19 Tempat Wisata Menarik di Jogja yang Tidak Boleh Terlewatkan Saat Liburan

Diposting pada

Tempat wisata menarik di Jogja yang tidak boleh terlewatkan saat liburan merupakan beberapa spot terbaik untuk menikmati keindahan alam dan santai sejenak dari rutinitas pekerjaan. Jogja yang dikenal sebagai salah satu kota wisata ini, memang tidak ada henti-hentinya dalam memanjakan wisatawan. Begitu mengunjungi Jogja, anda bisa menjelajahi aneka tempat wisata yang sangat menarik dan wajib dikunjungi.

Apalagi kehadiran tempat wisata Jogja terbaru yang akhir-akhir ini sedang ramai dibincangkan oleh wisatawan. Hal tersebut semakin membuat Yogyakarta menjadi kota tujuan wisata. Tanpa banyak basa-basi lagi, langsung saja disimak daftar tempat wisata menarik di Jogja yang tidak boleh terlewatkan saat liburan berikut ini.

Tempat%2BWisata%2BMenarik%2Bdi%2BJogja 19 Tempat Wisata Menarik di Jogja yang Tidak Boleh Terlewatkan Saat Liburan
19 Tempat Wisata Menarik di Jogja yang Tidak Boleh Terlewatkan Saat Liburan

Tempat Wisata Menarik di Jogja

Tempat Wisata Menarik di Jogja pertama :

1. Bukit Isis

Tempat%2BWisata%2BMenarik%2Bdi%2BJogja%2BBukit%2BIsis 19 Tempat Wisata Menarik di Jogja yang Tidak Boleh Terlewatkan Saat Liburan
Bukit Isis

Bukit Isis merupakan tempat wisata menarik di Jogja yang sekarang ini sedang hits dikalangan wisatawan. Bukit Isis terletak di Desa Nglinggo, Pagerharjo, Samigaluh, Kulon Progo. Untuk memasuki objek wisata ini,  anda harus membayar tiket sebesar Rp. 3.000 yang tergolong sangat murah.

Begitu anda sampai dilokasi, hamparan kebun teh dan pepohonan hijau sepanjang pegunungan menoreh sudah siap menyambut anda dengan keindahannya. Udara sejuk dan segar khas pegunungan juga langsung menerpa anda yang akan membuat fikiran menjadi fresh. Tak heran jika Bukit Isis sangat cocok dikunjungi saat liburan.

Tempat Wisata Menarik di Jogja kedua :

2. Blue Lagoon Jogja

Tempat%2BWisata%2BMenarik%2Bdi%2BJogja%2BBlue%2BLagoon%2BJogja 19 Tempat Wisata Menarik di Jogja yang Tidak Boleh Terlewatkan Saat Liburan
Blue Lagoon Jogja

Ini dia tempat wisata menarik di Jogja yang tak pernah luput dari wisatawan, namanya adalah Pemandian Tirta Budi atau lebih populer dengan sebutan Blue Lagoon. Blue Lagon terletak di Desa Dalem, Widodomartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta.

Lokasi dari Blue Lagoon tidaklah sulit untuk ditemukan. Dari pusat kota Jogja,  anda cukup berkendara ke arah Utara menuju Jalan Kaliurang. Airnya yang segar dan masih alami, dipercaya mampu membuat tubuh anda bugar lagi.  Banyak wisatawan yang loncat dari ketinggian ke dalam Blue Lagoon untuk sekedar memacu adrenalin.

Tempat Wisata Menarik di Jogja ketiga :

3. Bukit Panguk

Tempat%2BWisata%2BMenarik%2Bdi%2BJogja%2BBukit%2BPanguk 19 Tempat Wisata Menarik di Jogja yang Tidak Boleh Terlewatkan Saat Liburan
Bukit Panguk

Jika Blue Lagoon terkenal akan keindahan dan kesegaran airnya, akan tetapi Bukit Panguk terkenal berkat keindahan sunrise yang begitu menakjubkan. Tempat wisata menarik di Jogja kali ini benar-benar sayang untuk dilewatkan,  terutama bagi pecinta keindahan matahari terbit.

