12 Tempat Wisata Di Jakarta Yang Paling Pas Untuk Menikmati Liburan

Diposting pada

Tempat wisata di Jakarta yang paling pas untuk menikmati liburan terdiri dari berbagai macam pilihan yang sangat seru dan menyenangkan. Mulai dari wisata pantai, pulau eksotis sampai dengan bangunan-bangunan moderen. Semua tersedia secara lengkap di Ibu Kota Indonesia ini.

Kehadiran tempat wisata di Jakarta ini seakan-akan menjadi angin segar bagi semua penduduknya.Mereka bisa lari sejenak dari berbagai tuntutan kehidupan di Jakarta yang sangat keras dan melelahkan.Tidak hanya itu saja, tempat wisata di Jakarta juga menjadi salah satu favorit warga-warga sekitarnya.

Na, apakah anda sudah penasaran dengan deretan tempat wisata di Jakarta yang paling pas untuk menikmati liburan? Langsung saja disimak ulasan lengkapnya berikut ini.

Tempat Wisata Di Jakarta

1. Tugu Monas (Monumen Nasional)

Bagi anda yang sedang mencari tempat wisata di Jakarta murah meriah, maka Monas adalah pilihan terbaiknya. ANda bisa mendapatkan sensasi liburanseru dengan budget yang terjangkau. Cukup membayar Rp. 2.000 untuk anak-anak, Rp. 5.000 untuk dewasa dan Rp. 3.000 untuk mahasiswa, maka anda sudah bisa puas mengelilingi ikon kota Jakarta ini.

Monas merupakan monumen peringatan dengan tinggi mencapai 433 kaki atau 132 meter.Bangunan ini didirikan untuk mengenang perjuangan dan perlawanan rakyat Indonesia dalam merebut kemerdekaan dari tangan kekuasaan kolonial Hindia Belanda. Monumen ini didirikan oleh Presiden Soekarno. Di bagian atasnya, anda bisa melihat lidah api yang berbalut lembaran emas.

Menjadi salah satu tempat wisata di Jakarta paling populer, sehingga tidak heran apabila monumen ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Baik wisatawan lokal ataupun mancanegara. Monumen yang sekarang menjadi kebanggaan Indonesia ini ternyata diarsiteki oleh R. M Soedarsono dan Friedrich Silaban. Buka setiap hari mulai jam 08.00-03.00.Monumen ini sudah menunggu kedatangan anda sekeluarga.

Di bagian dasat atau kedalaman 3 meter, anda bisa menemukan Museum Sejarah Nasional Indonesia. Museum tersebut memiliki ukuran 80×80 meter. Dengan ukurannya yang besar, museum tersebut mampu menampung hingga 500 pengunjung.

Fasilitas yang ada di Monas tidak cukup sampai disitu saja. Anda pun juga bisa menemukan sebuah lift. Lift ini akan menghantarkan anda menuju puncak Monas dengan ketinggiannya mencapai 115 meter. Cukup membayar Rp. 10.000 untuk dewasa dan Rp. 5.000 untuk mahasiswa.

Meskipun demikian, anda pun harus mau mengantri saat ingin menuju ke puncaknya. Pasalnya lift ini hanya mampu menampung 11 orang dan plataran uncaknya hanya bisa menampung 50 orang saja.

2. Taman Mini Indonesia Indah

Salah satu tempat wisata di Jakarta ini pastinya sudah sangat familiar ditelinga anda. Semua orang pastinya juga pernah mendengar yang namanya TMII.Selain warga Jakarta, ternyata banyak juga wisatawan dari kota lain yang menyukai TMII ini.Biasanya yang mengunjungi TMII adalah satu keluarga yang sedang liburan.Tak jarang pula anak-anak muda menyempatkan diri untuk datang berkunjung.

Di sini anda bisa melihat miniatur negara Indonesa. Di dalamnya terdapat banyak sekali aneka budaya,agama,seni, dan adat dari masing-masing daerah di Indonesia. Sehingga anda tidak perlu jauh-jauh ke Papua apabila ingin menikmati keragaman budaya di sana, anda pun juga tidak perlu jauh-jauh ke Kalimantan untuk menyaksikan budaya-budayanya. Karena di sini semua sudah tersedia. Anda bisa berwisata sekaligus belajar mengenai keragaman yang dimiliki Indonesia. Sangat menarik bukan?.

Tidak cukup sampai disitu saja, anda dan keluarga juga bisa menikmati wahana lain yang tersedia di Taman Mini Indonesia Indah ini.Sebut saja Taman Among Puro,Kolam Renang Snow Bay,Kereta Gantung,Taman Ria Atmaja dan masih banyak lagi wahana yang lainnya.

