Anak Anda Kecanduan Main Game? Berikut Tips Mengatasinya

Diposting pada
Mengatasi anak kecanduan main game pada ~ Jaman ketika anda masih anak-anak dulu memang berbeda dengan sekarang. Sekarang, teknologi telah berkembang pesat dan mencakup semua lini. Termasuk dalam hal permainan atau game.
Berbeda dengan zaman dulu yang lebih ke permainan fisik, anak-anak jaman sekarang begitu gemar memainkan game baik secara online atau menggunakan konsol. Dan akibatnya, atau bisa dibilang dampak negatifnya adalah anak akan kecanduan main game tersebut.
Bermain game sesekali untuk mengisi waktu memang tidak masalah, tetapi jika sudah sampai taraf kecanduan itulah yang berbahaya. Kegiatan lain yang lebih penting seolah tidak menarik bagi anak.
Lantas bagaimana solusi terbaik jika anak sudah kecanduan main game? Nah, berikut tips mengatasinya.
Mengatasi%2BAnak%2BKecanduan%2BMain%2BGame Anak Anda Kecanduan Main Game? Berikut Tips Mengatasinya
Mengatasi Anak Kecanduan Main Game

Tips Mengatasi Anak Kecanduan Main Game

1. Kenalkan kepada aktivitas positif 

Untuk mengalihkan perhatiannya, kenalkan anak anda kepada aktivitas positif lain. Misalnya dengan menekuni hobi seperti menggambar, berolahraga atau membaca. Pahami apa yang menjadi minat dan bakat anak.
Kemudian, arahkan anak untuk melakukan aktivitas tersebut. Jika perlu temani anak anda ketika melakukan aktivitas tersebut sebagai bentuk dukungan anda. 

2. Kenalkan kepada konsep prioritas

Anak harus diajarkan mengenali prioritas dari kegiatan yang dilakukannya. Mana yang lebih penting antara bermain game atau mengerjakan PR?

Jelaskan dengan bahasa yang mudah dimengerti anak tentang apa konsekuensi yang ada jika anak tak bisa menempatkan prioritasnya. 

3. Ajak anak bertamasya

Sesekali ajak anak bertamasya untuk menjauhkannya dari main game. Bertamasya juga akan membuat mereka mengenal dunia luar, daripada hanya berkutat di depan gadget. Ajak anak anda ke tempat-tempat yang menarik, misalnya ke pantai, taman bermain atau tempat wisata yang diinginkannya.
Buatlah tamasya itu menjadi kegiatan yang menyenangkan, sehingga anak akan terlupa dengan keasyikan bermain game. 

4. Berikan teladan yang baik untuk anak

Anak-anak yang kecanduan main game adalah anak yang mempunyai banyak waktu luang dan tidak tahu bagaimana memanfaatkannya. Sebagai orang tua, anda berkewajiban memberikan teladan yang baik.
Gunakan waktu luang anda untuk hal-hal yang bermanfaat. Membaca, membersihkan rumah, rekreasi adalah contoh hal yang bisa anda lakukan untuk memanfaatkan waktu luang. Ajak anak anda dalam kegiatan-kegiatan tersebut. 

5. Ajarkan konsep “Take and Give” kepada anak

Konsep “Take and Give” adalah konsep dimana seseorang mendapatkan imbalan sesuai dengan apa yang dia lakukan. Konsep ini dapat anda ajarkan kepada anak terkait dengan main game. Buatlah perjanjian dengan anak tentang kapan mereka boleh bermain game.
Jika anak dapat menepati janji yang telah dbuat, berilah mereka imbalan. Imbalan tersebut bisa berupa hadiah kecil seperti es krim kesukaanya, atau tambahan waktu untuk menonton tv, misalnya. 
Namun, anda harus konsisten dalam menerapkan konsep “Give and Take” ini. Karena jika sekali anda melanggar, anak tidak akan menaruh kepercayaan kepada anda dan akan menganggap enteng perjanjian yang telah disekapati. 

6. Berikan perhatian lebih kepada anak

Bisa jadi anak kecanduan bermain game karena tidak mendapatkan perhatian yang cukup dari orang tua. Sehingga mereka mencoba mencari perhatian dengan lari ke main game. Jika alasan anak kecanduan main game adalah hal ini, maka anda harus memberikan perhatian yang lebih kepadanya. 
Perhatian tersebut dapat anda berikan berupa ucapan yang lembut, kontak fisik seperti memeluk dan mencium atau sekadar menghabiskan waktu bersama anak. Mulailah mendengarkan apa keinginan anak anda sebenarnya dan ajaklah ia berkomunikasi dari hati ke hati.
Itulah beberapa tips mengatasi anak kecanduan main game. Ingatlah masa depan anak anda lebih penting daripada kesenangan sesaat yang dia alami ketika bermain game. Jadilah orang tua yang lebih bijaksana dengan mengatasi kecanduan game yang dialami anak anda.

Baca juga  Tabungan yang Menguntungkan
The following two tabs change content below.
%name Anak Anda Kecanduan Main Game? Berikut Tips Mengatasinya
Saya bekerja di sebuah perusahaan marine servoce di Batam Indonesia. Kegiatan sehari-hari selain rutinitas di perusahaan juga di bidang internet marketing, blogging, writing dan traveling. Web adalah tempat saya berbagi.
Baca juga  Gejala Depresi pada Anak dan Cara Tepat Mengatasinya