Dari Bukit Pangguk anda bisa menanti terbitnya sang surya,  ditemani udara dingin pagi hari dan secangkir kopi. Eksotisme Bukit Panguk memang harus diabadikan oleh lensa kamera anda,  setiap momennya begitu berharga terutama saat sang surya menampakkan dirinya. Bukit Panguk terletak di Kediwung, Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta.

Tempat Wisata Menarik di Jogja Keempat :

4. Gumuk Pasir Parangkusumo

Tempat%2BWisata%2BMenarik%2Bdi%2BJogja%2BGumuk%2BPasir%2BParangkusumo 19 Tempat Wisata Menarik di Jogja yang Tidak Boleh Terlewatkan Saat Liburan
Gumuk Pasir Parangkusumo

Bagi anda pecinta olahraga sandboarding atau selancar pasir, maka wajib banget untuk datang berkunjung ke Gumuk Pasir Parangkusomo. Salah satu tempat wisata menarik di Jogja ini menawarkan panorama dan suasana padang pasir layaknya di Benua Afrika.

Baca juga  4 Tempat Wisata Eksotis Di Papua Selain Raja Ampat

Gumuk Pasir Parangkusomo terletak di Desa Parangkusumo, Kretek, Bantul. Bagaimana, apakah anda ingin mengunjungi Gunung Pasir Parangkusumo untuk memacu adrenalin dengan mencoba serunya sandboarding?.

Tempat Wisata Menarik di Jogja kelima :

5. Embung Nglanggeran

Tempat%2BWisata%2BMenarik%2Bdi%2BJogja%2BEmbung%2BNglanggeran 19 Tempat Wisata Menarik di Jogja yang Tidak Boleh Terlewatkan Saat Liburan
Embung Nglanggeran

Nampaknya tempat wisata menarik di Jogjakarta tak mau puas dalam menyajikan panorama alam indah bagi wisatawan, buktinya saja Embung Nglanggeran hadir untuk anda. Agar anda bisa mengeksplorasi keindahannya,  maka dibutuhkan perjalanan menuruni anak tangga berkelok-kelok.

Keindahan alam yang tersedia berupa telaga buatan indah nan cantik serta gugusan batu raksasa yang eksotis.  Batu karang ini membentuk Gunung Api Purba Nglanggeran. Tak hanya itu saja, Embung Nglanggeran yang menawarkan eksotisme alam memukau sangatlah cocok dijadikan spot foto selfie.

Tempat Wisata Menarik di Jogja keenam :

6. Puncak Becici

Tempat%2BWisata%2BMenarik%2Bdi%2BJogja%2BPuncak%2BBecici 19 Tempat Wisata Menarik di Jogja yang Tidak Boleh Terlewatkan Saat Liburan
Puncak Becici

Puncak Becici adalah tempat wisata menarik di Jogja yang masih termasuk kawasan resort pengelolaan hutan. Sehingga, keindahan yang akan anda nikmati berupa jajaran pohon pinus yang tumbuh lebat di perbukitan. Udara sejuk ala hutan pinus langsung terasa begitu menginjakkan kaki di lokasi.

Puncak Becici terletak di Gunungcilik RT. 02/ RW. 02, Muntuk, Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Jika anda adalah pemburu spot foto kekinian, maka Puncak Beici wajib banget untuk anda singgahi.

Tempat Wisata Menarik di Jogja Ketujuh :

7. Taman Tebing Breksi

Tempat%2BWisata%2BMenarik%2Bdi%2BJogja%2BTaman%2BTebing%2BBreksi 19 Tempat Wisata Menarik di Jogja yang Tidak Boleh Terlewatkan Saat Liburan
Taman Tebing Breksi

Dekat dengan lokasi Candi Prambanan, terdapat sebuah tebing alami yang unik dan menakjubkan. Ya, Taman Tebing Breksi adalah salah satu tempat wisata menarik di Jogja yang harus anda kunjungi. Tebing ini mempunyai sebuah ukiran berbentuk naga yang sering dijadikan spot foto oleh kaula muda.

