Pesona Keindahan Wisata Alam Bahari, Ombak Bono Riau


Ombak Bono Riau ~ Bono merupakan gelombang atau ombak yang terjadi di Muara Sungai Kampar Riau. Ombak Bono yang terbentuk di Sungai Kampar merupakan suatu fenomena alam akibat adanya pertemuan arus sungai menuju laut dan juga arus laut yang masuk ke dalam sungai akibat air pasang.
Ombak Bono Riau

Ombak Bono Riau
Ombak Bono Riau

Ombak Bono Riau

Umumnya ombak ataupun gelombang hanya akan terjadi di tepi pantai atau laut atau danau yang luas akibat perubahan arus air dan juga angin. Namun Ombak Bono yang gelombang atau ombaknya cukup besar ini terdapat di sungai.

Ombak Bono terbesar biasanya terjadi saat musim penghujan dimana debit air Sungai Kampar cukup besar, yakni sekitar bulan November dan Desember.

Lokasi dan Akses Menuju Muara Sungai Kampar untuk Melihat Ombak Bono

Ombak Bono  terjadi di Muara Sungai Kampar, Kabupaten Pelalawan dan tepatnya Provinsi Riau. Beberapa titik yang biasa digunakan masyarakat sekitar untuk dapat melihat Ombak Bono yakni Tanjung Sebayang atau Tanjung Bayang-Bayang.

Untuk mencapai Lokasi Ombak Bono ini jika dari Pekanbaru Ibu Kota Provinsi Riau  terlebih dahulu anda menuju ke Pangkalan kerinci Ibu Kota Kabupaten Pelalawan . Perjalanan menuju Pangkalan Kerinci bisa anda lakukan melalui jalur darat dengan jarak tempuh sekitar kurang lebih 70 km atau  1,5 jam perjalanan.

Alat transportasi umum yang dapat anda gunakan yakni Travel atau yang biasa disebut dengan superben oleh warga sekitar, biaya perjalanan dari Pekanbaru menuju Pangkalan Kerinci yakni sebesar Rp.20.000.

Setelah dari pangkalan Kerinci untuk menuju Teluk Meranti anda dapat menggunakan mobil rental ataupun mobil sewaan dengan Tarif Rp.50.000/orang dan terminal mobil rental tersebut terdapat di Hotel Meranti Pangkalan Kerinci.

Perjalanan dari Pangkalan Kerinci menuju ke Teluk Meranti bisa ditempuh dengan waktu kurang lebih 4jam. Selain itu perjalanan juga bisa dilakukan menggunakan sarana transportasi air, yakni dari Pangkalan Kerinci (Pelabuhan di jembatan Pangkalan Kerinci) anda dapat menggunakan speedboat menuju ke desa Teluk Meranti dengan waktu tempuh perjalanan kurang lebih sekitar 3jam dengan biaya perjalanan Rp.150.000.

Menikmati Keindahan dan Berselancar di Ombak Bono

Ombak Bono sudah terkenal sama halnya dengan Bali bagi turis mancanegara. Banyak wisatawan asing yang ingin menikmati sensasi berselancar di Ombak Bono.masyarakat sekitar pun sangat ahli berselancar di Ombak Bono.

Bagi anda yang ingin liburan yang berkesan juga dengan ditemani ombak yang indah. Maka anda perlu datang mengunjungi wisata alam ombak bono di pelalawan ini. Mungkin yang anda ketahui umumnya ombak dapat terjadi hanya ditepi pantai saja, namun berbeda dengan ombak bono yang berasal dari arus sungai dan tentu menambah daya tarik tersendiri bagi banyak orang untuk mengunjunginya.

Biasanya ombak besar akan terjadi saat bulan purnama/bulan besar karenakan air laut sedang pasang dan menyebabkan arus yang besar akan mengalir kesungai kampar untuk membentuk gelombang Bono. Kecepatan gelombang bono bisa mencapai 40 km/jam dan bisa mencapai jarak 60 km jauhnya. 

Fasilitas

Di Tanjung Sebayang pihak Pemerintah kabupaten Pelalawan telah menyediakan fasilitas sebuah Pondok untuk masyarakat yang ingin menikmati Gelombang Bono. Oya satu lagi sisi lain dari Ombak Bono ini yang sebaiknya juga anda ketahui, konon di Tanjung Sebayang ada sebuah Istana yang megah dan juga cantik, tetapi istana ini tidak dapat dilihat dengan kasat mata, Istana tersebut merupakan istana makhluk halus yang dikenal dengan nama  Bunian.

Nah, demikian di atas ulasan singkat mengenai pesona Ombak Bono yang sangat menawan. Ombak Bono sangat terkenal bagi para pecinta olahraga selancar, oleh karenanya jika anda memiliki hobi berselancar, maka lokasi wisata ini wajib untuk anda singgahi.

0 komentar