4 Tempat Wisata Sekitar Jogja Yang Paling Menarik dan Wajib Dikunjungi

Tempat wisata sekitar Jogja yang paling menarik dan wajib dikunjungi bisa saja menjadi alternatif terbaik bagi anda yang berencana akan liburan di kota Yogyakarta dan sekitarnya. Beberapa objek wisata ini tidak kalah menarik dari tempat wisata di Yogyakarta. Bahkan,  ada sebuah objek wisata yang akan memanjakan anda dengan semua keindahan dan ketenangan yang mengesankan.

Pergi berlibur ke wisata sekitar Jogja ini tentu akan memberikan anda pengalaman baru yang tidak bisa terlupakan. Tanpa banyak basa-basi lagi, langsung saja kita simak daftar tempat wisata sekitar Jogja yang paling menarik dan wajib dikunjungi berikut ini.
Tempat Wisata Sekitar Jogja Yang Paling Menarik dan Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata Sekitar Jogja Yang Paling Menarik dan Wajib Dikunjungi

1. Desa Wisata Nglinggo

Desa Wisata Nglinggo (Foto by Nugraha Pratama)

Desa Nglinggo adalah objek wisata sekitar Jogja yang sangat menarik untuk disinggahi. Desa Wisata Nglinggo terletak di pegunungan Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo. Untuk sampai ke lokasi, anda harus melewati medan yang cukup sempit, sulit dan terjal. Maka dari itu, pastikan kendaraan anda dalam keadaan baik jika ingin berkunjung ke Desa Wisata Nglinggo.

Desa Wisata Nglinggo sangatlah layak dinobatkan sebagai tempat wisata jogja murah sekaligus yang paling menarik. Bagaimana tidak, disini anda bisa menemukan beberapa tempat eksotis. Ada perkebunan teh dan juga air terjun. Mengunjunginya bisa menjadikan mata kita tidak mau terpejam berkat keindahannya.

Suasana yang ditawarkan oleh Desa Nglinggo ini begitu tenang dan nyaman. Lokasinya yang jauh dari keramaian, sehingga Desa Nglinggo sangat pas untuk bersantai. Anda akan menemukan ketenangan yang begitu menentramkan jika di desa ini.

Suasananya pun sangatlah sejuk, sehingga paru-paru anda akan dipenuhi oleh udara yang bersih dan menyehatkan. Mengunjungi wisata sekitar Jogja ini hukumnya adalah wajib khususnya bagi anda yang sedang mencari ketenangan.

2. Kampung Ketandan

Tempat Wisata Sekitar Jogja Yang Paling Menarik Kampung Ketandan
Kampung Ketandan (Foto by Liputan6)

Kampung Ketandan adalah wisata sekitar Jogja yang menjadi perkampungan pecinan. Kampung Ketandan tidak pernah sepi dari pengunjung karena lokasinya yang berada di Jalan Malioboro. Setiap harinya,  kampung pecinan ini selalu ramai oleh aktivitas penduduk dan wisatawan.

Begitu mengunjungi Kampung Ketandan, anda akan melihat deretan rumah khas Tionghoa, toko perhiasan dan aneka tempat makanan.  Beberapa jenis makanan yang dijual dikawasan ini adalah bakso, sate babi, dan makanan khas Tionghoa. Anda harus berhati-hati saat berkunjung ke tempat wisata di Jogja dekat Malioboro ini,  karena banyak makanan yang non halal.

Setiap tahunnya,  Kampung Ketandan selalu mengadakan event dalam rangka menyambut tahun baru imlek. Acara ini sangatlah besar dan cukup kuat menarik wisatawan agar datang berkunjung. Saat itu juga Kampung Ketandan akan mendadak dipadati oleh ribuan wisatawan.

Jika event itu diselenggarakan, maka akan ada banyak acara yang seru. Seperti pawai di jalan besar, barongsai,  atraksi khas China, bazar dan setiap rumah yang dihiasi oleh lampion. Sebenarnya eksotisme dan keunikan Kampung Ketandan sudah diminati oleh banyak wisatawan. Sayangnya,  manajemen tempatnya masih kurang tertata rapi.

3. Desa Kasongan

Tempat Wisata Sekitar Jogja Yang Paling Menarik Desa Kasongan
Desa Kasongan (foto by agus ismail)

Wisata sekitar Jogja kali ini juga tidak kalah menarik untuk dikunjungi.  Desa Kasongan adalah sebuah daerah yang sudah populer dikalangan wisatawan dengan karya gerabah yang sangat unik dan bagus.  Banyak sekali kolektor dan pebisnis yang rutin datang berkunjung untuk membeli kerajinan gerabah.

Desa Kasongan akan memberi pengetahuan baru mengenai keunikan dan aneka jenis hasil karya gerabah. Anda bisa melihat guci, patung, dan beberapa hasil karya yang lainnya. Semua kerajinan itu merupakan produk lokal yang mayoritas terbuat dari tanah liat.

Pasti anda akan tergiur ingin membawa pulang salah satunya. Jika ingin berbelanja aneka gerabah di Desa Kasongan, maka silahkan menawar dengan harga yang pantas. Jika beruntung, maka anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah.

4. Kota Gede

Tempat Wisata Sekitar Jogja Yang Paling Menarik Kota Gede
Kota Gede (foto by Sergey Salin)

Jika Desa Kasongan terkenal dengan kerajinan gerabah, maka Kota Gede terkenal dengan karya perak. Kota Gede merupakan kawasan penghasil perak yang sudah populer di berbagai daerah Nusantara.

Kota Gede mempunyai beragam kerajinan perak yang menarik untuk dibeli. Anda bisa mendapatkan kerajinan tersebut hampir disetiap sudut Kota Gede. Harga yang ditawarkannya jauh lebih murah karena langsung dari pembuatnya.

Selain melihat-lihat kerajinan perak,  berkeliling di Kota Gede akan menghantarkan anda pada tempo dulu.  Disini banyak sekali bangunan yang berumur tua dan masih menggunakan transportasi delman.  Mengelilingi kota Gede dengan berjalan kaki terasa sangatlah menyenangkan.

Jika tempat wisata di Jogja terbaru menawarkan nuansa kekinian, namun Kota Gede sebaliknya, ia justru menawarkan nuansa zaman dahulu yang cukup kental. Naik delman untuk berkeliling ke Kota Gede akan mengingatkan kita pada zaman dahulu sekaligus nostalgia. Selain itu, suasananya yang tenang dan asri,  membuat salah satu wisata sekitar Jogja ini wajib banget untuk dikunjungi.

Itu tadi adalah 4 tempat wisata sekitar Jogja yang wajib dikunjungi. Bagaimana, sangat seru bukan mengunjungi objek wisata tersebut?.  Selain berlibur, andapun juga bisa berburu oleh-oleh berupa kerajinan perak atau gerabah. Meskipun wisata Yogyakarta sangat seru untuk dieksplorasi,  namun mengelilingi ke-4 destinasi wisata tersebut juga tidak kalah menarik.

0 komentar