Taman Tebing Breksi terletak di Desa Sambirejo, Sleman, Yogyakarta. Setiap akhir pekan tiba, Taman Tebing Breksi ini tidak pernah sepi dari kunjungan wistawan khusunya kaula muda.

Tempat Wisata Menarik di Jogja kedelapan :

8. Bukit Kosakora Gunung kidul

Tempat%2BWisata%2BMenarik%2Bdi%2BJogja%2BBukit%2BKosakora%2BGunung%2Bkidul 19 Tempat Wisata Menarik di Jogja yang Tidak Boleh Terlewatkan Saat Liburan
Bukit Kosakora Gunung kidul

Ingin menikmati eksotisme alam dengan lansscape laut lepas, maka bukit Kosakora Gunung Kidul wajib masuk dalam daftar kunjungan. Untuk menikmati alam sekitar dari ketinggian,  anda tidak perlu menguras banyak tenaga karena bukit ini hanya memiliki ketinggian 50 meter saja.

Meskipun tidak terlalu tinggi, namun pesona keindahan di alam sekitar benar-benar mengagumkan. Menyaksikan sunset bersama pasangan juga menjadi aktivitas favorit wisatawan saat berkunjung ke Bukit Kosakora Gunung Kidul.

Tempat Wisata Menarik di Jogja kesembilan :

9. Pantai Ngetun

Tempat%2BWisata%2BMenarik%2Bdi%2BJogja%2BPantai%2BNgetun 19 Tempat Wisata Menarik di Jogja yang Tidak Boleh Terlewatkan Saat Liburan
Pantai Ngetun

Tempat wisata menarik di Jogja selanjutnya menawarkan sebuah pantai pasir putih dengan hiasan tebing bebatuan yang mempesona. Suasana alam dan keindahannya masih alami karena belum banyak dijamah oleh wisatawan, bersantai di Pantai Ngetun juga sangat cocok.

Semilir angin pantai dengan suara deburan ombak yang khas,  menjadikan kita betah berlama-lama di Pantai Ngetun ini. Pantai ngetun terletak di Dusun Sureng, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Bagi pemburu pantai perawan,  tempat wisata menarik di Jogja ini harus dikunjungi.

Baca juga  14 Tempat Wisata Anak di Jogja Terbaru 2017 yang Paling Seru Untuk Dikunjungi

Tempat Wisata Menarik di Jogja kesepuluh :

10. Telaga Biru Semin

Tempat%2BWisata%2BMenarik%2Bdi%2BJogja%2BTelaga%2BBiru%2BSemin 19 Tempat Wisata Menarik di Jogja yang Tidak Boleh Terlewatkan Saat Liburan
Telaga Biru Semin

Telaga Biru Semin adalah tempat wisata menarik di Jogja yang dulunya merupakan galian tambang batu. Seiring berjalannya waktu,  galian ini dipenuhi oleh air sehingga membentuk deretan embug indah. Begitu sampai dilokasi, anda bisa menyaksikan keindahan yang cukup memanjakan mata.

Genangan air dengan bebatuan besar disekelilingnya terlihat indah,  apalagi deretan pepohonan sekitar semakin memanjakan wisatawan. Telaga Biru Semin terletak di puncak bukit Ngentak, Candi Rejo, Samin, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

11. Pantai Sarangan

Tempat%2BWisata%2BMenarik%2Bdi%2BJogja%2BPantai%2BSarangan 19 Tempat Wisata Menarik di Jogja yang Tidak Boleh Terlewatkan Saat Liburan
Pantai Sarangan

Bagi anda pemburu keindahan wisata pantai di Jogja, maka jangan sampai melewatkan Pantai Sarangan. Pantai Sarangan memang terlihat seperti teluk kecil dengan garis tepi pantai relative pendek,  panjangnya kira-kira hanya 200 meter saja.

Meskipun bentuknya tidak terlalu mewah, namun anda tak usah meragukan keindahan tempat wisata menarik di Jogja ini. Di bagian kiri dan kanan anda bisa melihat tebing batu eksotis, tebing ini menjadi pembatas dengan Pantai Krakal.

