10 Tempat Wisata Di Bandung Yang Paling Hits Dan Cocok Untuk Liburan

Tempat Wisata Di Bandung Yang Paling Hits, Indo Wisata Permata (IWP), Leuwi Jurig,Sendang Geulis Kahuripan, The Lodge Maribaya, Farm House Lembang, Tebing Keraton, Sanghyang Heuleut, Amazing Art World, Upside Down World Bandung, Taman Wisata Maribaya

Tempat wisata di Bandung yang paling hits dan cocok untuk liburan adalah beberapa pilihan yang sangat tepat untuk di kunjungi ketika musim liburan sudah tiba. Ya, menghabiskan waktu liburan di Kota Bandung pastinya akan memberi sensasi liburan tersendiri.

Karena di Paris Van Java terdapat banyak sekali tempat wisata yang bisa dikunjungi,  entah itu untuk anak-anak maupun orang dewasa. Selain itu,  keindahan yang ditawarkan oleh tempat wisata ini begitu memikat hati,  belum lagi view yang ditawarkannya sangat cocok untuk foto-foto.

Tempat wisata Bandung yang bisa anda kunjungi pun sangatlah beragam,  mulai dari wisata alam, wisata belanja, wisata kuliner atau bahkan wisata khusus permainan anak. Tentunya lokasi dari tempat wisata tersebut sangatlah mudah dijangkau.

Tiket masuknya yang bersahabat di kantong dan keseruan yang akan anda dapatkan sangatlah komplit. Sehingga tidak berlebihan apabila menjuluki kota Bandung sebagai salah satu surga wisata Indonesia.

Belum lagi udara di Bandung yang terasa sangat sejuk dan segar. Hal ini dikarenakan letaknya yang ada di dataran tinggi. Semakin menambah paket komplit yang ditawarkan oleh tempat wisata Bandung untuk liburan anda nanti? Jadi jangan ragu-ragu lagi apabila anda ingin pergi ke kota Kembang ini.

Daripada semakin penasaran, langsung saja kita simak beberapa tempat wisata di Bandung yang paling hits dan cocok untuk liburan berikut ini.
Tempat Wisata Di Bandung Yang Paling Hits

Tempat Wisata Di Bandung Yang Paling Hits

1. Indo Wisata Permata (IWP)

Tempat Wisata Di Bandung Yang Paling Hits Indo Wisata Permata (IWP)
Indo Wisata Permata (IWP)
Kelihatannya Bandung memang tidak pernah berhenti memunculkan destinasi-destinasi wisata baru yang kreatif dan menjadi magnet penarik wisatawan. Salah satunya adalah IWP atau Indo Wisata Permata.

Destinasi wisata Bandung yang satu ini sedang hits dan menjadi perbincangan banyak orang. Letaknya berada di daerah Komplek Citra Green Blok N Nomor 1-10, Dago Atas, Bandung.

Tempat wisata di Bandung yang paling hits ini menawarka sebuah wisata edukasi untuk para pecinta batu permata,  terutama berlian. Bahkan IWP sempat diklaim menjadi tempat wsiata berlian pertama yang ada di Asia. Sangat membanggakan dan patut untuk segera dikunjungi.

Cukup merogoh kocek sebesar 50 ribu saja,  maka anda sudah bisa mengunjungi tempat wisata ini Begitu masuk di dalamnya anda akan meihat langsung bagaimana proses pembuatan batu mulia hingga menjadi berlian yang memiliki nilai jual tinggi.

Anda bisa menyaksikan kesibukan para tenaga terlatih dalam membuat berlian yang ditemani dengan mesin-mesin canggih.

Selain menawarkan objek wisata edukasi,  ternyata IWP juga menjadi tempat belanja aneka berlian. Anda bisa membawa pulang aneka berlian cantik dengan harga bervariasi,  mulai dari 1 jutaan sampai miliaran rupiah. Galeri IWP buka setiap hari dari jam 10 pagi hingga 5 sore.

Uang 50 ribu yang sudah anda keluarkan untuk tiket masuk ternyata mash bernilai. Voucher ttersebut bisa anda gunakan untuk mendapatkan diskon apabila anda membeli berlian. Jika anda tidak membeli berlian,  maka voucher tersebut bisa anda tukarkan menjadi makanan dan minuman.
[next]

2. Leuwi Jurig

Tempat Wisata Di Bandung Yang Paling Hits Leuwi Jurig
Leuwi Jurig
Tempat wisata di Bandung yang cocok untuk liburan selanjutnya adalah Leuwi Jurig. Nama Leuwi Jurig sendiri mempunyai arti Kolam Setan,  sehingga tak jarang banyak wisatawan yang sedikit takut setelah mendengar namanya.

