Air Terjun Luweng Sampang, Surga Tersembunyi di Gunung Kidul yang Masih Asri dan Mirip Dengan Grand Canyon Amerika

Diposting pada

Air terjun Luweng Sampang adalah surga tersembunyi di Gunung Kidul yang masih belum banyak diketahui wisatawan. Objek wisata ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Dan cocok sekali untuk refreshing.

Air terjun luweng sampang 1 Air Terjun Luweng Sampang, Surga Tersembunyi di Gunung Kidul yang Masih Asri dan Mirip Dengan Grand Canyon Amerika
Image by: instagram/priyonounyil

Hal ini dikarenakan suasananya yang tenang, keasrian dan dan kealamiannya yang masih terjaga dengan baik. Daya tarik utamanya adalah bebatuan dengan motif cantik nan eksotis. Batu ini terlihat memiliki guritan, yang terbentuk akibat kikisan air.

Berikut ini adalah informasi mengenai alamat, rute perjalanan, dan review keindahan Air Terjun Luweng Sampang.

Alamat Air Terjun Luweng Sampang:

Desa Sampang, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Perlu anda ketahui, jika lokasi air terjun ini sebenarnya berbatasan langsung dengan Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Masyarakat Klaten menyebutnya dengan nama Air Terjun Luweng Sampang Gantiwarno.

Rute Perjalanan Menuju Lokasi Air Terjun Luweng Sampang Gunung Kidul:

Dari kota Jogja, jarak tempuh menuju lokasi berjarak sekitar 30 KM dan memakan waktu perjalanan selama 1 jam. Setidaknya ada 3 pilihan rute yang bisa anda pilih, berikut ini adalah rinciannya.

  1. Yogyakarta – Maguo – Prambanan – Di jalan Jogja Solo silahkan ambil arah kanan ( selatan ) – Menuju ke Desa Gantiwarno Klaten – Kemudian SDN 2 Jogoprayan Gantiwarno Klaten – Tiba di Desa Sampang Gunungkidul – Balai Desa Sampang – Ikuti saja jalan tersebut kira-kira berjarak 2 KM – Lokasi air terjun Luweng Sampang berada di kiri jalan.
  2. Yogyakarta – Ringroad ketandan – Jalan Wonosari – Piyungan – Bukit bintang – Patuk – Perempatan GCD FM silahkan menuju arah kiri – Ngoro-oro Ombo – Perempatan Puskesmas Patuk II – Pilih jalan lurus – Pertigaan Padukuhan Semilir ( ambil arah kiri – Pertigaan Negeri Belang Terbah ( ambil jalan lurus ) – Balai Desa Terbah – Ada pertigaan lagi ambil saja jalan lurus sampai 3 KM – Lokasi Luweng Sampang ada di sebelah kanan jalan.
  3. Sebenarnya inilah rute yang paling mudah untuk anda ikuti, silahkan lewat Klaten. Mulailah perjalanan dari Stasiun Srowot – Menuju ke arah Pasar Wedi – Jalan terus menuju Kecamatan Gantiwarno, tepatnya Desa Jogoprayan.

Jika masih bingung, anda bisa menggunakan bantuan GPS dengan titik kordinat  S7°48’35.65″  E110°34’20.02″. Anda juga bisa bertanya kepada warga sekitar yang ramah, mereka pasti dengan senang hati akan memberi tahu anda.

Baca juga  5 Tempat Wisata Buat Ngadem Paling Asik Di Sulawesi Tengah

Reviw Liburan Seru di Air Terjun Luweng Sampang Jogja:

Air terjun luweng sampang yang sangat indah Air Terjun Luweng Sampang, Surga Tersembunyi di Gunung Kidul yang Masih Asri dan Mirip Dengan Grand Canyon Amerika
image by: instagram/bumiindonesia_raya

Nama Kabupaten Gunungkidul pastinya sudah tidak asing lagi bagi wisatawan, karena  menjadi salah satu tempat terbaik untuk liburan di Jogja. Gunungkidul populer dikalangan wisatawan lokal dan mancanegara berkat deretan wisata pantai yang eksotis dan memiliki ciri khas sendiri-sendiri.

Hal inilah, yang menjadikan Gunungkidul kian ramai dikunjungi wisatawan dari waktu ke waktu. Jumlah pengunjung akan membludak ketika hari libur tiba.