Hamparan pasir putih,  angin sepoi-sepoi khas pantai dan keindahan laut yang asri sudah siap untuk anda eksplorasi disaat liburan nanti.

12. Embung Batara Sriten

Tempat%2BWisata%2BMenarik%2Bdi%2BJogja%2BEmbung%2BBatara%2BSriten 19 Tempat Wisata Menarik di Jogja yang Tidak Boleh Terlewatkan Saat Liburan
Embung Batara Sriten

Embung Batara Sriten tergolong sebagai tempat wisata terbaru di Jogja karena belum lama diresmikan pada tahun 2015 silam. Embung Batara Sriten terletak di Dusun Sriten, Desa Pilangrejo, Kecamatan Nglipar, Gunungkidul. Keindahan yang ditawarkannya tidak kalah eksotis dengan daerah lain.

Memandang pesona sunset di sore hari sambil ditemani oleh tenangnya suasana sekitar, merupakan kombinasi yang pas dan menjadi andalan utama dari Embung Bataran Sriten.

13. Pantai Kayu Arum

Tempat%2BWisata%2BMenarik%2Bdi%2BJogja%2BPantai%2BKayu%2BArum 19 Tempat Wisata Menarik di Jogja yang Tidak Boleh Terlewatkan Saat Liburan
Pantai Kayu Arum

Pantai Kayu Arum adalah salah satu pantai dengan keindahan yang menakjubkan. Panorama dipantai ini terlihat begitu adem karena dikelilingi oleh tumbuhan hijau dan batu karang cantik. Bebatuan karang disini tertata dengan rapi sehingga menyempurnakan pantai berpasir putih ini.

Keindahan dan eksotisme Pantai Kayu Arum ini sayangnya masih belum terdengar oleh wisatawan lokal dan mancanegara. Sehingga suasananya sepi, tenang dan sangat nyaman untuk bersantai.

Lokasinya yang cukup terjal dan sulit dijangkau,  mungkin menjadi alasan utama mengapa tempat wisata menarik di Jogja ini masih sepi dari wisatawan.

14. Goa Jomblang

Tempat%2BWisata%2BMenarik%2Bdi%2BJogja%2BGoa%2BJomblang 19 Tempat Wisata Menarik di Jogja yang Tidak Boleh Terlewatkan Saat Liburan
Goa Jomblang

Mengaku sebagai pecinta tantangan, maka tempat wisata menarik di Jogja ini bisa anda coba telusuri. Goa Jomblang adalah salah satu goa populer di kawasan Gunungkidul. Salah satu daya tariknya yaitu menyaksikan cahaya surga yang eksotis dari dalam gua.

Cahaya matahari yang menerobos masuk ke dalam gua menjadi spot foto terbaik yang banyak diburu wisatawan.

15. Pantai Watu Kodok

Tempat%2BWisata%2BMenarik%2Bdi%2BJogja%2BPantai%2BWatu%2BKodok 19 Tempat Wisata Menarik di Jogja yang Tidak Boleh Terlewatkan Saat Liburan
Pantai Watu Kodok

Berkunjung ke Pantai Watu Kodok yang eksotis dan masih perawan,  bisa menjadi pilihan liburan yang tidak boleh terlewatkan. Pantai eksotis nan indah ini masih belum banyak dikunjungi wisatawan dan tergolong sebagai tempat wisata baru.

Baca juga  Pantai Nglambor, Tempat Paling Seru Untuk Snorkeling di Pesisir Gunung Kidul

Keindahan yang ditawarkannya tidak kalah eksotis dengan beebrapa pantai lain di Gunung Kidul. Icon utama dari tempat wisata menarik di Jogja ini adalah sebuah batu karang tajam yang berbentuk menyerupai kodok.  Batu ini menjadi alasan mengapa pantai indah ini dinamakan Watu Kodok.

