10 Tempat Wisata Terbaik dan Terfavorit di Kota Solo

Diposting pada
Tempat Wisata Favorit di Kota Solo ~ Seperti tetangganya Jogja, Solo juga merupakan kota yang kaya akan tempat wisata. Di kota ini ada banyak sekali destinasi wisata, baik itu wisata alam, wisata budaya, wisata sejarah, dan jenis wisata lainnya.
Kota yang hanya berjarak kurang dari 1 jam dari Jogja ini, setiap harinya tidak pernah sepi dari para wisatawan. Baik itu wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Selain karena pesona wisatanya, salah satu daya tarik kota ini adalah masyarakatnya yang terkenal sangat ramah terhadap pengunjung.
Nah buat yang ingin menghabiskan liburan di kota Solo, berikut ini kami rangkum beberapa tujuan wisata terbaik dan terfavorit yang kami rekomendasikan untuk anda.
Tempat%2BWisata%2BFavorit%2Bdi%2BKota%2BSolo 10 Tempat Wisata Terbaik dan Terfavorit di Kota Solo
Tempat Wisata Favorit di Kota Solo

Tempat Wisata Favorit di Kota Solo

1. Tugu Lilin

Bila di kota gudeg Jogja ada Tugu Jogja, maka di Solo ada Tugu Lilin. Tugu Lilin ini terletak di Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo. Tugu Lilin ini merupakan monumen peringatan 25 tahun berdirinya sebuah organisasi bersejarah di negeri ini, yaitu Boedi Oetomo.
Tugu ini melambangkan pengabdian dan semangat juang para pemuda Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan. Bentuknya yang unik, membuat tugu ini terlihat seperti lilin yang menyala.

2. Taman Sriwedari

Taman Sriwedari merupakan tempat wisata di Solo yang khas dengan unsur sejarah. Pada zaman dahulu, Taman Sriwedari adalah tempat wisata untuk keluarga kerajaan.
Wisata ini terletak di Jl. Brigjen Slamet Riyadi 275, Penumping, Laweyan. Di tempat wisata ini terdapat Gedung Wayang Orang Sriwedari yang membuat para pengunjung semakin ramai karena di lokasi ini ada pertunjukan kesenian wayang yang menceritakan kisah tentang Ramayana dan Mahabarata.

3.  Destinasi Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat

Wisata Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat menjadi saksi sejarah atas pecahnya Kerajaan Mataram pada waktu itu karena adanya maslah politis dengan Belanda.
Akhirnya, Mataram pecah menjadi dua yaitu Surakarta atau Solo yang dipimpin oleh Pakubuwono III dan Yogyakarta dipimpin oleh Mangkubumi.
Gaya arsitek keraton Surakarta bernuansa Eropa dan Jawa dengan warna putih dan biru. Wisata Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat terletak di Kelurahan Baluwarti, Kecamatan Pasar Kliwon.

4. Wisata Kebun Binatang Taru Jurug

Kebun binatang Taru Jurug adalah salah satu destinasi favorit dari sekian banyak tempat wisata di Solo. Tempat ini terletak di Jl. Sutami No. 40, Jebres.
Di kebun binatang Taru Jurug Solo selalu ramai pengunjung, kebanyakan para wisatawan mengajak putra-putrinya untuk menghabiskan waktu liburan di tempat ini sembari mengenalkan mereka pada  aneka flora dan fauna.

5. Wisata Gerojokan Sewu Tawamangu

Lokasi Gerojokan Sewi Tawamangu terletak di Kecamatan Karanganyar. Gerojokan Sewu Tawamangu ini juga merupakan obyek wisata alam yang sangat populer dan terfavorit di Solo. Di sekitar objek wisata di sediakaan tempat penginapan, vila, restoran dan fasilitas lainnya guna memudahkan pengunjung saat sedang berlibur di Gerojokan Sewu. Selain itu, daya tarik lain dari destinasi ini adalah  kuliner khas sate kelinci, tradisi upacara Dukhutan dan berbagai keasyikan lainnya yang jarang anda temui di tempat lain.

