3 Rute Favorit Buat yang Ingin Mendaki Gunung Lawu

Diposting pada

3 Rute Favorit  Buat yang Ingin Mendaki Gunung Lawu

3%2BRute%2BFavorit%2B%2BBuat%2Byang%2BIngin%2BMendaki%2BGunung%2BLawu 3 Rute Favorit  Buat yang Ingin Mendaki Gunung Lawu
Gunung Lawu terletak antara Jawa Timur dan Jawa Tengah, tepatnya di perbatasan kedua provinsi tersebut. Gunung Lawu juga termasuk ke dalam Tujuh gunung tertinggi di Pulau Jawa.
Gunung yang memiliki ketinggian 3.265 Mdpl ini merupakan gunung yang menarik dan sering kali menjadi tujuan favorit para pendaki.
Dengan pemandangannya yang indah di tambah dengan banyaknya warung-warung berjualan di sepanjang perjalanan di sekitar pos pendakian, memberikan kenyamanan dan juga sekaligus bisa di jadikan wisata kuliner yang asyik sambil menikamati segarnya alam sekitar.
Nah buat anda yang berniat melakukan pendakian di gunung ini, berikut kami share,  rute yang bisa anda lalui untuk dapat mendaki Gunung tertinggi ke-3 di Jawa Tengah ini.

1. Rute Cemoro Sewu

Jalur ini menjadi jalur paling favorit para pendaki karena jalan yang dilewati sangat rapi dan jelas untuk siapa saja yang ingin memulai pendakian hingga menggapai puncak.
Jalur ini juga kami sarankan untuk anda yang masih pemula dalam melakukan pendakian karena banyak sekali sendang yang dapat anda manfaatkan untuk mengisi perbekalan air.
Untuk sampai ke Basecamp Cemoro Sewu, anda hanya menempuh jarak 300 meter dari rute pendakian di Cemoro Kandang dan untuk sampai ke Puncak Hargo Dumilah memerlukan waktu 6 jam perjalanan kaki dengan rute yang menanjak.
Rute ini mempunyai 5 pos yang mana Pos1, 2 dan 5 berdiri warung-warung yang bisa anda manfaatkan untuk beristirahat sebelum melakukan perjalanan lagi.
Jika anda ingin bermalam, kami sarankan juga anda bermalam di Pos 5 karena pos ini merupakan pos terdekat melakukan pendakian ke puncak.
Atau jika anda ingin lebih dekat lagi, anda bisa mendirikan camp di Sendang Derajat karena jaraknya cukup dekat sekali dengan puncak.
3%2BRute%2BFavorit%2B%2BBuat%2Byang%2BIngin%2BMendaki%2BGunung%2BLawu%2BRute%2BCemoro%2BSewu 3 Rute Favorit  Buat yang Ingin Mendaki Gunung Lawu
Rute Cemoro Sewu
Untuk dapat singgah ke Basecamp Cemoro Sewu, anda bisa melakukan perjalanan mulai dari Semarang ke arah Solo lalu menuju Tawangmangu dan Karanganyar kemudian ke Magetan.
Jika anda menggunakan kendaraan umum anda dapat melakukan perjalanan dengan Bus menuju Terminal Solo lalu ke Karanganyar dan titik terakhir perjalanan adalah di Tawangmangu.
Setelah sampai di Tawangmangu, anda harus menyewa pick up untuk sampai ke Basecamp karena selain pick up anda akan kesulitan untuk menemukan kendaraan umum lainnya.

2. Rute Cemoro Kandang

Jika anda menginginkan jalur pendakian yang tidak banyak menanjak dan terdapat banyak warung atau penjaja makanan di sepanjang perjalanan ke Puncak Gunung Lawu, maka rute Cemoro Kandang sangat cocok untuk anda.
Namun, perlu anda ketahui mendaki melalui jalur ini akan memakan waktu yang sangat lama dikarenakan anda harus berjalan mengitari bukit untuk sampai ke puncak Lawu.
3%2BRute%2BFavorit%2B%2BBuat%2Byang%2BIngin%2BMendaki%2BGunung%2BLawu%2BRute%2BCemoro%2BKandang 3 Rute Favorit  Buat yang Ingin Mendaki Gunung Lawu
Rute Cemoro Kandang
Untuk dapat singgah di Basecamp Cemoro Kandang, dari titik awal kota Semarang anda bisa menuju Solo lalu ke Tawangmangu dan turun di Karanganyar.
Jika sudah sampai ke Tawangmangu, maka anda bisa menemukan Basecamp Cemoro Kandang 300 meter sebelum Basecamp Cemoro Sewu.

3. Rute Candi Cheto

Rute pendakian terakhir untuk dapat ke Gunung Lawu anda bisa melalui jalur dari Candi Cheto. Jika dua rute di atas adalah rute favorit, maka rute Candi Cheto merupakan rute paling populer karena terdapat panorama alam yang sangat indah dan menawan hati. Anda akan menemukan padang sabana yang luas di sepanjang perjalanan menuju Gunung Lawu.
3%2BRute%2BFavorit%2B%2BBuat%2Byang%2BIngin%2BMendaki%2BGunung%2BLawu%2BRute%2BCandi%2BCheto 3 Rute Favorit  Buat yang Ingin Mendaki Gunung Lawu
Rute Candi Cheto
Rute yang harus anda tempuh untuk memulai pendakian adalah singgah di objek wisata Candi Cheto di Kabupaten Karanganyar, yang mana untuk menuju kesini sangat mudah karena banyak papan yang menunjukkan arah.
Setelah sampai di wisata Candi Cheto anda harus rela membayar retribusi untuk masuk dan berjalan menuju Candi Kethek untuk memulai pendakian.
Itulah beberapa info mengenai rute yang dapat anda jadikan patokan apabila ingin mendaki ke Gunung Lawu. Persiapkan mental dan kesehatan anda agar tidak terjadi kelelahan yang dapat menyebabkan anda sakit waktu melakukan perjalanan.

Baca juga  Leuwi Jurig, Surga Tersembunyi di Kota Garut yang Mirip Dengan Grand Canyon Amerika
The following two tabs change content below.
%name 3 Rute Favorit  Buat yang Ingin Mendaki Gunung Lawu
Saya bekerja di sebuah perusahaan marine servoce di Batam Indonesia. Kegiatan sehari-hari selain rutinitas di perusahaan juga di bidang internet marketing, blogging, writing dan traveling. Web adalah tempat saya berbagi.
Baca juga  7 Jalan Berliku Paling Menakjubkan Di Dunia