24 Tempat Wisata Di Nusa Tenggara Barat Paling Eksotis Dan Wajib Dikunjungi

Diposting pada
Tempat wisata di Nusa Tenggara Barat paling eksotis dan wajib dikunjungi hampir semuanya terletak di Pulau Lombok. Ya, Lombok saat ini memang mulai digandrungi oleh wisatawan lokal dan mancanegara.  Keasrian dan kecantikan pulau ini perlahan-lahan mulai terdengar di seluruh penjuru dunia. Setiap tempat yang ada di sini bahkan mempunyai keindahan dan keunikannya masing-masing.  Anda akan melihat bagaimana keindahan alam yang begitu mempesona dan menakjubkan saat berkunjung ke Pulau Lombok.
Tidak perlu sulit-sulit untuk menyebutkan contohnya,  kita bisa melihat Gili Trawangan, Gunung Rinjani dan Pantai Senggiggi yang cukup populer akan keindahan panoramanya. Panorama yang ditawarkan sudah cukup memikat hati wisatawan untuk berkunjung dilain waktu.
Meskipun demikian,  ternyata masih ada juga tempat wisata menarik di NTB selain pulau Lombok.  Sudah penasaran? Langsung disimak ulasan mengenai Tempat wisata di Nusa Tenggara Barat paling eksotis dan wajib dikunjungi berikut ini.

Tempat Wisata Di Nusa Tenggara Barat Paling Eksotis

1. Pantai Senggigi

Tempat 2BWisata 2BDi 2BNusa 2BTenggara 2BBarat 2BPaling 2BEksotis 2BPantai 2BSenggigi 200x135 24 Tempat Wisata Di Nusa Tenggara Barat Paling Eksotis Dan Wajib Dikunjungi
Pantai Senggigi (foto dari Dwohoo Lombok)
Pantai Senggigi adalah tempat wisata di Lombok paling terkenal dan sudah banyak dikunjungi oleh wisatawan. Pantai ini menawarkan sebuah keindahan alam pantai yang sangat mengagumkan. Tidak hanya wisatawan lokal saja,  akan tetapi wisatawan mancanegara pun juga sudah banyak yang berkunjung ke Pantai Senggigi.
Pantai Senggigi yang dulunya sangat sepi dari jamahan manusia,  sekarang sudah menjelma menjadi tempat paling menarik di Nusa Tengara Barat berkat keindahan garis pantainya yang cukup panjang. Melihat garis pantainya dari ketinggian sudah cukup untuk memanjakan mata kita.
Memiliki garis pantai panjang dan tegas, maka tak heran apabila Pantai Senggigi Lombok juga menawarkan sebuah gradasi warna pasir dari hitam ke putih. Selain garis pantainya yang elok,  ternyata air laut Pantai Senggigi juga begitu menawan. Airnya terlihat sangat bersih, jernih dan tidak berombak besar. Dengan semua keindahan yang ada, wajar saja apabila Pantai Sengigi di Lombok banyak disukai oleh wisatawan.

2. Pura Batu Bolong

Tempat 2BWisata 2BDi 2BNusa 2BTenggara 2BBarat 2BPaling 2BEksotis 2BPura 2BBatu 2BBolong 200x135 24 Tempat Wisata Di Nusa Tenggara Barat Paling Eksotis Dan Wajib Dikunjungi
Pura Batu Bolong (foto dari web)
Tidak jauh dari lokasi Pantai Senggigi, ternyata ada sebuah tempat wisata di Nusa Tenggara Barat yang sangat menarik untuk dikunjungi. Tempat tersebut bernama Pura Batu Bolong yang terletak di Pulau Lombok. Pura ini mempunyai keindahan yang begitu khas sehingga cukup populer dikalangan wisatawan.
Disebut “Batu Bolong” karena pura ini terletak di atas sebuah batu karang besar. Dan di bawah batu karang tersebut mempunyai lubang. Sederhananya, Pura Batu Bolong sama dengan Pura Tanah Lot yang ada di Bali. Puncak keindahan yang ada di kawasan ini berada di saat matahari tenggelam di sore hari.

