17 Tempat Wisata Romantis di Jogja

Tempat wisata romantis di Jogja belakangan ini menjadi salah satu tujuan utama para wisatawan khususnya kaula muda. Kehadiran tempat romantis tersebut dimanfaatkan dengan baik untuk menghabiskan waktu bersama pasangan. Suasana tenang dengaan view yang memanjakan mata, menambah nilai romantis dan kenyamanan dari tempat ini.

Selain dijadikan sebagai tempat menghabiskan waktu bersama pasangan, beberapa objek wisata tersebut juga menjadi spot foto yang menarik. Narsis berduaan dengan kekasih tercinta di tempat yang indah, tentu akan terasa begitu spesial. 

Tempat Wisata Romantis di Jogja

Tanpa banyak basa-basi lagi, langsung saja disimak beberapa rekomendasi tempat wisata romantis di Jogja berikut ini.

Tempat Wisata Romantis di Jogja

1. Ratu Boko

Tempat Wisata Romantis di Jogja Ratu Boko
Ratu Boko

Tempat wisata romantis di Jogja yang pertama adalah Ratu Boko. Ratu boko merupakan kompleks Candi yang terletak di atas bukit dan berlokasi di Jalan Raya Jogja-Solo, Prambanan, Yogyakarta. Kawasan ini dikenal sebagai salah satu spot sunset terbaik.

Datang berkunjung bersama pasangan di Ratu boko akan terasa begitu menyenangkan. Suasana hening, udara sejuk menyegarkan dan indahnya sunset di sore akan menemani waktu anda bersama pasangan. Suasana syahdu yang begitu kental tak bisa lepas dari tempat wisata romantis di Jogja ini.

2. Bukit Bintang

Tempat Wisata Romantis di Jogja Bukit Bintang
Bukit Bintang

Bukit Bintang adalah sebuah kawasan pemberhentian dari arah Jogja menuju gunung Kidul. Setiap malamnya Bukit Bintang tidak pernah sepi dari muda-mudi yang menghabiskan malam berdua bersama pasangan. Bukit Bintang yang terletak di Wonosari ini, sudah dilengkapi dengan aneka penjaja makanan dan minuman.

Anda bisa memesan mie, jagung bakar, bakso, wedang jahe dan menu lainnya. Acara makan malam bersama pasangan terasa lebih mengesankan karena kita akan ditemani pemandangan eksotis kota jogja yang penuh dengan gemerlip lampu. Seluruh penjuru kota bisa kita saksikan dari tempat wisata romantis di Jogja ini.

3. Kalibiru

Tempat Wisata Romantis di Jogja Kalibiru
Kalibiru

Ini dia tempat wisata romantis di Jogja yang sedang hits gara-gara banyaknya foto yang beredar di sosmed. Kalibiru merupakan sebuah spot foto yang menawarkan background keindahan alam super eksotis. Dari ketinggian, anda bisa berduaan bersama pasangan sambil mengagumi pesona keindahan alam sekitar.

Untuk bisa foto bersama pasangan di Kalibiru, anda harus membayar Rp. 10.000 saja. Kalibiru terletak di Jalan Waduk Sermo, Kalibiru, Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Bagaimana, apakah anda tertarik untuk berkunjung ke Kalibiru?.

4. Wisata Malam Alkid

Tempat Wisata Romantis di Jogja Wisata Malam Alkid
Wisata Malam Alkid

Selanjutnya ada Alun-Alun Kidul yang bisa menjadi pilihan terbaik bagi anda dan pasangan untuk menghabiskan waktu berdua. Menghabiskan malam di Alkid terasa sangat seru. Anda bisa mengajak pasangan berkeliling Alkid dengan mengendarai odong-odong yang berhiaskan lampu kelap-kelip. Odong-odong ini juga sudah dilengkapi video dan live musik, bentuknya ada yang menyerupai tokoh kartun dan binatang.

