19 Tempat Wisata Terbaik Di Pekanbaru

Diposting pada
19%2BTempat%2BWisata%2BTerbaik%2BDi%2BPekanbaru 19 Tempat Wisata Terbaik Di Pekanbaru

Kota Pekanbaru merupakan kota terbesar sekaligus menjadi ibu kota Provinsi Riau. Kota Pekanbaru merupakan kota yang strategis yang terhubung dengan kota Padang, Medan, Jambi. Kabupaten Siak di bagian utara dan timurlah yang mengapit kota Pekanbaru.
Untuk di bagian selatan dan barat diapit oleh Kabupaten Kampar. Pekanbaru beriklim tropis. Ada Sungai Siak yang membelah dan mengalir dari barat menuju timur.

19 Objek Wisata di Kota Pekanbaru

Kota Pekanbaru selain merupakan kota perdagangan, juga termasuk kota dengan tingkat pertumbuhan yang tinggi. Banyak infrastruktur yang sudah canggih, termasuk juga dalam mengelola objek-objek wisatanya. Berikut ini merupakan beberapa objek wisata Pekanbaru yang patut Anda kunjungi.

Riau Fantasi

19%2BObjek%2BWisata%2Bdi%2BKota%2BPekanbaru%2BRiau%2BFantasi 19 Tempat Wisata Terbaik Di Pekanbaru
Riau Fantasi
Terletak di Jl. Labersa (45 menit dari Kota Pekanbaru). Tiket masuk untuk Senin-Jum’at Rp. 60.000,- sedangkan Sabtu-Minggu Rp. 70.000,-
Riau Fantasi ini merupakan tempat wisata keluarga di Pekanbaru yang paling populer dan paling banyak dikunjungi ketika liburan. Luas Labersa Water and Theme Park (Riau Fantasi) in imencapai 6,5 Ha dengan dilengkapi fasilitas bermain seperti:
  • Adventure Pool.
  • Menara yang terhubung dengan jembatan goyang.
  • Ember raksasa dengan ketinggian 3.000 liter yang secara otomatis akan tumpah airnya dan mengguyur Anda ketika embernya penuh.
  • Kolam dewasa (1,5 meter) dan kolam anak (30 cm) dilengkapi pancuran.
  • Sky tower.
  • Kora-kora.
  • Speedy coaster.
  • Wave blaster.
  • Family swinger.
  • Komedi putar.
  • Kereta wisata

Untuk fasilitas yang bisa Anda dapat di Riau Fantasi ini diantaranya yaitu: musholla, toilet, gazebo, kafetaria dan free Wi-Fi.

Danau Lembah Sari

19%2BTempat%2BWisata%2BTerbaik%2BDi%2BPekanbaru%2BDanau%2BLembah%2BSari 19 Tempat Wisata Terbaik Di Pekanbaru
Danau Lembah Sari
Danau Lembah Sari merupakan danau indah buatan yang terletak di Desa Limbungan, 10 km dari Kota Pekanbaru. Danau ini dulunya sebelum dijadikan sebagai danau tempat wisata, adalah bendungan irigasi untuk mengairi sawah-sawah warga.
Danau ini selain dikelilingi bukit, juga terdapat banyak pepohonan dan mempunyai udara yang sejuk. Sehingga cocok digunakan untuk piknik keluarga. Ada fasilitas tambahan yang tersedia untuk mengelilingi danau berupa sepeda air dan perahu dayung.

Kebun Binatang Sang Kulim

19%2BTempat%2BWisata%2BTerbaik%2BDi%2BPekanbaru%2BKebun%2BBinatang%2BSang%2BKulim 19 Tempat Wisata Terbaik Di Pekanbaru
Kebun Binatang Sang Kulim
Kebun Binatang Sang Kulim mempunyai luas sekitar 10 ha yang kolseksi hewannya meliputi landak, burung, ular, monyet dan masih banyak lagi. Anda cukup merogoh kocek Rp. 20.000,- bagi pengunjung dewasa dan Rp. 10.000,- bagi pengunjung anak-anak untuk bisa masuk ke Kebun Binatang ini.
Jika sedang beruntung, Anda bisa menaiki gajah dengan tarif per 10 menit Rp. 10.000,-

