7 Tips Spesial saat Wisata ke Raja Ampat

Diposting pada

7 Tips Spesial saat Wisata ke Raja Ampat

7 tips spesial saat wisata ke raja ampat 7 Tips Spesial saat Wisata ke Raja Ampat
Jika anda berencana ingin berlibur ke Raja Ampat Papua, sebaiknya baca ulasan atau tips yang kami share d bawah ini. Karena, di pulau Raja Ampat ini kondisinya tidak seperti kebanyakann tempat wisata lainnya, atau seperti kebanyakan tempat wisata di daerah Bali atau Lombok.
Karena kondisinya yang berbeda itulah, buat anda yang baru pertama kali mengunjungi tempat wisata ini, sebaiknya baca beberapa hal di bawah ini, agar liburan anda bisa benar-benar menyenangkan, bukan malah sebaliknya.
Perhatikan Beberapa Hal di Bawah Ini, Saat Akan Mengunjungi Raja Ampat
7 tips spesial saat wisata ke raja ampat 7 Tips Spesial saat Wisata ke Raja Ampat

1. Jangan Pernah Mengandalkan ATM, apalagi Kartu Kredit Anda

Jika biasanya kita selalu mengandalkan ATM atau kartu kredit dalam pembayaran sehari-hari kita, di Raja Ampat jangan andalkan benda tersebut. ATM menjadi barang langka di kepulauan Raja Ampat.
Siapkan uang tunai saja, karena untuk membayar makan, sewa boat, dan oleh-oleh kita harus membayarnya secara tunai. Saat anda berlibur ke Raja Ampat, sebaiknya bawa uang kash, atau bisa juga mengambilnya saat masih kota Sorong.

2. Power Bank Adalah Penyelamat Anda

Power bank akan menjadi barang yang penting bagi Anda. Apakah Anda tahu bahwa di kepulauan Raja Ampat listrik tidak selalu menyala 24 jam. Resort dan penginapan pun tidak dapat menjaminnya. Sudah menjadi hal yang biasa jika listrik padam selama 8 jam sampai 12 jam. 
Penginapan pun tidak berani mengandalkan genset berbahan bakar bensin. Karena bukan hanya bensin yang sulit di dapatkan tapi juga harganya yang naik tiga kali lipat. Oleh karena itu saat listrik menyala pastikan Anda mencharge semua barang elektronik Anda terutama kamera. Tidak mau kan gagal foto di spot yang bagus gara gara HP atau kamera mati.

3. Jangan Lupa Beli Dulu Pin Raja Ampat di Sorong

Jika Anda akan ke Kepulauan Raja Ampat pesawat akan mendarat di Sorong terlebih dahulu sebelum dilanjutkan perjalanan dengan kapal cepat menuju Raja Ampat. Nah saat di Sorong jangan lupa membeli pin Raja Ampat yang berlaku hingga satu tahun.
Pin ini hanya bisa dibeli di seberang Bandara tepatnya di Hotel Le Meridien. Harganya hanya 250.000 rupiah saja bagi turis domestik dan dua kali lipatnya untuk turis asing.
Pin ini penting untuk dimiliki karena jika sewaktu-waktu bertemu dengan polisi wisata di sekitar Raja Ampat dan tidak bisa menunjukkannya bisa jadi Anda tidak dapat melanjutkan berwisata di Raja Ampat.

4. No Smoking!

Saat menaiki boat jangan sekali-kali menyalakan rokok karena akan membahayakan diri Anda. Bisa jadi orang di sekitar Anda juga jadi korban jika Anda melanggar peraturan ini.
Karena perlu Anda tahu bahwa tepat di bawah tempat duduk Anda adalah tempat penyimpanan cadangan bensin. Tanda larangan di larang merokok juga sudah jelas terpampang. Jadi, jangan berani-berani melanggar aturan ini ya. Nyawa Anda yang akan jadi taruhannya.

5. Sedia Obat-obatan

Saat liburan pastinya tidak terpikiran dan tidak mau jika sakit menyerang. Namun jika sakit sudah datang kita tidak dapat menolaknya. Sehingga obat-obatan menjadi hal yang patut dipersiapkan saat akan berlibur ke Raja Ampat.
Kenapa? Karena di sana tidak ada apotik yang menyediakan obat-obatan tersebut. Sehingga jangan lupa saat di Sorong persiapkanlah dengan baik obat- obatan pribadi Anda agar dapat berwisata dengan nyaman.

6. Sinyal Handphone

Jangan kaget saat Anda melakukan perjalanan dari Sorong ke Kepulauan Raja Ampat sinyal handphone Anda akan tiba-tiba melemah bahkan menghilang. Karena memang di daerah wisata Raja Ampat sinyal sulit ditemukan.
Sehingga saat di Sorong sebaiknya Anda sudah menyelesaikan semua urusan yang berhubungan dengan sinyal handphone atau yang terhubung dengan internet.

7. Sampah Di Bawa Sendiri

Saat Anda berwisata ke Kepulauan ini sebaiknya dan seharusnya Anda membawa kantong sampah sendiri untuk menampung sampah selama berwisata di Raja Ampat yang kemudian di buang di tempat Anda menginap.
Hal ini mengingat, Kepulauan Raja Ampat merupakan tempat wisata yang juga sekaligus masuk kategori wisata cagar alam yang di lindungi. Sebaiknya tidak hanya di Raja Ampat Anda mebawa kantong sampah sendiri.
Namun dimana pun Anda pergi ke tempat wisata sudah seharusnya menjaga lingkungan agar tetap bersih dan lestari.
Nah itu dia beberapa hal penting yang harus anda perhatikan saat akan mengunjungi pulau raja ampat. Selamat berlibur dan semoga informasi ini bermanfaat.

Baca juga  Mengapa Mendaki Gunung Itu Bisa Bikin Ketagihan? Ini Alasannya
The following two tabs change content below.
%name 7 Tips Spesial saat Wisata ke Raja Ampat
Saya bekerja di sebuah perusahaan marine servoce di Batam Indonesia. Kegiatan sehari-hari selain rutinitas di perusahaan juga di bidang internet marketing, blogging, writing dan traveling. Web adalah tempat saya berbagi.
Baca juga  24 Tempat Wisata Di Nusa Tenggara Barat Paling Eksotis Dan Wajib Dikunjungi