Setiap malamnya, tempat wisata romantis di Jogja ini selalu dipenuhi oleh pengunjung dari semua kalangan. Ada anak-anak, orang dewasa, lansia semua berkumpul di sini untuk mencari udara segar. Harga sewa odong-odongnya sangat bervariatif, ada Rp. 15.000 hingga Rp. 30.000 untuk 2 putaran saja.

5. Jalan Malioboro

Tempat Wisata Romantis di Jogja Jalan Malioboro
Jalan Malioboro

Tidak hanya menjadi ikon pariwisata kota Jogja saja, Jalan malioboro ternyata juga menjadi salah satu tempat wisata romantis di Jogja. Mengunjungi Jalan Malioboro ini paling pas saat malam hari, karena suasa romantisnya terasa begitu kental. Mengajak pasangan anda untuk mengelilingi Jalan Malioboro dengan berjalan kaki tentu akan terasa spesial.

Sejauh mata memandang, anda akan melihat keramaian dan kesibukan setiap orang. Banyak penjaja kuliner dan barang -barang keren dengan harga yang murah. Mampir disalah satu tempat makan, bukanlah ide yang buruk untuk memanjakan pasangan.

6. Secret Garden Coffee & Chocolate

Tempat Wisata Romantis di Jogja Secret Garden Coffee & Chocolate
Secret Garden Coffee & Chocolate

Sedang mencari tempat wisata kuliner malam di Jogja?, maka Secret Garden Coffe & Chocolate bisa anda coba. Resto ini terletak di kawasan Wirojaban dan lokasinya sedikit tersembunyi. Memanjakan pasangan untuk dinner romantis tentu akan menambah momen spesial kalian saat pacaran.

Begitu tiba di lokasi Secret Garden Coffe & Chocolate, anda pasti akan takjub karena bangunan yang megah dan elegan. Bangunan disini mengkombinasikan antara gaya Jawa dengan modern, dan tempatnya pun terbilang luas. Salah satu tempat wisata romantis di Jogja ini setiap harinya tidak pernah sepi dari pengunjung.

Pasangan anda dijamin akan merasa senang krena lokasinya yang nyaman dan menyenangkan. Udara sejuk ditambah pemandangan asri dan indah rasanya sudah lebih dari cukup untuk memanjakan pengunjung. Dinner bersama pasangan menambah kesan spesial dan romantisme di sini.

Tempat wisata romantis di Jogja ini tidak hanya memberi kenyamanan ekstra saja, akan tetapi juga menawarkan aneka menu andalan. Misalkan saja Chocolate Secret Original, Secret Coffe, Secret Nutella Roll, Secret Purple dan masih banyak lagi.

Menu makanan yang sangat sayang untuk dilewatkan adalah Nasi Goreng Keju, menu ini begitu menggugah selera dan mempunyai citarasa yang khas. Untuk 1 porsi Nasi Goreng Keju dibanderol seharga Rp. 22.000.

Daya tarik lain dari tempat wisata romantis di Jogja ini adalah harganya yang sangat terjangkau. Semua menu yang tersedia bersahabat baik dengan isi kantong wisatawan khususnya para mahasiswa. Dengan demikian, anda tetap bisa makan malam romantis dan enak dengan harga murah.

7. Sindu Kusuma Edupark

Tempat Wisata Romantis di Jogja Sindu Kusuma Edupark
Sindu Kusuma Edupark

Bagi anda yang hobi mengeksplorasi wisata malam hari bersama pasangan, maka salah satu tempat wisata romantis di Jogja ini adalah pilihannya. Sindu Kusuma Edupark adalah tempat terbaik untuk menikmati eksotisme kota Jogja saat malam hari yang terlihat menakjubkan. Anda dan pasangan bisa menyaksikan panorama tersebut dari atas bianglala besar.