3. Tanjung Beloam

Tempat 2BWisata 2BDi 2BNusa 2BTenggara 2BBarat 2BPaling 2BEksotis 2BTanjung 2BBeloam 200x135 24 Tempat Wisata Di Nusa Tenggara Barat Paling Eksotis Dan Wajib Dikunjungi
Tanjung Beloam (foto dari Wawan Putra)
Tanjung Beloam adalah tempat wisata Lombok yang cukup indah namun belum banyak dikenal oleh wisatawan. Faktor utama yang menjadikan tempat wisata ini terkesan tersembunyi adalah akses jalan yang kurang mendukung.  Untuk menuju kelokasi saja jalannya masih belum beraspal. Bahkan,  sepanjang perjalanan ke Tanjung Beloam anda akan melihat pemandangan gersang dan tandus.
Secara administratif Tanjung Beloam terletak di Kabupaten Lombok Barat. Dari kota Mataram,  anda harus menempuh perjalanan selama 2.5 jam untuk bisa sampai ke Tanjung Beloam.  Meskipun perjalanannya tidak menyenangkan,  akan tetapi setelah tiba dilokasi semuanya akan terbayar lunas.
Keindahan pantai yang masih asri dan alami terasa begitu kental,  apalagi suasana nyaman yang ditawarkannya sangat cocok untuk bersantai.  Memandang pantai sembari menikmati semilir angin laut memang terasa menyenangkan.

4. Desert Point

Tempat 2BWisata 2BDi 2BNusa 2BTenggara 2BBarat 2BPaling 2BEksotis 2BDesert 2BPoint 200x135 24 Tempat Wisata Di Nusa Tenggara Barat Paling Eksotis Dan Wajib Dikunjungi
Desert Point (foto dari adamsukma)
Apakah anda suka surfing? Jika iya, maka Desert Point adalah tempat wisata di NTB yang harus anda kunjungi. Disini anda bisa menikmati serunya berselancar dan memacu adrenalin bersama gulungan ombak yang ganas. Gulungan ombak yang ditawarkan Desert Point, bahkan mampu masuk dalam jajaran 10 tempat surfing dengan ombak terganas menurut International surfing Association. Selain terkenal dengan keganasan ombaknya,  ternyata Desert Point juga menyimpan keindahan yang cukup mempesona.
Nah,  jika kamu mulai tertantang dan ingin melakukan surfing di Desert Point ikutilah rute perjalanan berikut ini. Anda bisa memulai perjalanan dengan naik kapal Fery dari Bali ke pelabuhan Lembar di Lombo. Penduduk lokal biasa menyebut Desert Point ini dengan Bangko-Bangko. Letaknya sendiri berada di Barat Daya Pesisir Lombok.

5. Air Terjun Mata Jitu

Tempat 2BWisata 2BDi 2BNusa 2BTenggara 2BBarat 2BPaling 2BEksotis 2BAir 2BTerjun 2BMata 2BJitu 200x135 24 Tempat Wisata Di Nusa Tenggara Barat Paling Eksotis Dan Wajib Dikunjungi
Air Terjun Mata Jitu (foto dari Harri Daryanto)
Air Terjun Mata Jitu merupakan air terjun indah nan eksotis yang terletak di Pulau Moyo. Air terjun ini juga biasa disebut dengan Air Terjun Lady Diana,  yang secara administratif berada di Kabupaten Sumbawa, Kecamatan Labuhan Badas, Desa Labuhan Aji,  Dusun Oiramu.
Nama Lady Diana diberikan karena air terjun ini sudah pernah disinggahi oleh Lady Diana. Selain berkunjung,  ia pun juga menyempatkan diri untuk mandi dibawah guyuran aliran air yang jernih dan menyegarkan. Aliran air tersebut begitu tenang dan mempunyai warna khas hijau ke biruan.
Sebenarnya air terjun ini memiliki 7 buah kolam alami, namun sayangnya tak boleh dipakai mandi ataupun berenang. Kendati demikian,  anda pun tidak perlu kecewa sebab pihak pengelola telah menyiapkan spot khusus untuk wisatawan yang mau berenang dan mandi di sini.
Dari Desa Labuan Aji,  lokasi Air Terjun Mata Jitu bisa ditempuh selama 20 menit menggunakan ojek ataupun motor. Sepanjang perjalanan anda dijamin tidak akan bosan karena pemandangan yang disediakan begitu indah dan menawan. Pemandangan tersebut berupa kebuan jambu mete milik warga setempat dan hutan.

6. Gunung Rinjani

Tempat 2BWisata 2BDi 2BNusa 2BTenggara 2BBarat 2BPaling 2BEksotis 2BGunung 2BRinjani 200x135 24 Tempat Wisata Di Nusa Tenggara Barat Paling Eksotis Dan Wajib Dikunjungi
Gunung Rinjani (foto dari Christophe Jean)
Gunung Rinjani merupakan salah satu icon tempat wisata di Nusa Tenggara Barat yang cukup ramai di kunjungi wisatawan. Gunung Rinjani juga sudah ditetapkan sebagai taman nasional secara resmi oleh pemerintah Indonesia. Anda bisa menemukan berbagai keindahan alam yang tersimpan di Gunung Rinjani ini.
Luas areal taman nasional tersebut mencapai 40 ribu hektar. Gunung Rinjani berada di ketinggian 3,726 meter diatas permukaan laut dan dinobatkan sebagai gunung berapi paling tinggi kedua di Indonesia sesudah Gunung Kerinci. Gunung agung dan megah ini berada di Pulau Lombok sebelah Utara.
Di sini anda akan melihat pemandangan sekitar yang cukup menakjubkan.  Semua panorama alam bisa anda nikmati sepuasnya dan sesuka hati.  Tidak hanya bisa menikmati panorama alamnya yang indah,  andapun juga bisa menikmati sebuah danau kawah besar yang bernama Danau Segara Anak. Pemandangannya pun tidak kalah eksotis dan menarik.