Istana Siak Sri Indrapura

19%2BTempat%2BWisata%2BTerbaik%2BDi%2BPekanbaru%2BIstana%2BSiak%2BSri%2BIndrapura 19 Tempat Wisata Terbaik Di Pekanbaru
Istana Siak Sri Indrapura
Untuk bisa masuk dan melihatlihat koleksi di Istana Siak ini Anda cukup merogoh kocek Rp. 3000,- dan diharuskan melepas alas kaki agar tidak merusak lantai granit di dalam istana.
Istana Siak (disebut juga Istana Asherayah Al Hasyimiyah) menjadi pusat pemerintahan Kesultanan Siak pada masa lampau, dimana Kesultanan Siak merupakan sebuah kerajaan Islam paling besar di Riau abad ke-16 sampai abad ke-20.
Dibangun pada tahun 1889 oleh Sultan Syarif Hasyim Abdul Jalil Syaifudin dan mengadopsi gaya arsitektur Arab, Melayu dan Eropa. Lantai pertama berisikan koleksi kerajaan diantaranya patung perunggu Ratu Wilhelmina dan patung Sultan Syarif Hasyim 1 dari batu pualam bertabur berlian.
Sedangkan di lantai 2 Anda bisa melihat kolseksi senjata pusaka sang sultan. Terdapat juga lukisan Napoleon Bonaparte yang didatangkan langsung khusus dari Perancis.

Taman Alam Mayang

19%2BTempat%2BWisata%2BTerbaik%2BDi%2BPekanbaru%2BTaman%2BAlam%2BMayang 19 Tempat Wisata Terbaik Di Pekanbaru
Taman Alam Mayang
Harga tiket masuk taman ini Rp. 20.000,- dan mempunyai jam buka mulai dari pukul 08:00 sampai 18:00.
Taman dengan konsep terbuka ini menjadi taman favorit tujuan keluarga ketika akhir pekan tiba. Taman ini juga mempunyai udara yang sejuk dan dikelilingi oleh perbukitan. Anda juga bisa dengan jelas melihat Jembatan Leighton yang juga melintasi Sungai Siak.
Karena di taman ini juga tersedia 3 buah kolam khusus untuk memancing, tak heran jika tempat ini juga sering dijadikan tempat pertandingan memancing. Fasilitas lain yang bisa Anda nikmati adalah outbond, flying fox, bola air raksasa, sepeda air, arena mandi bola, studio film 3D dan arena bermain anak.

Masjid Agung An Nur

19%2BTempat%2BWisata%2BTerbaik%2BDi%2BPekanbaru%2BMasjid%2BAgung%2BAn%2BNur 19 Tempat Wisata Terbaik Di Pekanbaru
Masjid Agung An Nur
Masjid Agung An Nur merupakan salah satu objek wisata religi yang wajib dikunjungi. Dengan megadopsi perpaduan arsitektur Arab, Melayu, Turki dan India, membuat masjid ini tampak megah, gagah dan eksotis.
Masjid ini juga dikenal dengan sebutan “Taj Mahal-nya” Pekanbaru. Keindahan masjid ini diperlengkap dengan adanya kolam di depan masjid dan bangunan masjidnya didominasi warna hijau.
Masjid ini tersusun 3 lantai yang mampu menampung jamaah sebanyak 4.500 orang, yang memiliki jumlah kubah sebanyak 5 dan 4 menara yang mengelilinginya. Disediakan juga fasilitas free Wi-Fi disini.

Masjid Senapelan

19%2BTempat%2BWisata%2BTerbaik%2BDi%2BPekanbaru%2BMasjid%2BSenapelan 19 Tempat Wisata Terbaik Di Pekanbaru
Masjid Senapelan
Masjid Senapelan adalah masjid peninggalan Kesultanan Siak. Masjid Senapelan ini populer juga dengan sebutan Masjid Raya Pekanbaru. Masjid yang dibangun sejak tahun 1762 ini disebut-sebut sebagai masjid tertua di Riau.
Masjid ini memiliki dominan warna kuning dan mempunyai kubah besar. Saat ini ukuran masjid mencapai 60 x 80 meter.