Konon katanya,  mandi di sini dapat menghilangkan semua jenis ilmu hitam yang sedang menjerat anda. Terlepas dari cerita mistis Leuwi Jurig yang menyeramkan, mari kita lihat sejenak keindahan yang luar biasa dari tempat wisata ini.

Keindahan yang ditawarkannya bahkan mampu menandingi Grand Canyon yang ada di Amerika. Kombinasi sempurna antara warna air dan warna tebing disampingnya begitu kentara.

Warna semborat hijau zamrud yang berasal dari airnya seolah-olah menyatu begitu saja dengan warna kelabu dinding bebatuan di sampingnya. Pemandangan ini tidak akan pernah anda lupakan.

Untuk menuju lokasi Leuwi Jurig sangatlah mudah, anda tidak usah khawatir akan kerepotan. Sayangnya tempat wisata di Bandung ini masih sepi dari pengunjung.

Sehingga jangan kaget apabila hanya anda saja yang datang ke sini. Anda bisa berenang dan berfoto-foto ria sesuka hati tanpa banyak gangguan.
[next]

3. Sendang Geulis Kahuripan

Tempat Wisata Di Bandung Yang Paling Hits Sendang Geulis Kahuripan
Sendang Geulis Kahuripan
Sendang Geulis Kahuripan adalah tempat wisata alam di Bandung Barat yang sedang ramai di bicarakan oleh wisatawan. Tempat wisata di Bandung ini memang sedang ngehits dan menawarkan keindahan berupa mata air alami.

Mata air yang ada di sini benar-benar bersih dan terlihat sangat jernih. Apalagi suasana pedesaan yang sejuk dan segar,  menjadikan acara liburan anda semakin sempurna.

Destinasi wisata Bandung yang satu ini masih jarang dikunjungi oleh wisatawan karena lokasinya memang tersembunyi dari pusat keramaian kota. Lokasinya berada di Desa Ganjarsari, Cikalong Wetan, Bandung Barat. Karena tersembunyi, sehingga udara dan kondisi alamnya masih terjaga dengan asri.

Aktivitas utama yang tidak boleh anda lewatkan adalah berendam di dalam air. Air yang ada di sii begitu segar dan sejuk yang mampu menghilangkan seluruh beban pikiran dan rasa penat anda.

Air yang ada di Talaga Cikahuripan Padalarang ini benar-benar jernih dan bersih. Saking bersihnya para wisatawan dapat selfie di dalam air.

Selain itu,  Sendang Geulis Kahuripan merupakan salah satu tempat wisata di Bandung yang instragamable banget. Sehingga jangan heran apabila banyak wisatawan yang mengunggah foto mereka di sosial media.

Semua keindahan dan kenyamanan ini didukung oleh fasilitasnya yang lengkap. Mulai dari saung istirahat, tempat parkir bahkan warung-warung penyedia makanan. Sehingga anda tidak usah ragu lagi untuk berkunjung ke sini.

Sayangnya,  akses jalan menuju lokasi masih cukup sulit. Anda disarankan untuk naik roda 2 saja ketika ingin datang berkunjung.
[next]

4. The Lodge Maribaya

Tempat Wisata Di Bandung Yang Paling Hits The Lodge Maribaya
The Lodge Maribaya
Untuk anda yang sangat menyukai berpetualang di alam terbuka,  maka anda bisa menghabiskan waktu liburan di tempat wisata Bandung yang bernama The Lodge Maribaya ini. Di sana anda bisa menikmati keindahan alam terbuka sembari menghabiskan waktu dengan berkemah di datarang tinggi.

Pasti sudah bisa terbayang betapa indahnya tempat wisata ini? Jika anda mengira The Lodge Maribaya adalah tempat kemping biasa,  maka anda salah besar. Pasalnya, tempat kemping ini sudah dilengkapi berbagai macam fasilitas berkemah dan juga trekking.

Semuanya tersedia secara lengkap.Selain itu,pengalaman anda dalam menjelajahi alam terbuka juga semakin seru dan menantang karena tempat ini sudah diatur sedemikian rupa.