7. Pantai Kuta

Tempat 2BWisata 2BDi 2BNusa 2BTenggara 2BBarat 2BPaling 2BEksotis 2BPantai 2BKuta 200x135 24 Tempat Wisata Di Nusa Tenggara Barat Paling Eksotis Dan Wajib Dikunjungi
Pantai Kuta (foto dari Cahyo Wiwoho)
Selain Pulau Bali,  ternyata Nusa Tenggara Barat  juga memiliki sebuah pantai indah yang bernama Kuta. Pantai Kuta ini berlokasi di sebelah selatan Pulau Lombok. Panorama pantainya yang sangat indah,  ternyata masih belum banyak dikunjungi oleh wisatawan.  Sehingga suasana yang ada di sana sangatlah tenang dan damai.
Begitu tiba di lokasi Pantai Kuta, anda akan melihat hamparan pasir putih bersih, air laut berwarna kebiruan dan panorama alam yang cukup memukau. Semua terjasi secara lengkap di Pantai Kuta Lombok.  Cukup membayar Rp.  10.000 saja,  maka anda bisa menikmati potongan surga yang ada di pulau Lombok ini.
Pantai Kuta di Lombok lokasinya sangatlah berdekatan dengan Bandara Internasional Lombok. Anda bisa berangkat dari pusat Kota Mataram kemudian mengambil rute perjalanan melewati Senggigi baru kemudian ke Pantai Kuta. Dari Senggigi,  anda akan menghabiskan waktu selama 1.5 jam.
Apakah anda tertarik untuk mengunjungi tempat wisata di Nusa Tenggara Barat ini?.

8. Tanjung AAN

Tempat 2BWisata 2BDi 2BNusa 2BTenggara 2BBarat 2BPaling 2BEksotis 2BTanjung 2BAAN 200x135 24 Tempat Wisata Di Nusa Tenggara Barat Paling Eksotis Dan Wajib Dikunjungi
Tanjung AAN (foto dari Norma Fauziyah)
Masih dekat dengan lokasi Pantai Kuta, kali ini kita akan menjelajahi keindahan tempat wisata di Nusa Tenggara Barat yang bernama Tanjung AAN. Dari pusat Kota Mataram anda harus menghabiskan perjalanan selama 1,5 jam untuk bisa ke lokasi pantai.
Daya tarik utama dari Tanjung AAN adalah hamparan pasir putih dengan air lautnya yang berwarna jernih kebiru-biruan. Keindahannya semakin mempesona berkat panorama alam sekitar yang begitu menakjubkan.  Memang sebuah pantai indah, asri dan wajib untuk di kunjungi.
Tempat wisata ini sudah dibekali dengan akses jalan yang mulus,  sehingga siapapun bisa menjangkaunya dengan mudah.

9. Tanjung Ringgit

Tempat 2BWisata 2BDi 2BNusa 2BTenggara 2BBarat 2BPaling 2BEksotis 2B 2BTanjung 2BRinggit 200x135 24 Tempat Wisata Di Nusa Tenggara Barat Paling Eksotis Dan Wajib Dikunjungi
Tanjung Ringgit (foto dari Collin Kempkes)
Bagi anda yang bertempat tinggal di provinsi Nusa Tenggara Barat,  maka anda harus banyak-banyak bersyukur.  Pasalnya di provinsi ini ita bisa menemukan aneka tempat wisata indah dan menakjubkan. Salah satunya adalah Tanjung Ringgit yang berada di sebelah tenggara Pulau Lombok.
Tanjung Ringgit berada di Kabupaten Lombok Timur, Kecamatan Jerowaru. Anda bisa menyewa kendaraan ataupun naik kendaraan pribadi untuk sampai di lokasi.  Sebab disana masih belum tersedia angkutan umum.  Rute yang harus anda ikuti adalah Mataram > Praya > Jerowaru.
Di lokasi wisata ini,  anda akan melihat bagaimana indahnya ciptaan Tuhan.  Semua panorama alam yang terlukis di Tanjung Ringit begitu memanjakan mata dan menenangkan pikiran.  Sejauh mata memandang anda akan melihat air laut yang dikelilingi oleh bukit-bukit hijau. Suasananya pun begitu teduh nan sejuk.