Perpustakaan Soeman H.S

19%2BTempat%2BWisata%2BTerbaik%2BDi%2BPekanbaru%2BPerpustakaan%2BSoeman%2BH.S 19 Tempat Wisata Terbaik Di Pekanbaru
Perpustakaan Soeman H.S
Berlokasi di Jalan Jendral Sudirman No. 462 Pekanbaru, menjadikan Perpustakaan Soeman H.S ini ramai dikunjungi sebagai wisata edukasi untuk anak-anak maupun dewasa. Bahkan Anda tidak dipungut biaya sepeser pun untuk masuk kesini. Jam buka hari Snin – Jum’at pukul 08:00 – 17:00 dan Sabtu – Minggu pukul 09:00 – 14:00.
Terdiri dari 6 lantai yang mempunyai fasilitas kafe, kantin, musholla, auditorium sampai ruang pertemuan. Bahkan Anda tidak diharuskan mempunyai kartu anggota untuk bisa membaca buku-buku disini. Setiap ruang baca juga dilengkapi AC dan free wi-Fi.

Pusat Oleh-Oleh Dekranasa

19%2BTempat%2BWisata%2BTerbaik%2BDi%2BPekanbaru%2BPusat%2BOleh Oleh%2BDekranasa 19 Tempat Wisata Terbaik Di Pekanbaru
Pusat Oleh-Oleh Dekranasa
Selain wisata alam, religi dan edukasi yang bisa Anda kunjungi di Pekanbaru, Anda juga bisa dipuaskan oleh wisata belanja oleh-oleh, khususnya di Dekranasa (Dewan Kerajinan Nasional Daerah).
Berbagai macam oleh-oleh khas Pekanbaru bisa Anda jumpai seperti songket, batik, tenun, dan aneka kerajinan yang terbuat dari kayu khas Melayu.

Pasar Bawah

19%2BTempat%2BWisata%2BTerbaik%2BDi%2BPekanbaru%2BPasar%2BBawah 19 Tempat Wisata Terbaik Di Pekanbaru
Pasar Bawah
Selain di Dekranasa, Anda juga bisa berbelanja di salah satu pasar tersohor dan pasar tradisional tertua di Pekanbaru. Pasar Bawah namanya. Bahkan pasar ini dijadikan ikon kota Pekanbaru. Pasar ini mempunyai jumlah lantai 4 tingkat. Bangunan pasar diadopsi dari arsitektur Tionghoa dan Melayu.
Di pasar ini Anda bisa menemukan karpet dari Timur Tengah, keramik dariCina, barang elektronik second dari Malaysia dan Singapura, camilan lempuk durian, dodol kedondong, ikan salai, bahkan cokelat dan permen khas negeri tetangga.

Air Terjun Aek Martua

19%2BTempat%2BWisata%2BTerbaik%2BDi%2BPekanbaru%2BAir%2BTerjun%2BAek%2BMartua 19 Tempat Wisata Terbaik Di Pekanbaru
Air Terjun Aek Martua
Disebut juga dengan Air Terjun Tangga Seribu. Karena air terjun yang berlokasi di Desa Tangun, Kecamatan Bangun Purba, Kabupaten Hulu Rokan Provinsi Riau ini mempunyai 3 tingkatan yang [ada setiap tingkatannya mempunyai ketinggian dan ukuran yang berbeda.

Museum Sang Nila Utama

19%2BTempat%2BWisata%2BTerbaik%2BDi%2BPekanbaru%2BMuseum%2BSang%2BNila%2BUtama 19 Tempat Wisata Terbaik Di Pekanbaru
Museum Sang Nila Utama
Museum Sang Nila Utama yang berlokasi di Jalan Jendral Sudirman, Pekanbaru iini berisikan peninggalan sejarah, seni dan kerajinan. Koleksi benda-benda tersebut berupa pakaian adat, berbagai alat musik, alat permainan rakyat seperti gasing dan benda-benda lain.

Air Terjun Guruh Gemurai

19%2BTempat%2BWisata%2BTerbaik%2BDi%2BPekanbaru%2BAir%2BTerjun%2BGuruh%2BGemurai 19 Tempat Wisata Terbaik Di Pekanbaru
Air Terjun Guruh Gemurai
Air terjun ini berada di Kabupaten Kuantan Singingi. Air terjun ini selain mempunyai suara yang berguruh (sesuai namanya), juga memiliki 2 aliran. Pemandangan disini juga sangat menarik. Air terjun ini bisa Anda jadikan alternatif tambahan selain Anda mengunjungi Air Terjun Aek Mertua.