Di sekeliling The Lodge Maribaya anda bisa melihat keindahan pegunungan yang sangat menawan, hutan pinus dan Air Terjun Maribaya yang sangat menyegarkan saat dipandang mata. Apapun kebutuhan anda mengenai tempat wisata alam semuanya bisa terpenuhi.

Selain menyediakan tempat bersantai,  ternyata The Lodge Maribaya juga menawarkan fasilitas-fasilitas menarik lainya.Sebut saja tempat makan, tempat menginap dan lokasi untuk mengadakan pesta. Hal ini semakin membuat wisatawan betah berlama-lama di sini.
[next]

5. Farm House Lembang

Tempat Wisata Di Bandung Yang Paling Hits Farm House Lembang
Farm House Lembang
Farm House merupakan tempat wisata di Bandung lembang yang saat ini sedang naik daun. Hal ini bisa dibuktikan dari banyaknya pengunjung yang datang setiap akhir pekan dan musim liburan tiba.

Daya tarik utama dari tempat wisata ini adalah konsepnya yang unik. Destinasi wisata ini mengusung konsep area perkebunan,peternakan ala Eropa dan juga desa Kurcaci atau The Hobbit.

Konsep inilah yang mengantarkan Farm House Lembang sebagai salah satu tempat wisata anak di Bandung paling favorit.

Selain disukai oleh anak-anak, tempat ini juga menjadi tujuan utama bagi wisatawan yang hobi foto-foto. Hal ini dikarenakan banyaknya spot foto terbaik yang ada di kawasan ini.

Yang menjadikannya begitu spesiaal karena adanya jembatan gembok cinta layaknya di negara-negara Eropa, penyewaan kostum tradisional Eropa, nuansa Eropa klasik yang kental hingga beberapa aksesoris pendukungnya.Benar-benar tempat terbaik untuk selfie dan narsis ala anak kekinian.

Bagi anda yang mulai tertarik dengan Farm House Susu Lembang, silahkan datang ke Jln.Raya Lembang No.108, Kecamatan Cihideung, Kabupaten Bandung Barat.Tempat wisata di Bandng ini buka dari jam 09.00-21.00 di hari biasa.Dan untuk akhir pekan buka sampai jam 23.00.

Untuk masuk di sini anda cukup membayar Rp 20.000 saja, nantinya tiket tersebut bisa ditukarkan dengan susu murni. Dengan harga yang sangat terjangkau, anda pun sudah bisa menikmati berbagai fasilitas menarik seperti penyewaan kostum, alun-alun mini,tempat penjualan oleh-oleh,sungai gembok cinta, tempat parkir luas, cafe outdoor dan indoor, serta masih banyak lagi.
[next]

6. Tebing Keraton

Tempat Wisata Di Bandung Yang Paling Hits Tebing Keraton
Tebing Keraton
Tempat wisata di Bandung yang tidak kalah seru untuk di kunjungi adalah Tebing Keraton. Bagi anda yang ingin menghabiskan waktu liburan seru silahkan datang ke sini saja.

Tempat ini paling banyak diknjungi oleh kaula muda yang gemar berfoto-foto. Bahkan saking terkenalnya di Instagram, tebing ini juga sering disebut sebagai ''Tebing Instagram".

Nah, bagi kamu yang mengaku anak kekinian jangan lupa untuk berkunjung ke Tebing Keraton ini. Waktunya untuk fofo-foto narsis.

Karena masuk dalam kategori tempat wisata di Bandung yang murah, jadi harga tiket masuknya sudah pasti bersahabat dengan isi kantong kamu. Cukup dengan Rp. 11.000 per orang, maka kamu sudah bisa menikmati sejuknya udara alami yang terbebas dari polusi dan pesona alam yang tiada bandingannya.

Sejauh mata memandang kamu akan melihat betapa hijaunya Taman Hutan Raya Ir.H Djuanda. Hal ini dikarenakan letak Tebing Keraton ini tepat di atas Taman Hutan Raya Ir.H.Djuanda tersebut.

Pemandangannya sangatlah indah terutama jika kamu datang sebelum sang surya menampakkan dirinya.

Sekitar jam 6 pagi maka kamu akan melihat suasana kota Bandung yang sangat indah dan masih diselimuti kabut tebal. Keindahannya semakin sempurna ketika matahari mulai menampakkan dirinya di sebelah timur.