10. Pantai Pink

Tempat 2BWisata 2BDi 2BNusa 2BTenggara 2BBarat 2BPaling 2BEksotis 2BPantai 2BPink 200x135 24 Tempat Wisata Di Nusa Tenggara Barat Paling Eksotis Dan Wajib Dikunjungi
Pantai Pink (foto dari Anita Maria)
Pantai Pink merupakan destinasi wisata unik yang ada di Pulau Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Lokasi dari pantai ini lebih tepatnya berada di Kabupaten Lombok Timur, Kecamatan Jerowaru, Desa Sekaroh. Nama asli dari pantai pink adalah Pantai Tangsi.
Begitu mengunjungi Pantai Pink, anda akan melihat birunya air laut jernih yang berpadu sempurna dengan pasir pantai berwarna merah muda. Jangan lupa menyempatkan diri untuk berfoto-foto karena pemandangannya begitu menawan dan eksotis.
Semilir angin pantai dikala siang hari, akan menemani acara santai anda di Pantai Pink ini. Masih belum jelas apa yang menyebabkan warna paasir disini menjadi merah jambu. Ada yang mengungkapkan karena binatang mikroskopik namun ada juga yang mengungkapkan berasal dari serpihan karang.
Entah mana yang benar, namun keindahan Pantai Pink benar-benar mengoda hati setiap wisatawan yang datang. Maka dari itu, jangan sampai lupa untuk singgah ke tempat wisata di Nusa Tenggara Barat yang satu ini.

11. Pantai Ai Manis

Tempat 2BWisata 2BDi 2BNusa 2BTenggara 2BBarat 2BPaling 2BEksotis 2BPantai 2BAi 2BManis 200x135 24 Tempat Wisata Di Nusa Tenggara Barat Paling Eksotis Dan Wajib Dikunjungi
Pantai Ai Manis (foto dari Blog Unik)
Pantai Ai Manis merupakan sebuah pantai indah yang berada di sebelah seatan Pulau Moyo. Untuk bisa sampai ke lokasi, terdapat beberapa akses pemberangkatan. Diantaranya adalah Tanjung pasir, Pantai Kencana, Labuhan Sumbawa , ataupun Ai Bari Moyo Utara.
Apabila anda memilih berangkat dari Labuhan Sumbawa atau pantai Kencana maka membutuhkan waktu sektar 60 menit. Sedangkan pemberangkatan dari Tanjung Pasir akan memakan waktu sekitar 20 menit saja dengan memakai kapal motor. Namun apabila anda ingin berhemat, anda dapat melakukan pemberangkatan dari Ai Bari Moyo Utara yang berjarak 2 KM di sebelah utaranya Sumbawa Besar.
Untuk menuju ke Sumbawa Besar, maka anda bisa ke Ai Bari menggunakan berbagai macam pilihan alternatif transportasi. Entah itu memakai ojek maupun menyewa mobil.
Disini anda akan melihat air laut yang berwarna biru pekat berpadu dengan pasir putih pantai yang melukiskan panorama alam begitu menawan. Belum lagi pemandangan sekitar yang terasa begitu teduh dimata berkat pepohonan hijau yang senantiasa mengelilinginya.

12. Rumah Adat Sade

Tempat 2BWisata 2BDi 2BNusa 2BTenggara 2BBarat 2BPaling 2BEksotis 2B 2BRumah 2BAdat 2BSade 200x135 24 Tempat Wisata Di Nusa Tenggara Barat Paling Eksotis Dan Wajib Dikunjungi
Rumah Adat Sade (foto dari Niken Amalia Habiba)
Tempat wisata di Nusa Tenggara Barat yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Dusun Sade. Lokasinya berada di Kabupaten Lombok Tengah, Kecamatan Pujut, Desa Rambitan. Begitu datang ke lokasi, anda akan melihat kehidupan Suku Sasak yang masih teguh menjaga dan melestarikan tradisi Lombok sampai sekarang ini.
Kehidupan sehari-hari dan sistem sosial masyarakat di Dusun Sade tidak jauh berbeda dengan tradisi Sasak zaman dahulu. Sehingga tak mengherankan apabila Dusun Sade ditetapkan menjadi desa wisata di NTB. Semua penduduknya masih menggunakan rumah adat khas Sasak  yang berbahan dasar bambu dan beratapkan daun alang-alang. Semua masih terawat dan berdiri dengan kokoh.