3. Ancol Dreamland

Jika dulunya tempat wisata di jakarta yang satu ini dikenal dengan nama Taman Impian Jaya Ancol, namun untuk sekarang ia lebih populer dengan nama Ancol Dreamland.Tempat wisata ini memang layak disebut sebagai icon wisata di Jakarta karena setiap harinya ia selalu dikunjungi ribuan wisatawan lokal dan mancanegara.

Baca juga  Keindahan Alam Wisata Labuan Bajo Bumi Flores

Tidak jauh berbeda dengan TMII, Ancol Dreamland merupakan tempat wisata favorit bagi keluarga.Setiap harinya ada banyak keluarga yang menyempatkan diri ke sini.Letaknya yang strategis, menjadikan Ancol Dreamland semakin banyak diminati oleh wisatawan.

Namanya juga tempat wisata untuk keluarga,sudah pasti wahana yang ditawarkannya sangat cocok untuk segala usia.Diantaranya adalah Dunia Fantasi,Gelanggang Samudera, dan Sea World.Semua wahana ini sangatlah disukai anak-anak dan kaula muda.Untuk bisa menikmati semua wahana yang ada, anda tentunya harus membayar biaya masuknya.

Sementara itu, untuk membayar tiket masuk ke pintu gerbang Ancol sebesar Rp. 25.000 dan masih dikenai biaya tambahan Rp.20.000 untuk mobil dan Rp.15.000 untuk sepeda motor.

4. Pulau Tidung

Pulau Tidung adalah salah satu tempat wisata alam di jabodetabek yang sangat eksotis.Di sini anda akan menikmati panorama alam yang akan memanjakan mata anda.Selain itu garis pantainya begitu asri dan teduh, sehingga para wisatawan dijamin betah untuk berlama-lama berada di pulau ini.

Pulau Tidung sendiri merupakan salah satu pulau kecil yang termasuk ke dalam bagian Kepulauan seribu.Suasana di sini benar-benar nyaman dan tenang.Semilir angin lautnya benar-benar membuat anda terbius akan suasana nyaman.Tempat ini memang sangat cock untuk acara santai bersama keluarga, kerabat dan teman.

Karena termasuk dalam wisata pantai di Jakarta, sudah pasti Pulau Tidung dilengkapi dengan berbagai wahana air.Misalnya saja Banana Boat, Water Sport, Olahraga Kano, Jet Sky dan masih banyak lagi.Tak lupa, pemandangan sunset indah nan menawan bisa anda dapatkan saat berkunjung ke Pulau Tidung.

5. Setu Babakan

Untuk anda yang ingin mengenal lebih jauh tentang budaya Betawi, maka silahkan mampir ke Kampung Betawi di Setu Babakan.Begitu mengunjungi tempat wisata ini, anda bisa belajar berbagai acam hal yang berhubungan dengan Betawi.Menariknya lagi, selain berperan sebagai tempat wisata di Jakarta, lokasi dari Setu Babakan juga sudah dijadikan kawasan cagar alam.

Setiap perjalanan anda menyusuri tempat ini, anda akan melihat aneka bangunan asli yang menjadi peninggalan budaya Betawi.Bahkan andapun juga bisa melihat langsung budaya Betawi tersebut, mulai dari cara berdagang,bercocok tanam sampa membuat kuliner dan kerajinan khas.

Ada juga sebuah danau besar di lokasi ini.Biasanya danau tersebut digunakan untuk rekreasi wisatawan.Anda bisa bersantai-santai di danau sembari menaiki bebek sepeda.

6. Kepulauan Seribu

Tempat wisata di Jakarta yang menarik untuk dikunjungi selanjutnya adalah Pulau Seribu. Pulau Seribu adalah pulau yang memiliki banya sekali pulau-pulau kecil di sekitarnya.Pulau-pulau tersebut mempunyai keindahan dan ciri khas masing-masing.

Beberapa pulau yang termasuk ke dalam kawasan Pulau Seribu adalah Pulau Tidung, Pulau Bidadari, Pulay Pari, Pulau Harapan dan masih banyak lagi. Selain memiliki pesona alam yang indah, pulau seribua juga sangat cocok untuk acara bersantai bersama keluarga.

Hal ini dikarenakan suasana pulau yang cukup tenang dan nyaman.Tak jarang pula banyak wisatawan memanfaatkan pulau ini untuk mererfesh ulang tubuh sesudah lelah dari tuntutan pekerjaan.