Sindu Kusuma Edupark selalu saja ramai oleh pengunjung saat malam hari. Objek wisata ini hanya buka sampai jam 21.00 WIB saja. Alamat lengkapnya adalah Jalan Jambon, Sinduadi, Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

8. Taman Sari Keraton Yogyakarta

Tempat Wisata Romantis di Jogja Taman Sari Keraton Yogyakarta
Taman Sari Keraton Yogyakarta

Tempat wisata romantis di Jogja ternyata tidak hanya terdiri dari taman bermain indah ataupun restoran mewah saja. Kali ini ada sebuah objek wisata budaya yang sudah cukup populer. Dulunya Taman Sari Keraton Yogyakarta ini dipakai oleh raja mataram dan istrinya sebagai tempat pemandian.

Tanpa harus meninggalkan kearifan kulturnya, sekarang ini Taman Sari berubah menjadi tempat wisata romantis di Jogja. Melewatkan hari bersama pasangan ditemani suasana tenang dan atmosfer romantis terasa begitu mengesankan.

Atmosfer romantis yang terpancar dari tempat bersejarah ini berasal dari arsitektur bangun bercitarasa seni elok dan histori masa lalunya. Arsitektur bangunan yang terlihat begitu elok dan eksotis tersebut semakin menambah kesan romantis tempat ini.

Berfoto-foto ria didepan bangunan tua ala Taman Sari ini jelas mendapatkan hasil yag kece. Bahkan, Taman Sari sering dijadikan spot foto prewedding oleh sebagian besar orang.  Sisi bangunan yang begitu romantis dengan kolam-kolam artistik disekelilingnya mampu membuat atmosfer yang syahdu.

9. Tugu Jogja

Tempat Wisata Romantis di Jogja Tugu Jogja
Tugu Jogja

Inilah salah satu ikon kota Jogja yang sangat ramai dikunjungi wisatawan. Setiap harinya,  Tugu Jogja selalu dipadati oleh pengunjung khususnya kaula muda yang sedang menghabiskan malam bersama. Banyak sekali pasangan yang menyempatkan diri untuk foto narsis di tempat wisata romantis ini.

Tugu Jogja adalah tempat wisata dekat Malioboro yang wajib banget untuk anda singgahi.  Suasana malam yang ditawarkannya bear-benar romantis. Tugu Jogja terletak di Persimpangan Jalan. AM. Sangaji, Jalan Sudirman,  Jalan Margo Utomo dan Jalan Diponegoro.

10. Hutan Pinus Imogiri

Tempat Wisata Romantis di Jogja  Hutan Pinus Imogiri
Hutan Pinus Imogiri

Hutan Pinus imogiri adalah tempat wisata romantis di Jogja yang menarik untuk dikunjungi. Anda bisa mengelilingi hutan pinus ini bersama pasangan, suasananya begitu tenang dan damai.  Pepohonan yang tumbuh dengan rindangnya,  membuat udara sekitar terasa begitu menyegarkan.

Hutan Pinus Imogiri tidak hanya menawarkan suasana nyaman dan keindahan alam saja, akan tetapi juga sudah tersedia beberapa mainan.  Salah satunya adalah ayunan yang sangat cocok dipakai bersama pasangan. Ada juga beberapa rumah pohon yang menarik untuk dieksplorasi.

Rumah pohon ekstrim yang dibangun di tepian tebing sangatlah cocok untuk pasangan pecinta tantangan.  Saat menaikinya dan tiba-tiba diterpa oleh hembusan angin,  rasa was-was pasti akan segera terasa. Bagaimana,  seru bukan mengunjungi tempat wisata romantis di Jogja ini?.

11. Sendratari Ramayana di Prambanan

Tempat Wisata Romantis di Jogja  Sendratari Ramayana di Prambanan
Prambanan

Jika pacaran dengan nonton bioskop dirasa sudah mainstream, maka anda bisa berkunjung ke Candi Prambanan. Setiap hari Selasa, Kamis dan Sabtu disini ada pagelaran Sendatari Ramayana yang dimulai sejak pukul 19.30. Pertunjukkannya sangatlah menarik dan keren.