16. Gunung Api Purba Nglanggeran

Tempat%2BWisata%2BMenarik%2Bdi%2BJogja%2BGunung%2BApi%2BPurba%2BNglanggeran 19 Tempat Wisata Menarik di Jogja yang Tidak Boleh Terlewatkan Saat Liburan
Gunung Api Purba Nglanggeran

Tempat wisata menarik di Jogja selanjutnya adalah Gunung Api Purba Nglanggeran yang tersusun dari material vulkanik tua. Gunung Api Purba Nglanggeran memiliki tebing indah yang sangat eksotis dan menjulang tinggi.  Dari sini,  anda dapat menyaksikan panorama alam sekitar yang menyejukkan mata.

Udara segar nan menyejukkan bisa langsung anda rasakan begitu menginjakkan kaki di Gunung Api Purba Nglanggeran. Menyaksikan panorama sunset di sore hari adalah kegiatan yang seru untuk dilakukan.  Dengan mengunjungi Gunung Api Purba Nglanggeran, maka anda bisa semakin menyatu dengan alam.

17. Hutan Wanagama

Tempat%2BWisata%2BMenarik%2Bdi%2BJogja%2BHutan%2BWanagama 19 Tempat Wisata Menarik di Jogja yang Tidak Boleh Terlewatkan Saat Liburan
Hutan Wanagama

Pergi liburan ke Hutan Wanagama hukumnya wajib dilakukan jika anda sedang singgah di kota Jogja. Hutan Wanagama merupakan kawasan wisata yang dipenuhi aneka tumbuhan yang hidup dengan rindang dan lebat. Tak ketinggalan, ada juga beragam kekayaan hayati yang menjadi penghuninya.

Mengelilingi Hutan Wanagama akan membuat tubuh anda segar dan otak fresh.  Udara sejuk bebas polusi dan panorma alam hijau bebas dari kendaraan,  adalah sajian utama dari tempat wisata menarik di Jogja ini.

18. Pantai Wediombo

Tempat%2BWisata%2BMenarik%2Bdi%2BJogja%2BPantai%2BWediombo 19 Tempat Wisata Menarik di Jogja yang Tidak Boleh Terlewatkan Saat Liburan
Pantai Wediombo

Pantai Wediombo adalah tempat wisata menarik di Jogja yang sangat cocok untuk bersantai dan menyingkir sejenak dari beratnya rutinitas pekerjaan harian yang sudah cukup membuat stress. Suasana Pantai Wediombo yang tenang menjadikan tubuh anda rehat sejenak dan memulihkan tenaga.

Panorama alam cantik dengan semilir angin pantai dan hamparan pasir putih, sudah siap menjadi tempat refreshing yang menyenangkan bagi anda sekeluarga. Menyaksikan fenomena sunset yang indah nan menggoda, menjadi menu penutup yang sangat menyenangkan. Begitu pulang dari Pantai Wediombo, pikiran menjadi fresh dan tubuh bugar kembali.

19. Wisata Alam Kalibiru

Tempat%2BWisata%2BMenarik%2Bdi%2BJogja%2BWisata%2BAlam%2BKalibiru 19 Tempat Wisata Menarik di Jogja yang Tidak Boleh Terlewatkan Saat Liburan
Wisata Alam Kalibiru

Wisata Alam Kalibiru akhir-akhir ini sedang ramai diperbincangkan oleh wisatawan berkat keindahannya yang memukau. Kepopuleran tempat wisata menarik di Jogja ini langsung melejit begitu saja, seiring dengan banyaknya foto netizen ang berlatarbelakang Kalibiru.

Wisata Alam Kalibiru berlokasi di jalan Waduk Sermo, Kalibiru, Hargowilis, Kokap, Kulon Progo, Yogyakarta. Menjadikan Kalibiru sebagai tujuan wisata saat liburan hukumnya adalah wajib. Anda bisa menikmati indahnya panorama alam yang tiada duanya sembarui foto narsis di sini.

Demikianlah 19 tempat wisata menarik di Jogja yang tidak boleh terlewatkan saat liburan. Silahkan pilih destinasi wisata mana yang akan anda singgahi nanti. Berlibur ke Jogja memang memberikan pengalaman seru yang begitu menyenangkan.