Mungkin anda sudah akrab dengan Pantai Nglambor yang terkenal menawarkan keindahan alam bawah laut super eksotis yang seru untuk snorkeling, Pantai Pok Tunggal yang memiliki keindahan luar biasa, atau mungkin Pantai Krakal yang sudah populer dikalangan wisatawan.

Selain 3 pantai di atas, masih ada banyak lagi jajaran pantai di Gunung Kidul yang menarik untuk menghabiskan liburan.

Namun, tahukah anda jika Gunungkidul ternyata tidak hanya memiliki pantai-pantai indah nan eksotis saja?. Disini anda bisa mengunjungi surga tersembunyi yang belum banyak dijamah oleh wisatawan. Surga tersebut adalah Air Terjun Luweng Sampang yang lokasinya berbatasan langsung dengan Kabupaten Klaten, Jawa tengah.

Asal nama Leuwi Sampang:

Sebenarnya tidak ada mitos atau cerita legenda khusus yang menjadi sebab pemberian nama air terjun ini. Kata “Sampang” sendiri diambil dari lokasinya yang berada di Desa Sampang, sedangkan kata “ Luweng “ dalam bahasa Jawa memiliki arti Lubang.

Meskipun tidak ada mitos mengenai pemberian nama air terjun Luweng Sampang, namun ada cerita yang tidak kalah menarik. Menurut penduduk setempat, dulunya lokasi ini ini merupakan tempat semedi atau pertapaan sunan kalijaga.

Air Terjun Luweng Sampang Gantiwarno, Gran Canyon yang ada di Gunung Kidul:

Pemandangan air terjun luweng sampang 2 Air Terjun Luweng Sampang, Surga Tersembunyi di Gunung Kidul yang Masih Asri dan Mirip Dengan Grand Canyon Amerika
image by: instagram/jogja_destination

Tidak jauh berbeda dengan pantai-pantai di Gunungkidul yang memiliki bebatuan cadas, ternyata air terjun Luweng Sampang juga demikian. Air terjun cantik ini juga dihiasi oleh batu-batuan cadas di sekelilingnya. Bebatuan tersebut berwarna putih, yang terlihat kontras dengan warna biru pada perairannya.

Air terjun Luweng Sampang terletak di antara jepitan batu karst atau batu kapur. Bebatuan yang mengelilingi air terjun ini begitu unik. Anda akan melihat garis-garis di bebatuannya yang terlihat layaknya guritan.

Guritan tersebut terbentuk karena kikisan air yang terjadi terus menerus dalam waktu yang lama. Keindahan yang tergambar layaknya Grand Canyon di Amerika, dan tidak kalah menarik dengan Leuwi Jurig yang menjadi Grand Canyon di Garut.

Baca juga  5 Destinasi Wisata di Bali Bagian Timur yang Wajib Anda Kunjungi

Untuk memastikan seberapa eksotis panorama yang ditawarkan oleh Grand Canyon di Gunung Kidul ini, silahkan lihat gambar berikut:

Air terjun luweng sampang yang indah Air Terjun Luweng Sampang, Surga Tersembunyi di Gunung Kidul yang Masih Asri dan Mirip Dengan Grand Canyon Amerika
Image by: instagram/yogyakartawisata

Bagaimana, sangat unik dan cantik bukan?. Oleh karena itu tak heran jika objek wisata ini semakin ramai dikunjungi wisatawan, khususnya kaula muda. Banyak muda-mudi yang datang berkunjung saat akhir pekan dan hari libur.

Air Terjun Luweng Sampang, Si Perawan Cantik Dari Gunungkidul:

Warna biru air terjun luweng sampang Air Terjun Luweng Sampang, Surga Tersembunyi di Gunung Kidul yang Masih Asri dan Mirip Dengan Grand Canyon Amerika
Image by: instagram/gerllend

Air terjun luweng sampang adalah objek wisata yang belum begitu banyak diketahui oleh wisatawan. Kealamian dan keasriannya masih terjaga dengan baik, karena belum ada campur tangan manusia yang merusak air terjun cantik nan mempesona ini.

Sehingga tidak salah, apabila kita menyebut objek wisata ini masih perawan. Kealamian dan keasriannya masih terjaga dengan baik, sehingga pemandangan yang anda lihat masih asli lukisan alam.

