Air Terjun Pulosari, Eksotisme Tersembunyi di Kabupaten Bantul yang Cukup Menawan

Diposting pada

Air terjun Pulosari adalah objek wisata eksotis yang terletak di Kabupaten Bantul. Belum banyak wisatawan yang mengetahui surga cantik ini, padahal keindahannya tidak kalah menarik dari objek wisata di Jogja lainnya.

Curug pulosari yang indah Air Terjun Pulosari, Eksotisme Tersembunyi di Kabupaten Bantul yang Cukup Menawan
Image by: instagram/yuliangaluh

Bagi anda yang sudah pernah mengunjungi Kebun Buah Mangunan, Puncak Becici, ataupun Hutan Pinus Mangunan. Maka air terjun ini bisa menjadi pilihan wisata yang menawarkan suasana baru.

Air terjunnya memang tidak begitu tinggi, namun disana anda akan mendapatkan sebuah ketenangan dan panorama alami yang eksotis. Udaranya sejuk menyegarkan, menjadikan objek wisata ini sangat cocok untuk bersantai.

Berikut ini adalah informasi mengenai alamat, rute perjalanan, dan sedikit review keindahan Curug Pulosari Panjangan.

Alamat Curug Pulosari:

Dusun Krebet, Desa Sendangsari, Kecamatan Panjangan, Bantul, DIY.

Rute Perjalanan Menuju Lokasi Curug Pulosari Panjangan:

Lokasi Curug Pulosari berjarak sekitar 20 kilometer dari pusat kota Jogja. Akses jalan sudah beraspal dan mudah untuk dilewati, namun masih ada beebrapa jalan yang berlumpur dan rusak.

Rute perjalanan yang bisa anda ikuti adalah: Kota Jogja – Jalan Bantul – Desa Wisata Kasongan – Lanjut menuju Desa “ Pengrajin Wayang Kulit’ Gendeng – Desa Krebet – Tiba di perempatan patung semar Desa Krebet – Silahkan ikuti petunjuk ke Jurang Pulosari.

Review Keindahan Air Terjun Pulosari Jogja:

kesejukan udara di curug pulosari Air Terjun Pulosari, Eksotisme Tersembunyi di Kabupaten Bantul yang Cukup Menawan
Image by: instagram/warawiriindonesia

Kabupaten Bantul adalah lokasi yang akhir-akhir ini sedang ramai diperbincangkan oleh netizen. Hal itu dikarenakan banyaknya spot foto kece yang instagramable dan kekinian. Pastinya anda sudah sering melihat unggahan foto seperti Puncak Becici, Hutan Pinus Mangunan, Kebun Buah Mangunan, Gumuk Pasir, ataupun Pantai Depok.

Mengunjungi spot foto selfie yang menawan tersebut tentu sangatlah menyenangkan, karena kita bisa eksis di media sosial. Namun hal ini bisa menjadi terlalu mainstream apabila anda sudah terlalu sering berkunjung kesana.

Tidak perlu bosan untuk berkunjung ke Kabupaten Bantul, karena masih ada sajian eksotis yang bisa anda eksplorasi. Alternatif wisata tersebut adalah Air Terjun Pulosari, yang terletak di Kecamatan Panjangan.

Dikarenakan kondisi geografis yang curam dan terjal, sehingga untuk menuju lokasi Curug Pulosari anda sebaiknya mengendarai sepeda motor saja. Jika sudah terlanjur membawa mobil, maka anda harus ekstra hati-hati. Bus tidak bisa sampai ke area wisata, karena medan jalan yang cukup sulit untuk dilewati kendaraan besar.

Baca juga  5 Destinasi Wisata di Bali Bagian Timur yang Wajib Anda Kunjungi

Perjalanan Menuju Lokasi Curug Pulosari

Dari namanya saja kita sudah bisa menebak apabila air terjun ini terletak dibawah jurang. Memang terdengar sedikit ektrim, namun anda tidak perlu khawatir akan kesulitan karena sudah disediakan jalan setapak yang mudah dilalui, bahkan untuk anak-anak sekalipun.

Perjalanan dari tempat parkir menuju ke lokasi air terjun Pulosari memang cukup menguras tenaga. Pasalnya, anda harus menyusuri jalan sejauh 500 – 700 meter dengan medan jalan yang licin, berbatu dan menurun. Maka dari itu, anda harus ekstra hati-hati.

Meskipun demikian, perjalanan ini terasa sangat menyenangkan karena anda akan menuruni sebuah jurang, melewati hutan jati yang rindang, menyebrang sungai, dan barulah anda sampai di objek wisata Air Terjun Pulosari Bantul. Pengalaman yang tidak anda dapatkan saat berkunjung ke kawasan perkotaan.