Banyak sekali aktivitas yang bisa anda lakukan di Pulau Seribu ini. Mulai dari snorkeling,diving, ataupun sekedar berjalan-jalan sembari menikmati sunset saat senja tiba.Tentunya akan memberi sensasi tersendiri untuk liburan anda sekeluarga.

Berbagai keindahan, kenyamanan dan keseruan yang ada di Pulau Seribu juga ditunjang akses kendaraan yang sangat mudah.Sehingga tidak mengherankan apabila banyak wisatawan yang datang berkunjung.

7. Kota Tua Jakarta

Kota Tua merupakan salah satu pilihan tempat wisata di Jakarta yang sangat sayang untuk dilewatkan.Karena tidak hanya berwisata saja yang bisa anda lakukan.Anda pun juga akan belajar banyak sekali sejarah di masa lampau.Di sini tersedia banyak sekali museum yang saling berdekatan.

Untuk kamu para anak muda yang hobi narsis, maka Kota Tua pun juga menjadi pilihan yang tepat.Di sini kamu bebas memilih sendiri spot foto terbaik yang akan memberi hasil fotomu semakin keren. Spot foto terbaik ini didominasi oleh deretan gedung,pertokoan dan rumah-rumah tua yang ada di sana.

Baca juga  8 Destinasi Wisata Terbaik Di Kabupaten Jember (Selain Wisata Pantai)

Keunikan yang ditawarkan oleh Kota Tua tidak hanya sampai di situ saja. Anda dan keluarga masih bisa melihat beberapa kegiatan yang unik. Misalkan saja pertunjukan seni, pengamen unik, nonton bareng dan masih banyak lagi. Semua pemandangan yang tersedia begitu menarik dan indah.

Selanjutnya yang tidak boleh terlewatkan saat mengunjungi Kota Tua adalah wisata kuliner. Di sini anda akan menemui banyak sekali restoran, toko dan kafe jadul yang menjajakan aneka kuliner khas. Semua jajanan tersebut sangatlah lezat dan menggugah selera.

Beberapa jenis jajanan yang bisa anda dapatkan adalah es potong, kerak telor dan gado-gado. Semuanya tersaji lengkap di pedagang keliling. Anda pun juga bisa mencicipi makanan lainnya di Cafe Gazebo dan Cafe Batavia.

8. Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan merupakan salah satu tempat wisata di Jakarta yang paling pas untuk acara liburan bersama dengan keluarga. Sembari berlibur, anda bisa mengenalkan banyak sekali jenis hewan kepada buah hati tercinta. Di sini mereka akan belajar banyak sekali hal tentang dunia satwa.

Dengan luasnya yang mencapai 147 hektar, sehingga tidak heran apabila kebun binatang ini memiliki 20.000 ekor satwa dan 50.000 pepohonan. Pastinya anak-anak anda akan merasa senang begitu melihat hewan-hewan lucu yang ada di sana.

Tempat wisata di Jakarta Selatan ini juga sudah didirikan sejak tahun 1864 lalu, sehingga usianya tergolong tua. Tarif masuk ke dalam Kebun Binatang Ragunan sangatlah terjangkau. Biayanya hanyalah sebesar Rp. 5.000 saja untuk 1 orangnya.

Tarif sebesar Rp. 5.000 tadi sudah bisa memuaskan anda untuk menjelajahi setiap sudut kebun binatang, melihat aneka satwanya, sampai menaiki beberapa wahana miliknya. Wahana-wahana tersebut  diantaranya adalah sepeda ganda, kereta keliling dan masih banyak lagi.

Ketika berkunjun ke Kebun Binatang Ragunan, jangan sampai lupa untuk membawa bekal makanan untuk diberikan ke satwa-satwa yang ada di sana. Ajaklah si kecil untuk memberi makanan kepada hewan-hewan di sana. Tentu menjadi pengalaman menarik dan menyenangkan. Dengan memberian satwa-satwa tersebut makan, kita pun juga mendukung kelestarian dari satwa tersebut.

9. Aneka Museum

Jakarta yang notabennya adalah pusat kota dan pemerintahan, sehingga tidak heran apabila di kota ini kita bisa menemukan banyak sekali bangunan-bangunan bersejarah. Bangunan-bangunan tersebut bisa kita manfaatkan untuk mempelajari semua sejarah yang ada. Apalagi jika anda suka mengunjungi tempat wisata bersejarah, maka wajib hukumnya singgah ke beberapa museum berikut ini.

Mari kita mulai dengan mengunjungi Museum Nasional, di museum ini kita bisa menemukan lebih dari 100.000 benda-benda koleksi. Benda tersebut meliputi eninggalan arkeologis, zaman prasejarah, keramik dan masih banyak lagi. Sehingga anda pun bisa puas mendalami berbagai sejarah.