Pemandangan esok pagi yang tidak boleh luput dari kameramu. Kamu bisa menikmati Tebing Keraton dengan cara berfoto-foto ataupun sekedar duduk sembari menghirup sejuknya udara bersih.

Datang berkunjung ke tempat wisata alam ini bisa menjadi obat pengusir rasa penatmu dari rutinitas harian.Selain itu, tempat ini juga sangat cocok dikunjungi bersama teman dan keluarga tercinta.
[next]

7. Sanghyang Heuleut

Tempat Wisata Di Bandung Yang Paling Hits Sanghyang Heuleut
Sanghyang Heuleut
Bagi anda yang sedang mencari tempat wisata gratis di Bandung, maka Sanghyang Heuleut adalah pilihan terbaik untuk anda kunjungi. Destinasi wisata ini memberikan kebebasan kepada siapa saja untuk datang berkunjung.

Meskipun demikian, keindahan yang ditawarkannya sangatlah memukau dan memanjakan semua mata yang memandang.

Tempat wisata ini merupakan salah satu surga yang masih belum terjamah. Keindahannya menawarkan danau kecil yang dikelilingi kawasan berbatuan dan berbukit.

Hal inilah yang menjadikan destinasi wisata ini seakan-akan tersembunyi dari keramaian kota. Lokasi tempat wisata ini berada di Bandung Barat,Cipatat, Kecamatan Rajamandala Kulon.

Banyak sekali aktivitas yang bisa anda lakukan.Mulai dari bersantai, berenang, foto-foto atau bahkan kemah. Jika anda tertarik untuk mengunjungi Sanghyang Heuleut maka disarankan agar tidak datang ketika musim hujan.

Hal ini dikarenakan rute jalannya sedikit licin dan danaunya meluap. Rute perjalanan menuju lokasi sedikit rumit, maka dari itu anda bisa menjadikan PLTA Saguling sebagai patokan utamanya.

Dari gapura PLTA Saguling, jarak danau tersebut mencapai 5 kilo meter. Apabila anda berangkat dari pusat Kota Bandung, maka tempat wisata Sanghyang Heuleut ini dapat anda tempuh melewati rute Cimahi > Padalarang (pastikan anda melalui Roti Unyil dan oleh-oleh khas Priangan yang ada di pinggir jalan) > Raja Mandala > Pintu Gerbang PLTA Saguling.

Mungkin karena lokasinya yang masih jarang dikunjungi oleh wisatawan, maka wajar saja apabila fasilitas-fasilitas yang ada sangatlah mini. Disini anda tidak akan menemui toilet dan warung penjual makanan.

Namun di balik itu semua, keindahan alamnya sangatlah mempesona dan eksotis. Sehingga tidak mengherankan apabila banyak sekali kaula muda yang berbondong-bondong untuk mengambil foto dan mengunggahnya di media sosial seperti facebook dan instagram.
[next]

8. Amazing Art World

Tempat Wisata Di Bandung Yang Paling Hits Amazing Art World
Amazing Art World
Apabila Semarang memiliki Old City 3D Trick Art Museum dan Yogyakarta memiliki De Mata Trick Eye Museum, maka Paris Van Java ini tidak mau ketinggalan. Disini terdapat sebuah Amazing Art World yang menjadi museum 3D di daerah Bandung Utara.

Tidak jauh berbeda dengan beberapa museum trick eye kebanyakan, maka destinasi wisata baru di Bandung ini menawarkan sejumlah lukisan tipuan mata dengan efek yang sangat memukau. Gambar yang dihasilkannya seolah-olah ingin keluar dari bingkainya.

Sudah kebayang kan betapa indahnya?. Bangunan ini menempati tanah seluas 15.500 meter persegi. Dan diklaim menjadi museum 3D terbesar di Indonesia.

Di museum ini anda bisa menemui 8 tema lukisan, diantaranya adalah Dinosaurus,Aqua Zone, Animal Zone, Fantasy Zone, Winter Zone, Living Zone, Artistic Zone, Main Hall, Media Zone dan Love Zone.

Di sini anda bebas berekspresi sesuka hati dengan lukisan-lukisan tersebut untuk diabadikan memakai lensa kamera.

Amazing Art World berlokasi di Jalan Setiabudhi Nomor 293, Isolasi, Kecamatan Sukasari, Kota Bandung.