Pada bulan Mei-Oktober pagelaran tari diselenggaran dipanggung terbuka, menyaksikan tari tradisional yang berhiaskan gemerlip lampu dan background Candi Prambanan mampu menimbulkan suasana romantis tersendiri. Waktu malam akan cepat berlalu dan pasangan anda dijamin senang saat mengunjunginya.

Pada bulan November-April anda masih bisa menyaksikan pagelaran tari ini, namun di dalam Gedung Trimukti. Gedung ini lokasinya dekat dari panggung terbuka.

12. Bukit Parang Endog

Tempat Wisata Romantis di Jogja Bukit Parang Endog
Bukit Parang Endog

Nama Bukit Parang Endog mungkin masih terdegar asing bagi sebagian besar orang. Akan tetapi, warga sekitar sangatlah menyukai bukit eksotis yang letaknya di sebelah Timur Pantai Parangtritis ini. Panorama alam sekitar yang terlihat mengagumkan adalah daya tarik utamanya.

Suasana tenang dan romantis terasa begitu kental dan bisa anda rasakan dengan jelas. Jika datang berkunjung,  maka jangan sampai melupakan indahnya sunset di sore hari.  Pemandangannya begitu memanjakan mata. Tempat wisata romantis di Jogja ini wajib banget untuk dikunjungi.

Bukit Parang Endog terletak di Desa Girijati, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

13. Taman Pelangi

Tempat Wisata Romantis di Jogja Taman Pelangi
Taman Pelangi

Taman Pelangi adalah tempat wisata romantis di Jogja yang bisa dikatakan anti mainstream. Terletak di pelataran Monumen Jogja Kembali, berkunjung bersama pasangan saat malam hari tentu terasa begitu spesial.

Suasana indah yang ditawarkannya saat malam hari benar-benar menarik dan tidak boleh terlewatkan. Anda bisa duduk di pinggir kolam bersama pasangan sembari menikmati indahnya lampu lampion yang berwarna-warni dan suasana menenangkan pikiran.

Di sudut belakang kolam sering diadakan hiburan musik live dengan panggung kecil. Disamping panggung tersebut,  ada kedai minuman yang menyediakan aneka camilan ringan.

Memesan secangkir cokelat panas sebagai teman bercengkrama bersama pasangan, adalah hal terbaik. Jika berkenan,  anda juga bisa menyewa panggung tersebut kemudian menyanyikan sebuah lagu bersama kekasih. Sayangnya,  waktu indah bersama pasangan harus berakhir pada jam 10 malam.

14. Kebun Buah Mangunan

Tempat Wisata Romantis di Jogja Kebun Buah Mangunan
Kebun Buah Mangunan

Tempat wisata romantis di Jogja selanjutnya adalah Kebun Raya Mangunan yang terletak di kawasan Imogiri Bantul. Perkebunan buah ini berada di dataran tinggi sehingga suasana dan panorama alamnya benar-benar mengoda wisatawan.

Berada di Kebun Buah Mangunan seakan-akan kita berada di negeri atas awan. Suasananya begitu romantis dengan panorama alam menakjubkan dan udara menyegarkan. Semua yang ditawarkan Kebun Buah Mangunan terasa begitu romantis dan cocok dijadikan tempat bermesraan bersama pasangan.

Dari atas tebing,  anda dapat menyaksikan hamparan awan putih yang terlihat dengan sangat jelas.  Ada juga panorama indah dibawahnya berupa sungai lebar dan melengkung yang terlihat layaknya sungai Amazon. Dari tebing ini,  anda bisa berfoto mesra bersama pasangan ataupun berteriak sekencang-kencangnya untuk melepaskan semua rasa penat di dalam pikiran.