13. Desa Poto

Tempat 2BWisata 2BDi 2BNusa 2BTenggara 2BBarat 2BPaling 2BEksotis 2BDesa 2BPoto 200x135 24 Tempat Wisata Di Nusa Tenggara Barat Paling Eksotis Dan Wajib Dikunjungi
Desa Poto (foto dari Simon Potter)
SIapa bilang desa wisata di Nusa Tenggara Barat hanya Dusun Sade saja? Buktinya ia masih memiliki desa wisata Poto yang tidak kalah seru untuk dikunjungi. Obyek wisata di Sumbawa ini berlokasi di kecamatan Moyo Hilir atau berjarak 13 KM dengan Kota Sumbawa Besar. Untuk sampai ke lokasi, anda dapat mengendarai kendaraan umum.
Kelestarian budaya daerah masih dijaga dengan baik oleh masyarakat Desa Poto. Disini anda bisa melihat secara langsung proses pembuatan gerabah, tenun Sumbawa, dan bberapa atraksi permainan rakyat seperti karapan kerbau dan pacuan kuda.
Jika ingin menyaksikan keseruan dari karapan kerbau dan pacuan kuda, maka anda harus datang setelah musim panen. Dan ketika pulang dari desa wisata ini, jangan lupa membeli tenunan Sumbawa yang cukup populer dari Desa Poto.

14. Air Terjun Sendang Gile

Tempat 2BWisata 2BDi 2BNusa 2BTenggara 2BBarat 2BPaling 2BEksotis 2BAir 2BTerjun 2BSendang 2BGile 200x135 24 Tempat Wisata Di Nusa Tenggara Barat Paling Eksotis Dan Wajib Dikunjungi
Air Terjun Sendang Gile (foto dari Edison Mansur)
AIr Terjun Sendang Gile adalah tempat wisata yang letaknya masih satu lokasi dengan Gunung Rinjani. Meskipun demikian, lokasi wisata ini sangat jarang dikunjungi oleh wisatawan.  Air Terjun Sendang Gile terletak di Kabupaten Lombok Utara, Kecamatan Bayan,  Desa Senaru,  Nusa Tenggara Barat. Air Terjun Sendang Gile juga menjadi pintu gerbang pendakian Gunung Rinjani.
Aliran air terjun yang cukup deras tersebut bersumber dari mata air kaki Gunung Rinjani. Airnya begitu bersih, jernih, alami dan cukup menyegarkan.  Begitu mengunjungi Air Terjun Sendang Gile,  anda bisa bersantai-santai sembari mandi di kolam alaminya dan menikmati suasana alam yang sangat menenangkan.
Pemandangan di sekitar air terjun terlihat begitu teduh dan damai.  Rimbunan pepohonan hijau memenuhi sekitar lokasi air terjun dengan ketinggian 31 meter ini. Sehingga tak heran apabila udara di sini begitu bersih dan segar. Benar-benar sebuah lukisan alam yang sangat sayang untuk dilewatkan.
Untuk bisa sampai kelokasi wisata Air Terjun Sendang Gile maka anda harus meniti anak tangga yang memakan waktu selama 15 menit. Di sepanjang perjalanan anda pasti sangat senang,  pasalnya anda akan ditemani panorama alam indah dan kicauan burung disekitar Air Terjun Sendang Gile.

15. Gili Sudak

Tempat 2BWisata 2BDi 2BNusa 2BTenggara 2BBarat 2BPaling 2BEksotis 2B 2BGili 2BSudak 200x135 24 Tempat Wisata Di Nusa Tenggara Barat Paling Eksotis Dan Wajib Dikunjungi
Gili Sudak (foto dari Vera Lee)
Gili Sudak adalah tempat wisata yang sangat pas bagi anda para pecinta kesunyian. Terletak di provinsi Nusa Tenggara Barat, Gili Sudak masih jarang dikunjungi oleh wisatawan. Padahal panorama alam di Gili Sudak benar-benar sangatlah memukau. Anda bisa menyaksikan hamparan pasir putih bersih dan lembut yang cukup luas.  Belum lagi biota laut yang ada di Gili Sudak juga sangatlah indah. Air lautnya yang jernih dan kebiru-biruan menambah eksotisme tempat wisata ini.
Pergi berlibur ke Gili Sudak rasanya seperti sedang mengunjungi pulau pribadi saja. Kedamaian dan ketenangan di sini benar-benar membuat otak fresh dan sangat ampuh untuk melupakan semua beban pikiran yang ada.

