Keindahan Alam Wisata Tanjung Bira Bulukumba Sulawesi Selatan

Menjadi terkenal itu mudah, seperti Indonesia yang terkenal keindahan alamnya. Tapi untuk tetap indah Indonesia butuh tenaga kita semua untuk menjaga dan merawatnya.

Kali ini kita akan bersama-sama mengenalkan wisata Sulawesi Selatan pada dunia. Yang pertama kita mulai dari Kabupaten Bulukumba, masih menyimpan senjata rahasianya.
Keindahan Alam Wisata Tanjung Bira Bulukumba Sulawesi Selatan

Keindahan Alam Wisata Tanjung Bira

Pulau Liukang Loe, Tanjung Bira, Bulukumba, Sulawesi Selatan

Keindahan Alam Wisata Tanjung Bira Pulau Liukang Loe
Pulau Liukang Loe, Tanjung Bira, Bulukumba, Sulawesi Selatan

Katanya pulau ini merupakan syurga bagi pecinta snorkeling dan diving, Pulau Liukang Loe merupakan sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah barat pantai Tanjung Bira, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Pulau Liukang Loe memiliki pantai dengan hamparan pasir yang berwarna putih dan air laut berwarna biru jernih. Karena pulau Liukang Loe cocok untuk snorkeling dan diving maka banyak wisatawan yang dating khusus untuk melakukan kegiatan tersebut.

Melihat laut dengan kejernihan, seperti melihat sebuah aquarium yang berisi ikan-ikan yang hidup di dasar laut. Spesial ikan diperairan ini adalah ikan pari. Beberapa ikan lain juga ada, misalnya ikan Indian Lionfish, Crocodile Fish,.

Sementara beberapa ikan yang didasar aquarium laut alami dengan kedalaman rata-rata 5 meter ini antara lain antias, antias adalah makhluk kecil di karang yang berwarna-warni.

Untuk yang ingin santai di atas air, bisa menyewa laybag atau kursi angina malas. Laybag berfungsi untuk bermalas-malasan atau bersantai. Sangat cocok, bahkan bisa sampai ketiduran diatas air karena memang tidak ada ombak di Pantai Liukang Loe ini. Ditambah hembusan angina sepoi-sepoi laut.

Memang Indonesia kaya akan wisata baharinya, dan keindahan alam Tanjung Bira tidak ada habisnya.

Rugi rasanya jika Anda pergi ke Tanjung Bira hanya berhenti menikmati  pantai-pantainya, tujuan lainnya adalah Pulau Kambing.

Pulau Kambing, Tanjung Bira, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan

Keindahan Alam Wisata Tanjung Bira Pulau Kambing
Pulau Kambing, Tanjung Bira, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan

Menyeberang ke Pulau kambing tidaklah sulit, dimulai dari Pantai Bara, Pulau Liukang Loe menuju Pulau Kambing akan mendapatkan pemandangan yang luar biasa, menggunakan perahu kecil. Dengan waktu perjalanan sekitar 30 menit.

Pulau Kambing adalah Pulau yang tidak berpenghuni, hanya wisatawan yang datang kesana, terdapat sisi pulau berupa tebing-tebing batu, dan ternyata memang banyak kambing. Jika beruntung, akan kita temui sekumpulan ikan lumba-lumba di sekitar Pulau Kambing.

Ada beberapa spot diving di Pulau Kambing diantaranya adalah Mola-mola Dive Spot, bagi para diving Pulau Kambing menjadi syurga dan lokasi favorit. Kedalaman laut di sekitar spot Mola-mola sekitar 20 hingga 30 meter.

Dikedalaman ini banyak ditemui red tiger fish, dan soft corals (sinularia), ikan rainbow, tripang, ikan sotong, white sea snake, hiu, dll.

Kehidupan, sekilas lautan tenang namun tiada yang tahu seberapa jauh desiran ombak. Tempat yang indah yang tidak boleh dilewatkan adalah pantai Bara.

Pantai Bara, Tanjung Bira, Bulu Kumba, Sulawesi Selatan

Keindahan Alam Wisata Tanjung Bira Pantai Bara
Pantai Bara, Tanjung Bira, Bulu Kumba, Sulawesi Selatan

Untuk menuju panti yang berpasir putih dan panjang ini bisa melalui tepi pantai pada saat air laut sedang surut, bisa juga melalui jalan sempit bebatuan yang dikelilingi hutan-hutan kecil.

Air Pantai Bara yang jernih sungguh menggoda untuk cepat-cepat berenang, kejernihan airnya membuat kita bisa melihat hamparan rumput hijau di kedalaman air pantai.  Permainan standar pantai seperti bananaboat juga bisa ditemukan disini.

Banyak cara untuk menikmati keindahan alam Tanjung Bira Bulukumba, selanjutnya adalah berkeliling dengan motor trail. Untuk mengeksplore keindahan alam puncak Puajanggo. Lokasi starting memacu motor trail tidak jauh dari Pantai Panrangluhu.

Puncak Puajanggo

Keindahan Alam Wisata Tanjung Bira Puncak Puajanggo
Puncak Puajanggo

Medan yang dilalui lumayan menatang diantara hutan dan pepohonan, rintangan bebatuan dan semak-semak. Dari puncak Puajanggo bisa dinikmati view Bulukumba 3600 melalu menara pandang anjungan Simata puncak.

Puncak Puajanggo berada di puncak bukit desa Bira dengan jarak 2 kilometer dari Pantai Tanjung Bira. Terdapat makam seorang tokoh di Bulukumba yang bernama Puajanggo (Muhammad Abdullah Arif).

Dari puncak Puajanggo bisa dilihat Pelabuhan Bira, Pantai Bira, Pantai Liukang Loe, Pulau Kambing, Pantai Tanjung Bara.

Tebing Panaikang Birayya

Keindahan Alam Wisata Tanjung Bira Tebing Panaikang Birayya
Tebing Panaikang Birayya

Satu lagi destinasi wisata tebing yang wajib dikunjungi di Bulukumba, lokasinya ada di desa Darubiah, Kecamatan Botobahari, yaitu Tebing Panaikang Birayya.

Untuk menuju lokasi harus melalui desa Darubiah yang jalanannya masih bebatuan, anak tangga yang diturunin di tebing ini masih alami berupa batu dan pasir. Di tebing ini sangat bagus untuk spot foto-foto selfie.

Tebing Panaikang Birayya masih alami dan belum banyak tersentuh tangan manusia, warna air lautnya biru susu, dengan pasir yang halus.

Karya indah Sang Pencipta yang dianugerahkan di bumi pertiwi ini memang tidak pernah ada habisnya, salah satu keindahan alam yang luar biasa adalah air terjun Bisappu.

Air Terjun Bisappu, Desa Bonto Salluang, Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan

Keindahan Alam Wisata Tanjung Bira Air Terjun Bisappu
Air Terjun Bisappu, Desa Bonto Salluang, Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan

Keindahan air terjun Bisappu tidak diragukan lagi, track yang dilalui lumayan menantang untuk mendekati air terjun, melalu bebatuan licin dan arus yang deras, bahkan ada bebatuan yang besar dan tinggi yang harus dipanjat.

Air yang jernih dan sejuk memberikan sensasi luar biasa, rugi rasanya bila tidak menceburkan badan ke air di bawah derasnya air yang jatuh dari ketinggian sekitar 80 meter ini.

Tapi sebaiknya tidak terlalu mendekat ke pusar air terjun, karena kedalaman dan arusnya yang berputar bisa berbahaya.

0 komentar