Untuk tiket masuknya dibanderol dengan harga yang terbilang cukup mahal. Yaitu 130 ribu untuk umum,80 ribu untuk anak-anak dan 100 ribu untuk pelajar.

Wahana ini buka dari jam 09.00-21.00 dan di hari libu nasional,Sabtu, dan Minggu maka Amazing Art World mengalami kenaikan harga tiket masuk.
[next]

9. Upside Down World Bandung

Tempat Wisata Di Bandung Yang Paling Hits Upside Down World Bandung
Upside Down World Bandung
Sekarang ini tren foto di ruangan terbalik tengah booming dikalangan para wisatawan. Selain di Indonsia, ternyata negara-negara Asia lain seperti Taiwan dan Malaysia juga sedang dilanda tren ini.

Di negara Indonesia, tempat wisata yang pertama kali mengangkat konsep seperti ini yaitu Upside Down World Bali. Kesuksesannya di pulau dewata, kemudian di susul dengan dirilisnya Upside Down World Jogja.

Sampai saat ini Upside Down World terus mengembangkan sayapnya lebar-lebar. Ia mulai menempatkan cabang baru di kota-kota besar, salah satunya adalah Bandung.

Sekarang sudah ada Upside Down Worl Bandung dengan mengusung tema rumah atau tempat tinggal yang dilengkapi dengan berbagai macam perabotan yang tertata rapi dan terbalik.

Kehadiran Upside Down World tersebut juga menjadi jendela baru bagi tempat wisata Bandung dan sekitarnya. Hal ini dikarenakan tempat wisata ini akan mempermudah masyarakat yang tinggal di kota Kembang dan sekitarnya ketika ingin merasakan sensasi unik foto di ruangan terbalik. Sehingga mereka tidak perlu jauh-jauh lagi ke Jogja ataupun Bali.

Tidak jauh berbeda dengan rumah yang asli, maka tempat wisata di Bandung ini juga mempunyai beberapa ruangan. Mulai dari kids room, dapur, living room, dining room,master bed room sampai bathroom.

Uniknya lagi, di sini anda bisa menemui beberapa ruangan yang menjadi ciri khas kota Bandung seperti mural dan ruang musik.

Seluruh perabotan atau furniture yang digunakan sudah pasti benda asli dan bukannya imitasi. Berbekal dekorasi ruangannya yang benar-benar ciamik dan cantik, sehingga ruangan ini berhasil memikat hati para wisatawan untuk narsis ataupun foto-foto selfie.

Bagi anda yang mungkin belum terbiasa foto dan kekurangan gaya, maka anda tidak perlu khawatir. Pasalnya di tempat wisata ini anda akan didampingi seorang pemandu.

Tugas pemandu tersebut akan menjadi juru foto anda dan memberi anda saran mengenai gaya-gaya yang unik.

Agar hasil fotonya semakin ciamik, angkatlah satu kaki anda supaya terkesan melayang-layang bagaikan sedang berada di ruang di luar angkasa sana.

Satu lagi yang tidak boleh anda lupakan, yaitu gel rambut agar rambut anda tegak dan memberi kesan lebih jika anda sedang melayang.

Lokasi Upside Down World Bandung berada di Jalan H.Wasid Nomor.31,Lebakgede, Kecamatan Coblong, Kota Bandung. Tempat wisata unik ini buka dari jam 10.00-20.00.

Agar bisa eksis di ruangan terbalik ini, anda pun harus bersiap-siap mengelarkan kocek yang tidak sedikit. Harga tiket masuknya sendiri sekitar 100 ribu untuk dewasa dan 50 ribu untuk anak-anak dengan tinggi badan dibawah 120 cm.

Jika anda ingin leluasa dalam mengeksplorasi setiap ruangan yang ada, maka disarankan agar datang lebih awal. Ketika masih sepi anda bisa menengok ke setiap ruangan dengan nyaman dan enak.

Anda pun tidak perlu berdesak-desakan dengan pengunjung lain. Lakukan pemanasan terlebih dahulu agar tidak kaku ketika narsis.Siapkan juga gaya terbaik dan terkece.
[next]

10. Taman Wisata Maribaya

Tempat Wisata Di Bandung Yang Paling Hits Taman Wisata Maribaya
Taman Wisata Maribaya
Taman Wisata Maribaya merupakan tempat terbaik untuk menghabiskan waktu liburan bersama dengan keluarga. Tempat wisata ini terkenal berkat air terjun Curug Maribaya yang mempunyai keindahan super eksotis. Dari Taman Hutan Raya, lokasi Taman Wisata Maribaya berada di bagian utaranya.