16. Gili Nanggu

Tempat 2BWisata 2BDi 2BNusa 2BTenggara 2BBarat 2BPaling 2BEksotis 2B 2BGili 2BNanggu 200x135 24 Tempat Wisata Di Nusa Tenggara Barat Paling Eksotis Dan Wajib Dikunjungi
Gili Nanggu (foto dari web)
Gili Nanggu adalah pulau kecil yang terletak di pesisir barat Pulau Lombok dengan kecantikan yang luar biasa. Pulau ini masih belum banyak dijamahi oleh wisatawan,  sehingga suasananya sangatlah sepi dan tenang. Secara administratif, Gili Nanggu terletak di Kecamatan Sekotong Tengah,  Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat.
Gili Nanggu menawarkan sebuah panorama alam pantai yang begitu mengesankan. Pasir pantainya terlihat begitu putih dan bersih, air lautnya pun sangatlah jernih. Saking jernihnya, sampai-sampai kita bisa melihat secara langsung alam bawah lautnya tanpa harus menyelam.
Spot snorkeling yang ada di Gili Nanggu juga tergolong sebagai spot paling mempesona.  Keindahan alam bawah lautnya sangatlah sayang apabila tidak dijelajahi lebih lanjut.  Air laut yang jernih, semakin mempermudah kita dalam menikmati eksotisme Gili Nanggu.
Untuk fasilitas,  Gili Nanggu sudah mempersiapkan berbagai kebutuhan para wisatawan. Bahkan, di tempat wisata ini sudah tersedia resort romantis bagi pasangan yang ingin bulan madumenikmati bulan madu di pulau indah dan sepi seperti Gili Nanggu ini tentunya terasa sangat spesial.

17. Gili Air

Tempat 2BWisata 2BDi 2BNusa 2BTenggara 2BBarat 2BPaling 2BEksotis 2B 2BGili 2BAir 200x135 24 Tempat Wisata Di Nusa Tenggara Barat Paling Eksotis Dan Wajib Dikunjungi
Gili Air (foto dari partyzion)
Gili Air merupakan salah satu diantara 3 gili indah yang sangat populer di Pulau Lombok. Gili Air berlokasi di Desa Gili Indah, Pemenang, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Tempat wisata ini memang berukuran kecil namun keindahannya sungguh luar biasa. Jika dibandingkan dengan dua gili lain,  maka Gili Air adalah yang terdekat dengan Pulau Lombok.
Begitu tiba di lokasi Gili Air,  maka anda dijamin akan terkagum-kagum dengan keindahan yang ditawarkan oleh objek wisata ini. Panorama alam pantai yang eksotis terasa berpadu sempurna dengan kekayaan hayati yang begitu luar biasa. Air laut yang begiitu jernih dan tenang,  menggoda siapa saja untuk segera mandi di sini.
Selain menawarkan keindahan,  Gili Air pun juga menawarkan kedamaian dan ketenangan. Disini masih belum ramai dikunjungi wisatawan sehingga sangat pas dijadikan tempat bersantai. Semilir angin laut yang silih berganti berhembus,  seakan-akan membius anda untuk segera tidur di pantai ini.
Oleh sebab itu,  jika anda berkunjung ke NTB maka jangan lupa untuk mampir ke tempat wisata Gili Air ini.

18. Sembalun

Tempat 2BWisata 2BDi 2BNusa 2BTenggara 2BBarat 2BPaling 2BEksotis 2B 2BSembalun 200x135 24 Tempat Wisata Di Nusa Tenggara Barat Paling Eksotis Dan Wajib Dikunjungi
Sembalun (foto dari anugrah syahryan nuzula)
Sembalun adalah sebuah Kecamatan indah nan eksotis yang berada di Kabupaten Lombok Timur dan terdiri dari 6 Desa. Yaitu Desa Sembalun Lawang, Desa Sembalun Bumbung, Desa Sembalun Timba Gading, Desa Sembalun, Desa Bilok Petung, Desa Sajang.
Kecamatan Sembalun terasa begitu spesial karena terletak di kaki Gunung Rinjani, dan semua desanya dikelilingi oleh bukit-bukit cantik. Benar-benar maha karya sang Pencipta yang patut untuk disyukuri.
Saat pagi hari yang cerah dan sejuk mulai menyapa, maka penduduk Sembalun sudah bergegas untuk menjalankan aktivitas hariannya. Menyapa Gunung Rinjani di pagi hari dan bunga-bunga cantik yang berada di Sembalun terasa begitu mengagumkan.
Menuju puncak bukit yang ada di kawasan ini adalah hal wajib bagi semua wisatawan. Pasalnya, dari atas bukit ini anda bisa menyaksikan keindahan sawah milik warga yang begitu mempesona dan juga awan-awan yang menari riang di atasnya. Di dekat lokasi persawahan, anda akan melihat rumah cikal bakal dari Suku Sasak. Rumah yang terlihat indah dan unik.
Di Sembalun semua tempatnya terasa sangat indah dan cantik, setiap sudut sangatlah pas untuk dijadikan background foto anda. Hasil yang mantap dengan latar belakang keindahan alam eksotis. Jika berminat anda pun bisa melakukan camping di Puncak Bukit Perasingan.
Bagi wisatawan Sembalun adalah tempat wisata yang wajib dikunjungi jika ia singgah ke provinsi Nusa Tenggara Barat.

