang cantik mempesona dan bintang laut yang mudah untuk disentuh oleh wisatawan.
Diluar danau kakaban, wisatawan yang berkunjung ke pulau kakaban bisa menikmati wisata menyelam yang banyak terdapat di pulau ini. Ada banyak titik selam yang banyak ditumbuhi oleh terumbu karang yang sangat indah dengan berbagai bentuk dan rupa yang menawan.
Bagi anda yang menyukai kegiatan menyelam, tidak akan menyesal jika sudah menyelam di perairan dangkal pulau kakaban. Anda akan mempunyai pengalaman menarik dan baru yang belum pernah anda alami sebelumnya di lokasi menyelam yang lain.
Bagi anda yang merencanakan untuk berkunjung ke pulau kakaban, perlu anda ketahui bahwa pulau ini tidak berpenghuni, sehingga anda bisa menginap di kepulauan derawan dengan akses penginapan bertarif 100 ribuan per malam.
Untuk bisa mengunjungi pulau kakaban yang masih merupakan bagian dari kepulauan derawan, maka akses yang bisa digunakan adalah dengan menyewa speedboat dengan tarif 500 ribu sampai 1 juta per hari dari pulau yang berdekatan dengan pulau kakaban.

Baca juga  Pantai Nglambor, Tempat Paling Seru Untuk Snorkeling di Pesisir Gunung Kidul
The following two tabs change content below.
%name Berwisata Seru dan Mengasyikan di Pulau Kakaban Berau
Saya bekerja di sebuah perusahaan marine servoce di Batam Indonesia. Kegiatan sehari-hari selain rutinitas di perusahaan juga di bidang internet marketing, blogging, writing dan traveling. Web adalah tempat saya berbagi.
Baca juga  19 Tempat Wisata Di Ambon Terbaik Yang Wajib Untuk Dikunjungi