Baca juga  Mengapa Mendaki Gunung Itu Bisa Bikin Ketagihan? Ini Alasannya

6. Museum Manusia Purba Sangiran

Museum Sangiran menyimpan koleksi berupa fosil-fosil manusia purba yang telah berumur lebih dari 2 juta tahun. Di museum ini, ada 13.000an lebih koleksi manusia purba yang bisa dilihat oleh pengunjung.

Oleh karenanya museum sangiran di sebut-sebut sebagai museum dengan koleksi manusia purba paling lengkap di Asia. Selain menyimpan fosil-fosil tumbuhan, hewan dan senjata-senjata yang digunakan oleh manusia purba di zaman itu.

7. Pandawa Water World Solo Baru

Wisata ini terletak di Solo Baru. Pandawa Water World Solo Baru merupakan wisata air yang sangat populer, yang banyak menyediakan wahana seru dengan aneka permainan air yang sangat lengkap.

Baca juga  12 Tempat Wisata Di Jakarta Yang Paling Pas Untuk Menikmati Liburan

Untuk tiket masuknya sebesar Rp.50.000,- untuk hari Senin-Kamis dan Rp.100.000,- untuk hari Jum’at-Minggu.

8. Taman Balekambang

Taman Balekambang merupakan tempat wisata yang selalu ramai di hari libur. Luas taman ini sekitar 10 hektar dan terletak di Jl. Ahmad Yani Solo. Wisata Taman Balekembang dibagi menjadi dua lokasi yaitu Taman Air Partini dan Hutan Partinah.

Di taman ini pengunjung bisa puas menikmati pesona keindahan taman yang sangat cantik dan bisa di jadikan sebagai tujuan berlibur romantis dengan pasangan.

9. Air Terjun Jumog

Keindahan air terjun Jumog tidak kalah dengan Gerojokan Sewu Tawangmangu. Air terjun ini hanya berjarak kurang lebih sekitar 40 KM dari Kota Solo. Di tempat ini para wisatawan bisa menikmati pesona eksotis air terjun dan juga pemandangan alam sekitarnya.

Dan yang menyenangkan lagi, untuk bisa menikmati air terjun Jumog ini wisatawan hanya di kenakan tiket masuk sangat murah, yaitu hanya   Rp.5000,- saja.

10. Ngarsopuro

Berikutnya, berbicara tentang destinasi wisata terfavorit di kota Solo, tentunya tak boleh melewatkan Ngarsopuro. Iya, tempat ini merupakan salah satu lokasi paling paling ramai di kunjungi oleh anak-anak muda, saat malam hari.

Bisa di bilang jangan ngaku pernah menikmati wisata malam di Solo sebelum menyempatkan nongkrong di kawasan Ngarsopuro ini.

Selain tempat nongkrong asyik buat para muda mudi, tempat ini di penuhi dengan aneka kuliner khas Solo dan berbagai sovenir, seperti batik, anek kerajinan tangan dan lainnya yang tentunya sangat pas di jadikan oleh-oleh.

Nah, itulah di atas 10 destinasi wisata terbaik dan terfavorit di kota Solo yang kami rekomendasikan buat anda. Semoga bisa menjadi referensi terbaik saat ingin mengahabiskan waktu berlibur di kota Solo.

Baca juga  Larangan yang Wajib Dipatuhi Saat Mendaki Gunung, Apa Saja?
The following two tabs change content below.
%name 10 Tempat Wisata Terbaik dan Terfavorit di Kota Solo
Saya bekerja di sebuah perusahaan marine servoce di Batam Indonesia. Kegiatan sehari-hari selain rutinitas di perusahaan juga di bidang internet marketing, blogging, writing dan traveling. Web adalah tempat saya berbagi.