19. Gili Trawangan

Tempat 2BWisata 2BDi 2BNusa 2BTenggara 2BBarat 2BPaling 2BEksotis 2BGili 2BTrawangan 200x135 24 Tempat Wisata Di Nusa Tenggara Barat Paling Eksotis Dan Wajib Dikunjungi
Gili Trawangan (foto dari felix choi)
Mulai dari wisatawan lokal sampai wisatawan mancanegara semuanya sudah pasti pernah mendengar yang namanya Gili Trawangan. Salah satu icon destinasi pulau Lombok ini semakin berkembang dengan pesatnya. Sebuah pulau kecil dengan sejuta keindahan ini terletak di Desa Gili Indah, Kabupaten Lombok barat.
Ada banyak sekali alasan mengapa wisatawan terus mengunjungi Gili Trawangan. Mulai dari garis pantainya yang menawan, alam bawah lautnya yang eksotis, keramahan penduduk sekitar yang begitu hangat dengan wisatawan hingga berbagai macam fasilitas yang super komplit.
Gili Trawangan memiliki air laut yang terlihat sangat jernih. Bahkan saking jernihnya, kita bisa melihat keindahan alam bawah laut hanya dengan telanjang mata. Melakukan snorkeling di Gili Trawangan tentu sangatlah menyenangkan, terumbu karang yang cantik berpadu sempurna dengan aneka biota laut yang terlihat cukup indah.
Selain keindahan alam bawah laut yang memukau, pantai di sini juga terawat dan sangatlah bersih. Sehingga wisatawan benar-benar berada di pantai tanpa takut ada aneka sampah berserakan. Udara di sinipun terasa segar dan masih alami. Udaranya belum tercampur oleh polusi-polusi layaknya dikota besar. Sehingga akan membuat badan dan otak kembali fresh.
Liburan anda ke Nusa Tenggara Barat akan terasa semakin menyenangkan karena di pasar seni anda bisa melihat aneka macam hiburan. Benar-benar sebuah tempat wisata yang komplit dan layak untuk dikunjungi.

20. Gili Meno

Tempat 2BWisata 2BDi 2BNusa 2BTenggara 2BBarat 2BPaling 2BEksotis 2BGili 2BMeno 200x135 24 Tempat Wisata Di Nusa Tenggara Barat Paling Eksotis Dan Wajib Dikunjungi
Gili Meno (foto dari deebee7)
Diantara ke-3 gili indah dan terkenal di Pulau Lombok, maka Gili Meno adalah yang terkecil. Letaknya berada di tengah-tengah Gili Air dan Gili Trawangan. Meskipun menjadi yang terkecil, akan tetapi berwisata ke Gili Meno terasa sangatlah spesial.
Gili Meno mempunyai garis pantai yang terlihat indah dan menawan. Soal terumbu karang, pastinya mampu memanjakan mata anda yang sedang snorkeling. Daya tarik dari Gili Meno tidak hanya sebatas pada pantai indah dan terumbu karangnya saja. Akan tetapi ia masih memiliki hutan bakau dan danau air asin.
Dari segi fasilitas, Gili Meno bisa dibilang masih kalah apabila dibandingkan dengan Gili Air dan Gili Trawangan. Kendati demikian, di tempat wisata ini masih tersedia penginapan dan resort bagi wisatawan. Banyak yang bilang, apabila Gili Meno adalah pilihan tepat bagi pasangan yang ingin bulan madu.

21. Air Terjun Tiu Kelep

Tempat 2BWisata 2BDi 2BNusa 2BTenggara 2BBarat 2BPaling 2BEksotis 2BAir 2BTerjun 2BTiu 2BKelep 200x135 24 Tempat Wisata Di Nusa Tenggara Barat Paling Eksotis Dan Wajib Dikunjungi
Air Terjun Tiu Kelep (foto dari sp budi setyarso)
Selain Air Terjun Sendang Gile, anda pun juga bisa mengunjungi wisata air terjun lainnya di Nusa Tenggara Barat yaitu Air Terjun Tiu Kelep. Air terjun ini memiliki keindahan yang sangat mempesona dan mampu membuat siapa saja takjub akan keindahannya. Air Terjun Tiu Kelep terletak di Desa Senaru, Bayan, Lombok Utara.
Dengan ketinggianya yang mencapai 42 meter, air terjun ini begitu dikagumi oleh wisatawan. Udara disekitar air terjun terasa sangatlah sejuk dan segar. Anda pun juga bisa mandi di kolam air alaminya yang memiliki ketinggian hanya 1 meter saja. Mandi di kolam ini wajib banget untuk anda coba. Seiring dengan berjalannya waktu, tempat wisata ini semakin banyak dikunjungi wisatawan.