Panorama sunrise yang ditawarkan oleh tempat wisata romantis di Jogja ini begitu menakjubkan. Maka dari itu,  datanglah sesudah subuh. Mulai dari pukul 05.00 Kebun Buah Mangunan sudah ramai dikunjungi wisatawan.  Mereka datang untuk menantikan sunrise yang indah.

15. Kolam Susu

Tempat Wisata Romantis di Jogja Kolam Susu
Kolam Susu

Berlokasi di kawasan Seturan, Kolam Susu menjadi tempat kuliner favorit bagi wisatawan untuk mencicipi aneka jenis minuman susu. Tempat ini juga menjadi tongkrongan asyik bersama pasangan dan keluarga. Salah satu tempat wisata romantis di Jogja ini benar-benar mengasyikkan untuk dikunjungi.

Kolam Susu mempunyai banyak sekali tempat makan dan gazebo yang bebas untuk anda pilih.  Tak heran jika wisatawan sering menyebutnya sebagai kampungnya tempat makan. Fasilitas lain yang tidak kalah menarik adalah tempat nyaman, lampu-lampu elegan dan dekorasi taman yang eksotis.

Tempat wisata romantis di Jogja ini juga menawarkan sebuah kolam air yang juga menyediakan sepeda air. Siapa tahu aja,  pasangan anda ingin mencoba keseruannya. Karena saking banyaknya tempat makan untuk didatangi,  seringkali wisatawan bingung ingin memilih yang mana.  Jika anda demikian,  silahkan mencoba jembatan cinta saja.

Dua buah kursi yang saling berhadapan dan juga meja kecil berhiaskan lilin, menjadikan acara dinner anda bersama pasangan terasa lebih spesial.

16. Gumuk Pasir

Tempat Wisata Romantis di Jogja Gumuk Pasir
Gumuk Pasir

Gumuk Pasir adalah wisata terbaru di Jogja yang langsung menyedot perhatian banyak pengunjung. Bagi pasangan yang menginginkan suasana romantis, maka Gumuk Pasir ini tidak boleh anda lewatkan. Sisi romantis dari Gumuk pasir ini terasa begitu kuat,  dan sudah terbukti dengan banyaknya foto pre-wedding yang berlangsung.

Mengunjungi tempat wisata romantis di Jogja yang satu ini nampaknya akan menambah keseruan liburan anda bersama pasangan.

17. Pantai Goa Cemara

Tempat Wisata Romantis di Jogja Pantai Goa Cemara
Pantai Goa Cemara

Berbeda dengan pantai-pantai yang lainnya, Pantai Goa Cemara ini ditumbuhi oleh pepohonan cemara yang sangat banyak. Setidaknya ada ribuan pohon cemara yang berjajar rapi membentuk sebuah lorong panjang tanpa ada batasnya. Berkat keunikannya tersebut,  Pantai Goa Cemara disukai oleh banyak wisatawan.

Meskipun masih tergolong sebagai wisata baru di Jogja, akan tetapi Pantai Goa Cemoro selalu sesak dipenuhi wisatawan khsusunya musim liburan tiba. Pengunjungnya tidak hanya datang dari kawasan Jogja saja,  akan tetapi juga datang dari luar daerah.

Tempat wisata romantis di Jogja kali ini ternyata masih memiliki daya tarik lain, yaitu berupa mercusuar setinggi 40 meter. Anda dan pasangan bisa mencoba keseruan menaiki menara tersebut dengan membayar Rp. 5000 saja. Bagaimana, apakah anda tertarik?

Dari atas mercusuar, anda akan menyaksikan hamparan hutan pohon cemara, keindahan pantai sekitar dan juga tambak udang yang dimana-mana.

Demikianlah 17 tempat wisata romantis di Jogja. Silahkan datang berkunjung dan mencoba bagaimana sih romantisme yang ditawarkan oleh objek wisata tersebut.  Liburan nanti anda bisa mengajak pasangan untuk mengunjungi salah satu atau bahkan semuanya. 

0 komentar