Dari Museum Nasional, mari kita lanjutkan ke Museum Fatahilah yang berlokasi di area Kota Tua Jakarta. Di museum tersebut anda akan banyak belajar mengenai hal-hal yang berhubungan dengan sejarah Kota Jakarta. Selain kedua museum ini jangan lupa juga mengunjungi beberapa museum yang lain. Diantaranya adalah Museum Wayang, Museum Bank Indonesia, Museum Taman Prasasti, Museum Tekstil dan masih banyak lagi.

10. Pecinan Glodok

Tidak jauh dari kawasan Kota Tua Jakarta, anda bisa mengunjungi china town untuk mengisi liburan anda sekeluarga. Tempat wisata di Jakarta ini menawarkan sebuah lokasi yang sangat kental dengan nuansa Tionghoa.Menurut informasi yang saya dapatkan, Pecinan Glodok merupakan area pecinan paling besar di Indonesia. Banyak sekali warga Tionghoa yang beranak cucu dan bermukim di sini.

Bahkan, keberadaan pemukiman ini diklaim sebagai salah satu motor penggerak roda ekonomi Jakarta sampai sekarang.

Begitu masuk ke lokasinya, anda akan melihat bangunan-bangunan khas zaman dahulu yang keberadaannya masih dipertahankan sampai sekarang ini. Jadi jangan herap apabila anda mengelilingi Pecinan Glodok, seakan-akan membawa anda flasback ke sama lampau.

Baca juga  Menikmati Pesona Keindahan Pantai Aie Manih dan Batu Malin Kundang yang Melegenda

Di sana anda bisa mengunjungi berbagai macam klenteng, membeli obat ditoko, melihat bangunan vihara sampai mencicipi aneka uliner khasnya. Namun, anda harus berhati-hati saat ingin mencicipi kulinernya. Pasalnya, aneka makanan yang ada di sini tergolong non halal. Jika tidak mau mengambil resiko, anda cukup berkeliling di kawasan Pecinan Glodok ini.

11. Taman Suropati

Taman Suropati merupakan salah satu taman yang menjadi favorit warga Jakarta setiap akhir pekan tiba. Bukan karena daerahnya yang luas, namun lebih kepada keasrian dan kesejukan dari taman ini. Di sini adalah tempat paling pas untuk santai sejenak dan lari dari berbagai rutinitas harian yang cukup melelahkan.

Taman ini memiliki berbagai macam pepohonan rindang, udara yang sejuk dan suasana yang cukup asri. Jadi tidak mengherankan apabila Taman Suropati mampu menyegarkan dan menenangkan pikiran anda. Apalagi disini juga sering digelar beragam aktivitas menarik, seperti musik,kursus melukis, latihan bola sampai tempat berkumpulnya komunitas-komunitas Jakarta. Sehingga anda wajib mengunjungi taman assri nan rindang ditengah-tengah hiruk pikuk kehidupan Jakarta ini.

12. Taman Wisata Alam Angke

Satu lagi tempat wisata alam di Jakarta yang wajib anda kunjungi, namanya adalah Taman Wisata Alam Angke. Di sini anda akan menikmati panorama pepohonan bakau yang memenuhi area Pantai Indah Kapuk. Berjalan-jalan saat sore hari terasa begitu menenangkan. Suasananya begitu asri ditambah indahnya panorama pepohonan bakau.

Banyak sekali aktivitas seru yang bisa anda lakukan di salah satu tempat wisata di Jakarta ini. Diantaranya adalah naik perahu, ataupun ikut terjun langsung dalam pelestarian lingkungan dengan cara menanam mangrove. Sembari berwisata kita juga bisa belajar melestarikan lingkungan.

Itu tadi adalah 12 tempat wisata di Jakarta yang paling pas untuk menikmati liburan. Dengan mengunjungi Kota Jakarta, liburan anda akan semakin seru dan menyenangkan. Apalagi disini terdapat berbagai pilihan destinasi wisata yang sangat keren. Maka dari itu, langsung saja datang ke Jakarta bila musim liburan sudah tiba.

The following two tabs change content below.
%name 12 Tempat Wisata Di Jakarta Yang Paling Pas Untuk Menikmati Liburan
Saya bekerja di sebuah perusahaan marine servoce di Batam Indonesia. Kegiatan sehari-hari selain rutinitas di perusahaan juga di bidang internet marketing, blogging, writing dan traveling. Web adalah tempat saya berbagi.