Karena masih belum dikelola dengan baik, tak heran jika harga tiket masuk air terjun luweng sampang masih gratis alias tidak membayar sepeserpun. Jadi anda bisa datang berkunjung kapan saja, namun anda harus menyiapkan banyak energi jika ingin tiba di lokasi.

Setelah melakukan perjalanan yang cukup menguras tenaga, akhirnya rasa lelah dan usaha anda akan terbayar lunas begitu tiba di lokasi. Suara gemercik air dan udara sejuk khas pegunungan akan menyambut kedatangan anda.

Kondisi alamnya yang masih asri, air terjun eksotis, dan bebatuan disekitarnya yang menawarkan ukiran alam unik. Rasanya sayang sekali jika dilewatkan begitu saja. Terlebih lagi jika anda adalah seorang pecinta wisata alam dan hobi berpetualang.

Di lokasi Air Terjun Luweng Sampang Gantiwarno, hal pertama yang bisa anda lakukan adalah bersantai menikmati suasana yang tenang sembari menyaksikan keindahan alam sekitar. Suasananya yang tenang, cocok sekali dijadikan tempat untuk refreshing.

Spot Foto Kece yang Ditawarkan Oleh Air Terjun Luweng Sampang

Sebenarnya air terjun Luweng Sampang Gunungkidul bukanlah air terjun yang memiliki ukuran besar. Ketingigiannya hanya sebatas 5 meter saja, sehingga tidak begitu megah. Anda tidak perlu kecewa, karena keindahan yang sesungguhnya terletak pada bebatuan besar disekelilingnya.

Anda akan melihat bebatuan besar yang memiliki motif unik dan cantik dengan nilai seni tinggi. Bebatuan yang unik ini adalah daya tarik utamanya, dan berhasil menjadi magnet kuat bagi wisatawan.

Baca juga  6 Tempat Wisata Terfavorit di Kota Batu dan Sekitarnya

Bebatuan tersebut seringkali dijadikan background foto oleh muda-mudi yang datang berkunjung. Air terjun ini adalah tempat terbaik untuk hunting foto yang anti mainstream. Bagi anda yang hobi banget foto selfie, kemudian mengunggahnya di sosial media. Maka spot kece yang satu ini jangan sampai terlewat.

Berkat keindahan yang ditawarkannya, lokasi air terjun Luweng Sampang juga cocok sekali dijadikan spot untuk foto preweeding. Pastinya, foto preweeding akan jauh lebih menarik dan berkesan. Karena berlatarbelakang  batu-batu bermotif unik.

Suasana alam dan air terjunnya yang cantik, seringkali menjadi sasaran photograper untuk menghasilkan karya yang luar biasa.

Mencoba Kesegaran Air di Air Terjun Luweng Sampang:

Selain air terjun utama, ternyata dilokasi ini masih terdapat air terjun kecil dan juga kolam alami yang cocok untuk berenang. Anda tidak perlu khawatir akan tenggelam saat berenang, karena kolam ini tidak terlalu dalam dan dipastikan aman.

Air yang ada di kolam ini sangatlah dingin, dan dipastikan akan menyegarkan sekujur tubuh anda. Rasanya sayang sekali jika sudah tiba di lokasi, sampai tidak menyempatkan diri untuk mencoba kesegaran airnya.

Maka dari itu, jangan sampai anda lupa membawa pakaian ganti. Selain itu, kamera underwater adalah aksesoris lain yang hukumnya juga wajib untuk dibawa. Kamera ini bisa anda gunakan untuk momen seru saat mengeksplorasi keindahan bawah airnya.

Bagi anda yang hobi memacu adrenalin, silahkan coba aktifitas seru dan menegangkan yaitu loncat dari atas tebing batu untuk terjun ke kolam. Hati-hati, tetap jagalah keselamatan anda.

Menariknya lagi, warna air yang ada di air terjun ini juga bisa berubah-ubah sesuai dengan musim. Ketika musim kemarau, warna air terjunnya bening dan airnya akan berubah menjadi coklat ketika musim penghujan.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Air Terjun Luweng Sampang adalah ketika musim hujan, karena debit air terjunnya sangat deras dan menambah kecantikannya. Namun, jika anda berkunjung saat  musim hujan harus ekstra hati-hati karena bebatuan akan terasa licin.

Mampir juga ke Air Terjun Kedung Pengilon Jogja.