Anjungan Seni Idrus Tintin

19%2BTempat%2BWisata%2BTerbaik%2BDi%2BPekanbaru%2BAnjungan%2BSeni%2BIdrus%2BTintin 19 Tempat Wisata Terbaik Di Pekanbaru
Anjungan Seni Idrus Tintin
Anjungan Seni Idrus Tintin ini merupakan salah satu tempat yang disediakan bagi pecinta karya seni. Gedung seni ini tersusun atas 3 lantai, dan mempunyai desain interior dalam yang tak kalah menarik daripada desain eksterior.

Taman Hutan Raya Sultan Syarif Kasim

19%2BTempat%2BWisata%2BTerbaik%2BDi%2BPekanbaru%2BTaman%2BHutan%2BRaya%2BSultan%2BSyarif%2BKasim 19 Tempat Wisata Terbaik Di Pekanbaru
Taman Hutan Raya Sultan Syarif Kasim
Taman yang berjarak 23 km dari Pekanbaru ini terlihat sepi dengan jalananmenurun. Akan tetapi ketika Anda masuk lebih dalam, Anda akan menemukan banyak orang yang sedang berlibur disana dan menikmati suasana yang tenteram dan tenang.

Wisata Desa Okura

19%2BTempat%2BWisata%2BTerbaik%2BDi%2BPekanbaru%2BWisata%2BDesa%2BOkura 19 Tempat Wisata Terbaik Di Pekanbaru
Wisata Desa Okura
Desa Okura, atau lebih tepatnya Kecamatan Okura, menyuguhkan wisata alam lain dalam bentuk desa. Desa Okura juga dikenal dengan kawasan agrowisata yang mempunyai tumbuhan produktif. Selain itu, Desa Okura juga dijadikan sebagai tempat memancing.

Sungai Kampar

19%2BTempat%2BWisata%2BTerbaik%2BDi%2BPekanbaru%2BSungai%2BKampar 19 Tempat Wisata Terbaik Di Pekanbaru
Sungai Kampar
Terletak di Desa Teluk Meranti, Sungai Kampar ini terkenal akan selancar sungainya. Anda bisa dengan mudah melihat dan mendengar deru ombak cukup keras dengan kecepatan sekitar 40 km per jam.
Anda sebaknya sangat berhati-hati karena selain gelombang yang ada di sungai mempunyai sifat yang berbeda daripada gelombang di laut, di tepi sungai juga terdapat buaya dan ular.
Anda juga bisa menjelajahi pedesaan menggunakan sepeda motor jika Anda kurang menyukai berselancar di desa setelah melewati Teluk Meranti.

Wisata Kuliner Rumah Makan Baung

19%2BTempat%2BWisata%2BTerbaik%2BDi%2BPekanbaru%2BWisata%2BKuliner%2BRumah%2BMakan%2BBaung 19 Tempat Wisata Terbaik Di Pekanbaru
Wisata Kuliner Rumah Makan Baung
Setelah Anda berwisata berkeliling Pekanbaru tentu merasa lapar bukan? Wisata kuliner jawabannya. Sayang sekali jika Anda tidak mencicipi masakan-masakan khas kota Pekanbaru.
Misalnya wisata kuliner yang disuguhkan oleh Rumah Makan Baung dengan menu andalannya gulai ikan baung. Rumah makan ini berlokasi di Jalan Sekolah Ujung.

Wisata Kuliner Sup Tunjang Tri Buana

19%2BTempat%2BWisata%2BTerbaik%2BDi%2BPekanbaru%2BWisata%2BKuliner%2BSup%2BTunjang%2BTri%2BBuana 19 Tempat Wisata Terbaik Di Pekanbaru
Wisata Kuliner Sup Tunjang Tri Buana
Selain menyantap nikmatnya gulai ikan baung di Rumah Makan Baung, Anda juga harus mencoba SupTunjang yang disediakan di rumah makan yang berada di Jalan Diponegoro, kawasan Gor Tri Buana. Sup Tunjang di daerah ini memang terkenal yang paling enak di Pekanbaru. Anda ingin mencobanya?
Demikian beberapa informasi mengenai wisata apa saja yang dapat Anda kunjungi di Kota Pekanbaru. Apakah Anda tertarik untuk berkunjung kesana?

The following two tabs change content below.
%name 19 Tempat Wisata Terbaik Di Pekanbaru
Saya bekerja di sebuah perusahaan marine servoce di Batam Indonesia. Kegiatan sehari-hari selain rutinitas di perusahaan juga di bidang internet marketing, blogging, writing dan traveling. Web adalah tempat saya berbagi.