Panorama alam yang tersaji di sepanjang perjalanan sudah cukup eksotis, dan mampu mengambarkan sedikit bagaimana keindahan air terjun yang ada di depan sana.

Menariknya lagi, di jalan menuju lokasi air terjun anda akan menjumpai beberapa rumah-rumahan kecil. Rumah-rumahan tersebut memang sengaja dibuat oleh warga setempat untuk tempat peristirahatan wisatawan yang mungkin merasa lelah saat perjalanan.

Keindahan yang Tersaji di Air Terjun Pulosari

pemandangan sekitar air terjun pulo sari Air Terjun Pulosari, Eksotisme Tersembunyi di Kabupaten Bantul yang Cukup Menawan
Image by: instagram/tyoooss

Setelah melalui perjalanan yang cukup jauh dan menguras tenaga, namun hal tersebut tidak ada apa-apanya dengan balasan yang akan anda dapatkan. Begitu tiba di lokasi, sajian alam yang indah dan menawan sudah siap anda nikmati sepuasnya.

Panorama menawan yang tersaji berupa sebuah air terjun cantik dengan kolam air alami dan jajaran pepohonan rindang yang menghiasi disekelilingnya. Suara gemercik air yang tenang adalah nyanyian alam yang akan menemani kunjungan anda disini.

Curug Pulosari letaknya berada di tengah-tengah perbukitan dan jauh dari keramaian. Belum banyak wisatawan yang datang berkunjung, kecuali di waktu-waktu tertentu saja. Suasana yang ada disini begitu tenang, hening dan damai.

Baca juga  7 Restoran Unik di Bandung yang Paling Seru Untuk Dikunjungi

Tidak akan ada suara bising kendaraan, polusi udara yang menyesakkan, ataupun beban pikiran akibat pekerjaan. Yang ada hanyalah ketenangan, udara sejuk khas pegunungan, suara gemercik air, dan keindahan alam yang terlihat menghijau dan menyejukkan mata.

Otak yang sebelumnya dipenuhi oleh beban pekerjaan dan masalah sehari-hari akan terasa lebih lega. Nikmatilah waktu santai yang tidak bisa anda dapatkan setiap hari. Tenangkan pikiran, dan rehat sejenak dari rutinitas yang melelahkan.

Curug Pulosari adalah air terjun yang bersumber dari aliran sungai alami di sekitar perbukitan. Lokasinya yang berada di tengah-tengah kawasan perbukitan, menjadikan panorama alam sekitar begitu cantik dan eksotis. Rasanya sayang sekali jika tidak diabadikan lewat jepretan kamera.

Bersantai dan Mandi di Kolam Alami Curug Pulosari Bantu

Main air di curug pulosari Air Terjun Pulosari, Eksotisme Tersembunyi di Kabupaten Bantul yang Cukup Menawan
Image by: instagram/awkwardlymimz

Ketinggian air terjun Pulosari tergolong landai, yaitu hanya sekitar 4 meter saja. Meskipun demikian anda tidak perlu kecewa, karena masih ada daya tarik lain yang akan membuat anda merasa betah untuk berlama-lama disini.

Udara sejuk nan menyegarkan tanpa dikotori oleh polusi sedikitpun adalah hidangan lezat yang anda dapatkan cuma-Cuma. Suasana tenang, akan membuat otak anda menjadi lebih fresh lagi. Sedangkan panorama alam sekitar yang cantik, membuat anda akan lebih puas saat berkunjung ke air terjun ini.

Tidak jauh berbeda dengan air terjun pada umumnya, Curug Pulosari juga mempunyai kolam air alami. Air yang ada di kolam ini berwarna biru merona dan tidak jarang warnanya menjadi kehijau-hijauan. Cocok sekali dijadikan tempat untuk berenang.

Airnya yang bening, seakan-akan menggoda pengunjung agar tidak melewatkan kolam alami ini. Airnya sangat dingin akan membuat sekujur tubuh anda merasa segar. Mengasingkan diri sejenak dari keramaian kota, nampaknya cocok sekali dilakukan di Curug Pulosari.

Lompat dari ketinggian curug pulosari Air Terjun Pulosari, Eksotisme Tersembunyi di Kabupaten Bantul yang Cukup Menawan
Image by: instagram/kotabantul

Ada hal menarik lagi yang bisa anda temui di kolam airnya. Meskipun digunakan untuk berenang, air tersebut bisa dengan cepat berubah warna menjadi biru bening seperti biasanya. Jadi, bawalah ganti dari rumah karena anda akan bermain air dengan riang disini.

Baca juga  Waduk Delok, waduk Botok atau waduk Gondang

Waktu terbaik untuk mengunjungi Curug Pulosari adalah ketika musim penghujan. Hal ini dikarenakan aliran airnya yang sangat deras sehingga kecantikkannya akan terlihat maksimal.