22. Hutan Monyet Pusuk

Tempat 2BWisata 2BDi 2BNusa 2BTenggara 2BBarat 2BPaling 2BEksotis 2BHutan 2BMonyet 2BPusuk 200x135 24 Tempat Wisata Di Nusa Tenggara Barat Paling Eksotis Dan Wajib Dikunjungi
Hutan Monyet Pusuk (foto dari indahdp)
Berdekatan dengan lokasi Air Terjun Sendang Gile, Hutan monyet Pusuk menjadi tempat wisata yang wajib di kunjungi apabila anda akan mendaki di Gunung Rinjani. Hutan Monyet Pusuk berada di kaki Gunung Rinjani dan merupakan kawasan hijau yang dihuni oleh ribuan monyet ekor panjang. Selain monyet, disini juga ada flora dan fauna yang lainnya.
Berjalan-jalan di kawasan hutan hijau dengan udaranya yang segar tentu sangatlah menyenangkan. Jangan lupa juga membawa makanan untuk diberikan pada monyet-monyet di kawasan ini. Hat-hati karena ada beberapa monyet yang nakal. Selain dijadikan tempat wisata, ternyata Hutan Monyet Pusuk juga dijadikan kawasan edukasi.

23. Gili Tangkong

Tempat 2BWisata 2BDi 2BNusa 2BTenggara 2BBarat 2BPaling 2BEksotis 2BGili 2BTangkong 200x135 24 Tempat Wisata Di Nusa Tenggara Barat Paling Eksotis Dan Wajib Dikunjungi
Gili Tangkong (foto dari Ririn Ambar)
Mungkin nama Gili Tangkong masih terdengar sangat asing ditelinga wisatawan, pasalnya pulau eksotis ini sangat jarang dijamah oleh manusia. Tidak jauh berbeda dengan Gili Sudak, Gili Tangkong pun juga menawarkan keindahan alam pantai yang menakjubkan. Anda bisa menikmati hamparan pasir putih dan birunya air laut.
Menyempatkan diri untuk singgah di tempat wisata ini tentunya sangat menyenangkan. Sensasi liburan di pulau pribadi akan terasa begitu kental. Suasananya sangat nyaman dan damai.

24. Tete Batu Surga

Tempat 2BWisata 2BDi 2BNusa 2BTenggara 2BBarat 2BPaling 2BEksotis 2BTete 2BBatu 2BSurga 200x135 24 Tempat Wisata Di Nusa Tenggara Barat Paling Eksotis Dan Wajib Dikunjungi
Tete Batu Surga (foto dari web)
Provinsi Nusa Tenggara Barat seakan-akan tidak pernah puas dalam memberikan keindahan alam yang luar biasa bagi para wisatawan. Kali ini ada Tete Batu Surga yang sudah siap memanjakan mata anda. Lokasinya terletak di Kecamatan Singkur, Kabupaten Lombok Timur. Tete Batu Surga juga masih berada di bawah kaki Gunung Rinjani.
Sejauh mata memandang, anda akan melihat keindahan lukisan alam yang sangat mempesona dan terpampang dengan jelas di Tete Batu Surga. Pemandangan yang ada merupakan kombinasi sempurna antara hutan, air terjun, perbukitan terjal dan kontur sawah bertingkat. Semua terlihat sangatlah eksotis dan menawan.
Dua buah air terjun yang ada di Tete Batu Surga adalah hal yang paling disukai oleh wisatawan. Kedua air terjun tersebut bernama Air Terjun Joben dan Air Terjun Jukut. Keduanya mengalir dan menambah kecantikan Tete Batu Surga.
Demikianlah ulasan singkat mengenai 24 tempat wisata wisata di Nusa Tengara Barat paling eksotis dan wajib dikunjungi. Selamat berlibur ke NTB dan selamat menikmati panorama alam yang sangat indah dan suasana yang menenangkan pikiran.

The following two tabs change content below.
%name 24 Tempat Wisata Di Nusa Tenggara Barat Paling Eksotis Dan Wajib Dikunjungi
Saya bekerja di sebuah perusahaan marine servoce di Batam Indonesia. Kegiatan sehari-hari selain rutinitas di perusahaan juga di bidang internet marketing, blogging, writing dan traveling. Web adalah tempat saya berbagi.