Untuk bisa sampai ke lokasi Curug Maribaya, maka anda harus melakukan sedikit perjalanan. Perjalanan ini tidaklah melelahkan namun justru menyenangkan.Di sepanjang jalan anda bisa menghirup kesegaran udara pegunungan sembari melintasi jalur hutan.

Hal ini menjadi cara terbaik untuk merefresh otak dan meremajakan tubuh anda yang sudah lelah dengan rutinitas harian.

Setelah anda hampir dekat dengan air terjun, maka anda sudah bisa merasakan betapa segar dan dinginnya percikan air. Dari kejaauhan anda sudaah bisa menebak jika air terjun ini mampu membuat anda fresh kembali.

Suasana semakin disempurnakan berkat aroma hutan yang alami. Begitu tiba di lokasi, anda akan melihat ciptaan sang pencipta yang sangat indah sekali.

Di sana juga terdapat sebuah kolam mata air panas, kolam ini dipercaya mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Mata air panas ini juga cocok untuk tempat istirahat setelah melakukan perjalanan.

Demikianlah ulasan mengenai 10 tempat wisata di Bandung yang paling hits dan cocok untuk liburan.

Semoga artikel kali ini bisa menjadi refrensi bagi anda yang ingin menghabiskan waktu liburan di kota Bandung.

Di jamin anda akan mendapatkan sensasi liburan yang sangat menyenangkan, apalagi tempat wisata di Bandung terkenal dengan spot indah yang cocok untuk foto. Tentunya hal ini menjadi daya tarik tersendiri.

COMMENTS

BLOGGER
Name

BALI BISNIS CERITA CURHAT IKLAN INTERNET JALAN-JALAN JOB KASUS KELUARGA LEBIH DEKAT MOTIVASI MUSIK SOSMED TIPS
false
ltr
item
Abi Royen: 10 Tempat Wisata Di Bandung Yang Paling Hits Dan Cocok Untuk Liburan
10 Tempat Wisata Di Bandung Yang Paling Hits Dan Cocok Untuk Liburan
Tempat Wisata Di Bandung Yang Paling Hits, Indo Wisata Permata (IWP), Leuwi Jurig,Sendang Geulis Kahuripan, The Lodge Maribaya, Farm House Lembang, Tebing Keraton, Sanghyang Heuleut, Amazing Art World, Upside Down World Bandung, Taman Wisata Maribaya
https://2.bp.blogspot.com/-TMfmIQn8J7Q/WR3lR2tqabI/AAAAAAAAPUs/1G_ShyAqxk47aR-3X1qJTSVxnCG1TWZBgCLcB/s320/Tempat%2BWisata%2BDi%2BBandung%2BYang%2BPaling%2BHits.png
https://2.bp.blogspot.com/-TMfmIQn8J7Q/WR3lR2tqabI/AAAAAAAAPUs/1G_ShyAqxk47aR-3X1qJTSVxnCG1TWZBgCLcB/s72-c/Tempat%2BWisata%2BDi%2BBandung%2BYang%2BPaling%2BHits.png
Abi Royen
http://www.abiroyen.com/2017/05/tempat-wisata-di-bandung-yang-paling-hits.html
http://www.abiroyen.com/
http://www.abiroyen.com/
http://www.abiroyen.com/2017/05/tempat-wisata-di-bandung-yang-paling-hits.html
true
3664584611975318048
UTF-8
Tidak Ditemukan Artikel Lihat Semua Baca Selengkapnya Balas Batalkan Balas Hapus Oleh Beranda Halaman Posting Lihat Semua Rekomendasi Buat Anda Label Arsip Cari Semua Posting Tidak Ditemukan Apa Yang Anda Cari Kembali Ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des hanya sekarang 1 menit yang lalu $$1$$ menit yang lalu 1 jam yang lalu $$1$$ jam yang lalu Kemarin $$1$$ hari yang lalu $$1$$ minggu yang lalu lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti Ini Adalah Artikel Premium Silahkan Dibagikan Untuk Membuka Kunci Kopi Semua Kode Pilih Semua Kode Salin Semua kode ke Clipboard Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin