Air Terjun Tiu Sekeper, Air Terjun Tertinggi di Pulau Lombok yang Sangat Eksotis

Diposting pada
Air Terjun Tiu Sekeper yang merupakan salah satu objek wisata alam di Lombok yang cukup difavoritkan, walau perlu sedikit pengorbanan untuk bisa mencapainya.
Air%2BTerjun%2BTiu%2BSekeper%2BLombok Air Terjun Tiu Sekeper, Air Terjun Tertinggi di Pulau Lombok yang Sangat Eksotis
Air terjun ini disebut-sebut sebagai air terjun tertinggi di Lombok dan jalanan yang harus ditempuh pun adalah track yang semi ekstrem, sehingga jika Anda berniat mengunjungi Air Terjun Tiu Sekeper ini, Anda harus mempersiapkan kondisi fisik Anda dengan baik.
Air%2BTerjun%2BTiu%2BSekeper%2BLombok Air Terjun Tiu Sekeper, Air Terjun Tertinggi di Pulau Lombok yang Sangat Eksotis
Air Terjun Tiu Sekeper

Air Terjun Tiu Sekeper

Keistimewan Air Terjun Tiu Sekeper

Gelar ‘air terjun tertinggi di Lombok’ yang disandang oleh Air Terjun Tiu Sekeper ini memang telah dibuktikan oleh hasil pengukuran yang dilakukan oleh Mapala FKIP Unram.
Dari hasil pengukuran ini diketahui bahwa tinggi Air Terjun Tiu Sekeper adalah 113 meter, jauh lebih tinggi dibandingkain air terjun lainnya di Pulau Lombok yang tingginya rata-rata hanya 40 m – 60 m saja.
Dari ketinggian 113 m tersebut, Anda tentu sudah bisa membayangkan bagaimana derasnya air yang terjun yang berada disana.
Dan tentunya daya tarik air terjun ini bukan hanya dari pesona air yang jatuh dari ketinggian saja, tetapi pemandangan sekeliling juga membuat siapapun akan menjadi lebih rileks, dan betah berlama-lama disana.
Dan tentunya jangan lupa ceburkan diri Anda untuk berinteraksi langsung dengan air yang mengalir dari terjunan air ini ya, hitung-hitung sebagai pengganti lelah dan dahaga Anda selama perjalanan.

Lokasi Air Terjun Tiu Sekeper

Air Terjun Tiu Sekeper ini terletak di Bukit Sekeper, di Desa Santong, Kecamatan Kayangan, Lombok Utara.
Jika Anda memulai perjalanan dari Kota Mataram, Anda membutuhkan waktu sekitar 1 hingga 2 jam menuju ke Desa Santong.
Dan jika Anda menggunakan kendaraan roda 2, Anda bisa terus membawa kendaraan Anda hingga lokasi parkiran Air Terjun Tiu Teja, sedangkan jika Anda menggunakan kendaraan roda 4, Anda hanya bisa membawanya hingga gerbang pintu masuk Air Terjun Tiu Teja.
Setelah beberapa saat berjalan, Anda akan mulai menemukan perkebunan rakyat dimana di dalamnya ditanami aneka pohon buah-buahan, termasuk kebun kopi dan cengkeh, hingga nantinya Anda akan menemukan pos pemberhentian yang pertama di lokasi pohon purba Bunut Ngengkang.
Pohon ini adalah pohon beringin yang sudah berumur ratusan tahun, dan memiliki akar seperti 2 kaki yang terbuka.
Dari sini Anda harus terus melanjutkan perjalanan agar bisa sampai ke Air Terjun Tiu Sekeper, dengan melalui jalan setapak yang sempit dan terkadang licin di tengah lebatnya hutan rimba hingga Anda menemukan pos pemberhentian yang kedua.
Pos yang kedua ini biasanya banyak digunakan sebagai tempat untuk beristirahat ataupun mendirikan tenda bagi yang berminat untuk bermalam.
Dari pos pemberhentian yang kedua ini, Anda harus menempuh perjalanan sekitar setengah kilometer lagi untuk kemudian Anda akan melalui jalanan yang menurun yang curam dan cukup licin.
Dan jika Anda sudah melalui jalanan yang menurun ini, berarti selamat, itu artinya Anda sudah cukup dekat dengan Air Terjun Tiu Sekeper.

Tips Berwisata ke Air Terjun Tiu Sekeper

  1. Gunakan pakaian yang panjang supaya kulit Anda lebih aman mengingat jalanan yang harus Anda lalui adalah jalanan setapak yang sangat berpotensi menyebabkan kaki atau lengan Anda bergesekan dengan tanaman hutan.
  2. Bawalah bekal yang cukup karena perjalanan yang akan dilalui adalah perjalanan yang panjang dan lama.
  3. Jangan mandi di kolam utama air terjun karena kedalamannya mencapai 10 meter.
  4. Setelah sampai, istirahat yang cukup karena Anda akan melalui perjalanan pulang yang sama sulitnya dengan perjalanan ketika berangkat.
Baca juga  5 Tempat Wisata Buat Ngadem Paling Asik Di Sulawesi Tengah

Nah, itulah diatas ulasan mengenai pesona Air Terjun Tiu Sekeper dan akses menuju lokasi tersebut. Semoga menjadi referensi yang bermanfaat.

The following two tabs change content below.
%name Air Terjun Tiu Sekeper, Air Terjun Tertinggi di Pulau Lombok yang Sangat Eksotis
Saya bekerja di sebuah perusahaan marine servoce di Batam Indonesia. Kegiatan sehari-hari selain rutinitas di perusahaan juga di bidang internet marketing, blogging, writing dan traveling. Web adalah tempat saya berbagi.
Baca juga  Lembah Baliem Papua, Sensasi Alami nan Bersahaja yang Penuh dengan Pesona